Model Potongan Rambut Wanita Sesuai Bentuk Wajah

3 minggu lalu, by Hai Gadis

Rambut adalah mahkota wanita yang bisa diubah-ubah menjadi beragam model. Model rambut memang salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam fashion lho. Sebab, style rambut yang bagus dan cocok untukmu bakalan bikin kamu tampil pede. Kamu juga bakalan lebih puas dengan model rambut wanita yang kamu miliki.

Namun, memilih model rambut nggak bisa asal-asalan. Apalagi kalau kamu ingin tampil selalu cantik dan nggak ketinggalan zaman. Mungkin kamu akan melakukan banyak hal untuk merawat rambut kamu di salon. Tapi kamu juga jangan lupa bahwa memilih model rambut berdasarkan trend yang keren saja nggak cukup. Kamu harus menggunakan model rambut wanita yang sesuai bentuk wajah kamu.

Jika kamu bisa memilih potongan rambut wanita sesuai bentuk wajah, maka kamu akan memiliki penampilan yang lebih seimbang. Bahkan jika model rambut ideal dengan bentuk wajah, postur tubuhmu juga bisa lebih bagus lho. Tentunya, setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda dan punya keunikan masing-masing. Ada yang berwajah bulat, persegi, panjang, diamond, segitiga, dan oval. Lalu, gimana sih cara mengecek bentuk wajahmu? Simak yuk ulasan berikut ini.

Cara mengetahui bentuk wajah untuk memilih gaya rambut

  1. Lihat bayangan wajahmu di cermin

    Nah, yang pertama bisa kamu lakukan adalah bercermin, Girls. Oh ya, jangan pakai cermin yang kecil ya. Pakailah cermin yang besar, yang minimal lebih besar sedikit dengan ukuran wajah kamu.

  2. Gambar garis pantulan wajahmu

    Setelah itu, kamu bisa menyiapkan alat apa pun untuk menggambar bayangan wajahmu di cermin. Bisa pakai spidol yang mudah dihapus, lipstik, atau apa pun. Lalu, gambarlah garis bayangan wajahmu di cermin. Oh ya, jarak antara kamu dan cermin nggak perlu menempel kok. Namun juga jangan terlalu jauh.

  3. Cocokkan bentuk wajahmu dengan panduan di internet

    Jika sudah digambar, kamu bisa browsing di internet untuk melihat panduan bentuk wajah. Lalu, cocokkan deh gambar di kaca tersebut dengan panduan bentuk wajah di internet tadi.

  4. Minta pendapat orang lain

    Ada juga alternatif lain lho, Girls. Kamu bisa minta pendapat orang lain, misalnya saja teman kamu untuk melihat bentuk wajahmu secara langsung lalu dicocokkan dengan panduan bentuk wajah di internet.

  5. Melihat bentuk wajah dengan selfie

    Ada lagi nih cara untuk mengetahui bentuk wajahmu. Kamu bisa melakukan selfie dengan posisi wajah tegak dan menghadap ke depan. Oh ya, jangan selfie menggunakan kamera dengan berbagai filter ya, supaya hasil bentuk wajahmu terlihat lebih akurat. Setelah selfie, lihat hasilnya dan cocokkan dengan panduan bentuk wajah di internet. Selesai, deh.

Model potongan rambut wanita sesuai bentuk wajah

Apabila kamu sudah mengetahui bentuk wajahmu, selanjutnya tinggal memilih deh model rambut yang cocok. Berikut ini adalah beberapa model potongan rambut sesuai bentuk wajah yang bisa kamu jadikan inspirasi:

1. Bentuk wajah bulat

Suka minder dengan bentuk wajahmu yang bulat dan chubby? Nggak perlu minder, Girls. Kamu tinggal memilih gaya rambut yang tepat supaya wajah bulatmu terlihat ideal dengan rambutmu. Berikut ini adalah tips model rambut yang bisa kamu pilih:

  • Gunakan potongan rambut berlapis / layer

    Salah satu model rambut yang cocok untuk wajah bulatmu adalah model layer. Meski rambutmu pendek, dengan model layer ini pipimu yang chubby bisa tersamarkan. Namun, jangan memilih model rambut yang terlalu pendek, ya.

  • Gunakan model poni samping

    Nah, menggunakan model poni samping juga bisa membuat wajahmu terlihat lebih panjang lho. Apalagi jika rambutmu pendek, maka gunakan saja poni samping. Oh ya, kamu juga nggak perlu memaksakan wajahmu untuk ditutup dengan poni, ya. Poni bisa kamu buat natural saja Girls supaya cantikmu lebih terpancar.

  • Gunakan potongan rambut yang lebih panjang dari dagu

    Model potongan rambut wanita untuk wajah bulat ini yang terpenting adalah nggak terlalu pendek. Paling enggak, potong saja rambutmu lebih panjang dari dagu supaya bentuk wajah bulatmu lebih tersamarkan. Hindari model rambut ikal atau keriting pendek sebatas pipi, ya.

Adapun model-model rambut wanita untuk wajah bulat yang recommended untuk kamu adalah sebagai berikut.

  1. Model bob dengan layer

    model potongan rambut bob dengan layer

    model potongan rambut bob dengan layer – photo via pinterest.com

    Model bob layer yang satu ini bisa kamu pilih untuk potongan rambut wanita wajah bulat. Model ini cocok banget untuk penampilanmu yang kasual dan edgy. Kamu bisa tetap pede deh dengan rambut pendek meski bentuk  wajahmu bulat. Pas banget untuk menonjolkan karaktermu yang cool abis.

  2. Model bob ikal

    model potongan rambut bob ikal

    model potongan rambut bob ikal – photo via pinterest.com

    Jika kamu memiliki wajah bulat dan rambut ikal, style potongan rambut yang satu ini bisa kamu jadikan referensi. Rambut kamu bakalan terlihat lebih bervolume, dan wajah kamu pun akan tampak lebih panjang. Oh ya, model ini cocok untuk gaya edgy maupun feminin lho. Apalagi jika kamu menambahkan poni.

  3. Model layer dengan poni

    model potongan rambut wanita layer dengan poni

    model potongan rambut wanita layer dengan poni – photo via pinterest.com

    Layer dengan poni ini juga cocok banget sebagai model rambut wanita dengan wajah bulat. Terutama jika kamu kurang suka model rambut pendek atau terlalu panjang. Gaya rambut ini bisa memberi kesan imut untuk wajah kamu lho.

  4. Model shaggy panjang

    model potongan rambut wanita shaggy panjang

    model potongan rambut wanita shaggy panjang – photo via pinterest.com

    Inspirasi potongan rambut wanita model shaggy panjang ini juga cocok banget untuk menutupi wajah bulatmu, Girls. Style ini bikin kamu tampak modis. Pas banget untuk berbagai gaya penampilanmu, lho.

  5. Model short pixie cut

    model potongan rambut wanita short pixie cut

    model potongan rambut wanita short pixie cut – photo via pinterest.com

    Untuk wajah bulat, bisa juga kok memilih potongan rambut wanita yang super pendek. Kamu bisa memilih model pixie cut ini. Meski rambutmu pendek, wajahmu tetap terkesan panjang kok. Yang terpenting kamu pede saja, Girls.

2. Bentuk wajah oval

Untuk kamu yang memiliki wajah oval, berbagai model rambut wanita bisa cocok lho dengan wajahmu. Biasanya, kamu yang memiliki wajah oval ini memiliki ukuran panjang wajah yang lebih besar dibanding lebar tulang pipi. Dahi kamu pun biasanya lebih lebar dibanding rahang. Meski cocok dengan gaya rambut apa pun, kamu tetap harus menghindari model rambut yang membuat wajahmu terkesan lebih panjang. Misalnya saja model beehive, spike, dan lain sebagainya.

Advertisement

Berikut ini adalah rekomendasi model rambut wanita untuk wajah ovalmu:

  1. Model asimetris pendek ikal

    model potongan rambut wanita asimetris pendek ikal

    model potongan rambut wanita asimetris pendek ikal – photo via pinterest.com

    Model rambut yang satu ini pas banget untuk kamu yang berwajah oval dan memiliki rambut ikal. Penampilan ini cocok banget dengan berbagai gaya pakaian lho. Pas juga untuk penampilan edgy dan kasual, sehingga kamu akan tampak lebih elegan.

  2. Model long wavy (bergelombang panjang)

    model potongan rambut wanita long wavy

    model potongan rambut wanita long wavy – photo via pinterest.com

    Potongan rambut wanita dengan model long wavy ini bisa banget kamu pilih untuk wajahmu yang oval. Kamu bakalan terlihat stylish dan makin pede. Look ini bisa menjadikan penampilanmu lebih ideal untuk berbagai outfit. Kamu juga bisa dengan mudah menyesuaikan rambutmu ini dengan style feminin, elegan, edgy, atau gaya kasual.

  3. Model bob lurus panjang

    model potongan rambut wanita bob panjang

    model potongan rambut wanita bob panjang – photo via pinterest.com

    Kamu memiliki rambut lurus dan ingin potongan rambutmu panjang? Kamu bisa memilih style bob yang satu ini. Wajah ovalmu juga cocok banget lho untuk gaya rambut tanpa poni dengan garis tengah. Kamu bakalan tampak manis deh. Cocok banget untuk gaya anggun dan feminin agar auramu lebih keluar.

  4. Model bob straight medium short

    model potongan rambut wanita bob straight medium short

    model potongan rambut wanita bob straight medium short – photo via pinterest.com

    Suka dengan tampilan rambut pendek lurus dan tampak lebih muda? Gaya potongan rambut wanita yang satu ini pas banget kamu coba untuk wajah ovalmu. Wajahmu yang panjang juga nggak akan terlihat terlalu panjang, Girls. Coba deh!

  5. Model shaggy wavy with bangs

    model potongan rambut wanita shaggy bergelombang dengan poni

    model potongan rambut wanita shaggy bergelombang dengan poni – photo via pinterest.com

    Kalau kamu suka dengan rambut berponi, kamu bisa memilih model shaggy wavy pendek yang satu ini. Potongan rambut wanita ini bikin kamu tampak cute dan awet muda. Poni ini juga akan membuat wajah lonjongmu nggak terkesan terlalu panjang lho.

3. Bentuk wajah persegi

Jika bentuk wajah kamu kotak, biasanya rahang cenderung menonjol dan tampak tegas membentuk sudut. Lalu, lebar bagian atas wajah akan cenderung sama dengan bagian wajah bawah. Nah, dalam memilih model potongan rambut wanita, kamu harus tahu tips-tips berikut ini:

  • Sebaiknya pilih model rambut panjang

    Kamu bisa memilih model rambut panjang, Girls. Tujuannya agar bagian samping sisi wajahmu lebih terdefinisi dan nggak kaku.

  • Gunakan poni panjang

    Untuk wajahmu yang kotak, usahakan untuk memilih model poni panjang. Sebab, model poni pendek, apalagi lurus hanya akan membuat bentuk wajah kamu tetap terkesan kaku.

  • Hindari rambut model terlalu pendek

    Kamu juga perlu menghindari potongan rambut wanita yang terlalu pendek. Supaya rahang dan sisi samping wajah nggak terkesan terlalu kaku.

Intinya, kamu harus memilih model rambut yang akan membuat efek fitur wajahmu terlihat lebih halus dan nggak terlalu tegas. Berikut ini rekomendasi model rambut yang bisa kamu pilih untuk wajah persegimu:

  1. Model wavy dengan poni samping

    model potongan rambut wanita wavy dengan poni samping

    model potongan rambut wanita wavy dengan poni samping – photo via pinterest.com

    Model rambut wanita dengan gaya wavy poni samping ini recommended untuk menyamarkan sisi tegas wajahmu yang kotak. Kamu juga akan terlihat lebih segar dan dinamis. Kamu pun bisa memilih model layer supaya rambutmu lebih terlihat bervolume.

  2. Model panjang lurus

    model potongan rambut wanita lurus panjang

    model potongan rambut wanita lurus panjang – photo via pinterest.com

    Model lurus panjang tanpa poni ini juga bisa kok kamu pilih untuk menyamarkan wajah kotakmu agar nggak terlalu tegas. Potongan rambut wanita model ini juga akan membuatmu tampak anggun dan lebih dewasa. Penampilan wajahmu yang tegas pun akan tampak lebih hangat.

  3. Model bob pendek lurus

    model potongan rambut wanita bob lurus pendek

    model potongan rambut wanita bob lurus pendek – photo via pinterest.com

    Jika kamu suka model rambut pendek, potongan bob lurus bisa nih kamu jadikan referensi untuk wajah persegimu. Kamu bakalan terlihat lebih fresh. Potongan ini bisa banget untuk gaya edgy dan agak boyish lho.

  4. Model layer panjang

    model potongan rambut wanita layer panjang

    model potongan rambut wanita layer panjang – photo via pinterest.com

    Untuk penampilan lebih glamor dan feminin, kamu bisa memilih model rambut wanita dengan layer ini, Girls. Kamu juga oke-oke saja memakai poni tengah, tetapi dengan potongan yang nggak terlalu lurus dan bagian poni samping lebih panjang. Kamu bakalan makin pede deh dengan gaya ini!

4. Bentuk wajah hati

Apakah kamu memiliki wajah bentuk hati? Biasanya, wajah bentuk ini lebih lebar pada bagian dahi. Sementara bagian rahangmu akan lebih halus dengan dagu yang tajam. Nah, kamu harus memilih model rambut yang tepat, Girls. Ada beberapa tips berikut ini yang bisa kamu simak:

  • Direkomendasikan memilih gaya rambut berponi

    Kalau kamu memiliki wajah bentuk hati, sangat recommended untuk memilih model rambut wanita dengan poni. Model ini akan membuat wajahmu dengan bentuk hati tersebut lebih tegas. Penampilanmu juga akan lebih imut.

  • Lebih baik pilih rambut dengan potongan pendek

    Sebenarnya sah-sah saja memilih potongan rambut panjang kok. Namun, jika rambutmu pendek, wajahmu yang berbentuk hati ini jadi akan terlihat lebih tegas.

Ini dia beberapa style potongan rambut wanita untuk wajah berbentuk hati yang recommended:

  1. Model pixie cut dengan poni panjang

    Model pixie cut dengan poni panjang

    Model pixie cut dengan poni panjang – Photo via pinterest.com

    Model rambut wanita dengan pixie cut ini cocok banget untuk wajahmu yang berbentuk hati. Kamu bisa memilih model poni yang panjang untuk menyamarkan dahimu yang lebih lebar. Nah, pas banget deh untuk kamu yang punya karakter cool dan edgy.

  2. Model layer bob

    Model potongan rambut layer bob

    Model potongan rambut layer bob – Photo via pinterest.com

    Model rambut wanita layer bob ini juga cocok untuk kamu yang memiliki wajah berbentuk hati. Bagian dahimu yang terlalu lebar akan tertutupi dengan rambut yang dibelah pinggir. Garis rahangmu juga akan terlihat lebih halus dengan tulang pipi yang menonjol. Penampilanmu pun akan lebih fresh deh.

  3. Model rambut panjang layer dengan poni

    Model potongan rambut panjang layer dengan poni

    Model potongan rambut panjang layer dengan poni – Photo via pinterest.com

    Kalau kamu suka bentuk rambut dengan poni, model yang satu ini bisa banget kok kamu tiru. Dengan tambahan poni ini, wajahmu akan terkesan lebih mungil. Cocok banget deh untuk berbagai gaya outfit sehari-hari.

  4. Model short wavy bob

    Model potongan rambut short wavy bob

    Model potongan rambut short wavy bob – Photo via pinterest.com

    Potongan rambut wanita dengan model wavy bob pendek ini juga cocok kok untuk menyamarkan dahi yang lebar di wajah yang berbentuk hati. Tulang pipi pun akan lebih menonjol dengan dagu yang nggak terlalu runcing tegas. Gaya yang satu ini stylish abis lho untuk kamu coba.

5. Bentuk wajah diamond

Selanjutnya, ada bentuk wajah diamond yang sebenarnya mirip dengan bentuk oval. Hanya saja ukuran kening pada wajah diamond ini lebih lebar dibanding dagu. Rahang dan tulang pipi juga terkesan lebih tegas. Jika kamu punya bentuk wajah diamond, pilihlah model rambut wanita yang tepat, Girls. Meskipun sebenarnya apa saja pilihan model yang kamu pilih, tetap aman-aman saja kok. Namun, simak dulu deh tips berikut ini:

  • Sebaiknya pilih potongan rambut melengkung ke dalam

    Potongan rambut wanita dengan melengkung ke dalam akan membentuk kesan pipi lebih berisi. Jadi, bentuk wajahmu nggak akan terlihat terlalu lancip.

  • Hindari model rambut terlalu pendek dan bervolume

    Jika wajahmu berbentuk diamond, sebaiknya hindari deh model rambut wanita yang terlalu pendek dan bervolume. Justru wajahmu akan terlihat panjang dan kaku karena ukuran rambut lebih besar dibanding wajahmu.

Ini dia beberapa rekomendasi potongan rambut wanita untuk wajah berbentuk diamond:

  1. Model rambut beachy wave

    Model potongan rambut beachy wave

    Model potongan rambut beachy wave – Photo via pinterest.com

    Untuk kamu yang punya bentuk wajah diamond, model yang satu ini akan membuatmu tampak memukau. Kamu bisa memilih model rambut panjang dengan style beachy wave yang tampak hangat. Dengan model ini, pipimu akan terlihat lebih bervolume dan wajahmu nggak terlalu kaku tegas lho.

  2. Model lurus asimetris

    Model potongan rambut lurus asimetris

    Model potongan rambut lurus asimetris

    Rambut lurus dengan model asimetris ini pun bisa menjadi pilihan untuk kamu yang memiliki wajah diamond. Rambut yang tampak panjang sebelah ini akan membuat wajahmu lebih berisi. Dagu kamu pun nggak akan terlalu panjang dan kaku.

6. Bentuk wajah segitiga

Pada bentuk wajah segitiga, biasanya dagu akan berbentuk panjang. Selain itu, jarak pelipis akan lebih lebar dibanding jarak pangkal rahang. Tipsnya, kamu harus memilih model rambut yang bisa menonjolkan bagian samping wajahmu dan membuat dagumu nggak terlihat terlalu lancip. Berikut ini adalah rekomendasi potongan rambut wanita untuk wajah segitiga yang bisa kamu pilih:

  1. Model wave bob with bangs

    Model rambut wave bob with bangs

    Model rambut wave bob with bangs – Photo via pinterest.com

    Untuk potongan rambut wanita pada bentuk wajah segitiga, model wave bob dengan poni ini sangat cocok. Wajah kamu akan terlihat lebar di bagian samping sehingga dagu nggak tampak terlalu tegas. Pelipis pun nggak terlihat terlalu lebar karena tertutup poni.

  2. Model pixie cut

    Model rambut pixie cut untuk wajah segitiga

    Model rambut pixie cut untuk wajah segitiga – Photo via pinterest.com

    Kamu juga bisa tampil pede lho menggunakan gaya rambut boyish model pixie cut ini. Model wajahmu yang segitiga akan terkesan lebih soft. Kamu bisa memilih model poni samping supaya pelipis lebih tertutup sementara pipi menonjol.

Itu dia beberapa model rambut wanita yang bisa kamu pilih untuk penampilanmu agar lebih ideal. Nggak sulit kan sebenarnya memilih model rambut sesuai bentuk wajahmu? Yang terpenting selain memilih model rambut yang sesuai, kamu juga harus merawat rambutmu dengan baik ya, Girls!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *