Aneka Jenis Cardigan Agar Penampilanmu Makin Modis dan Keren

3 bulan lalu   |     |   by haigadis

Jenis-jenis cardigan

Trend fashion memang nggak ada habisnya ya Girls. Apalagi bagi wanita, yang punya beragam selera fashion sehingga membutuhkan berbagai fashion item untuk menunjang penampilan. Salah satunya adalah cardigan. Kamu perlu mengoleksi cardigan di lemari bajumu lho, karena fashion item satu ini cocok dipadupadankan dengan apa pun. Berbagai macam jenis cardigan juga sangat banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitasmu.

Model-model cardigan tentunya akan membuat penampilanmu makin stylish dan modis. Kamu bisa memilih model untuk acara formal, santai, atau sekadar untuk nongkrong dan jalan-jalan. Ada cardigan tanpa lengan, cardigan pendek, cardigan panjang, cardigan motif, dan masih banyak lagi.

Bahkan, fashion item satu ini nggak sekadar untuk tampil kece aja, tapi juga bisa melindungimu dari udara dingin lho. Pastinya, memiliki banyak koleksi jenis cardigan akan sangat membantu kamu yang bingung mix and match penampilan sehari-hari. Tinggal pakai inner dan bawahan, kamu akan tetap kece dan stylish.

Sebelum memilah dan memilih cardigan yang cocok dan yang bagus, baiknya kamu mengetahui dulu jenis-jenis cardigan berikut ini.

Jenis-jenis cardigan

1. Wrap Cardigan

Jenis Cardigan - Wrap Cardigan

Photo via pinterest.com

Jenis cardigan yang satu ini memang stylish dan unik banget, karena nggak memiliki kancing, Girls. Bentuknya pun tak beraturan, tapi malah membuatmu tampil makin keren lho. Cardigan ini memiliki bagian depan lebih panjang sehingga bisa dikreasikan sesuai keinginanmu agar penampilan nggak membosankan. Berbahan tebal, cardi ini cocok kamu gunakan di daerah bersuhu udara dingin. Kamu bisa memadupadankannya dengan inner polos dan celana jeans. Lalu, ditambah boots atau sneakers, pasti kece abis deh.

2. Belted Cardigan

Jenis Cardigan - Belted Cardigan

Photo via pinterest.com

Kalau jenis cardigan yang ini memang memiliki kombinasi ikat pinggang, sehingga akan membuatmu tampil lebih modis karena badan kamu nggak akan terlihat ‘lurus’. Berbentuk seperti kimono, cardi yang satu ini cocok untuk badanmu yang kurus agar terlihat lebih berisi dengan menonjolkan bentuk tubuhmu bagian panggul, lho. Selain itu, belted cardigan bisa dipakai untuk cuaca apa pun tergantung bahan. Nah, kamu sesuaikan sendiri saja deh.

3. Long Cardigan

Jenis Cardigan - Long Cardigan

Photo via pinterest.com

Cardigan yang panjang menyerupai dress ini menjadi fashion item yang akan membuat kamu makin stylish. Cocok sekali untuk kamu yang gemar dengan outfit double layer. Long cardigan biasanya memiliki panjang hingga lutut atau betis. Ada yang memiliki kancing maupun tidak. Pas banget nih dipadukan dengan inner apa pun, bahkan bawahan celana jeans maupun rok. Apalagi untuk kamu yang berhijab. Selain itu, long cardigan membantu banget untuk kamu yang ingin menyembunyikan bentuk tubuh yang bikin nggak pede. Nah, koleksi deh!

4. Classic Cardigan

Jenis Cardigan - Classic Cardigan

Photo via pinterest.com

Classic cardigan ini merupakan bentuk kardigan biasa dengan desain sesuai bentuk lekuk tubuh. Cardi jenis ini hits banget dari dulu sampai sekarang. Cocok banget loh dipadukan
dengan outfit apa pun. Bentuknya yang nggak terlalu panjang juga membuatmu lebih fleksibel bergerak. Untuk yang berbahan tebal, cardi ini pas banget dipakai saat cuaca dingin. Namun, kamu pilih aja classic cardigan yang berbahan tipis kalau harus aktif beraktivitas sepanjang hari.

5. Open Cardigan

Jenis Cardigan - Open Cardigan

Photo via pinterest.com

Sesuai namanya, cardigan ini memang memiliki style terbuka tanpa kancing. Cardi jenis ini memiliki panjang yang bervariasi. Namun yang khas adalah adanya lipatan pada bagian leher hingga ujung bawah cardigan. Memakai cardi model ini, kamu akan tampil lebih girly deh. Dipadukan dengan inner dan rok maupun inner dan celana cocok abis. Tambahkan aksesoris kalung juga oke nih supaya makin kece.

6. Flyaway Cardigan

Jenis Cardigan - Flyaway Cardigan

Photo via pinterest.com

Hampir sama dengan open cardigan, jenis flyaway ini memiliki potongan khas di bagian ujungnya yang akan melambai-lambai kalau tertiup angin atau saat kamu bergerak. Cardi yang satu ini biasanya terbuat dari bahan yang tipis sehingga nggak akan membuat gerah ketika dipakai. Fashion item yang satu ini cocok dipadukan dengan apa pun lho. Oh ya, apabila kamu merasa memiliki bentuk tubuh yang kurang tinggi, memakai flyaway cardi akan membuatmu tampak lebih ramping dan tinggi.

7. Tunic Cardigan

Jenis Cardigan - Tunic Cardigan

Photo via pinterest.com

Cardigan tunic ini memiliki bentuk yang longgar dan besar, sehingga tidak membentuk lekuk tubuh. Dengan panjang yang biasanya selutut, tunic cardigan ini ada yang berkancing dan ada yang tidak. Cocok juga lho dipadukan dengan outfit apa pun asal mempertimbangkan keseimbangan warna. Selain itu, kardigan ini pas digunakan di cuaca dingin karena bahannya cenderung tebal dan hangat.

8. Vest Cardigan

Jenis Cardigan - Vest Cardigan

Photo via pinterest.com

Cardigan dengan jenis mirip rompi ini juga stylish abis. Cardigan ini biasanya tidak berkancing dan tidak berlengan. Jadi fungsi utamanya ya memang untuk fashion saja. Yang pasti, match banget dipadukan dengan outfit apa pun. Bahkan bisa dipakai di segala acara, baik formal maupun santai, lho.

Nah, kalau kamu sudah tahu jenis-jenis cardigan, maka tinggal pilih deh yang sesuai kondisi tubuh dan acara. Oh ya, jangan lupa pilih motif yang tepat, ya. Karena jenis-jenis cardi di atas juga memiliki warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan outfitmu. Misalnya saja ada warna netral maupun cerah, ada motif polka, batik, stripes, atau floral, dan masih banyak lagi.

9. Cropped Cardigan

Jenis Cardigan - Cropped Cardigan

Photo via zaful.com

Cardigan jenis ini memiliki desain yang pendek di bagian pinggang dan bisa kamu kombinasikan dengan beberapa fashion item supaya makin kece. Kamu bisa menggunakan cropped cardigan dipadukan dengan dress, gaun, maupun inner T-shirt polos. Cropped cardi ini ketika dipakai memang makin memberi kesan feminim dan anggun.

10. Zipped Cardigan

Jenis Cardigan - Zipped Cardigan

Photo via atleticatradate.it

Zipped cardigan merupakan jenis cardigan yang memiliki ritsleting di bagian depannya. Cardi ini biasanya berbahan agak tebal, tapi nggak setebal jaket. Nah, pas banget nih buat pengganti jaket sekaligus cuma buat gaya. Dipadukan dengan inner apa pun atau tanpa inner tetap membuatmu tampil kece, lho.

11. Kimono Cardigan

Jenis Cardigan - Kimono Cardigan

Photo via tradesy.com

Jenis cardigan yang satu ini, sesuai namanya memang memiliki bentuk mirip kimono. Ada yang panjang maupun pendek dan biasanya memiliki motif tertentu. Cardi jenis ini memiliki bahan yang nggak terlalu tebal dan adem, jadi pas banget deh untuk outfit agar makin gaya. Kamu bisa memadukannya dengan inner polos supaya cardi lebih on point.

12. Hooded Cardigan

Jenis Cardigan - Hooded Cardigan

Photo via gorgeoushanger.com

Jenis cardigan yang memiliki hoodie ini pas banget untuk tampilan kasualmu agar makin maksimal. Hoodie cardigan memang memiliki banyak tipe, ada yang front zipper, model open cardi, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memadukannya dengan celana jeans supaya makin kece. Hoodie cardigan ini bisa kamu kenakan saat cuaca dingin tapi kamu harus tetap aktif beraktivitas lho. Bahkan bisa kamu gunakan sebagai pengganti jaket.

Nah, kalau kamu sudah tahu jenis-jenis cardigan, maka tinggal pilih deh yang sesuai kondisi tubuh dan acara. Oh ya, jangan lupa pilih motif yang tepat, ya. Karena jenis-jenis cardi di atas juga memiliki warna dan motif yang bisa disesuaikan dengan outfitmu. Misalnya saja ada warna netral maupun cerah, ada motif polka, batik, stripes, atau floral, dan masih banyak lagi.

Daripada bingung, mending intip dulu tips memilih cardigan berikut ini.

Tips memilih cardigan

  1. Pilih model yang menunjang penampilanmu.

    Nah, ketika membeli cardi, dicoba dulu Girls apakah cocok atau enggak ketika kamu pakai. Kadang, karakter kita belum tentu cocok dengan semua jenis outfit lho. Jangan sampai deh model cardi yang kamu pilih malah membuatmu malas memakainya.

  2. Pilih desain cardigan yang dapat menutupi kekurangan tubuhmu.

    Kamu bisa menengok lagi jenis-jenis cardigan di atas ya. Untuk yang bertubuh gemuk, disarankan memakai cardi
    berbahan tipis, sementara belt cardi cocok untuk kamu yang kurus. Selain itu, kamu yang bertubuh mungil, baiknya pilih short cardi, karena long cardi justru akan membuatmu makin mungil.

  3. Sesuaikan model dan style cardigan dengan cuaca.

    Kalau yang ini tergantung tujuan dan kebutuhan kamu memakainya, Girls. Cardi berbahan tipis bisa kamu pilih untuk cuaca panas dan aktivitas yang padat. Sementara yang berbahan tebal, tentu saja bisa kamu pilih untuk outfit ketika cuaca dingin.

  4. Sesuaikan model cardigan dengan acara dan kegiatan.

    Nah, kalau yang satu ini lebih ke fungsi cardigan yang lain. Jangan hanya mementingkan style yang oke, ya. Pastikan cardi yang kamu pilih telah kamu bedakan antara untuk acara formal maupun santai.

Nah itulah beberapa jenis cardigan dan tips memilih cardigan yang perlu kalian ketahui Girls.  Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *