Peralatan Make Up Yang Wajib Dimiliki Untuk Pemula

2 bulan lalu   |     |   by haigadis

Alat make up untuk pemula

Perempuan memang nggak jauh dari yang namanya make up. Meski nggak semua perempuan suka memakai make up, tetapi sebagian besar membutuhkan merias diri untuk berbagai tujuan aktivitas. Sebelum beraktivitas, berdandan semacam menjadi rutinitas. Selain supaya wajah nggak terlihat pucat dan kusamseperti bangun tidur, juga untuk menambah kepercayaan diri. Namun demikian, ada yang memoles make up dengan tebal, ada juga yang hanya memakai make up tipis-tipis supaya hasilnya lebih natural. Sebab, nggak semua orang bisa memakai make up lho.

Girls, apakah kamu termasuk pemula di dunia make up? Mungkin kamu salah satu orang yang merasa bahwa make up itu sangatlah sulit. Padahal belum tentu lho, asal kamu sudah mempelajari dan sering mengasah skill make up-mu. Belajar make up juga mudah untuk kita lakukan kok. Zaman sekarang, banyak sekali influencer kecantikan yang sharing mengenai cara make up dan tips-tips terkait kecantikan yang bisa kamu akses dengan mudah. Yang terpenting, kamu sudah memiliki peralatan make up untuk pemula yang wajib ada di pouch make up-mu!

Nah, sebelum mengetahui apa saja alat-alat make up pemula yang harus kamu beli, berikut ini adalah beberapa tips memilih alat-alat make up yang bisa kamu pertimbangkan.

  1. Sesuaikan kebutuhan dengan budget

    Girls, dalam memilih alat make up, apalagi untuk kamu yang masih pemula, jangan langsung boros, ya. Akan tetapi, kamu perlu menyesuaikan alat-alat make up yang akan kamu beli dengan budget. Memang, peralatan make up yang lengkap akan sangat membantumu belajar, tetapi kamu bisa melengkapi alat make up-mu secara bertahap kok.

  2. Melakukan riset harga make up

    Hal ini juga sangat penting untuk kamu lakukan. Sebelum membeli alat make up, kamu bisa terlebih dahulu mencari informasi mengenai harga-harga peralatan make up yang kamu butuhkan. Kamu bisa membandingkan harga make up di beberapa toko – termasuk toko online – untuk kemudian dipilih yang paling sesuai kondisimu.

  3. Pelajari dan cari informasi kira-kira make up apa yang cocok untukmu

    Karena kamu masih pemula, sebaiknya sebelum membeli peralatan make up cari tahu dulu, apa saja yang kamu butuhkan. Setelah itu, kamu juga perlu mempertimbangkan produk yang kamu pilih, apakah cocok dengan kulit wajahmu atau enggak. Kamu bisa kok melihat postingan para beauty influencer sebagai referensi. Selain itu, jangan lupa juga untuk meminta masukan teman atau orang terdekat yang lebih tahu soal make up.

Apabila tips-tips tersebut sudah kamu catat, saatnya memilih peralatan make up apa saja yang wajib kamu miliki sebagai newbie yang belajar. Simak deh rangkuman peralatan make up untuk pemula yang HaiGadis rangkum berikut ini.

1. Pelembab dan primer

Alat make up untuk pemula - Pelembab wajah

Pelembab wajah – Photo via blogunik.com

Peralatan make up untuk pemula yang harus kamu miliki adalah pelembab dan primer. Tentunya, sebelum memakai make up, kamu harus memakai skin care rutinmu dulu, Girls. Selain agar kulitmu tetap sehat, hasil make up juga bisa lebih oke. Kamu akan sangat membutuhkan pelembab untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi ketika memakai make up.

Selain itu, memakai pelembab juga membuat make up-mu lebih flawless. Sementara itu, kamu juga perlu mengaplikasikan primer. Primer sangat berguna untuk membuat pori-pori kulit wajahmu mengecil dan membuat wajah lebih siap menerima make up. Memakai primer ini juga bikin make up lebih tahan lama, lho.

2. Foundation

Alat make up untuk pemula - foundation

Foundation – Photo via bobbibrown.co.uk

Alat make up pemula yang wajib kamu miliki selanjutnya adalah foundation. Foundation ini sangat berfungsi untuk meratakan warna kulitmu, sehingga ketika dipoles oleh alat make up lainnya hasilnya bisa lebih bagus. Selain itu, foundation ini juga bisa menyamarkan atau menutupi kekurangan wajah seperti jerawat, bekas jerawat, dan lain sebagainya. Sebagai pemula yang masih dalam tahap belajar, pilihlah foundation yang memiliki formula ringan saja. Kemudian, kamu juga harus memilih foundie yang sesuai dengan warna kulit, ya.

3. Concealer

Alat make up untuk pemula - Concealer

Concealer – Photo via cultbeauty.co.uk

Kamu juga wajib memiliki peralatan make up untuk pemula yang satu ini. Concealer ini akan sangat menolong kamu lho, Girls. Alat make up ini dapat menutupi kekurangan di wajah kamu dengan lebih baik ketimbang foundation. Concealer bisa kamu aplikasikan untuk menyamarkan warna gelap di bawah mata supaya kamu terlihat lebih segar, menyamarkan bekas jerawat, atau menyamarkan kerutan-kerutan di wajahmu. Nah, kalau kamu akan mengaplikasikan concealer di bawah mata, sebaiknya pilih warna yang 1 – 2 tingkat lebih terang dari wajahmu, ya. Sementara kalau kamu menggunakannya untuk wajah, pilih warna yang senada dengan kulitmu.

4. Bedak

Alat make up untuk pemula - Bedak

Bedak – Photo via kawaiibeautyjapan.com

Alat make up pemula yang selanjutnya harus kamu miliki adalah bedak. Bedak ini berguna untuk set foundation agar lebih tahan lama di wajahmu. Selain itu, bedak juga berguna banget mengontrol minyak berlebih di wajah. Kamu bisa memilih bedak tabur apabila wajah kamu terlalu berminyak. Sementara, kalau untuk bepergian, bisa deh kamu bawa bedak compact yang simpel dan praktis digunakan. Jangan lupa juga untuk memilih warna bedak sesuai warna kulitmu, ya.

5. Blush on

Alat make up untuk pemula - Blush on

Blush on – Photo via aliexpress.com

Blush on juga merupakan alat make up pemula yang wajib ada di pouch make up-mu. Blush on akan membuat wajah kamu berseri-seri dan lebih merona, sehingga nggak terlihat pucat. Untuk pemula, kamu bisa memilih powder blush dengan warna-warna natural seperti coral, light pink, atau peach untuk kamu yang memiliki warna kulit putih. Kalau kulitmu lebih gelap, bisa deh pilih warna plum, rose, atau warna-warna tua. Lalu, aplikasikan tipis-tipis secara diagonal dari pipi ke arah garis rambut dekat telinga. Kamu bakalan makin cantik deh.

6. Pensil alis dan spoolie brush

Alat make up untuk pemula - Pensil alis

Pensil alis – Photo via charmboard.com

Alat make up untuk pemula - Spoolie brush

Spoolie brush – Photo via elfcosmetics.com

Peralatan make up untuk pemula yang selanjutnya adalah pensil alis. Pensil alis ini tentunya akan membuat alismu memiliki bentuk yang lebih sempurna. Pensil alis juga bermacam-macam jenisnya, ada yang pensil, pomade, browmascara, sampai eyebrow kit. Untuk pemula, kamu bisa memilih yang jenis pensil saja, Girls karena lebih mudah untuk diaplikasikan. Selain itu, sebaiknya pilih pensil alis yang dilengkapi spoolie brush untuk merapikan alismu, ya.

7. Eyeshadow

Alat make up untuk pemula - Eyeshadow

Eyeshadow – Photo via amazon.com

Selanjutnya, alat make up pemula yang juga wajib kamu punya adalah eyeshadow. Dengan eye shadow, mata kamu bisa tampil lebih indah deh. Untuk yang baru belajar, kamu bisa
mengaplikasikan warna-warna netral yang nggak terlalu mencolok. Baru deh kalau sudah jago, kamu bisa mencampur beberapa warna eye shadow sesuai keinginan kamu.

8. Eyeliner

Alat make up untuk pemula - Eyeliner

Eyeliner – Photo via pinterest.com

Eye liner juga menjadi salah satu peralatan make up untuk pemula. Kamu bisa membuat mata lebih terlihat tegas dengan eyeliner. Untuk belajar, kamu bisa memilih eyeliner pensil yang mudah diaplikasikan di sepanjang garis bulu mata. Pilih juga warna eye liner yang netral seperti hitam atau cokelat tua supaya cocok digunakan kapan pun.

9. Maskara

Alat make up untuk pemula - Maskara

Maskara – Photo via fabbon.com

Alat make up pemula selanjutnya adalah maskara. Pasti kamu ingin dong memiliki bulu mata lebih panjang, lebih tebal, lebih gelap dan lebih lentik sehingga mata kamu terlihat lebih hidup? Bagi yang baru belajar memakai make up, menggunakan maskara ini akan membuat bulu matamu terlihat lebih natural daripada memakai bulu mata palsu. Dalam menggunakan maskara, kamu juga harus telaten ya supaya nggak belepotan.

10. Lipstik

Alat make up untuk pemula - Lipstik

Lipstik – Photo via pandao.ru

Peralatan make up untuk pemula yang satu ini memang sangatlah penting. Untuk menyempurnakan penampilan make up-mu, kamu harus memakai lipstik. Kamu bisa memilih jenis lipcream, liptint, atau lipbalm tergantung tujuan make up-mu, yaitu untuk hasil matte atau glossy. Untuk pemula, pilihlah warna lipstik yang nggak terlalu mencolok ya, Girls. Namun, kamu tetap harus memilih warna dengan disesuaikan warna kulitmu.

11. Highlighter

Alat make up untuk pemula - Highlighter

Highlighter – Photo via amazon.in

Supaya beberapa bagian wajahmu terlihat lebih tegas dan kulit tampak glowing sehat, kamu bisa memakai highlighter. Alat make up pemula yang satu ini juga jangan kamu lupakan, ya. Ketika masih belajar, kamu cukup menyapukan highlighter ini tipis-tipis tulang hidung, tulang pipi, dan bagian atas bibir.

12. Brush make up

Alat make up untuk pemula - Brush make up

Brush make up – Photo via motdcosmetics.com

Kalau peralatan make up untuk pemula yang satu ini sih wajib banget. Meski mengaplikasikan make up bisa dilakukan dengan tangan, tetapi menggunakan brush akan lebih nyaman, lho. Selain mengantisipasi masuknya kuman karena tangan kamu kotor, dengan brush ini hasil akhir make up akan lebih rapi deh. Kamu bisa membeli satu set make up brush yang sudah lengkap, baik untuk riasan pipi, mata, dan lain sebagainya. Oh ya, kalau budget kamu terbatas, kamu bisa membeli brush yang satuan dengan bertahap sesuai kebutuhanmu lho.

13. Beauty sponge

Alat make up untuk pemula - Beauty sponge

Beauty sponge – Photo via farabeauty.com

Alat make up untuk pemula yang satu ini juga berguna banget, Girls. Beauty sponge berguna banget untuk meratakan foundation, concealer, atau bedak di wajahmu supaya lebih menyatu dengan kulit.

14. Make up remover

Alat make up untuk pemula - Make up remover

Make up remover – Photo via narscosmetics.com

Kalau peralatan make up untuk pemula yang ini wajib banget sih, Girls. Untuk membersihkan semua riasan kamu, tentunya kamu butuh make up remover. Pilihlah make up remover yang sesuai kondisi kulitmu dan efektif menghapus semua riasan wajah tanpa meninggalkan sisa. Setelah itu, baru deh bersihkan wajahmu dan melanjutkan memakai skin care supaya wajah tetap terawat.

Itu dia Girls berbagai peralatan make up untuk pemula yang wajib banget kamu punya. Ketika masih dalam tahap belajar, kamu bisa membeli alat-alat make up tersebut secara bertahap. Jangan lupa selalu improve kemampuan make up-mu supaya makin jago dan hasilnya semakin bagus, ya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *