Tips Belajar Make Up Untuk Pemula

tips make up untuk pemula

1 bulan lalu

Tampil cantik dan menawan memang nggak cukup dengan merawat wajah aja. Kadang kita butuh polesan make up untuk membuat kita tampil lebih pede dan nggak kusam. Namun, pakai make up memang butuh skill tertentu supaya nggak salah mengaplikasikan. Terutama buat kamu para pemula yang lagi belajar make up nih Girls. Kalau ngasal, bukannya tampil cantik, eh malah aneh dan bahkan bisa terlihat lebih tua dari umur asli.

Nah, coba deh tips make up untuk pemula ala HaiGadis ini. Jangan lupa catat kalau takut lupa, ya!

1. Pastikan alat make up mu cukup lengkap

Sebelum memulai belajar make up, bagi kamu yang masih pemula, cek dulu deh alat-alat makeup-mu. Nggak perlu lengkap-lengkap banget, setidaknya pouch make up-mu berisi foundation / BB cream, bedak, blush on, lipstik, pensil alis, mascara, eye shadow. Minimal itu sih, Girls.

2. Bersihkan wajah dulu sebelum memakai make up

Tips make up ini merupakan yang termudah untuk kamu lakukan. Meski kamu baru pemula, harus diperhatikan lho ya. Sebelum memakai make up, wajahmu harus bersih supaya kuman-kuman nggak menempel dan terjebak di wajah setelah tertutup make up. Selain itu agar produk make up yang kamu aplikasikan bisa memberikan hasil yang maksimal di wajahmu.

3. Pakai moisturizer

Yang ini juga nggak kalah penting, Girls. Menggunakan pelembap akan menghidrasi wajahmu sebelum memakai make up. Kamu bisa aplikasikan pelembap yang cocok untuk kulitmu. Bahkan kalau perlu pilihlah pelembap yang memang digunakan sebelum memakai make up, ya. Selain itu, kamu juga bisa memakai primer, supaya make up lebih nempel dan nggak gampang luntur.

4. Pakai BB cream dengan pilihan warna yang tepat

Untuk kamu yang masih belajar make up, disarankan pakai BB cream saja deh daripada foundation. BB cream ini memang formulanya didesain lebih ringan daripada foundation, jadi akan mudah kamu aplikasikan ke wajah. Selain itu, BB cream juga biasanya mengandung moisturizer, dan juga hasilnya nggak akan terlalu tebal di wajah. Namun demikian, kamu tetap boleh memakai foundation kok. Pilih saja yang terksturnya cair dan warnanya sesuai dengan kulitmu supaya hasilnya lebih natural. Nah, untuk cek apakah warna foundation sesuai kulitmu atau enggak, bisa kamu aplikasikan ke bagian bawah pipi ketika membelinya, ya.

5. Aplikasikan BB cream atau foundation dengan spons

Agar BB cream maupun foundie yang kamu pakai bisa menempel secara merata di wajah, ratakan dengan kuas khusus foundation, spons atau beauty blender ya, Girls. Jadi untuk pemula, pastikan aplikator foundie ada di pouch make up-mu, ya. Soalnya nih, kalau pakai tangan, lebih berisiko terkontaminasi kuman. Spons untuk make up macam-macam, lho. Kamu sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Yang pasti, spons juga nggak boleh kotor dan selalu simpan di tempat yang bersih, ya.

6. Gunakan bedak yang tepat

Setelah memakai base make up, kamu harus menguncinya dengan bedak, Girls. Untuk yang masih belajar, tipsnya adalah pakai bedak tabur yang terksturnya akan memberikan hasil riasan nggak terlalu tebal di wajah. Namun, kamu juga boleh kok menggunakan bedak padat. Selain itu, aplikasikan dengan kuas khusus bedak atau spons. Kalau memakai spons, cukup ditepuk-tepu saja dan jangan mengaplikasikan dengan gerakan menyapu, ya. Hal ini untuk menghindari base make up –mu luntur. Oh ya, dalam memilih bedak juga sesuaikan jenis kulitmu, Girls. Apakah berminyak atau justru kering.

7. Jangan lupa blush on supaya makin fresh

Sampai sini, tips make up selanjutnya untuk kamu yang masih pemula adalah penggunaan blush on. Memakai blush on nggak hanya membuat kamu makin cantik, tapi juga membuat wajahmu lebih fresh merona dan nggak pucat. Pilih warna blush on yang natural, seperti warna merah muda, oranye, atau peach. Dengan menggunakan kuas, gunakan blush on sedikit saja lalu aplikasikan secara diagonal dari pipi ke arah garis rambut dekat telinga. Disarankan sambil tersenyum ya, Girls.

8. Gunakan eye shadow dengan warna natural

Yaps, langkah selanjutnya adalah eye shadow. Meskipun masih belajar, nggak usah takut pakai eye shadow, Girls. Sebenarnya, untuk sekadar belajar, nggak memakai eye shadow nggak apa-apa, tapi biar makin cantik dan pede, kenapa enggak? Gunakan warna-warna eye shadow yang aman dan natural ya, seperti cokelat, krem, peach, atau pink. Nggak usah ragu, kamu bisa langsung saja mengaplikasikannya tipis-tipis di area kelopak mata. Jangan lupa gunakan kuas khusus eye shadow. Oh ya, memakai satu warna saja cukup kok Girls, kecuali kamu sudah lebih jago dan mantap untuk memadukan beberapa warna eye shadow.

9. Pakai eye liner pensil

Kalau kamu masih belajar make up, pakailah eye liner pensil, Girls. Eye liner pensil lebih mudah diaplikasikan dan nggak mudah belepotan daripada liquid eye liner. Aplikasikan perlahan dengan membentuk garis di sepanjang garis bulu matamu, ya.

10. Aplikasikan maskara dengan tepat

Nah, selanjutnya adalah maskara. Tips yang harus diperhatikan untuk kamu yang masih belajar nih, jangan terbalik memakai maskara dulu baru eye shadow dan eye liner, ya. Maskaramu akan belepotan kalau eye shadow dan eye liner kamu aplikasikan setelahnya. Nah, memakai maskara ini tujuannya supaya bulu matamu lebih terlihat dan juga lebih lentik. Sebelum mengaplikasikan maskara, pastikan kamu sudah menjepit bulu matamu terlebih dahulu, Girls. Lalu, pakailah maskara dengan gerakan zig-zag agar nggak menggumpal di bulu mata. Kamu bisa memilih maskara waterproof supaya nggak mudah luntur oleh keringat maupun air.

11. Pakai pensil alis dengan mengikuti garis rambut alis

Alis juga merupakan bagian krusial ketika memakai make up, Girls. Alis ini penting banget untuk membingkai wajah dengan sempurna. Untuk kamu yang masih belajar, caranya adalah dengan mengarsir perlahan dari bagian ujung dalam alis hingga ke bagian ujung luar alis, sesuai dengan arah rambut alis. Setelah itu ratakan dengan sisir alis supaya rambut alis lebih terlihat natural dan rapi.

12. Pakai lipstik dengan warna yang tepat

Untuk sentuhan terakhir make up-mu, jangan lupa gunakan lipstik, Girls. Sebelumnya, kamu bisa kok menggunakan pelembap bibir supaya bibirmu nggak kering dan bikin tampilan lipstik kurang bagus. Baru deh kamu bisa memakai lipstik. Sesuaikan lipstik dengan kenyamananmu ya, Girls. Bisa lipcream, liptint, lipbalm, bahkan pilihan hasil akhir glossy atau matte juga harus sesuaikan dengan penampilanmu. Selain itu, tips aman untuk pemula adalah memakai warna lipstik yang natural seperti nude, peach, atau soft pink.

13. Gunakan face mist untuk finishing supaya make up lebih awet

Face mist ternyata nggak hanya bermanfaat untuk melembapkan wajah, tapi juga menyegarkan dan membuat make up mu lebih tahan lama, lho. Kamu bisa spray-kan di wajahmu untuk mengakhiri make up. Yaps, seharian kamu nggak bakalan sering-sering touch up deh. Namun untuk pemula, tips ini nggak wajib kok Girls.

14. Improve kemampuan make up-mu

Namanya juga belajar make up, Girls. Kadang untuk meningkatkan skill make up kita, kita harus sering melihat-lihat video tutorial make up yang dibuat oleh para beauty
influencer. Pasalnya, style make up nggak selalu sama dan harus disesuaikan dengan fashion maupun acaramu, ya ‘kan? Jadi, jangan sampai deh kemampuan make up-mu hanya begitu-begitu saja.

15. Investasi alat make up

Belajar itu akan susah kalau peralatannya kurang, bukan? Jadi, seiring berjalannya waktu, lengkapi deh koleksi make up-mu. Pelan-pelan aja Girls, sambil menabung.

Itu dia tips make up untuk pemula ala HaiGadis. Penting untuk diingat bahwa memakai make up jangan sampai mengubahmu jadi orang lain ya, Girls. Be yourself dan keep trying!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *