15 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Sensitif

4 minggu, by Hai Gadis

Sunscreen untuk kulit sensitif

Bagi pemilik kulit sensitif, memilih produk skincare memang nggak bisa asal-asalan. Misalnya saja dalam memilih produk yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yaitu sunscreen. Salah memilih produk tabir surya, bisa-bisa kulitmu malah terjadi iritasi. Itulah kenapa, kamu harus memilih sunscreen untuk kulit sensitif yang memang aman dan efektif dalam melindungi kulitmu.

Jenis-jenis sunscreen

Mungkin kamu sering mendengar, bahwa produk perlindungan kulit dari sinar UV ada yang berupa sunscreen dan sunblock. Lalu, kamu juga mungkin sering mendengar, ada chemical sunscreen maupun physical sunscreen. Sebenarnya apa ya istilah-istilah tersebut?

Sebelum memilih produk sunscren untuk kulit sensitif, kamu juga perlu lho jenis-jenis sunscreen supaya nantinya bisa memilih produk tersebut dengan tepat. Umumnya, sunscreen terbagi menjadi 2 jenis, yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen.

a. Chemical sunscreen

Chemical sunscreen biasanya bekerja dengan cara menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan oleh kulit. Bahan-bahan utama yang digunakan pada chemical suncreen berupa avobenzone, oxybenzone, dan octosalate. Chemical sunscreen ini memang biasanya memiliki tekstur yang lebih ringan dan nggak mudah membentuk whitecast. Maka, cocok banget buat kamu yang punya kulit berminyak.

Chemical suncreen juga kebanyakan hanya melindungi kulit dari UVB saja. Namun sekarang banyak juga kok produk chemical sunscreen yang sudah bisa melindungi kulit dari UVB serta UVA. Sayangnya, chemical sunscreen harus dipilih secara hati-hati buat kamu yang punya kulit sensitif karena berisiko menyebabkan iritasi dan kemerahan. Meskipun ada juga kok produk chemical sunscreen yang sudah diformulasikan buat kulit sensitif, asalkan kamu bisa memilihnya secara selektif.

b. Physical suncreen / mineral sunscreen

Mungkin kamu akan tahu bahwa physical sunscreen itu sama saja dengan sunblock, Girls. Soalnya, cara kerjanya adalah dengan membuat lapisan baru pada kulit sebagai penangkal sinar matahari. Physical sunscreen juga sering disebut dengan mineral sunscreen. Tekstur physical sunscreen cenderung lebih tebal dan terkadang meninggalkan whitecast. Kalau untuk kandungan yang digunakan biasanya adalah titanium dioxide dan zinc.

Meski teksturnya cenderung tebal, physical sunscreen justru lebih aman untuk kulit sensitif dan nggak mudah menimbulkan iritasi. Cara kerjanya pun lebih stabil sehingga kamu nggak perlu sering-sering mengoleskan kembali produk tersebut (re-apply). Nah, formula dari physical sunscreen ini lebih bisa melindungi kulitmu dari UVA, UVB, bahkan radikal bebas.

Sudah tahu, ‘kan perbedaannya? Kini, kamu juga perlu menyimak tips dalam memilih sunscreen untuk kulit sensitif berikut ini.

Tips memilih sunscreen untuk kulit sensitif

a. Hindari produk yang mengandung bahan yang menimbulkan iritasi

Kulit sensitif itu sangat rentan teriritasi, Girls. Untuk itu, kamu perlu memilih sunscreen yang bahan-bahan pembuatnya aman buat kulitmu. Sebaiknya sih kamu memang memilih sunscreen jenis physical saja supaya lebih terhindar dari risiko iritasi. Namun, jika memang ingin memilih chemical sunscreen, hindari produk yang mengandung bahan-bahan seperti:

  • Avobenzone
  • Octocrylene
  • Oxybenzone
  • Avobenzone
  • PABA (Para-aminobenzoic acid)
  • Padimate O
  • Enzacamene

Jika kamu kesulitan mengetahui sunscreen dengan bahan-bahan tersebut, pilih saja produk yang ada label “for sensitive skin” atau yang memiliki formula “hypoallergenic”.

b. Sebaiknya pilih produk sunscreen yang bisa melindungi dari UVA dan UVB

Banyak lho Girls produk sunscreen yang hanya bisa melindungi kulit dari sinar UVB saja. Padahal, sinar UVA juga berbahaya bagi kulit, karena bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan. Nah, untuk memilih produk yang bisa melindungi dari UVA dan UVB, pilihlah produk yang biasanya ada label broad spectrum. Atau adanya label SPF dan PA.

c. Jangan abaikan permasalahan kulit lainnya

Meski kamu akan memilih produk sunscreen untuk kulit sensitif, perhatikan juga permasalahan kulitmu yang lain. Apakah kering, berminyak, atau justru berjerawat? Jika kamu memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat, sebaiknya gunakan sunscreen yang tanpa kandungan mineral oil, bertekstur ringan, sekaligus memiliki hasil akhir matte.

Kemudian, pilih juga produk yang non-comedogenic agar pori-pori nggak mudah tersumbat. Sementara itu untuk kulit kering, pilih saja yang kandungan pelembapnya tinggi, seperti Aloe vera maupun hyaluronic acid.

d. Pilih produk yang water resistant jika digunakan pada waktu lama di luar ruangan

Beberapa produk sunscreen ada yang formulanya water resistant lho sehingga lebih tahan terhadap air, minyak, dan keringat. Yang satu ini sih cocok buat kamu yang harus beraktivitas lama di luar ruangan. Namun jika penggunaan di luar ruangan nggak terlalu intens, produk tanpa water resistant pun nggak masalah kok untuk kamu pilih.

e. Pilih yang harganya sesuai budget

Harga menjadi hal penting dalam memilih sunscreen untuk kulit sensitif. Soalnya, produk sunscreen bakalan kamu gunakan setiap hari, ‘kan? Jadi sebaiknya kamu membeli produk sesuai budget saja ya supaya pemakaian bisa continue.

Itu dia Girls cara memilih sunscreen untuk kulit sensitif yang perlu kamu perhatikan. Sekarang, kamu nggak perlu bingung lagi saat mencarinya di pasaran. Soalnya Hai Gadis punya rekomendasi khusus buat kamu nih.

Rekomendasi sunscreen untuk kulit sensitif

1. Some By Mi Truecica Mineral 100 Calming Suncream SPF 50+ PA++++

Sunscreen untuk kulit sensitif

Photo via lazada.co.id

Rekomendasi sunscreen untuk kulit sensitif yang pertama adalah dari brand Korea, yaitu Some By Mi Truecica Mineral 100 Calming Suncream SPF 50+ PA++++. Produk ini termasuk physical sunscreen yang terbuat dari 85% essence pelembap. Selain itu, produk ini dibuat dengan kandungan Centella asiatica yang mampu memberi efek soothing, Madecassoside dan Asiaticoside sebagai antioksidan, serta essential oil (orange peel oil, lavender oil, tea tree leaf oil).

Teksturnya sendiri ringan dan lembut tanpa efek whitecast (putih) yang berlebihan. Kemudian, kemampuan proteksinya dari paparan sinar mataharinya juga maksimal lho dengan SPF 50+ dan PA++++. Kemudian ada juga 100% mineral UV filters berupa zinc oxide dan titanium dioxide yang mampu melindungi dari UVA serta UVB. Formula dari produk ini pun fragrance free dan non-iritating sehingga cocok buat kulit sensitif maupun kulit dengan masalah jerawat. Harga sunscreen ini Rp 130.000-an ya, Girls.

2. Cetaphil UVA/UVB DefenseSPF 50+/UVA 28

Sunscreen untuk kulit sensitif

Photo via cetaphil.co.id

Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28 juga termasuk sunscreen untuk kulit sensitif yang recommended untuk kamu gunakan. Dengan kandungan SPF 50+, produk ini bebas fragrance dan bisa membuat kulitmu tampak lembut. Sunscreen yang satu ini diciptakan dengan teknologi Mexoryl SX yang mampu memberikan proteksi tinggi pada kulit dari paparan UVA maupun UVB.

Formula dari produk ini ringan sehingga mudah meresap dan juga nggak meninggalkan residu putih (whitecast).  Kamu juga nggak perlu khawatir kulit jadi jerawatan atau komedoan karena produk ini termasuk non-comedogenic dan hypoallergenic.Cocok abis deh buat kulit sensitif yang mudah teriritasi. Oh ya, sunscreen dari Cetaphil ini tahan air juga lho, jadi nggak akan hilang oleh keringat maupun air. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 330.000-an.

3. Laneige Sun Block Sensitive SPF 30 PA++

Sunscreen untuk kulit sensitif

Photo via laneige.com

Laneige Sun Block Sensitive SPF 30 PA++ merupakan produk sunblock untuk kulit sensitif yang bisa melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Produk ini nggak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulitmu lho. Kandungannya dari bahan-bahan alami semua, yaitu ekstrak lavender, chamomile, lemon verbena, dan Aloe vera.

Selain memberi perlindungan, pastinya juga bisa menutrisi, melembutkan, sekaligus mengontrol produksi minyak di kulitmu. Oh ya, karena produk ini termasuk sun block, jadi kamu bisa langsung memakainya sebelum keluar rumah. Pastinya, produk dari Laneige ini bisa melindungi kulitmu dari UVA maupun UVB. Harga  Laneige Sun Block Sensitive SPF 30 PA++ ini sekitar Rp 399.000-an.

4. Make P:rem Gentle and Safe Sun Cream UV Defense Me Natural Suncream SPF 50+ PA+++

Photo via amazonc.o.uk

Produk sunscreen untuk kulit sensitif selanjutnya adalah Make P:rem Gentle and Safe Sun Cream UV Defense Me Natural Suncream SPF 50+ PA+++. Sunscreen yang juga dari brand Korea ini formula white cast-nya sangat tipis, sehingga mampu memberikan hasil riasan yang natural. Teksturnya ringan di kulit lho. Untuk kandungannya sendiri ada vitamin E dan C yang memiliki antioksiddan tinggi. Selain itu juga ada Centella asiatica sebagai antiinflamasi dan menenangkan kulit.

Kamu pun nggak perlu takut kulit jadi kering karena produk ini juga diperkaya dengan hyaluronic acid dan magnesium sulfate yang bisa melembapkan kulit. Kalau untuk kandungan proteksi UV-nya, ada titanium dioxide dan zinc oxide yang bisa melindungi kulitmu dari UVA serta UVB. Formulanya yang gentle membuat produk ini cocok untuk kulit sensitif. Setelah pemakaian, kulit wajah nggak akan terasa lengket. Bahkan produk ini juga transferproof lho. Kamu bisa membelinya seharga Rp 270.000-an.

5. Nature Republic Green Derma Mild Sun Block SPF 50

Sunscreen untuk kulit sensitif

Photo via shopee.co.id

Nature Republic Green Derma Mild Sun Block SPF 50 merupakan sunblock untuk kulit sensitif yang bisa melembapkan dan menutrisi kulitmu. Kandungannya ada Centella asiatica complex sehingga kulitmu yang sensitif bisa lebih kuat dan terlindungi. Kemudian ada juga ekstrak propolis yang membuat produk ini terasa calming saat diaplikasikan.

Untuk perlindungannya sendiri, produk ini mampu memproteksi kulitmu dari sinar UVA maupun UVB kok. Harga produk ini adalah Rp 285.000-an, Girls.

6. Innisfree Daily Sensitive Sunscreen SPF 50+ PA++++

Photo via innisfree.com

Rekomendasi sunscreen terbaik berikutnya hadir dari brand Innisfree, yaitu Innisfree Daily Sensitive Sunscreen SPF 50+ PA++++. Produk ini mengandung formula yang ringan dan hypoallergenic sehingga cocok untuk kulit sensitif. Bahkan juga bisa lho digunakan pada anak-anak. Dengan kandungan SPF 50+ PA++++, produk ini termasuk physical sunscreen yang mampu melindungi kulitmu dari kerusakan akibat sinaar UV.

Selain itu, produk ini juga mudah dibersihkan meskipun tanpa double cleansing. Kalau dari segi kandungan, produk Innisfree yang satu ini diformulasikan dengan bahan-bahan mineral dan sunflower oil. Kulitmu bakalan tetap lembap dan terhidrasi deh. Kamu bisa membelinya seharga Rp  230.000-an.

7. Sensatia Botanicals Surf Naked Sunscreen

Sunscreen untuk kulit sensitif

Photo via sensatia.com

Kalau kamu mencari sunscreen untuk kulit sensitif, produk dari Sensatia Botanicals ini juga recommended lho. Tabir surya yang satu ini mampu memberikan perlindungan tinggi dari dinar UVA dan UVB. Formulanya sendiri hanya menggunakan 3 bahan alami lho.

Ada non-nano zinc oxide yang kaya akan mineral, minyak kelapa untuk melembapkan kulit, dan juga candelila wax untuk menghidrasi kulitmu. Nggak hanya aman untuk kulit, produk ini pastinya juga aman untuk lingkungan sekitar. Kamu bisa membeli Sensatia Botanicals Surf Naked Suncreen ini seharga Rp 125.000,-.

8. Neutrogena Sheer Zinc Face Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 50

Sunscreen untuk kulit sensitif

Photo via neutrogena.com

Neutrogena Sheer Zinc Face Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 50 merupakan produk sunscreen yang bagus untuk kulit sensitif. Sunscreen ini termasuk broad spectrum dengan SPF 50, sehingga bisa melindungi kulitmu dari sinar UVA maupun UVB. Produk ini recommended banget digunakan pada kulit sensitif karena formulanya hypoallergenic, dermatology tested, fragrance free, dye free, oil free, dan paraben free.

Selain itu, produk ini mengandung vitamin E yang pastinya bakalan membuat kulitmu tetap ternutrisi. Oh ya, sunscreen ini formulanya water resistant selama 2 jam lho. Teksturnya juga sangat ringan, sehingga nyaman banget saat memakainya. Produk ini dijual seharga Rp 289.000-an.

9. Elsheskin Soothing Daily Protection

Photo via elsheskin.com

Elsheskin Soothing Daily Protection merupakan sunscreen yang diformulasikan untuk kulit sensitif dengan kandungan SPF 30. Nggak hanya melindungi kulit dari paparan sinar UV, sunscreen ini juga bisa melindungi kulitmu dari radikal bebas, polusi, dan debu penyebab iritasi kulit.

Untuk kandungannya sendiri ada Chamomilla recutita flower extract yang bisa menenangkan kulit. Selain itu, sunscreen ini juga bebas bahan tambahan seperti pewangi atau fragrance. Kamu bisa membelinya seharga Rp 92.000,-.

10. Senka Mineral UV Essence

Sunscreen untuk kulit sensitif

Photo via shopee.co.id

Produk sunscreen kali ini hadir dari brand Jepang lho Girls, yaitu Senka Mineral UV Essence dengan kemasan tube berwarna orange. Produk yang satu ini memiliki tekstur gel sehingga ada sensasi dingin setelah diaplikasikan, nggak lengket, dan mudah meresap. Selain itu, sunscreen ini mampu melembapkan dan melembutkan kulit dengan kandungan baby powder-nya.

Kemudian ada juga kandungan air mineral gunung Fuji, dan zat anti-aging seperti Q10 dan hyaluronic acid. Formulanya juga mudah dibersihkan, karena nggak antiair maupun antiminyak. Karena tanpa mengandung mineral oil, fragrance,maupun artificial color, produk ini cukup aman untuk kulit sensitif. Kamu bisa membelinya seharga Rp 200.000-an.

11. Banana Boat Simply Protect Sensitive Sunscreen Lotion

Sunscreen untuk kulit sensitif

Photo via bananaboat.com

Banana Boat Simply Protect Sensitive Sunscreen Lotion juga merupakan sunscreen untuk kulit sensitif yang recommended buat kamu lho. Produk ini mengandung bahan-bahan hypoallergenic dan formula yang diperkaya dengan mineral, dengan kandungan bahan kimia 25% lebih sedikit. Untuk proteksi terhadap sinar matahari, produk ini memiliki broad spectrum protection sehingga mampu melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB.

Selain itu, sunscreen yang satu ini juga nggak mengandung oxybenzone maupun paraben, dan juga no oil, serta fragrance free. Formulanya juga water resistant lho dalam waktu 80 menit. Cocok juga untuk aktivitas di luar ruangan dalam waktu lama. Harga produk ini sekitar Rp 190.000-an, Girls.

12. Skin Aqua UV Mild Milk Dry to Sensitive Skin SPF 25 PA++

Sunscreen untuk kulit sensitif

Photo via shopee.co.id

Kali ini, ada sunscreen bagus dari produk Jepang yang juga aman untuk kulit sensitif. Produk ini mengandung SPF 25 PA++ yang bisa melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB. Kalau untuk bahan pembuatnya sendiri ada hyaluronic acid, collagen, dan vitamin E. Kulitmu bakalan tetap terlembapkan dan terjaga elastisitasnya deh.

Oh ya, sunscreen dari Skin Aqua ini juga bebas dari kandungan alkohol, paraben, dan juga formulanya antialergi. Bahkan produk ini nggak hanya bisa dipakai di kulit wajah, tetapi juga di kulit tubuh seperti tangan. Skin Aqua UV Mild Milk Dry to Sensitive Skin SPF 25 PA++ ini dijual seharga Rp 60.000-an.

13. Klairs Mid-day Blue Sun Lotion SPF 40/PA++

Sunscreen untuk kulit sensitif

Photo via klairscosmetics.com

Masih ada nih rekomendasi sunscreen untuk kulit sensitif buat kamu, yaitu Klairs Mid-day Blue Sun Lotion SPF 40/PA++. Produk ini mampu melindungi kulit sensitifmu dari paparan sinar UV dengan kandungan SPF 40/PA++. Teksturnya sendiri ringan dan mampu menghidrasi kulitmu dengan baik tanpa terasa oily.

Dari segi kandungan, produk ini diperkaya dengan Guaiazulene yang bisa menenangkan kulit iritasi maupun kemerahan. Selain itu, produk ini juga sangat mild, nggak mengandung paraben, alkohol, maupun pewangi buatan. Bahkan ada klaim cruelty free dan juga vegan. Harga produk dengan kemasan biru muda yang cantik dan soft ini Rp 400.000-an ya, Girls.

14. Kiehl’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen SPF 50 PA+++

Sunscreen untuk kulit sensitif

Photo via kiehls.co.id

Kieh’s Ultra Light Daily UV Defense Mineral Sunscreen SPF 50 PA+++ juga cocok lho buat kulit sensitif. Produk yang termasuk mineral sunscreen ini teksturnya ringan, dan juga merupakan salah satu sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang recommended. Kandungannya sendiri berupa 100% mineral-based yang mampu memproteksi kulitmu dari sinar UVA dan UVB.

Dengan tekstur ringan yang matte finish, produk ini mudah meresap di kulit. Selain itu, formulanya nggak bakalan menyumbat pori deh karena non-comedogenic. Untuk kemasan berukuran 50 ml, kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 700.000-an. Cukup pricey sih, tapi nggak usah ditanya deh kualitasnya.

15. Neogen Day-Light Protection Sun Screen SPF 50/PA+++

Photo via shopee.co.id

Rekomendasi sunscreen untuk kulit sensitif yang satu ini juga masih dari produk Korea Girls, yaitu Neogen Day-Light Protection Sun Screen SPF 50/PA+++. Produk ini memiliki tekstur yang ringan seperti cairan sehingga mudah banget meresap di kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. Kandungan SPF 50 dan PA+++ dari sunscreen ini mampu melindungi kulit dari sinar UVA maupun UVB lho.

Selain itu, ada juga kandungan ekstrak mawar dan raspberry yang mampu menghidrasi kulit dengan baik sehingga kelembapan selalu terjaga. Nggak hanya itu, produk dari Neogen ini juga nggak meninggalkan whitecast saat dipakai lho. Harga produk ini sekitar Rp 250.000-an.

Nah, produk-produk di atas merupakan sunscreen untuk kulit sensitif yang terkenal bagus dan recommended untuk kamu. Jangan lupa untuk memilih produk di atas secara bijak, ya. Atau mungkin dari berbagai sunscreen di atas, ada yang sudah menjadi produk holy grail kamu?

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *