Rekomendasi Cat Rambut Yang Bagus dan Tahan Lama

7 bulan lalu, by Hai Gadis

Mewarnai rambut menggunakan cat rambut bagus adalah salah satu bagian dari fashion, terutama bagi wanita. Nggak hanya model rambut saja yang perlu berganti-ganti gaya untuk selalu mendukung penampilan. Namun juga warna rambut, terkadang perlu menyesuaikan trend agar penampilan makin kekinian.

Mewarnai rambut tidak hanya bisa dilakukan di salon dan nggak harus dilakukan oleh hair stylist. Kamu juga bisa kok mewarnai rambutmu sendiri di rumah dengan cat rambut bagus pilihanmu. Banyak sekali cat atau pewarna rambut yang dijual di pasaran. Harga yang ditawarkan pun beragam, Girls.

Namun, dalam memilih cat rambut ini kamu harus selektif dan jangan mudah tergiur dengan harganya. Pilihlah cat rambut yang terbaik, tahan lama, dan aman untuk rambut serta kulit kepalamu. Berikut ini adalah beberapa tips memilih cat rambut yang perlu kamu perhatikan.

Tips memilih cat rambut

a. Pilihlah cat rambut berdasarkan metode pewarnaan dan pengaruhnya pada rambut

Dalam memilih cat rambut terbaik, hal ini perlu kamu perhatikan, Girls. Ada beberapa jenis pewarna rambut, sehingga kamu harus memilih yang tepat sesuai kebutuhan:

  • Hair color
    Jenis cat rambut ini akan memberikan hasil yang tahan lama, tetapi berpengaruh pada kerusakan rambut.
  • Hair manicure
    Jenis ini lebih aman bagi kerusakan rambut dan kamu bisa menggunakannya berulang kali, lho. Sebab, jenis hair manicure ini tidak meresap sampai ke bagian inti rambut.
  • Hair color treatment
    Hair color treatment ini adalah cat rambut yang digunakan setelah keramas. Untuk jenis ini, biasanya lebih cocok digunakan bagi yang ingin mewarnai / menutup rambut beruban.
  • Hair mascara
    Jenis cat rambut ini bersifat sementara seperti halnya maskara bulu mata.

b. Pilihlah cat rambut sesuai dengan warna kulit

Nggak cukup hanya memilih cat rambut bagus lho, Girls. Kamu pun perlu memilih cat rambut disesuaikan dengan warna kulit.

  • Kuning langsat dengan rona hangat: pirang madu, pirang, atau moka
  • Kuning langsat dengan rona sejuk: abu-abu, platinum, tembaga, atau merah keunguan
  • Kulit pucat / sedang dengan rona kuning: kastanye, coklat gelap keemasan, pirang dan mahoni
  • Kulit pucat / sedang dengan rona hangat kemerahan: cokelat madu, atau karamel pudar
  • Kulit pucat / sedang dengan rona merah muda atau biru: coklat kuat, merah, atau warna dasar pirang
  • Kulit gelap rona hangat: warna kastanye atau cokelat muda
  • Kulit gelap rona merah cerah: coklat gelap sedang, hitam, atau warna biru kehitaman
  • Kulit gelap rona sejuk: highlight warna-warna hangat, cokelat gelap, hitam
  • Kulit gelap dengan rona hangat keemasan: cocok dengan semua warna.

c. Pilih produk yang kandungannya aman untuk rambut dan kulit kepalamu

Hindari produk pewarna rambut yang memiliki bahan-bahan pemicu alergi dan iritasi kulit kepala. Bahan-bahan tersebut antara lain ammonia, resorcinol, parabens, phthalates, PPD, dan gluten.

d. Pilih berdasarkan tekstur rambut

Sebelum memilih cat rambut bagus, kamu harus memahami tekstur rambutmu. Untuk rambut yang kering atau lepek, kurang cocok diberikan warna yang jauh berbeda dengan warna asli rambut. Untuk tekstur rambut ini, sebaiknya hindari penggunaan cat rambut yang disertai dengan bleaching supaya tidak memberikan efek kering pada rambut. Namun untuk kamu yang memiliki tekstur rambut normal, kamu cocok menggunakan berbagai jenis warna rambut kok.

Nah, jika kamu sudah memperhatikan tips memilih cat rambut bagus, kamu pun perlu menguasai cara mengecat rambut. Begini nih cara mengecat rambut yang tepat.

Cara mengecat rambut yang tepat

  1. Siapkan perlengkapan untuk mengecat rambut

    Peralatan yang kamu perlukan kira-kira berupa sisir rambut, handuk, sarung tangan, kuas untuk mengaplikasikan cat, wadah, dan penjepit rambut.

  2. Bleaching

    Untuk memperoleh warna rambut yang optimal, kamu akan memerlukan proses bleaching.

  3. Takar cat rambut dengan tepat

    Setelah bleaching, kamu perlu menakar rambut dengan tepat sebelum melakukan pewarnaan rambut. Cat rambut biasanya akan dicampur dengan krim oksidan dalam perbandingan 1:1. Untuk takaran ini bisa cek di kemasan cat rambutmu, ya.

  4. Proses mengecat rambut

    Dalam proses pengecatan rambut, mulailah dari bagian tengah rambut sampai ke bagian sisi samping rambut. Tunggu hingga cat meresap dengan baik dalam durasi yang bisa kamu lihat di kemasan cat rambut.

  5. Keramas

    Nah, bila dirasa cat rambut sudah meresap, kamu bisa keramas. Jangan lupa pakai juga conditioner supaya kelembapan rambut tetap terjaga.

Gimana? Gampang kan caranya? Setelah selesai mengecat kamu juga harus merawat rambut mu dengan baik agar hasil warna pada rambutmu awet dan tahan lama. Untuk itu kamu perlu menyimak tips nya berikut ini.

Tips merawat rambut setelah diwarnai

  1. Hindari keramas dengan air hangat atau air yang agak panas
  2. Selalu gunakan conditioner setelah keramas agar kelembapan rambut terjaga
  3. Hindari menggunakan peralatan rambut lainnya yang mengandung bahan-bahan kimia, karena cat rambut pun sudah berupa bahan kimia
  4. Lindungi rambut dari terkena sinar matahari terlalu lama
  5. Hindari terlalu sering menyentuh rambut dengan tangan kotor.

Nah, berikutnya langsung saja kita simak beberapa rekomendasi cat rambut atau pewarna rambut yang bagus versi Hai Gadis

Rekomendasi cat rambut terbaik dan tahan lama

1. L’Oreal Paris Excellence Creme Hair Color

L’Oreal Paris Excellence Creme Hair Color

L’Oreal Paris Excellence Creme Hair Color – Photo via loreal-paris.co.id

Rekomendasi cat rambut bagus untuk kamu yang pertama ada L’Oreal Paris Excellence Creme Hair Color. Pewarna rambut ini mengklaim mampu melindungi rambutmu sebelum, saat, dan sesudah proses pewarnaan. Rambutmu pun akan tetap sehat, lembut, dan berkilau.

Cat rambut yang satu ini memiliki kandungan Triple-Care Protection berupa formula dengan ceramide, pro-keratin, dan kolagen. Jadi, selain mewarnai, rambutmu juga akan terawat dan ternutrisi. Selain itu, tersedia dalam 12 pilihan warna cantik yang natural abis. Kamu bisa membeli cat rambut ini seharga Rp 125.000-an.

2. Revlon ColorSilk Beautiful Color

Revlon ColorSilk Beautiful Color

Revlon ColorSilk Beautiful Color – Photo via shopee.co.id

Berikutnya ada cat rambut Revlon ColorSilk Beautiful Color. Pewarna rambut ini mampu memberikan yang hasil akhir yang natural banget. Bahan dari cat ini dilengkapi 3D Color Technology yang akan melapisi rambut dari ujung hingga ke akar.

Bahkan cat rambut yang satu ini memiliki kandungan UV Defense sehingga rambutmu akan terlindungi dan warnanya lebih tahan lama. Produk ini juga aman lho karena nggak mengandung ammonia yang bisa bikin iritasi. Harganya juga terjangkau banget, yaitu mulai Rp 80.000-an.

Proses pewarnaan rambutmu dengan cat ini pun juga lebih nyaman lho karena produk ini nggak memiliki bau menyengat.

3. Vidal Sassoon Salonist Hair Color

Vidal Sassoon Salonist Hair Color

Vidal Sassoon Salonist Hair Color – Photo via amazon.com

Vidal Sassoon Salonist Hair Color adalah cat rambut yang memungkinkan kamu untuk bisa mengecat sendiri rambutmu di rumah dengan hasil sebagus cat rambut di beauty salon lho. Warna dari cat rambut ini solid dan awet banget.

Oh ya, produk ini juga pas banget digunakan untuk menutup uban dengan baik. Proses penggunannya pun mudah kok. Vidal Sasson Solonist Hair Color ini punya banyak varian warna lho, dari pirang mulai warna gelap yang memukau. Produk ini bisa kamu beli mulai harga Rp 230.000-an.

4. NYU Creme Hair Color

NYU Creme Hair Color

NYU Creme Hair Color – Photo via shopee.co.id

Kalau produk cat rambut bagus yang satu ini pasti kamu sering lihat. NYU Creme Hair Color ini merupakan cat rambut dalam sachet yang harganya murah. Kalau kamu ingin mengecat rambut tanpa takut rambutmu rusak, kamu bisa pakai produk ini. bahan-bahannya diperkaya dengan ekstrak bahan alami. Aromanya juga segar banget khas buah-buahan. Dijamin nggak menyengat deh!

Dalam kemasan cat rambut ini, dilengkapi juga dengan vitamin rambut yang bisa kamu gunakan setelah pewarnaan. Satu set NYU ini sudah dilengkapi dengan pewarna rambut 30 gr, developer 30 ml, vitamin rambut 1 ml, sarung tangan dan sikat rambut. Warna rambutmu bakalan lebih berkilau alami. Oh ya, produk cat rambut ini pun cocok untuk menutupi uban, lho. Kamu bisa membelinya seharga Rp 19.000-an.

5. Garnier Color Naturals

Garnier Color Naturals

Garnier Color Naturals – Photo via lazada.co.id

Garnier Color Naturals adalah salah satu cat rambut terbaik yang recommended karena nggak bikin kulit kepala iritasi. Produk ini diformulasikan dengan bahan-bahan aman kok. Rambut dan kulit kepalamu dijamin sehat dan terlindungi. Ada kandungan Olive Oil, Almond Oil, Coconut Oil, Vitamin A, D, dan E.

Aroma dari cat rambut ini juga nggak terlalu menyengat. Rambut kamu pun dapat terawat hingga 8 minggu. Oh ya, kalau kamu ingin cat rambut tanpa bleaching, produk dari Garnier ini bisa kok kamu pakai. Kamu bisa membelinya di toko-toko sekitarmu dengan harga Rp 40.000-an.

6. Matrix Wonderlight

Matrix Wonderlight

Matrix Wonderlight – Photo via grandhairbeauty.com

Matrix yang merupakan brand perawatan rambut profesional ini memiliki produk Wonderlight. Produk cat rambut ini bisa kamu gunakan di rumah tapi serasa di salon. Pewarna rambut yang satu ini cocok jika kamu ingin mewarnai sebagian rambutmu dengan warna terang (hair highlighting). Proses penggunaannya mudah lho. Kamu nggak perlu bleaching terlebih dahulu.

Produk ini pun diformulasikan dengan teknologi lipid lift agar rambutmu tetap ternutrisi. Warna dari cat rambut ini sangat tajam, permanen, dan intens. Warna rambutmu akan tampak 4 kali lebih terang deh setelah pemakaian. Untuk penampilan rambut memukau dengan produk ini, kamu bisa membelinya seharga Rp 90.000-an.

7. Etude House Style Bubble Hair Coloring

Etude House Style Bubble Hair Coloring

Etude House Style Bubble Hair Coloring – Photo via ebay.com

Buat kamu yang lagi nyari cat rambut Korea yang bagus, maka Etude House adalah pilihan yang tepat. cat rambut yang satu ini unik banget lho Girls, karena bentuknya bukan krim, melainkan shampo. Kandungannya pun alami banget karena dari ekstrak bunga yang nggak bakal merusak rambutmu. Aromanya juga manis dan enak seperti kue.

Nah, dengan produk ini, kamu bisa memilih berbagai varian warnanya yang menarik-menarik. Bahkan produk ini sudah dilengkapi jubah dan sarung tangan yang akan membantumu mewarnai rambut tanpa berantakan. Untuk membeli produk ini, kamu bisa mengeluarkan uang sebesar Rp 130.000-an.

8. Aprilskin Turn-Up Color Treatment

Aprilskin Turn-Up Color Treatment

Aprilskin Turn-Up Color Treatment – Photo via zalora.sg

Untuk produk cat rambut terbaik yang recommended untuk kamu berikutnya ada Aprilskin Turn-Up Color Treatment. Produk ini mengklaim nggak akan merusak rambutmu jika menggunakannya. Sebab, cat rambut dari Aprilskin ini hanya melapisi bagian luar rambut saja.

Setelah pewarnaan, rambutmu akan tampak lembut dan berkilau. Bahkan cat rambut ini nggak berbau menyengat lho. Kamu bisa menikmati aroma buah-buahan yang segar saat memakainya. Kalau kamu ingin mewarnai rambut sementara, produk ini warnanya akan pudar dalam waktu 2 – 3 minggu. Jadi, kamu bisa gonta-ganti warna deh. Pilihan warna dari cat rambut ini juga keren-keren lho. Harganya sekitar Rp 100.000-an ya, Girls.

9. BSY Noni Black Hair Magic

Cat rambut bagus yang satu ini juga recommended nih untuk mewarnai rambutmu. Berbeda dengan cat rambut lainnya, yang satu ini warnanya hitam pekat. Cocok sekali untuk menutupi rambutmu yang kusam atau beruban. Bentuk cat rambut yang satu ini berupa shampo. Pemakaiannya praktis kok, cukup digunakan untuk keramas selama 10 menit saja.

Kandungan dalam produk ini berupa 100% herbal dengan ekstrak mengkudu, ginseng dan tumbuhan alami lainnya. Kamu nggak perlu khawatir rambut jadi rusak atau kulit kepala teriritasi deh. Dengan memakai cat rambut BSY ini, rambut hitam pekatmu bisa tahan selama sebulan. Harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 60.000-an.

10. Miratone Conditioning Cream Color

Miratone Conditioning Cream Color

Miratone Conditioning Cream Color – Photo via happyfresh.id

Terakhir ada Miratone Conditioning Cream Color. Cat rambut terbaik ini hadir dengan berbagai pilihan warna yang cantik-cantik lho. Kandungannya juga akan membuat rambutmu tetap lembap dan sehat dengan vitamin C sodium, protein kompleks, serta triple plant extract.

Produk dari Miratone terkenal berkualitas, Girls. Namun harganya tetap miring dan ramah di kantong dibandingkan cat rambut lainnya. Warna yang dihasilkan pun tampak cerah dan bagus. Kamu bisa membelinya cukup dengan harga Rp 50.000-an. Sudah rambut bagus, warnanya memukau pula.

Itu dia Girls beberapa rekomendasi cat rambut bagus yang bisa kamu coba untuk mengubah penampilanmu. Namun nggak cukup hanya memilih produknya secara tepat. Kamu pun perlu tahu bagaimana merawat rambut yang sudah kamu warnai. Tujuannya supaya rambut kamu nggak mudah rusak dan cat rambutmu nggak gampang memudar deh. Simak deh tips merawat rambut setelah diwarnai dari HaiGadis berikut ini.

Semoga berbagai informasi tentang cat rambut bagus beserta tips-tips kecilnya bermanfaat untukmu, ya. Semangat tampil cantik, Girls.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *