Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

By Hai Gadis

Ini dia deretan tempat wisata yang aman untuk solo traveler cewek! Jalan-jalan pun akan lebih nyaman tanpa drama! Yuk cari tahu dimana saja!

Melakukan perjalanan wisata seorang diri memang sangat menyenangkan dan jauh dari drama. Namun tetap saja ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin melakukan traveling seorang diri, terlebih kamu adalah perempuan.

Seperti yang kita tahu, ada banyak kasus kejahatan dan kriminal yang kerap kali menimpa sejumlah perempuan saat melakukan traveling baik itu saat berkelompok maupun saat seorang diri. Maka dari itu, wajib untuk memperhatikan beberapa hal penting sebelum kamu melakukan perjalanan wisata seorang diri.

Selain mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, kamu juga wajib mencari tahu tempat-tempat wisata dimana saja yang aman untuk kamu datangi. Di Indonesia sendiri memiliki banyak tempat wisata yang aman untuk solo traveler cewek seperti kamu lho! Kira-kira di mana saja? Untuk itu, berikut tempat wisata aman untuk solo traveler cewek yang bisa jadi tujuan kamu berikutnya!

1. Bali

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via thehoneycombers.com

Yang pertama ada Bali. Siapa yang nggak kenal Bali, destinasi wisata kebanggaan Indonesia yang telah dikenal dunia ini disebut sebagai salah satu tempat wisata yang aman untuk solo traveler termasuk solo traveler cewek. Bahkan dari dulu sudah ada banyak yang solo traveler cewek yang menjelajah Bali seorang diri.

Di Bali, kamu bisa melakukan berbagai hal yang menyenangkan, mulai dari menjelajah deretan pantai yang eksotis, melakukan yoga di Ubud dan menikmati suasana damai khas Ubud. Selain itu, kamu juga bisa berburu kuliner khas Bali yang menggoyang lidah.

Beberapa alasan yang membuat Bali sangat aman untuk solo traveler adalah karena akses transportasi yang sangat mudah. Selain menyewa jasa driver online, kamu juga bisa menyewa kendaraan seperti motor ataupun mobil untuk menjelajah berbagai tempat wisata di Bali. Tak hanya itu, penduduk Bali juga memiliki rasa toleransi yang tinggi. Apalagi di sini traveler perempuan boleh bebas dalam berpakaian dan tak perlu takut dianggap aneh.

Penduduk Bali juga sangat ramah dan mengerti akan privasi wisatawan. Jadi nggak heran banyak artis dalam maupun luar negeri yang memilih Bali sebagai tempat liburan karena privasi mereka terjaga.

2. Bandung

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via ngetripkemana.com

Destinasi traveling di Indonesia yang aman untuk solo traveler cewek berikutnya adalah Bandung. Bandung terkenal akan wisata alamnya yang indah dan juga beragam spot foto instagramable dengan udara yang sejuk. Nggak heran jika Bandung menjadi salah satu tujuan wisatawan para pemburu foto.

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah serta sejuk, Bandung juga sangat ramah turis. Mayoritas masyarakat Bandung sangat ramah dan menyambut baik para pendatang. Jadi, kamu enggak perlu khawatir jika bepergian sendiri di Kota Kembang satu ini. Selain itu, Bandung juga memiliki akses transportasi yang terbilang mudah, sehingga kamu bisa pergi ke berbagai tempat wisata di Bandung dengan aman dan nyaman.

3. Pulau Bangka

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via storiasia.com

Kemudian ada Pulau Bangka yang menjadi salah satu destinasi wisata yang aman untuk para solo traveler cewek. Di sini kamu akan disabut hangat dengan keramahan warga lokal yang senang dengan para pendatang. Saking ramahnya penduduk lokal, kamu mungkin akan ditawari makan siang di rumah mereka.

Pulau Bangka sendiri dikenal dengan wisatanya yang menawan. Kamu bisa mengunjungi Danau Kaolin di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Selatan. Danau yang berwarna biru dan pasir berwarna putih ini merupakan bekas galian tambang. Namun karena pemandangannya yang indah dan instagramable, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi sederet pantai indah seperti pantai Parai Tenggiri, Pulau Putri, Pantai Matras hingga Pantai Tikus. Sementara itu, untuk menjelahi tempat-tempat wisata tersebut, kamu nggak perlu khawatir karena transportasi di pulau ini cukup lengkap. Kamu bisa menggunakan transportasi umum hingga menyewa mobil atau motor.

4. Banjarmasin

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via englishfirst.com

Buat kamu yang ingin melakukan solo traveling, maka Banjarmasin bisa menjadi kota yang tepat untuk dijelajahi. Pasalnya salah satu kota di Kalimantan Selatan ini dinilai sebagai kota dengan aspek keamanan terbaik di seluruh Indonesia. Jadi tingkat dan kualitas keamanan kota ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tak hanya itu, mayoritas penduduk Banjarmasin juga sangat ramah terhadap pendatang sehingga kamu bisa berwisata dengan aman dan nyaman di kota satu ini. Di kota ini, kamu bisa mengunjungi pasar terapung yang menjadi ciri khas Banjarmasin. Ada juga Rumah Jomblo yang terletak di gundukan tanah merah sehingga terlihat eksotik hingga Bukit Teletubbies yang memiliki pemandangan mirip Swiss.

5. Balikpapan

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via gotravelly.com

Rekomendasi tempat jalan-jalan sendiri di Indonesia yang aman berikutnya adalah Balikpapan. Kota yang berada di Provinsi Kalimantan Timur ini memiliki berbagai wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata modern yang memiliki berbagai wahana yang seru untuk dicoba.

Beberapa diantaranya adalah Pantai Serumpun, Pantai Melawai, Pantai Lamaru, Pantai Kemala, Pantai Manggar Segarasari, Pantai Banua Patra, Bukit Alpha, Caribbean Island Waterpark hingga Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo. Semuanya memiliki daya tarik tersendiri yang pastinya bakal membuat kamu betah menjelajah Balikpapan.

6. Banyuwangi

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via pariwisata.situbondokab.go.id

Banyuwangi juga menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang aman untuk perempuan. Kota yang berada di ujung timur Jawa ini memiliki banyak Taman Nasional yang cocok untuk destinasi wisata. Mulai dari

Kawah Ijen yang terkenal akan kawah hijaunya yang ikonik, kemudian ada juga Taman Nasional Baluran yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah serta sejumlah satwa liar seperti rusa. Selain itu masih banyak tempat wisata di Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi.

Selain karena menyimpan banyak destinasi wisata yang menawan, Banyuwangi juga terkenal dengan penduduknya yang ramah. Akses transportasi untuk menjelajah setiap destinasi wisata juga cukup mudah, bahkan tersedia banyak kuliner halal yang enak yang bisa kamu pilih disepanjang jalan di Banyuwangi.

7. Solo

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via lazuva.com

Jalan-jalan sendiri di kota Solo? Siapa takut? Kota cantik yang menjadi lokasi tempat wisata budaya dan sejarah ini tergolong aman bagi solo traveler cewek. Suasana kota yang santai, dengan trotoar pejalan kaki yang memadai, ditambah keramahan masyarakat Solo membuat siapapun akan merasa aman dan nyaman selama traveling di Solo.

Di kota wisata ini, kamu bisa mengunjungi Keraton Solo, berbagai museum dan tempat-tempat bersejarah lainnya seperti Pura Mangkunegaren, Keraton Surakarta Hadiningrat, Kampung Batik Kauman, hingga ke Benteng Vastenburg. Setelah menjelajah tempat wisatanya, kamu juga bisa berburu kudapan khas Solo di pinggiran jalan.

8. Jogja

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via decode.uai.ac.id

Tak hanya Solo, Jogja juga menjadi salah satu tujuan wisata yang aman bagi pelancong termasuk solo traveler cewek. Selain karena penduduk yang ramah, Jogja juga memiliki akses transportasi yang mudah, sehingga memudahkan para wisatawan untuk menjelahar tempat-tempat wisata yang ada di Jogja.

Nah selama berlibur di Jogja, kamu bisa mengunjungi Candi Borobudur dan Prambanan yang terkenal, jalan-jalan sambil membeli oleh-oleh di Jalan Malioboro, menikmati sunset di Pantai Parangtritis, mendaki ke Gunung Merapi dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga wajib berburu kuliner khas Jogja di sejumlah tempat wisata kuliner terpopuler seperti Soto Sulung Stasiun Tugu, Lesehan Pari Gogo, Kampung Bakpia Patuk, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, kuliner malam khas Jogja juga sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

9. Malang

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via djavatoday.com

Selanjutnya adalah Malang. Kota Apel ini memiliki segudang tempat wisata yang akan membuat kamu betah menyusuri kota Malang seorang diri. Salah satu tempat wisata yang identik dengan Malang adalah kawasan Batu, Malang yang memiliki lokasi yang strategis karena berdekatan dengan banyak destinasi wisata lainnya.

Karena berdekatan, kamupun bisa mengunjungi sejumlah destinasi wisata dengan berjalan kaki. Namun jika kamu terlalu malas untuk berjalan kaki, kamu bisa dengan mudah mendapatkan transportasi yang siap mengantar kamu kemanapun kamu mau.

Salah satu alasan Malang menjadi salah satu kota yang aman dikunjungi solo traveler cewek adalah karena penduduknya yang ramah, bahkan kota satu ini disebut sebagai kota pelajar karena memang sangat ramah terhadap pelajar.

10. Lombok

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via wisatadilombok.com

Lombok merupakan pulau kecil yang pesonanya nggak kalah dengan Bali. Pulau satu ini selalu menjadi tujuan wisata banyak wisatawan lokal hingga asing karena menawarkan wisata alam yang eksotis. Selain itu, Lombok juga telah meraih penghargaan sebagai salah satu world’s best halal tourism destination atau destinasi wisata halal terbaik di dunia lho. Sehingga keamanan pulau satu ini untuk para pelancong sudah tidak diragukan lagi. Bahkan kamu juga akan disambut dengan keramahan warga Lombok sehingga membuatmu seperti berada di kotamu sendiri.

Di Lombok sendiri kamu bisa mengunjungi trio gilinya yang eksotis yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air yang keindahannya sudah tersohor hingga mancanegara. Selain itu, ada banyak hal-hal menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di Lombok yang pastinya akan membuat solo traveling kamu semakin menyenangkan.

11. Flores

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via floresidn.com

Flores boleh jadi pulau yang kecil, namun pulau kecil satu ini merupakan salah satu tempat yang aman untuk liburan sendiri. Warganya baik dan tak akan segan untuk membantu kamu jika kamu membutuhkan sesuatu.

Flores sendiri menawarkan wisata yang didominasi dengan petualangan. Ini karena kebanyakan tempat wisatanya berada di daerah pelosok, yang butuh effort untuk mencapainya. Namun usaha yang kamu tempuh akan terbayar ketika kamu melihat danau tiga warna yakni Danau Kelimutu dan tempat wisata lainnya yang lokasinya jauh dari pusat kota. Untuk mempermudah perjalanan, kamu bisa menyewa motor dengan harga Rp 80.000 per harinya untuk menuju tempat wisata yang kamu inginkan.

12. Manado

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via lokalist.co.id

Destinasi traveling di Indonesia yang aman untuk solo traveler cewek berikutnya adalah Manado. Kota di Sulawesi ini tak hanya terkenal sebagai destinasi wisata yang aman untuk dikunjungi namun juga memiliki segudang destinasi wisata yang menawan dan menarik untuk dikunjungi.

Manado sendiri didominasi dengan beragam objek wisata alam yang memanjakan mata. Kamu bisa mengunjungi Danau Linow, Gardenia Country Inn, Taman Nasional Bunaken, Bukit Teletubbies, Danau Cinta dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga wajib mencicipi berbagai kuliner khas Manado yang terkenal memiliki cita rasa pedas.

13. Makassar

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via itrip.id

Makassar dikenal sebagai salah satu kota kosmopolitan di Indonesia. Meski begitu, kota satu ini tetap menarik dan aman untuk dikunjungi para wisatawan termasuk oleh solo traveler cewek. Terlebih kota ini menyediakan banyak fasilitas yang memudahkan para wisatawan yang ingin menjelajah kota Makassar yang kaya akan tempat-tempat wisatanya.

Selain tempat wisata, Makassar juga memiliki ragam kuliner khas, dan destinasi wisata belanja yang sayang jika dilewatkan. Menjadilan Makassar dengan tujuan traveling kamu selanjutnya takan akan membuat kamu menyesal.

14. Palembang

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via news.unair.ac.id

Palembang merupakan kota di Sumatera Selatan yang disebut sebagai destinasi traveling aman untuk para solo traveler khususnya cewek. Ini karena Palembang memiliki akses transportasi yang memadai seperti bus kota dan LRT. Selain itu, kamu juga bisa keliling kota menggunakan jasa ojek maupun ojek online. Jadi nggak heran jika Palembang ini aman untuk traveling, termasuk untuk para perempuan.

Di kota ini, kamu bisa mengunjungi beragam spot menarik seperti Jembatan Ampera, Masjid Agung, Museum Sultan Mahmud Badarudin, hingga Monpera. Kamu juga bisa shopping ke Plaza Benteng Kuto Besak sekaligus menikmati indahnya Sungai Musi di malam hari. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah wisata kulinernya yang akan memuaskan lidah kamu.

15. Semarang

Tempat Wisata yang Aman untuk Solo Traveler Cewek

photo via tempatwisata.my.id

Satu lagi rekomendasi tempat wisata yang aman untuk solo traveler cewek adalah Semarang. Semarang sendiri memiliki tingkat toleransi yang tinggi dengan keharmonisan masyarakatnya yang majemuk dan saling menghormati. Untuk para wisatawan, Semarang juga menyediakan fasilitas transportasi yang memadai sehingga memudahkan kamu untuk menjelajah tempat-tempat yang ingin kamu tuju.

Semarang sendiri memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi mulai Kota Lama, Masjid Kapal Semarang, Puri Maerokoco, Kampung Pelangi, hingga Kampung Pecinan. Selain itu, masih banyak destinasi wisata menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi di Semarang.

Nah itu dia beberapa tempat wisata yang aman untuk solo traveler cewek di Indonesia. Meskipun aman, namun kamu tetap harus selalu waspada dimanapun kamu berada. Patuhi peraturan yang berlaku di tempat yang kamu tuju dan jaga perilaku serta lisan kamu saat berwisata di kota maupun negeri orang. Jadi siapa nih yang tertarik melakukan solo traveling?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.