15 Rekomendasi Produk Skincare Untuk Kulit Kombinasi

2 minggu lalu, by Hai Gadis

Skincare untuk kulit kombinasi

Jika di artikel sebelumnya Hai Gadis sudah membahas mengenai skincare untuk kulit sensitif dan berjerawat, nah kali ini yang akan dibahas adalah produk skincare untuk kulit kombinasi. Jadi, buat kamu yang punya tipe kulit kombinasi, nggak perlu khawatir lagi deh.

Mungkin kamu sudah tahu kalau tipe kulit kombinasi ini merupakan gabungan antara kulit berminyak dan kulit kering. Tipe kulit ini memang umum dimiliki semua orang kok. Untuk membuat kulitmu tetap mulus dan sehat, kamu harus merawatnya dengan baik menggunakan produk skincare. Perawatan pada kulit kombinasi pun tentunya berbeda dengan jenis kulit kering, kulit berminyak, maupun kulit sensitif.

Table of Contents

Ciri-ciri kulit kombinasi

Sebenarnya tahu nggak sih Girls tanda atau ciri-ciri bahwa kulitmu memang tipe kombinasi? Supaya nggak salah kira, simak dulu deh ciri-ciri kulit kombinasi berikut ini.

a. Sebagian area kulit tampak berminyak dan sebagian lagi terasa kering setelah cuci muka

Cara supaya kamu tahu bahwa kulitmu tipe kombinasi, kamu bisa melihatnya setelah mencuci muka menggunakan sabun. Tunggu selama 20 menit, kemudian lihat kondisi kulitmu. Jika beberapa area terasa kering atau kencang sementara area T-zone tampak berminyak, berarti kulitmu memang tipe kombinasi.

b. Pelembap wajah jadi terasa berminyak di area T-zone

Setelah mengunakan pelembap wajah, coba lihat lagi kulitmu. Kalau di bagian lain terasa lembap dengan baik tetapi di areaT-zone terasa lengket, berarti kamu memiliki kulit kombinasi.

Advertisement

c. Pori-pori di area hidung tampak lebih besar

Ciri kulit kombinasi selanjutnya adalah pori-pori di area hidung tampak lebih besar dibanding di area pipi, rahang, dan bagian wajah lainnya. Nah, coba cek wajahmu!

d. Sebagian wajah terasa kering dan sebagian muncul jerawat secara bersamaan

Pada kulit kombinasi, bisa saja lho terjadi jerawat sekaligus kulit kering. Apalagi kalau kamu nggak merawatnya dengan baik, bagian T-zone bisa muncul jerawat sementara bagian seperti pipi terasa kering.

Tips memilih skincare untuk merawat kulit kombinasi

Kulit kombinasi pastinya perlu dirawat supaya nggak mengalami masalah yang mengganggu. Apalagi masalah pada kulit kombinasi bisa dua macam, yaitu breakout pada area yang berminyak dan mudah mengelupas serta mengalami penuaan pada area kulit yang kering. Tentunya, kamu harus menggunkan produk perawatan wajah yang tepat. Sebelum membel skincare untuk kulit kombinasi, perlu kamu tahu dulu nih tips memilih skincare untuk kulit kombinasi berikut ini.

a. Pilih produk skincare yang memang dikhususkan untuk kulit kombinasi

Tips memilih skincare untuk kulit kombinsi yang pertama adalah pastikan bahwa skincare-mu bisa mengatasi masalah kulit kering sekaligus bisa mengontrol minyak berlebih di wajah. Dengan begini, kulitmu bakalan terhindar dari infeksi dan masalah lain deh. Hindari memilih skincare yang justru dikhususkan untuk kulit sensitif, kering, normal, atau berminyak, ya.

b. Perhatikan kandungan dalam produk skincare

Bahan aktif yang terkandung dalam skincare pun perlu kamu perhatikan, Girls. Kamu bisa memilih skincare yang mengandung bahan-bahan bermanfaat seperti hyaluronic acid yang membantu menjaga kelembapan kulit dan mengurangi kerutan. Atau bisa juga memilih kandunan vitamin C yang mengembalikan elasisitas kulit dan mengurangi kusam.

Untuk masalah pori-pori tersumbat, kamu bisa memilih skincare yang mengandung retinol. Kandungan ini juga sekaligus bisa membunuh bakteri penyebab jerawat lho. Lalu, ada kandungan asam laktat yang fungsinya adalah mengangkat sel kulit mati dan membantu proses regenerasi sel kulit.

c. Pilih produk berbasis air dan memiliki tekstur lembut

Produk skincare untuk kulit kombinasi yang mengandung minyak sangat berisiko menyebabkan pori-porimu tersumbat. Untuk itu, disarankan kamu memilih produk yang berbasis air. Selain nggak menyumbat pori, formulanya juga ringan dan mudah meresap di kulitmu.

d. Pilihlah produk skincare yang non-comedogenic

Kulit kombinasi juga bisa mudah berjerawat dan timbul komedo di area-area yang berminyak lho. Untuk itu, pilihlah produk skincare yang non-comedogenic. Dengan demikian, kulitmu nggak akan mudah breakout maupun timbul komedo deh.

e. Pilih produk yang nggak mengandung alkohol

Alkohol pada produk skincare juga bisa menimbulkan kulitmu semakin kering di area yang kering lho. Dalam memilih skincare untuk kulit kombinasi, perhatikan lagi ya Girls kandungan alkohol di dalamnya.

f. Pilih produk skincare sesuai budget

Karena produk skincare bakalan kamu gunakan secara rutin tiap hari, maka pilihlah yang harganya sesuai kemampuanmu, Girls. Hal ini supaya kamu bisa continue memakainya. Saat produk telah habis, kamu bakalan lebih mudah membelinya kembali deh. Lagipula, kalau kamu membeli produk yang harganya terlalu mahal lalu menghentikan pemakaian saat produk tersebut habis, perawatan kulitmu malah jadi nggak maksimal. Ingat, produk yang harganya terjangkau belum tentu nggak bagus kok.

g. Pilihlah produk berdasarkan rekomedasi beauty influencer atau ulasan pengguna sebelumnya

Sebelum membeli produk skincare, terutama produk yang belum pernah kamu pakai, jangan lupa untuk melihat ulasannya. Kamu bisa kok melihat review dari beauty influencer maupun pengguna sebelumnya. Dengan begini, kamu lebih bisa mempertimbangkan apakah produk tersebut memang bagus atau enggak.

Gampang ‘kan cara memilih skincare untuk kulit kombinasi yang bagus? Kini kamu nggak perlu bingung lagi memilih produk yang beredar di pasaran, soalnya HaiGadis punya rekomendasinya khusus buat kamu.

Rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi yang bagus

Makeup remover untuk kulit kombinasi

1. Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water

Makeup remover untuk kulit kombinasi

Photo via garnier.co.id

Skincare untuk kulit kombinasi yang pertama berupa makeup remover, yaitu Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water. Produk ini merupakan pembersih wajah yang memiliki kandungan minyak. Sehingga efektif banget untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup, bahkan makeup waterproof sekalipun. Makeup remover yang satu ini memiliki teknologi micellar dan argan oil yang akan menutrisi kulitmu.

Formula produk ini ringan, lembut, dan aman bagi kulit lho. Setelah pemakaian pun kulitmu nggak akan terasa berminyak maupun kering. Harganya hanya Rp 39.000-an kok. Coba deh!

2. Clarins Cleansing Milk with Gentian

Makeup remover untuk kulit kombinasi

Photo via clarinsusa.com

Masih berupa cleanser, kali ini ada Clarins Cleansing Milk with Gentian. Produk krim pembersih ini memiliki efek soothing dan cocok abis digunakan untuk kulit kombinasi serta berbagai tipe kulit. Makeup dan berbagai kotoran pun bisa dibersihkan dengan baik deh.

Cleanser dari Clarins ini juga diperkaya dengan ekstrak-ekstrak tumbuhan murni. Antara lain Gentian, Hawthorn, dan Sage yang bisa membantu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit dan membuat kulit lebih bersinar. Selain itu, produk ini juga akan memberikan tampilan wajah yang lembut, elastis, dan fresh.  Harganya agak pricey sih, yaitu Rp 340.000,-, tetapi sebanding dengan kualitas yang akan kamu dapatkan kok.

Facial wash / sabun wajah untuk kulit kombinasi

3. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

Facial wash untuk kulit kombinasi

Photo via tokopedia.com

Skincare untuk kulit kombinasi selanjutnya berupa facial wash dari COSRX nih, Girls. Produk ini memiliki pH sekitar 5,0 hingga 6,0 yang mirip dengan pH alami kulit. Fungsinya sendiri selain membersihkan minyak dan kotoran di wajah, juga mampu membersihkan sebum serta menghidrasi kulit wajah. Untuk kandungannya sendiri ada tea tree oil yang berfungsi mengontrol minyak di wajah dan mengecilkan pori-pori.

Kemudian ada juga kandungan BHA yang berfungsi memperbaiki tekstur wajahmu sehingga terasa lebih halus. Produk ini cocok abis deh melembapkan area wajah yang kering dan mengontrol sebum di area berminyak. Tekstur gel-nya sendiri ringan dan memberi efek calming. Facial wash ini dijual seharga Rp 130.000,- ya, Girls.

Toner untuk kulit kombinasi

4. Emina Witch Power Face Toner

Toner untuk kulit kombinasi

Photo via eminacosmetics.com

Emina Witch Power Face Toner merupakan skincare  untuk kulit kombinasi yang bisa kamu gunakan setelah membersihkan wajah. Produk ini memiliki kandungan zinc gluconate yang berfungsi mengontrol produksi sebum / minyak berlebih. Kemudian ada juga witch hazel sebagai antiinflamasi untuk kulit yang berjerawat. Namun kamu nggak perlu khawatir kulit jadi kering kok karena toner ini pun formulanya bakalan melembapkan dan menyegarkan kulit. Pori-pori juga bakalan mengecil deh.

Buat kamu yang alergi dengan alkohol, skincare yang satu ini bebas alkohol lho. Cocok abis digunakan untuk menyiapkan kulit sebelum menggunakan tahapan skincare selanjutnya. Yang terpenting, harga produk dengan kemasan cute ini sangat terjangkau, yaitu Rp 27.500,-.

Essence untuk kulit kombinasi

5. Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Essence untuk kulit kombinasi

Photo via watsons.co.id

Wardah White Secret Pure Treatment Essence juga menjadi salah satu skincare untuk kulit kombinasi yang recommended nih, Girls. Treatment essence ini berfungsi membantu kelembapan kulit secara optimal dan juga dapat mencerahkan. Kulitmu jadinya akan lembap dan lebih mudah menerima manfaat skincare selanjutnya deh. Kandungan essence dari Wardah ini adalah adenosin dan sodium hyaluronate yang bisa membuat kulit tampak halus.

Lalu ada juga ekstrak bunga edelweiss, tanaman silver vine, dan vitamin B3 yang akan mencerahkan kulit serta bikin glowing. Formulanya tentunya tetap ringan dan cocok buat kulit berminyak kok. Daya serapnya pun bagus dan aman untuk kulit karena nggak mengandung parfum, paraben, maupun pewarna. Produk lokal ini dijual dengan harga sekitar Rp 113.000-an.

Serum untuk kulit kombinasi

6. Nacific Fresh Herb Origin Serum

Serum untuk kulit kombinasi

Photo via revivecocoa.org

Kamu pasti tahu dengan produk skincare yang hits abis ini, ‘kan? Nacific Fresh Herb Origin Serum juga oke banget nih kamu pilih sebagai skincare untuk kulit kombinasi. Produk ini mengandung bahan alami yang akan memberi banyak manfaat bagi kulit. Kandungannya sendiri diperkaya dengan antioksidan yang bisa meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah keriput.

Selain itu, produk ini cocok buat kulit kombinasi karena mampu menyeimbangkan produksi minyak di wajah dengan tetap memberikan kelembapan. Warna kulitmu juga bakalan merata kalau memakainya secara teratur. Selain antiosidan, serum ini juga mengandung Aloe vera yang bisa memberi efek soothing bagi kulit. Dapatkan wajah glowing dan sehat dengan membeli produk ini seharga Rp 151.000-an.

7. Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial C-Serum

Serum untuk kulit kombinasi

Photo via sensatia.com

Masih dengan produk serum, Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial C-Serum juga bisa nih kamu pilih dalam rangkaian skincare-mu. Produk ini bermanfaat dalam membantu meremajakan dan melembapkan kulit dengan kandungan vitamin C-nya. Kemudian ada juga kandungan lidah buaya, kakadu plum, argan, manggis, dan rosehip oil yang bisa membantu memperbaiki warna kulit serta menutrisi kulit.

Dengan pemakaian teratur, kulitmu bakalan lebih halus, sehat, dan terlembapkan. Di area berminyak, produk ini nggak bakal terasa berat dan greasy kok. Kamu bisa membelinya seharga Rp 180.000,-.

Moisturizer / pelembab untuk kulit kombinasi

8. The Body Shop Seaweed Oil-Control Gel Cream

Pelembab kulit kombinasi

Photo via thebodyshop.com

Kelembapan kulit wajah sangatlah penting, untuk itu kamu memerlukan produk skincare yang tepat untuk merawatnya. Nah, salah satunya hadir dari brand The Body Shop dengan produknya yaitu The Body Shop Seaweed Oil-Control Gel Cream. Produk skincare buat kulit kombinasi ini sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Produk ini di sisi lain juga mampu menyeimbangkan produksi minyak pada wajah lho terutama di T­-zone.

Pelembap ini memiliki formula berbentuk gel sehingga mudah meresap di kulit. Cocok abis digunakan untuk melengkapi rangkaian skincare-mu. Produk dengan kemasan berbentuk jar ini sayangnya masih mengandung alkohol. Kalau ingin membelinya, harganya sekitar Rp 209.000-an ya, Girls.

9. Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15

Pelembab kulit kombinasi

Photo via zalora.com

Kali ini ada produk moisturizer yang bisa kamu pilih sebagai skincare untuk kulit kombinasi, yaitu Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15. Produk ini merupakan pelembap wajah yang bekerja ganda. Nggak hanya melembapkan kulit, tetapi juga membantu melindungi kulit dari sinar UV. Formulanya ringan dan nggak menyumbat pori lho, sehingga nyaman juga digunakan di area wajah yang berminyak. Produk ini agak pricey Girls, yaitu dijual seharga Rp 410.000-an. Namun kualitasnya nggak perlu diragukan lagi kok.

Sunscreen untuk kulit kombinasi

10. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Sunscreen kulit kombinasi

Photo via kao.com

Skincare kali ini berupa produk sunscreen yang sangat penting untuk kamu gunakan sehari-hari agar kulit terlindung dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++ termasuk sunscreen terkenal yang banyak digunakan orang-orang. Produk ini dilengkapi dengan aqua micro capsule yang bakalan memberi sensasi sejuk di kulit. Selain itu juga mampu melindungi wajah bahkan badan dari sinar UV.

Teksturnya juga ringan dan mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama lho. Namun di area kulit yang berminyak, produk ini nggak akan terasa greasy. Dari segi kandungan, ada hyaluronic acid dan citrus essence untuk menjaga kulit tetap lembap dan segar. Recommended deh untuk kulit sensitif. Kamu bisa membelinya seharga Rp 92.000-an.

11. L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UV SPF 50 / PA++++

Sunscreen kulit kombinasi

Photo via watsons.co.id

Masih ada lho rekomendasi skincare buat kulit kombinasi, yaitu L’Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh Long UV SPF 50 / PA++++. Sunscreen yang satu ini memang diformulasikan dengan hasil akhir matte yang cocok untuk area kulit berminyak. Namun formulanya tetap terasa ringan  dan lembut di area kulit kering.

Dari segi kandungan, produk ini diperkaya dengan Mexoryl dan Long UVA Filters yang mampu mencegah penggelapan kulit, munculnya noda hitam, maupun tanda penuaan dini lainnya. Selain itu juga ada formula oil-control yang bisa mencegah produksi minyak berlebih. Nggak lupa, ada kandungan Detoxyl yang bisa melindungi kulit dari polusi. Sunscreen ini bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp 94.000-an.

Krim malam untuk kulit kombinasi

12. Olay Total Effect 7 in 1 Night Cream

Krim Malam Kulit Kombinasi

Photo via amazon.com

Olay Total Effect 7 in 1 Nigh Cream merupakan krim malam yang cocok buat kulit kombinasi. Produk ini memiliki kandungan vitamin, antioksidan, dan protein yang bisa membuat kulit tampak lembap, kencang, segar, serta tampak lebih muda. Formulanya mampu menghidrasi kulit dengan baik sepanjang malam lho.

Untuk mengurangi tanda-tanda penuaan kulit juga bisa lho karena produk ini mampu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan di wajah. Nggak menyumbat pori juga kok, sehingga aman buat area kulit yang cenderung berminyak. Kamu harus memakainya secara teratur untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat. Produk ini dijual seharga Rp 126.400,-.

13. Garnier Sakura White Night Cream

Krim Malam Kulit Kombinasi

Photo via garnier.co.id

Krim malam dari Garnier yang satu ini juga bisa lho digunakan pada kulit kombinasi. Formulanya diperkaya dengan ekstrak Sakura yang 2 kali lebih banyak. Kemudian ada juga ekstrak buah-buahan dan vitamin C yang bisa melembapkan wajah selama kamu tidur. Esok harinya, wajah bakalan lebih cerah, bintik hitam tersamarkan, dan lebih glowing.

Garnier Sakura White Night Cream ini tentunya juga bisa melembapkan kulitmu dengan baik. Noda bekas jerawat pun bisa hilang. Kamu bisa membeli produk berkemasan jar ini seharga Rp 75.000,-.

Masker untuk kulit kombinasi

14. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

Skincare Kulit Kombinasi

Photo via innisfree.com

Skincare untuk kulit kombinasi yang direkomendasikan buat kamu masih ada lho. Kali ini berupa produk clay mask dari Innisfree. Super Volcanic Pore Clay Mask 2X ini merupakan clay mask 10 in 1 yang mengandung Jeju Volcanic Cluster Sphere. Sangat bermanfaat dalam menyerap minyak berlebih 2 kali lebih kuat. Selain itu, produk ini juga mampu merawat pori-pori kulitmu secara intensif.

Buat area kulit yang kering, nggak perlu khawatir deh karena produk ini bisa melembutkan kulit dan mencerahkannya. Pori-porimu pun bakalan lebih kencang dengan pemakaan teratur 1-2 kali seminggu. Harga produk berkemasan jar warna cokelat ini sekitar Rp 238.000-an, Girls.

Produk eksfoliasi untuk kulit kombinasi

15. Sebamed Clear Face Gentle Scrub

Skincare Kulit Kombinasi

Photo via sebamedindonesia.com

Sebamed Clear Face Gentle Scrub juga termasuk produk skincare bagus yang recommended nih. Produk scrub ini cocok kok buat kulit kombinasi. Di satu sisi bisa mengatasi masalah kulit berminyak, di sisi lain tetap menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Produk ini mampu membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori.

Selain itu juga bisa mengangkat minyak berlebih dan sisa kotoran di wajahmu. Wajah juga bakalan lebih cerah deh karena sel-sel kulit mati terangkat dengan baik. Butiran scrub-nya lembut lho sehingga nggak bakalan bikin iritasi. Kamu bisa membelinya seharga Rp 220.0000,-.

Demikian rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi yang bisa kamu pilih. Ingat, nggak semua produk yang bagus bisa cocok di kulitmu. Jadi, pilih secara selektif ya. Kemudian, jangan malas menggunakan rangkaian produk skincare. Soalnya, kulit yang bagus dan sehat nggak bisa didapatkan secara instan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *