15 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

2 bulan, by Hai Gadis

Sunscreen Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Dalam rangkaian skincare sehari-hari, kamu akan membutuhkan produk yang bisa melindungi kulitmu dari paparan sinar UV. Produk tersebut adalah sunscreen atau disebut juga tabir surya. Biasanya, sunscreen akan mengandung SPF dan PA yang fungsinya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit bahkan menyebabkan kanker. Dalam menggunakan sunscreen, tentunya harus disesuaikan dengan jenis kulit, baik sunscreen untuk kulit berminyak, berjerawat, kering, sensitif, maupun kulit kombinasi.

Sebelum Hai Gadis membahas mengenai sunscreen untuk kulit berminyak, ketahui dulu nih Girls manfaat sunscreen secara umum.

Manfaat sunscreen

  • Melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya,
  • Mencegah terjadinya penuaan dini,
  • Menurunkan risiko kanker kulit,
  • Meratakan warna kulit,
  • Mencegah kulit terbakar,
  • Mencegah kulit menggelap, dan
  • Mencegah kulit menjadi kering.

Banyak banget ‘kan manfaat dari menggunakan sunscreen sehari-hari? Sunscreen ini bisa kamu aplikasikan setelah menggunakan skincare dan sebelum memakai makeup. Nah, khusus buat kamu yang memiliki kulit berminyak, pasti khawatir banget ‘kan kalau sunscreen malah justru bikin kulit tambah mengkilap atau greasy? Termasuk buat kamu dengan kulit berjerawat, ada kok produk sunscreen yang nggak akan bikin jerawatmu makin parah. Namun, simak dulu nih tips dari Hai Gadis berikut ini.

Tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

a. Pilih produk yang formulanya oil-free dan non-comedogenic

Kalau mencari sunscreen untuk kulit berminyak, pilihlah yang formulanya oil free dan non-comedogenic alias nggak bikin komedoan atau menyebabkan jerawat tambah banyak. Sunscreen yang oil free ini juga akan memberikan tampilan yang bebas kilap pada kulitmu kok. Kalau perlu, kamu bisa memilih yang hasilnya matte finish.

b. Pilih kadar SPF sesuai sensitivitas kulit

Jika kulitmu mudah teriritasi, kadar SPF yang dipilih pada produk sunscreen sebaiknya 20 hingga 30 saja dengan PA++. Namun untuk perlindungan optimal dan kulitmu nggak sensitif, kandungan SPF lebih dari 30 sangat recommended untuk digunakan. Oh ya, biasanya sunscreen belum tentu bisa melindungi kulit dari UVA dan UVB sekaligus lho. Untuk itu, jangan lupa juga lihat label di kemasan produk yang menandakan kalau sunscreen tersebut mampu memproteksi kulit dari UVA maupun UVB.

c. Pilih sunscreen yang teksturnya ringan

Tekstur produk tentu sangat memengaruhi kenyamanan saat menggunakan sunscreen dong. Untuk itu, carilah sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang teksturnya ringan, misalnya gel atau essence. Tekstur tersebut cenderung mudah meresap di kulit dan nggak bikin efek lengket yang terasa berminyak di wajah.

d. Hindari bahan yang bisa mengiritasi kulit

Kulit yang berjerawat juga biasanya rentan iritasi lho, Girls. Untuk itu, pilihlah sunscreen yang nggak mengandung bahan iritatif di samping bahan yang bisa mengobati jerawat  Bahan yang mengiritasi tersebut misalnya oxybenzone dan PABA (para-aminobenzoic acid). Selain itu, sebaiknya juga hindari bahan seperti pengawet, surfaktan, paraben, dan lain sebagainya.

e. Pilih sunscreen yang formulanya mudah dibersihkan

Yang satu ini juga penting lho, Girls. Baiknya, pilihlah sunscreen yang mudah dibersihkan saat kamu membersihkan wajah. Kamu pun juga sebaiknya melakukan double cleansing sebelum menggunakan skincare. Dengan begini, sisa-sisa sunscreen nggak akan menempel di wajah yang menyebabkan jerawat atau komedo.

f. Pilih produk sesuai budget

Tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat selanjutnya adalah mempertimbangkan budget. Banyak kok produk sunscreen bagus yang harganya terjangkau. Lagi pula, sunscreen ini menjadi skincare yang akan digunakan setiap hari. Jadi, sesuaikan dengan kemampuan keuanganmu, ya.

g. Lihat dulu ulasan / review suatu produk

Tips yang satu ini pun nggak kalah penting. Supaya bisa mempertimbangkan baik atau buruk suatu produk, kamu bisa melihat dulu ulasan produk tersebut dari beauty influencer maupun pengguna sebelumnya.

Nah, itulah beberapa tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat. Karena saking banyaknya produk sunscreen di pasaran, kamu nggak perlu khawatir lagi. Simak saja rekomendasi produk tabir surya khusus buat kamu berikut ini.

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat dan berminyak

1. Acnes UV Tint SPF 35 PA+++

sunscreen untuk kulit berjerawat

Photo via shopee.co.id

Rekomendasi sunscreen untuk kulit berjerawat yang pertama adalah Acnes UV Tint SPF 35 PA+++. Produk ini mengklaim sebagai sunscreen yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu juga mampu merawat tekstur kulit dengan kandungan vitamin B6, vitamin E, dan turunan vitamin C. Kulit pun akan terasa lembut dengan produksi minyak yang nggak berlebihan.

Oh ya, sunscreen dari Acnes ini juga bisa digunakan sebagai alas bedak lho. Untuk kandungan SPF-nya sendiri mencapai 35 disertai PA+++. Kamu bisa memakainya sehari-hari sebelum aktivitas outdoor. Kocok dahulu produk ini sebelum menuangkannya ke tangan untuk diaplikasikan ke wajah, ya. Harga sunscreen dengan tekstur lotion ini dijual seharga Rp 40.000-an.

2. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Sunscreen untuk kulit berminyak

Photo via shopee.co.id

Kalau memilih sunscreen untuk kulit berminyak, enaknya sih yang teksturnya ringan sehingga nggak akan terasa lengket atau greasy di kulit. Misalnya saja Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++. Tabir surya yang satu ini mampu melindungi efek buruk sinar UVA dan UVB dengan kandungan SPF 50 serta PA+++. Kemudian ada juga kandungan Aqua Micro Capsule yang memberikan sensasi sejuk di kulit, sehingga nyaman saat digunakan.

Tekstur dari sunscreen ini pun ringan banget seperti air sehingga mudah meresap dan mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama tanpa meninggalkan kesan berminyak. Buat kulit pun ada kandungan nutrisi seperti hyaluronic acid dan citrus essence lho. Pas banget deh digunakan sebelum memakai makeup. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 115.800,-.

3. Nivea Sun Protect & Moisture Spray SPF 50+

Sunscreen untuk kulit berminyak

Photo via nivea.co.id

Buat kamu yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu lama, kamu bisa memilih Nivea Sun Protect & Moisture Spray SPF 50+. Sunscreen ini memiliki formula yang memberikan perlindungan optimal pada sinar UVA dan UVB dengan tetap melembapkan kulit secara tahan lama. Selain itu, produk ini juga tahan air dan mengandung vitamin E untuk menutrisi kulitmu.

Kemudian ada juga kandungan Aloe vera agar kulitmu tetap lembap dan sejuk. Produk dari Nivea ini teksturnya spray dan formulanya cepat menyerap ke dalam kulit sehingga cocok juga nih digunakan sebagai sunscreen untuk kulit berminyak. Untuk ukuran botol 200 ml, harga sunscreen ini adalah Rp 170.000-an.

4. Hedtutu Nigella Sunscreen

Sunscreen untuk kulit berjerawat

Photo via lazada.co.id

Hedtutu Nigella Sunscreen pun termasuk sunscreen untuk kulit berjerawat yang juga recommended buat kamu lho. Produk ini diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan kulit berjerawat. Kandungannya berupa bahan aktif Nigella Sativa seed oil (ekstrak Habbatus sauda) yang memang memiliki banyak manfaat.

Produk ini mampu meredakan kemerahan pada kulit akibat jerawat dan mampu mengontrol kelebihan minyak di wajah. Jerawat yang meradang pun bisa lebih calming hingga kering menggunakan produk ini. Tekstur dari sunscreen ini pun mudah meresap ke dalam kulit. Kamu bisa menggunakannya sehari-hari dengan membeli seharga Rp 75.000-an.

5. Elsheskin Daily Protection Gel

Produk dari Elsheskin ini memiliki sunscreen untuk kulit berminyak dan untuk kulit berjerawat lho.

Elsheskin Daily Protection Gel for Oily Skin

Sunscreen untuk kulit berminyak

Photo via elsheskin.com

Untuk kulit berminyak, ada Elsheskin Daily Protection Gel for Oily Skin. Produk ini memiliki tekstur berbentuk gel yang cocok digunakan untuk kulit berminyak. Selain melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, juga mampu melembapkan kulitmu. Kemudian ada kandungan allantoin dan panthenol yang berguna sebagai pelembap. Warnanya pun transparan dan bisa banget digunakan sebelum memakai makeup. Kamu bisa membelinya seharga Rp 80.000-an.

Elsheskin Daily Protection Gel for Acne Skin

Sunscreen untuk kulit berjerawat

Photo via elsheskin.com

Sementara Elsheskin Daily Protection Gel for Acne Skin ini sangat recommended buat kulit berjerawat. Kandungannya berupa salicylic acid dan sulfur yang mampu merawat kulit berjerawat agar tetap lembap dan sehat. Kandungan SPF-nya sendiri mampu melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari yang menyebabkan kemerahan, flek hitam, kekeringan, hingga penuaan dini. Kamu bisa membeli produk ini dengan harga Rp 87.000-an.

6. L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh Long  UV SPF 50 / PA++++

Photo via loreal-paris.co.id

Sunscreen untuk kulit berminyak selanjutnya ada L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh Long  UV SPF 50 / PA++++. Produk ini diformulasikan untuk kulit berminyak dan memiliki hasil akhir matte serta terasa ringan di kulit. Kandungannya diperkaya dengan mexoryl dan long UVA filters yang mampu mencegah terjadinya penuaan kulit, penggelapan, hingga noda hitam.

Selain itu, ada oil control formula yang mencegah produksi minyak berlebih dan detoxyl yang akan melindungi kulit dari polusi. Produk ini cocok banget deh untuk digunakan sehari-hari sebelum menggunakan makeup. Harga L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh Long  UV SPF 50 / PA++++ adalah Rp 99.000-an.

7. Klairs Soft Airy UV Essence SPF 50 PA++++

Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Photo via klairscosmetics.com

Kali ini ada Klairs Soft Airy UV Essence SPF 50 PA++++ sebagai sunscreen untuk kulit berminyak yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Tabir surya yang satu ini memiliki kandungan SPF 50 dan PA++++ yang akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, produk ini juga nggak bakal menimbulkan white cast saat dipakai lho.

Dari segi tekstur, produk ini berbahan dasar air sehingga menyerupai gel yang ringan dan mudah meresap, serta bebas rasa lengket. Digunakan sebelum makeup pun bisa membuat riasan lebih nempel. Pokoknya recommended deh! Kamu bisa membelinya seharga Rp 325.000-an.

8. La Roche-Posay Effaclar Duo+ SPF 30

Sunscreen untuk kulit berjerawat

Photo via laroche-posay.com

La Roche-Posay Effaclar Duo+ SPF 30 juga recommended nih kamu gunakan sebagai sunscreen untuk kulit berjerawat. Produk ini memiliki broad spectrum protection untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Formulanya juga dibuat untuk kulit berjerawat lho dengan tekstur gel yang ringan. Kulitmu juga akan lembap setelah memakainya bahkan bisa lebih cerah jika digunakan secara rutin.

Nggak hanya berfungsi sebagai sunscreen, produk ini juga berfungsi sebagai moisturizer. Untuk hasil akhir menggunakan produk ini adalah matte, sehingga pas banget buat kulit berminyak. Oh ya, sunscreen ini pun nggak ada kandungan paraben, alkohol, atau allergen lho. Pokoknya recommended deh. Kamu bisa membelinya seharga Rp 335.000-an.

9. Innisfree Daily UV Protection Cream No Sebum

Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Photo via innisfree.com

Kalau mencari sunscreen untuk kulit berminyak, produk dari Innisfree yang satu ini juga bisa banget untuk kamu gunakan. Innisfree Daily UV Protection Cream No Sebum memiliki kandungan sunflower oil dan Jeju green tea extract yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, produk ini mengandung powder yang bikin kulit jadi nggak terasa greasy.

Tampilan wajahmu pun lebih cerah karena ada efek tone up dengan matte finish. Kemudian ada juga kandungan ekstrak Portulaca oleracea dan Centella asiatica yang bisa menenangkan kulit saat terpapar sinar UV. Innisfree Daily UV Protection Cream No Sebum ini bisa kamu beli seharga Rp 150.000-an.

10. Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++

Photo via instagram.com/skinaquaid

Kamu pasti tahu kalau sunscreen dari Skin Aqua memang andalan banget untuk digunakan, salah satunya adalah Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ ini. Soalnya cocok banget digunakan untuk kulit berminyak. Sunscreen ini selain mengandung SPF 30 dan PA++, juga mengandung improved hyaluronic acid, collagen, vitamin B, vitamin E, dan C.

Manfaatnya adalah melembapkan, melembutkan, mempertahankan elastisitas kulit, dan menutrisi kulitmu. Karena teksturnya gel, produk ini ringan saat diaplikasikan dan mampu meresap dengan cepat. Kamu bisa menggunakannya sebelum mengaplikasikan makeup. Harga produk ini sekitar Rp 47.000-an ya, Girls.

11. Erha21 Acne Care Lab Acne Sun Friendly SPF 30 PA+++

Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Photo via erhastore.co.id

Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat selanjutnya ada Erha21 Acne Care Lab Acne Sun Friendly SPF 30 PA+++. Produk ini memiliki formula yang non-comedogenic dan non-acnegenic sehingga aman deh buat kulit berminyak dari zinc gluconate serta niacinamide. Kamu nggak perlu takut ada masalah komedo atau jerawat tambah parah.

Di dalamnya, tentu ada kandungan yang mampu mengontrol dan menyerap minyak berlebih pada kulit wajah. Kemudian saat diaplikasikan pun nggak ada efek warna putih yang bisa merusak makeup. Kamu bisa membeli produk ini seharga  Rp 130.000-an.

12. The Face Shop Natural Sun No Shine Hydrating Sun Cream (SPF 40 PA+++)

Photo via lazada.co.id

Sunscreen untuk kulit berminyak kali ini hadir dari produk Korea Selatan, yaitu The Face Shop Girls. Skincare untuk kulit berminyak ini nggak hanya mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV oleh kandungan SPF 40 dan PA+++ yang dimiliki. Namun juga bisa digunakan sebagai base makeup yang mampu melembapkan kulit dengan kandungan chia seeds. Buat kulit berminyak, produk ini juga recommended karena memberi tampilan matte finish dengan formula controlling sebum yang dimilliki.

Selain itu, ada kandungan Korean native cotton seed juga lho. Formula dari produk ini juga nggak akan memberi sensasi greasy deh, sehingga terasa ringan dan nyaman. Buat kulit yang rentan jerawat, nggak perlu khawatir juga. Soalnya produk ini formulanya nggak akan menimbulkan pembentukan jerawat deh. Sayangnya, harga produk ini agak pricey Girls, yaitu sekitar Rp 435.000,- untuk kemasan 100 ml.

13. Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30

Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Photo via bioderma.co.id

Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30 merupakan sunscreen untuk kulit berjerawat dan kulit berminyak yang juga sangat direkomendasikan buat kamu nih Girls. Produk ini memiliki kandungan Fluidactiv yang mampu mencegah timbulnya noda sekaligus melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Manfaat dari fluidactiv ini juga memberi perlindungan alami kulit, menghambat kerusakan sel, dan mencegah penuaan dini.

Buat kulit yang berminyak, nggak perlu khawatir lagi deh tampilan wajah jadi mengkilap. Saat digunakan pun produk ini nggak lengket atau berbercak putih. Sunscreen dari Bioderma ini pun terkenal aman karena nggak berwarna, nggak mengandung parfum, paraben, bahkan tahan air lho. Kamu juga nggak perlu khawatir kulit jadi komedoan, alergi, atau berjerawat karena memakai produk ini deh. Pas banget buat kamu yang hobi olahraga di luar ruangan. Harga produk ini adalah Rp 330.000-an.

14. Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Photo via blibli.com

Produk lokal Wardah juga punya lho sunscreen bagus yang layak untuk kamu pakai. Wardah Sunscreen Gel SPF 30 merupakan tabir surya yang bertekstur gel dengan formula lembut dan cocok banget buat kulit berminyak. Kandungannya selain SPF 30 adalah Aloe vera dan Pro vitamin B5 sebagai pelembap. Kemudian ada juga vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.

Meski ada efek melembapkan kulit, produk ini nggak terasa lengket atau berminyak kok. Formulanya juga mudah meresap dan non-comedogenic. Aman deh buat kulit berminyak agar bebas dari masalah jerawat atau komedo. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 28.000,-. Terjangkau abis, ‘kan?

15. Etude House Sunprise Mild Airy Finish SPF 50+/PA+++

Sunscreen untuk kulit berminyak

Photo via shopee.co.id

Sunscreen untuk kulit berminyak selanjutnya juga dari produk Korea nih, yaitu Etude House Sunprise Mild Airy Finish SPF 50+/PA+++. Produk ini mengandung 100% mineral filter yang bagus buat kulit sensitif. Selain mengandung SPF 50+PA+++, sunscreen ini juga bebas fragrance. Kemudian ada juga kandungan dwarf ground sedge extract, Aloe vera, dan Portulaca oleracea extract.

Selain melindungi kulit dari sinar UV, tentu ada efek melembapkan juga. Teksturnya sendiri creamy tetapi lembut dan nggak lengket lho. Kemudian juga menghasilkan tampilan matte finish yang oke banget buat kulit berminyak. Harga sunscreen dari Etude House ini adalah Rp 95.000-an.

Itu dia Girls beberapa rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat terbaik yang bisa kamu coba. Masing-masing produk tentunya punya keunggulan tersendiri, dan kamu bisa memilih yang paling cocok. Kamu pun nggak perlu khawatir deh kulit jadi kusam, ada noda hitam, atau kering akibat terpapar sinar UV saat beraktivitas sehari-hari. Kira-kira produk mana nih yang bikin kamu tertarik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *