Tips Make Up Natural Buat Pemula Biar Tampil Cantik dan Nggak Menor

2 minggu lalu, by Hai Gadis

Tips makeup natural

Pengen make up kamu terlihat natural dan nggak menor? Simak baik-baik tips make up natural dari Hai Gadis berikut!

Make up sudah semacam menjadi kebutuhan tiap wanita. Setiap hari, make up sudah menjadi rutinitas untuk berbagai aktivitas. Untuk bekerja, ke kampus, jalan-jalan, bahkan ke sekolah pun make up tetap dibutuhkan. Jelas saja, karena merias wajah memang membuat seseorang menjadi lebih percaya diri. Selain itu, make up juga mampu membuat wajah tampak lebih segar dan nggak kusam.

Namun, nggak semua orang menyukai make up yang terlalu tebal. Make up natural justru banyak digemari di kalangan para wanita. Sebab, tampilan make up natural ini nggak menyebabkan riasan tampak medok dan menor. Riasan yang natural juga nggak terlalu berbeda dengan tampilan wajah asli. Sehingga, penampilan seseorang nggak terkesan berlebihan dan bikin pangling.

Meski begitu, nggak jarang juga orang yang suka make up bold karena merasa lebih puas dan mampu menutup berbagai kekurangan di wajah dengan baik. Riasan yang tebal atau natural yang kamu pilih, sah-sah saja kok asal penggunaannya sesuai pada tempatnya. Sebenarnya, make up natural juga ada manfaatnya lho buat kamu. Terutama bagi kamu yang baru belajar make up.

Manfaat make up natural

  1. Kecantikan alami kamu lebih terpancar

    Memakai make up natural nggak akan bikin orang pangling saat melihatmu. Nggak jarang juga kamu terlihat seperti nggak memakai make up. Dengan begini, penampilan cantik naturalmu akan lebih terpancar. Kamu juga akan terlihat lebih fresh tapi kekurangan di wajah tetap tersamarkan oleh make up yang nggak terlalu tebal.

  2. Lebih hemat biaya dan peralatan make up

    Salah satu manfaat memakai make up natural adalah hemat biaya, Girls. Soalnya, riasan yang natural nggak membutuhkan banyak produk make up. Cocok banget nih untuk kamu yang koleksi make up-nya belum banyak. Selain itu, peralatan make up kamu pun nggak akan cepat habis. Jadi, uangmu bisa kamu gunakan untuk keperluan lain deh!

  3. Lebih praktis dan hemat waktu

    Tentunya, memakai make up natural ini lebih menghemat waktumu. Ketika kamu buru-buru berangkat kerja atau ngampus, kamu nggak bakal kelamaan di depan meja rias deh. Waktumu juga nggak akan banyak terbuang hanya untuk merias wajah. Namun, ini tentu berbeda dengan konteks make up natural ala MUA yang memang membutuhkan teknik khusus ya, Girls. Soalnya penggunannya pun untuk kepentingan khusus, bukan untuk sehari-hari.

  4. Lebih terhindar dari masalah kulit

    Semakin sedikit produk kosmetik dari make up yang kamu gunakan, tentu risiko mengalami masalah kulit akan lebih sedikit dong. Memakai make up tebal untuk sehari-hari berisiko menyebabkan masalah jerawat, komedo, kulit berminyak, dan masih banyak lagi. Namun, hal ini pun tetap tergantung perawatan kulit yang kamu lakukan ya, Girls.

  5. Pengaplikasiannya lebih mudah dan nggak mudah rusak

    Ada lagi nih Girls keuntungan memakai make up natural, yaitu pengaplikasiannya lebih mudah. Selain itu, riasan kamu juga nggak berisiko mengalami rusak atau crack setelah penggunaan seharian. Kamu pun nggak perlu ribet touch up deh.

    Itu dia beberapa manfaat memakai make up natural terutama untuk sehari-hari. Semuanya tetap kembali lagi ke karakter dan kebutuhanmu ya, Girls. Nggak jarang juga seseorang membutuhkan make up bold setiap hari untuk kepentingan pekerjaannya.

    Nah, untuk kamu yang menyukai make up natural, kamu juga nggak bisa asal make up saja. Nggak mau ‘kan penampilanmu malah aneh atau berisiko mengalami masalah di wajahmu. Untuk itu, simak deh tips make up natural di bawah ini.

Tips make up natural

1. Pastikan wajahmu bersih sebelum memakai make up

Tips make up natural - bersihkan wajah

Tips make up natural – bersihkan wajah | Photo via thehealthy.com

Tips make up natural - gunakan serum

Tips make up natural – gunakan serum | Photo via bhg.com.au

Sebelum mengaplikasikan make up, pastikan wajah kamu sudah dibersihkan dulu ya, Girls. Wajah yang bersih akan membuat make up lebih mudah menempel dan tahan lama. Kamu juga nggak mau ‘kan wajahmu jadi mudah berjerawat gara-gara nggak mencuci muka sebelum make up. Kamu bisa membersihkan wajah menggunakan facial foam, kemudian lanjut menggunakan toner dan skin care seperti essence serta serum. Langkah pertama dalam tips make up natural ini jangan kamu lewatkan ya!

2. Mengaplikasikan moisurizer sesuai jenis kulit

Tips  make up natural - aplikasikan moisurizer

Tips make up natural – aplikasikan moisurizer | Photo via makeup.com

Dalam make up natural, setelah membersihkan wajah dan mengaplikasikan skin care, kamu bisa menggunakan moisturizer sesuai jenis kulit. Sebenarnya nggak hanya untuk make up saja, moisturizer ini memang dibutuhkan untuk sehari-hari agar wajah tetap lembap dan terhidrasi. Selain melembapkan wajah, moisturizer ini juga bisa membuat make up menempel dengan baik.

Advertisement

Baik kulit berminyak atau kulit kering, sama-sama membutuhkan moisturizer lho. Untuk kulit berminyak, kamu bisa memilih moisturizer yang memberi efek matte tapi tetap melembapkan. Untuk hasil lebih maksimal, kamu bisa mengaplikasikan moisturizer yang mengandung SPF dan mampu melindungi kulit dari sinar UV. Jadi, kulit kamu bakalan tetap terlindungi deh. Perlu diingat juga bahwa ketika mengaplikasikan pelembap, tangan kamu harus dalam keadaan bersih ya!

3. Menggunakan foundation atau BB cream

Tips make up natural - foundation atau BB cream

Tips make up natural – foundation atau BB cream | Photo via makeup.com

Setelah menggunakan moisturizer, siapkan foundation atau BB cream dengan warna sesuai tone kulitmu. Untuk hasil make up natural, kamu bisa memilih foundation atau BB cream yang nggak terlalu coverage. Aplikasikan merata pada wajahmu menggunakan brush atau spons agar hasilnya lebih bagus dan nge-blend di wajah.

Nah, cara mengaplikasikan foundation ini juga harus kamu perhatikan Girls. Kamu bisa menggunakannya tipis-tipis saja. Jangan lupa untuk aplikasikan pada leher supaya nggak terlihat belang. Pastikan foundie atau BB cream sudah nge-blend dengan baik supaya nggak cakey ya!

4. Mengaplikasikan concealer jika perlu

Tips make up natural - aplikasikan concealer

Tips make up natural – aplikasikan concealer | Photo via goodhousekeeping.com

Jika sekiranya kamu memiliki noda bekas jerawat atau lingkaran hitam di bawah mata yang belum tertutup foundation, kamu bisa mengaplikasikan concealer. Pilihlah warna concealer yang setingkat lebih cerah dari warna kulit untuk pengaplikasian di bawah mata. Nah, gunakan tipis-tipis saja dan blending sampai merata serta nggak crack. Jika dirasa dengan foundation saja berbagai kekurangan di wajahmu bisa ter-cover, kamu bisa melewatkan tips make up natural yang satu ini.

5. Gunakan bedak, terutama di area wajah yang berminyak

Tips make up natural - gunakan bedak

Tips make up natural – gunakan bedak | Photo via beautymnl.com

Supaya riasanmu nggak mudah geser dan luntur, langkah selanjutnya kamu bisa mengaplikasikan bedak. Jika foundation-mu sudah memberi efek mattifying, kamu bisa aplikasikan bedak di area yang berminyak saja seperti area T-zone. Supaya hasilnya natural, kamu bisa memilih loose powder atau transluscent powder. Lalu untuk kulit kering, kamu bisa memilih menggunakan compact powder.

Hindari bedak two way cake yang justru membuat riasanmu tebal, ya. Selain itu, pilih bedak yang warnanya sesuai kulitmu. Dalam mengaplikasikan bedak, kamu bisa menggunakan brush supaya lebih merata dan nggak terlalu banyak produk yang digunakan. Sapukan secara tipis-tipis saja supaya hasil lebih natural.

6. Gunakan blush on warna soft supaya nggak pucat

Tips make up natural - gunakan blush on

Tips make up natural – gunakan blush on | Photo via fashioneven.com

Supaya wajahmu nggak terlihat pucat, setelah menggunakan bedak, kamu bisa mengaplikasikan blush on. Dalam make up natural ini, pemilihan warna blush on harus sesuai undertone kulit, Girls. Untuk kamu dengan undertone cool, kamu bisa memilih warna blush on yang pink. Sementara jika undertone-mu warm, kamu cocoknya menggunakan blush on warna peach atau orange.

Setelah memilih blush on dengan tepat, aplikasikan menggunakan brush tipis-tipis saja di pipimu. Jika kamu merasa blush on terlalu tebal, kamu bisa melapisinya dengan bedak kok. Oh ya, blush on bentuknya bermacam-macam lho. Ada yang cream blush maupun powder blush. Untuk cream blush, sebaiknya diaplikasikan sebelum menggunakan bedak deh. Tujuannya supaya bedak kamu nggak geser.

7. Gambar alis mengikuti bentuk aslinya

Tips make up natural - gambar alis sesuai bentuk aslinya

Tips make up natural – gambar alis sesuai bentuk aslinya | Photo via makeup.com

Menggambar alis pada tips make up natural ini, kamu harus mengikuti bentuknya. Jika kamu sudah memiliki alis yang rapi dan tebal, kamu bisa menyisirnya saja dengan sisir alis. Sisirlah mulai bagian ujung alis hingga keluar mengikuti arah tumbuh alismu. Sementara jika alismu kurang tebal, kamu bisa menggambarnya tipis-tipis sesuai bentuknya.

Hindari menggambar alis yang terlalu on fleek, karena hanya akan membuat make up-mu kurang natural.  Selain itu, kamu juga nggak perlu membingkai alis terlalu jauh dari bentuk aslinya. Kamu juga bisa memilih warna pensil alis sesuai dengan warna rambut dan warna asli alismu supaya terlihat alami.

8. Gunakan eye shadow warna netral

Tips make up natural - gunakan eye shadow warna netral

Tips make up natural – gunakan eye shadow warna netral | Photo via ispyfabulous.com

Langkah make up natural selanjutnya adalah memakai eye shadow dengan warna-warna natural seperti cokelat atau nude. Kamu cukup mengaplikasikannya di kelopak mata tipis-tipis menggunakan brush khusus eye shadow. Jika ingin menggunakan warna shimmer, pilihlah yang nggak terlalu shimmer, tetapi satin finished. Sapukan tipis-tipis di area tengah kelopak mata agar matamu terlihat segar. Namun jika kamu nggak ingin memakai eye shadow shimmer, satu lapis eye shadow warna natural saja sudah cukup kok membuat mata kamu nggak terlihat kosong.

9. Menggunakan eye liner tipis jika perlu

Tips make up natural - gunakan eye liner

Tips make up natural – gunakan eye liner | Photo via pinterest.com

Kalau kamu ingin menggunakan eye liner, pilihlah yang ujung aplikatornya sekecil mungkin. Hal ini supaya saat mengaplikasikan, eye liner nggak tampak terlalu tebal. Kamu boleh menggunakan eye liner cair maupun pensil kok. Lalu, sapukan sedekat mungkin dengan garis mata. Namun untuk make up natural, aplikasi eye liner bisa kamu skip.

10. Menggunakan maskara agar bulu mata lentik dan bervolume

Tips make up natural - gunakan maskara

Tips make up natural – gunakan maskara | Photo via litora.jp

Langkah selanjutnya dalam tips make up natural adalah memakai maskara. Kamu nggak perlu memakai bulu mata palsu kok, karena justru akan tampak berlebihan. Nah, sebelum mengaplikasikan maskara, siapkan penjepit bulu mata dan cotton bud untuk membersihkan maskara yang belepotan. Jepit dulu bulu matamu supaya melengkung, kemudian aplikasikan maskara secara perlahan.

11. Pilih lipstik warna nude natural

Tips make up natural - gunakan lipstik warna nude

Tips make up natural – gunakan lipstik warna nude | Photo via youtube.com

Step yang terakhir dalam tips make up natural adalah memakai lipstik. Tentunya, pilihan warna lipstik yang bisa kamu pakai adalah warna-warna soft seperti warna nude. Untuk kulit dengan undertone cool, kamu bisa memilih warna nude yang agak pink. Sementara untuk kamu dengan undertone warm, pilihlah warna lipstik nude yang agak orange. Kamu juga bisa memilih warna peach.

Kamu pun bisa lho mengaplikasikan lipstik dengan gaya ombre (gradasi) ala Korea. Caranya, kamu bisa mengaplikasikan lipstik warna nude yang menyerupai bibir, lalu lapisi dengan liptint di sisi dalam bibir. Liptint yang dipakai di bagian dalam bibir ini pilihlah yang warnanya lebih tajam tapi jangan terlalu ngejreng ya, Girls.

12. Gunakan setting spray agar make up tahan lama

Tips make up natural - gunakan setting spray

Tips make up natural – gunakan setting spray | Photo via fashioncentral.pk

Untuk langkah yang terakhir, kamu bisa menggunakan setting spray agar make up lebih tahan lama. Apalagi jika kamu malas touch up. Namun, opsi ini bisa kamu skip kok.

Nah, itu dia Girls tips make up natural untuk sehari-harimu. Dijamin kamu nggak bakalan terlihat medok dan menor deh asal pemilihan warna-warna make up-nya juga tepat. Tentunya, riasan natural ini bisa diterapkan dalam waktu singkat. Namun bisa jadi juga membutuhkan waktu lama jika kamu adalah pemula yang sedang belajar make up. Yang terpenting, lengkapi alat-alat make up-mu dan segera ganti jika sudah kedaluwarsa. Lalu, jangan lupa untuk membersihkan alat-alat make up secara berkala. Selain itu, skin care tetap harus kamu terapkan ya, supaya selain cantik kulitmu juga sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *