Tips Memilih Cat Kuku Yang Pas Sesuai Dengan Warna Kulit

10 bulan, by Hai Gadis

Tips Memilih Cat Kuku Yang Pas Sesuai Warna Kulit

Kuku merupakan bagian tubuh yang sering menjadi penunjang penampilan pada wanita. Kuku biasanya juga butuh dipercantik dan diperhatikan dengan berbagai perawatan. Salah satu wujud perawatan kuku untuk menunjang penampilan adalah menghias kuku menggunakan cat kuku (kutek). Namun kamu harus memperhatikan beberapa tips dalam memilih cat kuku yang tepat sesuai warna kulitmu yang akan kita bahas kali ini.

Kutek atau cat kuku, atau disebut juga nail polish merupakan pernis yang digunakan pada kuku tangan atau kuku kaki untuk menghias, memperindah, dan melindungi lempeng kuku. Cat kuku ini memiliki beragam warna. Bahkan seni menghias kuku sekarang juga nggak hanya menggunakan satu warna saja. Bisa beberapa warna yang digambar menjadi pola tertentu. Namun, memilih warna cat kuku nggak bisa kamu lakukan sembarangan lho.

Pasalnya, nggak semua warna cat kuku pas dengan warna kulitmu. Jika salah warna, bisa-bisa kuku kamu bukannya cantik, malah membuatmu nggak pede. Seperti halnya memilih foundation, blush on, atau lipstik, tips memilih warna cat kuku adalah dengan menyesuaikan dengan warna skin tone maupun undertone kulit kita.

Undertone  adalah warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen dan nggak akan mengalami perubahan warna. Meskipun kulitmu bertambah gelap atau  semakin cerah, undertone kulit akan tetap sama. Sementara itu skin tone adalah warna kulit kita yang bisa kita lihat langsung. Skin tone orang Indonesia ini biasanya adalah putih pucat, kuning langsat, dan sawo matang.

Cara mengetahui undertone kulit

Nggak semua orang sudah mengetahui undertone kulit, lho. Sebab, undertone ini memang agak sulit terlihat, berbeda dengan skin tone yang bisa kita ketahui hanya dengan langsung melihatnya. Sebelum memilih warna cat kuku, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu undertone kulitmu. Gimana ya caranya?

Cara mengetahui undertone kulit

Cara mengetahui undertone kulit – Photo via sheis.vn

a. Mengecek warna pembuluh darah pergelangan tangan di bawah cahaya yang terang

Cara untuk mengecek undertone kulit kamu gampang kok, Girls. Pertama, kamu bisa berdiri di luar ruangan atau di bawah cahaya yang terang. Lalu, cek saja pembuluh darah di tangan kamu. Maka, kamu bisa mengetahui undertone-mu sebagai berikut.

  • Pembuluh darah terlihat berwarna biru: undertone cool atau dingin
  • Pembuluh darah berwarna hijau: undertone warm
  • Susah dibedakan hijau atau biru: undertone netral

b. Melihat diri sendiri saat menggunakan perhiasan

Cara mengecek undertone yang satu ini juga cukup mudah, Girls. Kamu tinggal melihat dirimu sendiri di depan kaca, kira-kira kulitmu lebih cocok mengenakan perhiasan emas atau perak.

  • Jika kamu tampak lebih segar dengan emas: undertone kuning atau warm
  • Jika kamu tampak lebih fresh dengan perak: undertone pink atau cool
  • Cenderung cocok menggunakan keduanya: undertone netral.

Gampang ‘kan cara mengetahui undertone kulitmu? Jika sudah tahu, maka saatnya kamu menyimak tips memilih warna cat kuku berdasarkan warna kulitmu di bawah ini.

Tips memilih warna cat kuku berdasarkan undertone kulit

Apabila kamu sudah mengetahui undertone kulit, maka akan mudah deh menentukan warna cat kuku yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips menentukan warna cat kuku berdasarkan undertone kulit.

1. Warm undertone

Warm undertone

Warm undertone – Photo via pinterest.com

Warm undertone ini merupakan warna rona kulit yang cenderung kekuning-kuningan. Maka, tips memilih cat kuku yang bagus digunakan adalah yang bernuansa warna merah dengan dasar kuning atau orange. Kamu bisa memakai kutek warna orange, peach, kuning, gold, maroon, atau coral. Bahkan kamu juga bisa memilih warna hijau seperti olive. Selain itu, untuk kulit undertone hangat ini sebaiknya menjauhi warna ungu maupun abu-abu.

2. Cool undertone

Cool undertone

Cool undertone – Photo via womanblitz.com

Tentunya, memilih cat kuku untuk undertone dingin akan berbeda dengan undertone hangat, dong. Untuk cool undertone, kamu bisa memilih warna-warna dengan based biru. Misalnya saja warna navy, rose red, burgundy, rose red, atau pink. Untuk kulit dengan undertone dingin ini, sebaiknya menghindari warna seperti turqoise.

3. Neutral undertone

Untuk kulit dengan neutral undertone ini, nggak ada tips khusus karena semua warna bisa cocok untuk dipakai. Warna cat kuku yang disarankan antara lain merah-orange atau orange agar tampak muda dan fresh. Memilih warna-warna netral seperti hitam atau putih juga cocok kok.

Tips memilih warna cat kuku berdasarkan skin tone

Apabila tips memilih cat kuku atau kuteks sebelumnya adalah berdasarkan undertone, maka selanjutnya adalah menentukan warna kuteks berdasarkan skin tone. Pemilihan warna berdasarkan skin tone ini akan menggunakan patokan warna kulit bagian luar yang langsung terlihat.

1. Kulit sawo matang

Untuk kulit sawo matang, ada beberapa tips memilih cat kuku lho. Sebaiknya kamu menghindari warna-warna terang seperti kuning dan pink yang justru membuatmu terlihat berlebihan. Beberapa warna ini bisa kamu gunakan:

a. Pastel / nude

Cat kuku pastel nude

Cat kuku pastel nude – Photo via amazon.com

Warna pastel / nude ini cocok banget lho kamu pakai apabila memiliki warna kulit sawo matang. Tone warnanya sama dengan skin tone sawo matang, sehingga bakalan lebih ideal untuk kamu pakai. Dengan warna pastel / nude ini, kuku kamu juga akan tampak lebih lebar dan panjang. Cocok banget deh untuk penampilan elegan dan simpelmu.

b. Merah

Cat kuku warna merah untuk kulit sawo matang

Cat kuku warna merah untuk kulit sawo matang – Photo via papillonspa.com.au

Memilih cat kuku untuk kulit sawo matang ini bisa juga lho dengan menggunakan warna merah. Dari merah plum sampai burgundy, cocok deh untuk warna kulitmu yang eksotis. Maka, penampilanmu bakalan terlihat berkarakter, sensual, tapi elegan. Coba saja deh kalau kamu suka warna merah.

c. Ungu gelap

Cat kuku ungu gelap untuk kulit sawo matang

Cat kuku ungu gelap untuk kulit sawo matang – Photo via smarie94.co.uk

Salah satu tips memilih cat kuku untuk kulit sawo matang adalah dengan menggunakan warna ungu gelap. Warna ini cocok abis deh membuat jari-jari kamu tampak memukau. Penampilan kamu bakalan terlihat manis dan glamor dengan nuansa ungu ini di kulit sawo matangmu.

2. Kulit cerah

Tips memillih cat kuku untuk kamu dengan warna kulit cerah pucat adalah menghindari warna-warna terang yang senada dengan kulitmu. Warna ini justru akan membuatmu terlihat pucat. Warna-warna tipis juga sebaiknya kamu hindari, karena akan membuat kukumu kurang stand out. Berikut ini beberapa warna yang bisa kamu gunakan:

a. Nude

Cat kuku warna nude untuk kulit cerah

Cat kuku warna nude untuk kulit cerah – Photo via fustany.com

Meski warna nude terlihat pucat untukmu, warna ini juga bisa kok kamu pakai. Justru kukumu akan terlihat lebih natural dan cantik. Nude ini juga bisa memberi kesan simpel dan memberi ilusi bahwa kukumu lebih panjang serta terlihat lentik. Kamu bisa memilih warna nude dengan nuansa sheer pink daripada warna nude dengan nuansa beige.

b. Navy Blue

Cat kuku warna navy blue untuk kulit cerah

Cat kuku warna navy blue untuk kulit cerah – Photo via peacci.com

Memilih cat kuku warna navy blue juga bisa nih kamu lakukan untuk menghiasi kulit terangmu. Warna ini akan memberi kesan lebih tegas dan membuat kukumu lebih cantik. Kamu pun akan terlihat lebih glamor dengan warna navy atau warna-warna dark blue lainnya.

c. Burgundy

Cat kuku warna burgundy untuk kulit cerah

Cat kuku warna burgundy untuk kulit cerah – Photo via pinterest.com

Warna burgundy atau warna merah klasik juga bisa kok kamu pilih dalam tips memilih cat kuku untuk kulit terangmu. Warna ini akan memberi kesan mewah saat berpadu dengan kulitmu. Cantikmu juga akan lebih terpancar dengan klasik, karena warna merah  memang identik dengan wanita.

d. Pink

Cat kuku warna pink untuk kulit cerah

Cat kuku warna pink untuk kulit cerah – Photo via ilnp.com

Meski kulitmu terang, kamu tetap bisa memilih cat kuku warna pink. Tips memilih cat kuku pink untuk kulit terangmu adalah warna pink fuchia. Warna ini akan membuatmu tampak girly dan fresh. Namun, warna ini cocoknya untuk kulit terang dengan cool undertone.

3. Kulit medium atau beige skin

Tips memilih cat kuku untuk kulit warna beige atau kuning langsat tentunya akan berbeda. Warna kulit kuning langsat ini memang khas wanita Indonesia. Jika kamu memiliki warna kulit sawo matang, kamu bisa memilih warna-warna cerah tetapi nggak terlalu terang.

a. Nude

Cat kuku warna nude untuk kulit kuning langsat

Cat kuku warna nude untuk kulit kuning langsat – Photo via essie.com

Kulit kuning langsat pun bisa lho memakai kuteks warna nude. Tips memilih warna cat kuku nude ini adalah yang bernuansa beige. Warna ini akan membuatmu tampak cantik natural dengan warna nude-beige yang juga membuat kuku lebih fresh.

b. Merah – orange

Cat kuku warna orange untuk kulit kuning langsat

Cat kuku warna orange untuk kulit kuning langsat – Photo via leminimacaron.com

Warna cat kuku merah juga bisa kok dipakai untuk kulit kuning langsat. Namun, kamu harus memilih warna merah dengan tone orange atau gold. Warna ini sangat cocok dengan kulit kuning langsat dan akan membuatnya tampak fresh. Cantiknya warna merah ini juga tampak alami, khas dengan karakter wanita Indonesia.

c. Biru

Cat kuku warna biru pastel untuk kulit kuning langsat

Cat kuku warna biru pastel untuk kulit kuning langsat – Photo via sonailicious.com

Tips memilih cat kuku untuk kulit kuning langsat ada lagi lho, yaitu warna biru. Warna biru ini juga nggak bisa sembarangan. Kamu bisa memilih warna biru pastel atau sky blue. Terutama jika undertone-mu adalah warm. Warna ini akan membuat penampilanmu lebih atraktif.

d. Warna-warna metalic

Cat kuku warna metalic pastel untuk kulit kuning langsat

Cat kuku warna metalic pastel untuk kulit kuning langsat – Photo via ebay.com

Kulit kuning langsat pun match banget menggunakan warna-warna metalik seperti silver. Warna ini akan membuatmu tampak mewah memukau. Kamu bahkan bisa memadukan warna ini dengan warna biru atau merah agar kuku semakin artsy. Namun, kamu perlu menghindari warna grey yang justru membuatmu tampak pucat.

Nah, itu dia Girls beberapa tips memilih warna cat kuku versi Hai Gadis yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa memilih berdasarkan undertone atau skin tone kamu secara umum. Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu merawat kuku yang telah dicat, ya. Kamu juga perlu menjaga kebersihan kukumu itu supaya selain cantik dengan kuteks, kukumu juga tampak bersih alami. Selamat mencoba!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *