Tips Dan Cara Terbaik Menghadapi Teman Yang Suka Gosip

3 bulan, by Hai Gadis

Tips Menghadapi Teman yang Suka Gosip

Di mana saja tempatnya, yang namanya wanita memang mudah bergosip. Bisa di lingkungan sekolah, kampus, bahkan lingkungan kerja lho. Nggak bisa dimungkiri sih kalau saat ngobrol dengan teman, sadar atau nggak sadar, pembicaraan jadi mudah bergeser ke topik yang membicarakan orang lain. Pembicaraan jadi makin seru dan nggak terasa kalau ngobrolnya sudah lama banget. Tentunya, membicarakan orang lain nggak akan ada manfaatnya dong baik buat kamu sendiri maupun teman yang suka gosip.

Selain hanya membuang-buang waktu, bergosip bikin kamu nggak mudah dipercaya orang. Dampak buruknya lagi, kamu bahkan bisa menyakiti perasaan orang lain akibat gosip tersebut. Lingkungan pertemanan pada akhirnya jadi nggak sehat deh.

Mungkin kamu sadar ingin mengurangi kebiasaan untuk bergosip ‘kan, Girls? Namun, terkadang ada saja teman yang masih hobi menjadi biang julid. Apalagi jika teman tersebut selalu berada di sekitarmu. Gimana ya cara menghadapinya? Simak yuk tips dari Hai Gadis berikut ini.

Tips menghadapi teman yang suka gosip

1. Kurangi interaksi dengannya

Tips menghadapi teman suka gosip yang satu ini agak susah sih, Girls. Apalagi kalau dia adalah teman akrabmu. Namun, daripada setiap hari mendengar dia bergosip, pasti kamu akan terganggu sendiri. Belum lagi, kamu juga harus waspada bahwa lain waktu bisa saja kamu yang jadi target gosip.

Dengan teman yang seperti ini, berinteraksi sewajarnya saja, Girls. Usahakan berurusan dengannya kalau memang ada hal penting. Kalau ia adalah teman dekatmu, lama-lama ia bisa sadar kok bahwa kamu akan sedikit jaga jarak dengannya saat ia bergosip sehingga ia bisa menyimpulkan kalau kamu nggak suka dengan sikapnya tersebut.

2. Ingatkan temanmu untuk bisa melihat sisi positif dari keburukan orang lain

Ada lagi nih Girls cara menghadapi teman yang suka bergosip, yaitu dengan mengingatkannya. Mengingatkannya nggak harus berarti langsung menegurnya kalau bergosip itu nggak baik. Namun, kamu bisa memberitahunya tentang sisi positif dari keburukan orang lain. Biasanya kalau bergosip itu membicarakan hal buruk orang lain, ‘kan?

Misalnya saja temanmu yang menjadi target gosip tukang terlambat datang kuliah. Kamu bisa memberi tahu teman yang bergosip ini, contohnya dengan berkata, “Ya udah sih, siapa tahu dia emang rumahnya jauh nggak kayak kita. Atau dia nggak ada kendaraan sendiri.” Dengan begini, lama-lama temanmu yang suka bergosip ini jadi belajar untuk berpikiran terbuka dan menghargai orang lain. Kamu juga jadinya lebih belajar ‘kan, Girls?

3. Fokus pada hal positif

Di mana pun tempatnya, tips menghadapi teman yang suka gosip adalah menghindarinya kemudian kamu berusaha melakukan hal yang positif. Misalnya saja di kantor, ketika ada teman yang mengajakmu bergosip, langsung fokus saja menyelesaikan pekerjaanmu. Bukankah niatmu datang ke kantor adalah untuk bekerja?

Begitu pula ketika kamu mengerjakan tugas kuliah atau sedang makan siang, fokuslah pada yang kamu kerjakan. Percaya deh kalau temanmu nggak ada teman untuk membicarakan orang lain, ia nggak akan membicarakannya kok. Kamu pun jadi lebih produktif, ‘kan?

4. Alihkan pembicaraan

Jika kamu harus terlibat pembicaraan dengan teman yang suka gosip lalu ia mulai membicarakan orang lain, jangan tunjukkan kalau kamu tertarik dengan pembicaraan tersebut, Girls. Sebisa mungkin alihkan topik pembicaraanmu dengan hal yang lebih bermanfaat. Bisa membicarakan tugas kuliah, fakta-fakta unik, atau yang seru-seru seperti membahas drakor terbaru misalnya.

Jangan sampai kamu justru memancing temanmu ini untuk bergosip lebih jauh dan lebih banyak lagi, ya. Hal ini juga berlaku saat kamu lagi hangout dengan temanmu. Saat hangout, momen kalian bakalan tetap menyenangkan tanpa membicarakan orang lain, kok.

5. Jangan langsung percaya dengan gosipnya

Tips menghadapi teman julid kali ini fokus pada apa yang dibicarakannya, Girls. Saking susahnya menghindari teman yang julid, pasti kamu tanpa sengaja akan sering mendengar apa yang ia bicarakan. Namun, apa pun yang kamu dengar, jangan langsung percaya saja sebelum membuktikan kebenarannya.

Kalau kamu langsung percaya, sama saja kamu menyetujui kebiasaan temanmu ini untuk bergosip. Jika nggak sengaja mendengar gosip,  lebih baik diam saja. Hayo, jangan malah diam-diam percaya lalu menyebarkannya lagi ke orang lain, ya!

6. Tegur dia secara langsung dengan baik

Sudah geregetan setiap hari dengar gosip melulu? Kamu boleh kok mengingatkan temanmu ini secara langsung untuk berhenti bergosip. Namun, jangan asal-asalan bicara, Girls. Bisa-bisa ia malah sakit hati dan membencimu. Kamu bisa memujinya terlebih dahulu bahwa temanmu ini sebenarnya baik dan memiliki banyak kelebihan. Hanya saja mungkin ia kurang percaya diri sehingga suka membicarakan kejelekan orang lain.

Dengan memujinya, kamu akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Baru deh katakan dengan baik, misalnya, “Ngapain sih kamu terus ngurusin dan ngomongin dia? Kamu saja justru lebih baik, kok.” Dengan begini, temanmu yang hobi julid ini akan sadar sendiri kalau yang mereka lakukan salah.

7. Jangan berbagi rahasia dengannya

Kalau kamu sudah tahu bahwa temanmu suka gosip, pasti kamu akan mikir-mikir lagi ‘kan saat harus berbagi rahasia dengannya? Kamu jadinya kurang percaya bahwa rahasiamu bisa aman saat dibicarakan padanya. Nah, tips menghadapi teman yang satu ini, ya jangan membagikan sesuatu yang bersifat privat padanya, Girls.

Apalagi jika rahasiamu ini menyangkut masalahmu dengan teman yang lainnya lagi. Bisa-bisa masalahmu jadi makin runyam. Mending pendam sendiri saja rahasiamu. Kalau memang ingin bercerita, katakan pada orang yang kamu percaya, seperti orang tuamu misalnya.

8. Habiskan waktu dengan teman yang lain

Daripada hari-harimu dipenuhi dengan berjulid ria bersama teman yang suka gosip, mending habiskan waktumu pada orang yang benar-benar kamu percaya. Kamu boleh kok memilih lingkaran pertemanan yang positif. Bisa dibilang, sebaiknya kamu menjauhi teman yang hobi bergosip ini, tetapi bukan berarti nggak berteman dengannya.

Kamu bisa tetap berteman baik kok, tetapi bisa memilah kapan harus bersamanya dan kapan perlu menjauhinya. Ingat ya, bagaimana pun, yang harus kamu benci dan jauhi adalah kebiasaan gosipnya, bukan orangnya. Jika ia ingin berteman denganmu dan suatu saat ia membutuhkan pertolonganmu, tetaplah perlakukan ia sebagai teman.

9. Ajak dia ke lingkaran pertemanan yang positif

Tips menghadapi teman yang suka gosip kali ini bisa jadi malah ampuh lho. Kamu bisa mengajaknya ke lingkaran pertemanan yang positif dan bebas gosip, Girls. Pasti dia pelan-pelan bakalan mengurangi kebiasaan membicarakan orang lain deh soalnya dia nggak punya space untuk itu.

Ibaratnya begini, jika satu orang yang kurang baik berteman di lingkaran 5 orang baik, maka satu orang ini bakalan ikut jadi baik. Namun jika satu orang baik berteman dengan 5 orang nggak baik, ia bisa ikut-ikutan kebiasaan nggak baik. Nah, coba terapkan ini pada temanmu yang suka julid.

10. Jauhi ia jika memang sudah susah diingatkan

Bagaimana pun usahamu dalam menghadapi teman yang suka gosip, kamu nggak akan bisa mengendalikan seseorang untuk bisa berubah. Jika kamu sudah melakukan berbagai upaya tapi ia tetap saja nggak bisa berubah, sudah deh jauhi saja. Anggap saja temanmu ini sekadar rekan kerja, teman kuliah, atau apalah tetapi bukan teman dekat.

Yang terpenting, kamu tetap bisa berkembang dan memiliki lingkungan yang positif. Temanmu juga pasti akan sadar kalau kamu adalah orang yang nggak asik diajak bergosip, sehingga pelan-pelan akan menghindarimu mengajak bergosip.

Itu dia Girls beberapa tips menghadapi teman yang suka gosip. Gimana? Kira-kira cara yang mana nih yang bakal kamu lakukan duluan?

Oh ya, jika salah satu temanmu ada yang suka julid, bukan nggak mungkin kalau ternyata kamu juga bisa jadi objek gosip lho. Nggak enak pasti ‘kan mendengar omongan nggak baik tentang kamu di belakang? Kalau sudah begini, gimana ya cara menyikapinya? Tenang, Hai Gadis pun punya tipsnya kok.

Tips menyikapi jika kamu menjadi objek gosip temanmu

1. Stay cool

Mungkin mendengar omongan nggak baik di belakangmu bisa bikin emosi dan bikin kamu ingin melabrak teman yang suka gosip ini, ‘kan? Emosi wajar kok, tetapi hadapilah dengan elegan. Jika memang omongan tentangmu ini ternyata nggak benar, tertawakan saja. Namun jika ternyata hal buruk tersebut benar, cobalah untuk bersikap nggak peduli.

Dengan kamu merespon gosip tersebut, temanmu akan menganggap kalau hal buruk soal kamu itu benar. Nah, kamu juga perlu mencoba untuk nggak mudah memasukkan omongan buruk tersebut ke dalam hati. Fokus saja ke hal positif yang kamu lakukan, oke? Nantinya, temanmu akan capek sendiri kok.

2. Jadikan motivasi untuk berubah lebih baik lagi

Terkadang omongan orang lain yang nggak baik tentangmu bisa menjadi pemantik untuk berubah menjadi lebih baik lho. Misalnya, kamu digosipin suka telat datang kuliah. Anggap saja hal tersebut sebagai kritik terhadapmu agar ke depannya, kamu bisa berubah lebih baik.

Selain itu, kamu juga bisa menjadikan omongan orang sebagai pemacu untuk lebih semangat meraih prestasi. Tunjukkan kalau kamu itu lebih hebat dari mereka yang hanya bisa membicarakanmu di belakang.

3. Jangan membalas perbuatan tersebut

Kalau kamu digosipin teman, jangan membalas perbuatannya dengan mencari celah jelek dari temanmu kemudian gantian menggosip tentangnya. Jangan Girls, karena cara ini sangat nggak elegan. Jika kamu membalas, ini menunjukkan kalau kamu nggak ada bedanya dengannya.

Mending fokus saja dengan impian yang akan kamu capai, bukannya malah sibuk mikirin gimana cara membalas perbuatan temanmu ini. Tenang, teman yang suka ngomongin kamu di belakang bakalan mendapatkan akibatnya sendiri soal perbuatannya kok.

4. Tetap pede dan jadi diri sendiri

Kalau digosipin teman, jangan malah jadi rendah diri, Girls. Mending tegakkan kepalamu dan tetaplah percaya diri. Kamu juga nggak perlu repot-repot berubah demi seperti yang orang lain inginkan kok. Jadilah diri sendiri saja, oke?

Jika memang ada kritik soal keburukanmu, ya kamu tetap harus menerima. Sebab, kamu nggak bisa memaksakan semua orang untuk menyukaimu. Kemudian, tetaplah baik pada mereka yang ngomongin di belakang. Boleh kok kamu tetap menyapa bahkan menolongnya saat membutuhkan. Hal ini tanpa sadar bisa membungkam mulut mereka untuk nggak mudah bergosip tentang orang lain lho.

Itulah beberapa tips menghadapi teman yang suka gosip soal kamu di belakang. Nggak perlu sedih dan rendah diri lagi, ya. Hadapi saja dengan dewasa. Tunjukkan kalau kamu bisa lebih baik, oke? Semangat!

0

4 Comments

  1. putri berkata:

    kulit aku sensitif kak, cocoknya pake sunscreen apa ya kak

    0
    • haigadis berkata:

      Hai Putri,

      Ada banyak sunscreen untuk kulit sensitif yang bisa kamu gunakan dan berikut beberapa produk yang bisa Hai Gadis referensikan untuk kamu, diantaranya:
      – Neutrogena Sensitive Skin Sunscreen Broad Spectrum SPF 60+
      – Skin Aqua UV Mild Milk Sunscreen
      – Emina Sun Protection SPF 30
      – Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+
      – Laneige Sun Block Sensitive SPF 30++

      Semoga bermanfaat ya…

      0
  2. azzah berkata:

    kulit aku berjerawat kak, cocoknya pake sunscreen apa ya kak

    0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *