12 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berminyak

By Hai Gadis

Sunscreen adalah salah satu produk perawatan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit. Biasanya produk ini berbentuk lotion dan sangat baik kita gunakan saat beraktivitas di luar ruangan. Terutama Sunscreen untuk kulit berminyak berikut ini.

Sinar matahari yang memiliki sinar UV sangat jahat bagi kondisi kesehatan kulit, karena dapat menyebabkan kulit kusam dan noda hitam. Bahkan terpapar secara terus menerus bisa menyebabkan penuaan dini.

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Secara umum semua produk sunscreen sendiri mengatakan bahwa produknya mampu menghalangi paparan sinar UVA dan juga UVB dari paparan matahari langsung ke kulit. Namun meski begitu kamu harus bisa menentukan dan memilih produk yang tepat khusus untuk kulit yang berminyak.

Untuk itu dalam pemilihan sunscreen harus kamu lakukan secara efektif agar mendapatkan manfaat yang kamu inginkan. Ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan untuk memilih sunscreen mulai dari warna kulit dan jenis kulit kamu juga ya, Girls.

Berikut ini adalah tips dan beberapa faktor yang harus kamu perhatikan sebelum memilih sunscreen untuk wajah berminyak:

1. Memperhatikan Aktivitas dan Kebutuhan

Langkah pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih sunscreen adalah dengan memperhatikan aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari. Apabila kamu sering beraktivitas di luar ruangan atau langsung terkena terik matahari.

Maka kamu membutuhkan sunscreen dengan perlindungan yang menyeluruh dan juga di dalamnya harus memiliki kadar SPF dan PA yang lebih tinggi. Tapi jika kamu hanya beraktivitas di dalam ruangan saja. Maka kamu bisa menggunakan sunscreen yang memiliki kadar SPF dan juga kandungan PA yang lebih rendah.

2. Memilih Sunscreen Sesuai dengan Warna Kulit

Faktor berikutnya yang bisa kamu pikirkan untuk memilih sunscreen adalah dengan melihat warna kulit. Jika kamu memiliki warna kulit yang terang dan putih maka kamu harus memilih sunscreen dengan kadar SPF dan PA yang tinggi pada sunscreen yang kamu pilih.

Sedangkan jika warna kulit kamu lebih gelap akan lebih terlindungi dari sinar UV. Sebab jenis kulit gelap mengandung melamin dan zat pigmen yang bisa melindungi kulit.

Sehingga kamu bisa memfokuskan untuk memilih sunscreen yang mengandung vitamin C. Sehingga bisa membantu membuat kulit menjadi terlihat lebih cerah.

3. Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Setiap jenis kulit membutuhkan jenis sunscreen yang berbeda. Jika kamu punya kulit kering maka kamu membutuhkan produk sunscreen yang memiliki kandungan bahan aktif yang memiliki fungsi untuk membuat kulit menjadi lebih lembab.

Sunscreen yang kamu pilih haruslah berbahan dasar minyak karena akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan terjaga kelembabannya.

Sedangkan jika kulit wajah kamu berminyak maka sebaiknya pilihlah sunscreen yang berbahan dasar air. Karena sunscreen ini akan membantu untuk menyerap minyak dengan baik. Dan bahannya tidak menyumbat pori-pori sehingga tidak menyebabkan jerawat.

Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Berminyak

Semua jenis kulit memerlukan perlindungan yang menyeluruh dari paparan sinar UV ini. Baik kulit kering, kulit berminyak maupun kulit kombinasi dapat rusak jika terus terkena sengatan sinar matahari. Hanya saja sunscreen yang digunakan tidak sama, kandungannya sesuai dengan jenis kulitnya.

Kalau kamu memiliki kulit yang berminyak, janganlah memakai sunscreen khusus untuk kulit kering. Karena alih-alih terlindungi, bisa-bisa menyebabkan kerusakan yang tidak kamu harapkan. Banyak sekali beredar di pasaran sunscreen dengan berbagai merk yang mengandung formula khusus untuk kulit berminyak.

Nah biar kamu nggak salah pilih, bisa menyimak rekomendasi produk sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak ini. Sehingga bisa memilih yang cocok dengan kebutuhan dan budget yang kamu inginkan, kepoin yuk!

1. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30

Shopee .co .id

Wardah Sunscreen Gel SPF 30 ini merupakan salah satu produk unggulan untuk melindungi kulit berminyak dari sinar UV. Uniknya lagi produk yang biasanya ditawarkan dengan harga Rp 33.500 ini cocok juga untuk kulit kering.

Untuk hasil terbaik, oleskan tipis-tipis secara merata pada kulit wajah kamu secara perlahan. Terutama untuk yang memiliki warna kulit sawo matang. Penggunaan yang terlalu tebal dapat mengakibatkan kulit wajah anda menjadi terlihat abu-abu.

Namun ketika kulit wajah anda termasuk golongan kulit sensitif, sebaiknya tidak menggunakan produk dari Wardah ini. Karena mengandung zat Ethylhexyl Methoxycinnamate yang sangat baik melindungi kulit dari efek sinar UV, namun tidak baik terhadap kulit sensitif.

2. Erha21 Acne Sun Friendly SPF 30 PA+++ Sunscreen untuk Kulit Berminyak

erhastore .co .id

Kali ini ada produk unggulan dari ERHA yaitu Erha21 Acne Sun Friendly SPF 30 PA+++ yang sangat efektif untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sebagai produk yang sudah terjamin kualitasnya, kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp 80.000. Harga yang sebanding untuk manfaat yang kamu dapatkan.

Mengandung formula non-comedogenic dan non-acnegenic produk pelindung kulit  ini ampuh kita aplikasikan pada kulit berminyak dan kulit berjerawat, Selain itu juga melindungi elemen utama penangkal sinar matahari yang jahat yakni SPF 30.

Karena kandungannya yang lengkap tersebut sehingga sunscreen ini tidak hanya berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari saja. Melainkan juga berfungsi sebagai pengontrol dan menyerap minyak yang berlebih pada kulit.

3. Emina Sun Protection SPF 30 PA+++

Shopee .co .id

Bagi kamu yang menginginkan sunscreen yang memiliki banyak manfaat dan harga yang ramah di kantong, maka kamu bisa memilih Emina Sun Protection SPF 30. Karena kamu hanya perlu membayar seharga Rp 29.000 untuk membawanya pulang.

Produk Emina ini sangat cocok untuk digunakan pada segala jenis kulit karena tidak memiliki kandungan alkohol dan sulfate. Selain itu juga mudah meresap kedalam permukaan kulit karena memiliki tekstur yang ringan.

Ketika kamu memiliki jenis kulit yang kering, disarankan memakai produk ini saat hendak beraktivitas di luar ruangan. Karena bisa membantu menjaga kelembaban dan juga mampu menghidrasi kulit dengan baik. Bahkan produk ini merupakan Holy-grail di kalangan para remaja karena keunggulan manfaatnya.

Memiliki tekstur yang watery, isi produk yang berwarna putih bersih dengan aroma wangi yang khas. Membuat Emina Sun Protection SPF 30 disukai hampir semua orang tanpa pandang usia. Apalagi sensasi fresh yang digunakan membuat produk besutan PT Paragon Technology and Innovation ini laris di pasaran.

 4. Erto’s Sunscreen Gel

Tokopedia .co .id

Kali ini ada produk Erto’s Sunscreen Gel yang dapat ditebus dengan harga Rp 60.000 di klinik-klinik Erto’s. memiliki tekstur yang ringan dan cocok untuk diaplikasikan pada jenis kulit berminyak. Berbentuk gel dan memiliki aroma wangi khas yang menyegarkan.

Bahkan saat digunakan, gel ini memberikan sensasi dingin yang menjadi keunggulan tersendiri. Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa membuat kulit gelap karena terbakar. Sunscreen ini mampu meratakan warna kulit yang belang.

Keunggulan lainnya adalah dapat membuat warna kulit menjadi lebih cerah dan membuat teksturnya terasa lembut. Juga mampu mengurangi produksi minyak yang berlebih di permukaan kulit wajah kamu lho girls.

5. Skin Aqua UV Moisture Gel

Shopee .co .id

Ketika kamu menginginkan produk yang bebas dari alkohol maka kamu bisa memilih Skin Aqua UV Moisture Gel dengan harga Rp. 48.000,- saja. Produk ini banyak disarankan para ahli kecantikan karena memiliki spektrum yang luas terhadap sinar UV A dan sinar UV B yang mengenai kulit secara langsung.

Karena teksturnya yang ringan sehingga mudah diserap kulit dengan cepat, sehingga cocok digunakan untuk kulit kering. Kerennya lagi produk ini juga cocok digunakan oleh ibu hamil dan juga ibu menyusui saat ingin keluar rumah. Karena mengandung berbagai bahan alami yang aman untuk melindungi kulit.

SPF 30 adalah elemen penting yang dapat memberikan perlindungan lebih lama dari sinar UVB yang dapat mengakibatkan kulit terbakar. Sementara PA++  membantu melindungi kulit dari efek jahat dari UVA yang menyebabkan penuaan dini.

Selain itu kandungan Hyaluronic Acid dan Glycerin yang ada didalamnya mampu menghidrasi kulit dengan lebih maksimal. Ditambah lagi dengan Vitamin C dan E sebagai sumber antioksidan, mampu menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Serunya lagi gel pelindung kulit ini tidak hanya untuk kulit wajah kamu saja, namun juga bisa digunakan di tangan, kaki dan juga leher. Sayangnya karena memiliki kandungan Cyclopentasiloxane atau bisa disebut juga sebagai silikon, sehingga tidak cocok untuk kulit sensitif.

6. Elsheskin Daily Protection Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Shopee .co .id

Sunscreen yang satu ini memiliki kandungan allantoin uang dapat melembabkan kulit kering dan kulit yang memiliki tekstur kasar. Untuk mendapatkan produk Elsheskin Daily Protection ini, kamu harus membelinya dengan harga Rp 85.000.

Karena memiliki bentuk gel sehingga mudah diaplikasikan pada kulit berminyak. Memiliki kemampuan melembutkan lapisan kulit terluar, juga meningkatkan daya serap kulit untuk menyimpan air. Saat digunakan gel transparan ini tidak akan memberikan sensasi lengket sehingga pengguna merasa nyaman.

7. Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Shopee .co .id

Salah satu sunscreen yang menjadi favorit kebanyakan perempuan adalah Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Meskipun harganya lumayan untuk sekelas sunscreen, karena untuk mendapatkannya harus membayar seharga Rp  115.000.

Kelebihan lainnya adalah No white cast meskipun memiliki kandungan SPF yang tinggi (50+ PA++++). Teksturnya ringan dan juga tidak lengket pada kulit saat digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Memiliki kandungan hyaluronic acid, royal jellu dan ekstrak citrusnya membuat sunscreen ini memiliki segudang manfaat. Selain mampu menjaga kelembaban dan menghidrasi kulit wajah dengan baik juga sangat baik bagi jenis kulit yang berminyak.

8. Melanox Premium Skin UV Protector

Shopee .co .id

Produk sunscreen Melanox Premium Skin UV Protector ini dapat dibeli dengan harga Rp 65.000. Memiliki formula yang non-comedogenic membuatnya aman untuk pemakaian rutin setiap hari. Karena tidak memiliki efek menyumbat kulit yang dapat memicu timbulnya komedo pada wajah.

Selain itu  Melanox Premium Skin UV Protector ini  juga memiliki kandungan ekstrak teh hijau dan vitamin E. Yang sangat bermanfaat untuk melindungi kulit secara efektif dan mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Ditambah kandungan ekstrak pepaya dan lemon yang memiliki kegunaan membuat kulit kamu lebih cerah, lembut, dan halus. Sehingga kamu tidak perlu khawatir saat melakukan banyak aktivitas di luar ruangan yang mendapat paparan sinar matahari secara langsung.

9. L’oreal Paris UV Perfect Super Aqua Essence

via shopee.co.id

Sunscreen dari L’oreal ini yang mengandung formula yang ringan, cepat meresap dan memberikan efek cerah saat setelah pemakaian ini. Sangat cocok digunakan pada jenis kulit berminyak dan dapat dibeli dengan harga Rp.135.000.

Memiliki kandungan SPF 50, dan ditambah dengan adenosine dan micronized sangat efektif untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Kami sangat menyarankan produk ini untuk kamu yang banyak memiliki aktivitas di luar ruangan. Karena memiliki kandungan antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

10. The Face Shop Sun Cream

Shopee .co .id

The Face Shop Clean Face Oil Control Sun Cream ini dapat kamu beli dengan harga Rp 140.000 saja. Produk Sunscreen yang diproduksi oleh The Face Shop ini  sangat cocok untuk kulit berminyak. Karena memiliki kandungan  formula SPF 35 dan oil free, sehingga  The Face Shop Clean Face Oil Control Sun Cream juga cocok untuk jenis kulit berjerawat.

Memiliki tekstur yang ringan dan tidak lengket sehingga meresap dengan cepat ke dalam kulit. Kamu dapat mencobanya karena sangat nyaman digunakan.

11. Etude House Sunprise Mild Perfect Relief

Shopee .co .id

Etude House Sunprise ini memiliki kandungan centella asiatica yang tidak memiliki efek yang dapat kulit kalian iritasi. Kandungan UV protection-nya juga mampu melindungi kulit sensitif dengan baik. Kamu dapat membelinya dengan harga Rp 140.000 saja untuk dapat merasakan manfaatnya.

Sunscreen yang  mengandung SPF 30, sunscreen dari etude house sunprise ini tidak lengket saat kamu gunakan, Selain itu juga lengkap dengan formula yang non-comedogenic, yang aman untuk pemakaian dalam kurun waktu yang lama.

12. Some By Mi Truecica Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Tokopedia .co .id

Sunscreen ini merupakan produk andalan dari Korea sebagai pelindung jenis kulit berminyak. Merupakan salah satu andalan kaum perempuan untuk menghindari efek buruk dari paparan sinar matahari. Apalagi saat kamu pakai tidak lengket sehingga menjadi salah satu produk yang  para ahli rekomendasikan.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas maka kamu bisa memilih sunscreen yang memiliki bahan dasar air di dalamnya sehingga lebih menyerap minyak. Selain itu tidak menimbulkan jerawat karena sunscreen berbahan dasar air tidak menyumbat pori pori.

Maka dari itu untuk kamu yang memiliki wajah yang berminyak atau memiliki kadar minyak berlebihan maka sunscreen yang bisa kamu pilih adalah sunscreen yang mampu menyerap minyak dengan baik. Dan pastikan sunscreen juga memiliki tekstur yang ringan dan cair seperti lotion.

Dan memiliki tekstur yang ringan sehingga bisa meresap dengan baik di kulit kamu yang berminyak. Apabila formula sunscreen yang berbentuk seperti lotion masih terasa berat untuk kamu aplikasikan di wajah kamu.

Maka sebaiknya kamu bisa beralih dengan memilih sunscreen yang memiliki tekstur gel karena lebih ringan teksturnya. Selain itu jenis sunscreen ini juga lebih mudah meresap di kulit daripada sunscreen berbentuk lotion.

Apalagi sunscreen berjenis gel ini tidak akan meninggalkan jejak jika kamu gunakan. selain itu sunscreen khusus kulit berminyak juga memiliki kandungan formula yang bisa memberikan hasil akhir matte. Sehingga membuat kulit menjadi terlihat semakin berminyak.

Karena memang pemilihan sunscreen untuk wajah sangat penting, apabila bahan dan kandungan yang ada di dalam sunscreen cocok dengan jenis kulit.

Maka bisa memberikan manfaat yang baik. Sama halnya sunscreen untuk kulit berminyak di atas yang akan membantu mengurangi kadar minyak dan membuat wajah tidak mudah berjerawat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.