Tips Make Up Wisuda yang Cantik dan Tahan Lama

3 bulan lalu, by Hai Gadis

Buat kamu para mahasiswi yang sebentar lagi mau wisuda, simak baik-baik tips make up wisuda dari Hai Gadis berikut ini.

Make up memang menjadi kebutuhan setiap wanita untuk menghadiri berbagai acara, salah satunya adalah acara wisuda. Menghadiri acara wisuda yang menjadi selebrasi kelulusan memang harus tampil all out. Pasalnya, wisuda adalah momen penting di mana kelulusan kita disaksikan dan diresmikan.

Nah, saat wisuda tentunya kamu ingin tampil dengan make up yang gorgeous dong? Namun kadang bingung, mau make up sendiri susah. Mau make up di MUA, sudah biayanya mahal, terkadang harus mengantre lama atau MUA kebanyakan sudah ter-booking oleh teman-temanmu.

Kamu nggak usah khawatir, Girls! Siapa bilang make up wisuda harus di MUA? Kamu bisa kok make up sendiri dengan mengikuti tutorial secara mudah. Namun sebelumnya, simak dulu nih tips make up wisuda supaya kamu tetap all out dan pede.

Tips make up untuk wisuda

a. Sesuaikan warna make up dengan kebaya atau pakaian wisudamu

Biasanya kalau wisuda, kamu pasti pakai kebaya ‘kan Girls? Atau bisa juga memakai baju pesta yang akan membuatmu tampil anggun. Nah, make up untuk wisuda pun harus kamu sesuaikan dengan warna pakaianmu lho. Tentunya supaya match dan nggak terkesan kaku.

Advertisement

Warna make up ini akan terlihat dari eyeshadow dan lipstik. Misalnya saja kebayamu bernuansa gold. Kamu akan lebih cocok memakai eyeshadow gold shimmer atau smokey. Lalu untuk lipstik, kamu bisa memilih warna nude yang ada nuansa tone gold atau kuningnya.

Oh ya, kalau kamu memakai kebaya warna gelap seperti biru atau hijau, bukan berarti kamu harus pakai lipstik dengan warna-warna tersebut. Kamu cukup memilih warna lipstik yang pas dan masih satu tone dengan warna bajumu. Gimana? Setuju ‘kan dengan tips make up wisuda yang satu ini?

b. Gunakan riasan bold dan tahan lama

Untuk acara wisuda sih enaknya menggunakan make up yang bold lho, Girls. Tujuannya supaya make up-mu tahan sepanjang hari dan nggak terlihat pucat. Lebih baik hindari make up tipis bergaya natural deh. Tentunya kamu nggak mau ‘kan terlihat paling pucat dan kurang stand out dibanding teman-temanmu? Oh ya, make up bold nggak selalu berarti menor lho. Riasanmu yang bold akan tampak soft dan luwes jika sesuai dengan karakter dan juga pakaian yang kamu pakai.

c. Belajar dan berlatih terus supaya bisa make up sendiri dengan hasil memuaskan saat wisuda

Kalau kamu sudah jago make up, kamu tinggal mengikuti tutorial, bisa deh Girls. Namun jika kamu baru belajar make up dan ingin merias wajah sendiri saat wisuda, mending berlatih terus selagi menunggu hari H wisuda datang. Nggak ada yang instan lho. Pastinya hasil make up kamu bisa bagus dan memuaskan jika terus berlatih, bukan?

d. Siapkan peralatan make up secara lengkap

Tips make up wisuda yang satu ini perlu banget kamu lakukan, Girls. Untuk bisa make up secara maksimal, tentu kamu harus memiliki peralatan make up yang kamu butuhkan. Apa saja ya kira-kira? Minimal kamu harus punya alat-alat berikut ini nih:

  • Primer
    Nggak mau ‘kan make up-mu mudah hilang saat keringetan? Nah, jangan lupa sediakan primer ya, Girls. Make up-mu juga bakalan lebih nempel dan flawless deh.
  • Foundation
    Tentunya foundation ini adalah make up base yang layak untuk kamu gunakan Girls. Karena pada make up wisuda, wajahmu harus tampil dengan coverage tinggi agar mulus, warna kulit merata, dan kekurangan pada wajah tersamarkan.
  • Concealer
    Concealer juga kamu perlukan nih, terutama untuk menyamarkan noda-noda di wajah yang nggak cukup ter-cover dengan foundation. Misalnya saja bekas jerawat atau lingkar hitam di bawah mata.
  • Blush on, contouring, dan highlighter
    Biasanya ada lho alat make up yang meliputi blush, bronzer atau counturing, dan highlighter dalam satu kemasan. Nah, kamu harus memiliki ketiga tools ini dalam satu produk supaya lebih simpel. Meski begitu, boleh-boleh saja kok kamu menyediakan ketiga produk tersebut yang terpisah. Tujuan memakai ketiga make up tools ini adalah membuat bentuk wajahmu lebih tegas dan nggak flat. Kalau untuk blush on sih tentu agar wajah kamu nggak pucat.
  • Bedak
    Untuk menyempurnakan complexion, kamu tetap harus menggunakan bedak. Kamu bisa menyediakan 2 bedak, yaitu loose powder dan bedak padat two way cake. Dua bedak ini dengan teknik khusus bisa menyempurnakan complexion lho.
  • Eyeshadow palet
    Sebaiknya pilih eyeshadow palet dengan koleksi warna yang banyak ya, supaya kamu lebih mudah memilih warna yang pas untuk make up-mu.
  • Peralatan untuk eyebrow
    Make up untuk alis sih umumnya membutuhkan pensil alis. Namun kamu bisa kok menggunakan brow gel yang akan membuat alismu rapi dan on fleek serta nggak berantakan. Jangan lupa siapkan juga sisir atau spoolie alis.
  • Lipstik dan lip gloss
    Untuk make up bibir, lebih baik kamu menggunakan jenis lip cream yang matte dan tahan lama, Girls. Lalu kamu timpa dengan lip gloss supaya bibirmu terlihat sehat natural dan nggak kering.
  • Maskara
    Agar bulu matamu melengkung lentik dan bervolume, kamu perlu memakai maskara. Maskara ini juga akan membuat mata kamu nggak kosong apalagi ada riasan eyeshadow.
  • Eyeliner
    Supaya mata lebih besar dan berisi, tentu kamu perlu memakai eyeliner. Yang satu ini kamu bisa memilih jenis eyeliner cair agar hasilnya lebih nyata.
  • Bulu mata palsu beserta lem bulu mata jika perlu
    Untuk make up mata yang bold sih bagusnya pakai bulu mata palsu. Jadi, mata kamu akan lebih tegas dan nggak kosong. Kamu bisa kok memilih bulu mata palsu yang natural dan tipis, nggak perlu bulu mata yang terlalu cetar.
  • Setting spray
    Tools dalam tips make up wisuda yang satu ini juga penting banget, terutama jika kamu ingin riasan yang tahan lama dan lebih nempel. Jangan lupa sediakan setting spray, ya!

Jika kamu sudah memperhatikan tips make up wisuda di atas, saatnya eksekusi. Yuk, simak!

Tutorial make up wisuda tahan lama

1. Cuci tangan hingga bersih

Sebelum memulai merias wajah, pastikan tangan kamu bersih dulu. Hal ini adalah tips make up wisuda yang bertujuan agar kulit wajahmu nggak terkena bakteri pemicu jerawat dari tanganmu deh.

2. Gunakan skincare terlebih dahulu

Tips make up wisuda - Gunakan skincare

Gunakan skincare

Tips make up wisuda yang kedua, tentu kamu harus memakai skincare dulu, Girls. Skincare akan berguna mempersiapkan kulit wajahmu dan juga memberi perlindungan agar terhindar dari berbagai masalah kulit. Skincare ini pun bisa membuat kulitmu tetap terhidrasi dan hasil make up jadi lebih sempurna deh! Nah, produk skincare yang dapat kamu gunakan antara lain adalah toner, essence, serum, dan sunscreen. Apalagi kalau acara wisuda kamu di luar ruangan. Setelah itu, kamu bisa mengunci skincare tersebut dengan moisturizer.

3. Gunakan primer agar make up lebih nempel dan flawless

Tips make up wisuda - Gunakan primer

Tips make up wisuda – Gunakan primer

Setelah menggunakan moisturizer, tips make up wisuda selanjutnya adalah mengaplikasikan primer. Primer ini berguna untuk membantu kulitmu lebih rata, menutup pori-pori, dan tentunya membuat make up lebih tahan lama. Pilihlah primer yang sesuai keadaan kulitmu, Girls. Untuk kulit berminyak, gunakanlah primer yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih dan mampu menyamarkan tampilan pori-pori. Sementara untuk kulit kering, kamu bisa memilih primer yang juga bermanfaat untuk melembapkan kulit.

4. Aplikasikan foundation dengan spons atau brush

Tips make up wisuda - Aplikasikan foundation dengan spon atau brush

Aplikasikan foundation dengan spon atau brush

Langkah selanjutnya dalam tips make up wisuda adalah mengaplikasikan foundation. Pilihlah foundation yang full coverage dan tahan lama. Selain mampu meratakan warna kulit, make up kamu juga bakalan awet. Oh ya, jangan lupa untuk memilih foundation sesuai warna kulit supaya hasil riasan nggak terkesan dempul.

Kamu juga perlu menyesuaikan foundation dengan tipe kondisi kulit kamu. Jika kulitmu cenderung berminyak, pilihlah foundation dengan hasil akhir matte. Lalu jika kamu memiliki kulit kering, kamu bisa memilih foundie dengan hasil akhir yang lebih dewy agar nggak crack.

Nah, untuk foundation ini, kamu bisa mengaplikasikannya menggunakan spons maupun brush. Blend atau ratakan foundation di wajahmu sampai benar-benar merata, ya!

5. Aplikasikan concealer dan bronzer untuk wajah lebih berdimensi

Tips make up wisuda - Gunakan concealer

Gunakan concealer

Setelah memakai foundation, kamu bisa menambahkan concealer untuk menutupi kekurangan di wajah seperti bagian bawah mata, jerawat, atau beberapa bekas luka. Pilihlah concelaer dengan warna yang satu tingkat lebih terang, ya. Selain itu, dalam tips make up wisuda ini, aplikasikan juga concealer ke daerah tulang hidung untuk meng-highlight agar hidungmu terlihat lebih mancung. Setelah itu, blend pelan-pelan deh.

Nah, supaya wajah makin terlihat berdimensi, kamu bisa mengaplikasikan contour atau bronzer baik berbentuk powder maupun krim ke bagian bawah tulang pipi. Selain itu, aplikasikan juga di bagian samping kanan dan kiri tulang hidung untuk memberi kesan mancung. Jika wajahmu chubby, kamu bisa menyamarkannya dengan mengaplikasikan contour bagian bawah pipi hingga tulang rahang. Setelah itu, blend hingga merata dan terlihat soft. Oh ya, untuk contouring ini, pilihlah warna bronzer yang nggak terlalu gelap agar make up-mu nggak terkesan berlebihan.

6. Aplikasikan loose powder dan two way cake untuk mengunci complexion

Tips make up wisuda - aplikasikan loose powder

Aplikasikan loose powder dan two way cake

Nah, supaya complexion kamu terkunci, kamu harus mengaplikasikan bedak. Gunakan saja loose powder sesuai dengan warna kulit kamu, ya. Kamu bisa mengaplikasikan loose powder ini lebih banyak pada area T-zone yang mudah berminyak. Sebaiknya, kamu mengaplikasikan loose powder ini menggunakan brush agar bedak lebih mudah merata.

Dalam tips make up wisuda yang tahan lama, kamu bisa mengunci complexion agar lebih sempurna menggunakan bedak two way cake. Jadi, bedak two way cake ini kamu aplikasikan setelah menggunakan loose powder, Girls. Untuk bedak two way cake ini, cukup aplikasikan tipis-tipis ya supaya riasanmu nggak terlihat terlalu tebal. Pilih juga warna bedak two way cake yang sesuai warna kulitmu.

7. Aplikasikan blush on agar make up terlihat fresh

Tips make up wisuda - gunakan blush on

Gunakan blush on

Sekarang, saatnya lanjut ke blush on agar wajahmu terlihat segar. Sebaiknya, pilih blush on dengan tekstur powder yang bisa kamu aplikasikan setelah menggunakan bedak. Caranya, sapukan blush on pelan-pelan di tulang pipimu dan sekitarnya. Kamu bisa menambahkan lapisan blush on jika dirasa blush kurang terlihat. Tips make up wisuda agar kamu tampak gorgeus, pilihlah warna blush on yang sesuai dengan undertone kulitmu, ya.

8. Aplikasikan highlighter agar wajah lebih tegas

Tips make up wisuda - Gunakan highlighter

Gunakan highlighter

Nah, tips make up wisuda selanjutnya adalah kamu bisa mengaplikasikan highlighter di bagian tulang yang menonjol pada wajahmu. Misalnya saja tulang pipi bagian atas, tulang hidung, dan bagian bawah alis. Highlighter di tulang pipi maupun di bawah alis ini tujuannya agar wajah kamu lebih berdimensi dan tegas. Sementara untuk hidung, ini akan memberi ilusi agar hidungmu lebih mancung.

Aplikasikan highlighter ini tipis-tipis dulu menggunakan kuas highlighter yang bentuknya agak pipih itu. Jika kamu rasa kurang tegas, kamu bisa menambahkannya lagi. Yap, wajah kamu terlihat lebih fresh deh! Kini saatnya ke make up mata.

9. Menggambar alis sesuai bentuk aslinya

Tips make up wisuda - Gambar alis sesuai bentuk asli

Menggambar alis sesuai bentuk asli

Menggambar alis pada tips make up wisuda ini, kamu bisa mengikuti bentuk aslinya atau menggambar dengan bentuk di luar aslinya. Jika kamu sudah memiliki alis yang rapi dan tebal, kamu bisa menyisirnya saja dengan sisir alis. Sisirlah mulai bagian ujung alis hingga keluar mengikuti arah tumbuh alismu. Lalu isi bagian alis yang masih kosong. Kamu bisa mempertebal alismu agar lebih tegas.

Sementara jika alismu kurang tebal, kamu bisa menggambarnya tipis-tipis sesuai bentuknya. Atau bisa juga menggambar bentuk alis yang lebih on fleek dengan membentuk bingkai terlebih dahulu dan kamu isi dengan pulasan pensil alis. Setelah itu, sisir alismu supaya pulasan warnanya lebih natural dan alismu nggak berantakan. Untuk bagian alis yang di luar bingkai, kamu bisa menutupinya dengan concealer dan meratakannya.

10. Rias mata dengan eyeshadow warna natural

Tips make up wisuda

Rias mata dengan eyeshadow warna natural

Pemilihan eyeshadow bisa kamu sesuaikan dengan pakaianmu, Girls. Misal pakaianmu warna pink, kamu bisa memilih eyeshadow warna pink. Namun kamu juga tetap bisa kok memilih eyeshadow yang match dengan semua baju seperti warna cokelat dan gold misalnya. Atau kamu juga bisa membuat smokey eyes untuk penampilan lebih elegan dan formal.

Sebelumnya, kamu bisa memakai primer atau eyeshadow base terlebih dahulu supaya riasan lebih tahan lama. Lalu mulai sapukan deh eyeshadow warna gelap di pinggir mata dan di bagian kelopak mata dalam. Lalu untuk bagian crease, kamu bisa menggunakan eyeshadow warna yang lebih terang, kemudian lapisi dengan glitter supaya mata terlihat segar. Jangan lupa blend senatural mungkin dengan kuas, ya.

11. Gunakan eyeliner agar mata lebih terisi

Tips make up wisuda - Gunakan eyeliner

Gunakan eyeliner

Untuk mengaplikasikan eyeliner, kamu bisa memilih eyeliner cair dengan aplikator yang kecil. Bentuk garis di bagian luar garis mata. Kamu bisa menggambar garis dengan ujung melengkung ke atas. Nggak perlu panjang-panjang kok Girls. Cukup lebih panjang sedikit dari garis mata kamu.

12. Aplikasikan maskara agar bulu mata lebih bervolume

Tips make up wisuda - Gunakan maskara

Gunakan maskara

Kalau kamu nggak ingin memakai bulu mata palsu dalam tips make up wisuda ini, kamu bisa memakai maskara saja, Girls. Namun, supaya hasilnya lebih tahan lama, pilihlah maskara yang waterproof. Kamu pun bisa menjepit bulu mata terlebih dahulu supaya lebih lentik dengan penjepit bulu mata.

Selain itu, pilih juga maskara yang memang mampu menambah volume bulu matamu. Kamu bisa mengaplikasikannya dengan gerakan zig-zag dari ujung bulu mata dalam hingga keluar. Bisa kok kamu aplikasikan berulang-ulang supaya bulu mata lebih tebal. Oh ya, jangan lupa siapkan cotton bud untuk membersihkan maskara yang berantakan di sekitar mata, ya!

13. Pasang bulu mata palsu

Tips make up wisuda - Gunakan bulu mata palsu

Gunakan bulu mata palsu

Kalau kamu merasa perlu memasang bulu mata, boleh-boleh saja kok. Tips bulu mata untuk make up wisuda ini yaitu pilihlah yang tipis natural dan nggak terlalu panjang. Lalu, lem bagian dalam bulu mata dan pasang di atas bulu mata kamu deh. Nah, mata kamu sudah cantik banget sekarang!

14. Pakai lipstik sesuai warna kulit dan warna pakaian

Tips make up wisuda - Pakai lipstik yang sesuai

Pakai lipstik sesuai warna kulit dan warna pakaian

Nah yang tidak kalah penting dari tips make up wisuda berikutnya adalah memakai lipstik. Pilihan warna lipstik yang utama adalah sesuaikan dengan undertone kulitmu. Setelah itu, kamu tinggal menyesuaikan warna tersebut dengan eyeshadow dan juga pakaian yang kamu kenakan deh. Untuk hasil lipstik lebih awet, kamu bisa memakai lip cream yang memang hasilnya matte.

Namun, jika bibir kamu kering, pakai lip balm dulu ya, Girls. Nah, setelah memakai lip cream, baru deh kamu bisa memakai lip gloss agar riasan bibirmu lebih fresh dan alami. Oh ya, kamu juga bisa lho mengaplikasikan lip crayon terlebih dahulu sebelum lip cream. Dengan begini, mau makan atau minum, bibir kamu tetap memukau deh.

15. Gunakan setting spray supaya make up awet

Tips make up wisuda - Gunakan setting spray

Gunakan setting spray

Step terakhir dalam tips make up wisuda kali ini adalah mengunakan setting spray. Kamu bisa menyemprotkan setting spray ke seluruh wajahmu. Jangan lupa pejamkan mata, ya. Voila! Make up kamu bakalan awet dan tahan lama sepanjang acara wisuda deh.

Itulah dia Girls tips make up wisuda ala Hai Gadis yang bisa kamu terapkan sendiri. Nggak mudah memang kalau kita belum punya skill make up. Namun dengan berlatih terus-menerus, pasti bisa kok. Pastinya, tampil cantik dengan riasan tangan sendiri saat wisuda akan jauh lebih memuaskan, bukan? Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *