15 Model Kebaya Bali Terbaru 2022, Cantik dan Anggun

By Hai Gadis

Kebaya Bali merupakan kebaya khas dari adat Bali, jadi desain dan modelnya berbeda dengan kebaya lainnya. Kegunaan kebaya ini bermacam-macam, tapi biasanya dipakai di upacara adat. Warna kebaya Bali juga ada fungsinya lho girls, untuk upacara Ngaben warnanya harus hitam, kalau untuk upacara Odalan warnanya harus putih.

Sama seperti kebaya tradisional adat, ada banyak ragam model kebaya Bali. Dari tradisional, model Sabrina yang kekinian, kebaya dengan model terompet dan model modern yang beraneka rupa.

Kalau kamu tertarik pakai Kebaya Bali, coba deh intip rekomendasi stylenya dibawah ini. Tak hanya tampak cantik, modelnya yang kekinian bisa kamu pakai untuk acara kondangan atau formal.

Apa yang Membuat Kebaya Bali Berbeda?

Girls, jenis kebaya Bali memang sedang tren belakangan. Tidak heran kalau banyak yang masih bingung membedakan kebaya ini dengan kebaya adat lain. Ini dia ciri khas yang hanya bisa kamu temukan di kebaya Bali.

1. Menggunakan Bahan yang Sejuk

Hampir sama dengan kebaya tradisional pada umumnya, kebaya adat Bali menggunakan bahan brokat atau katun. Pilihan kedua bahan ini bukan tanpa alasan, ternyata kedua kain tersebut lebih nyaman dan adem dipakai.

2. Aksen Kembang yang Khas

Kalau di kebaya modern, aksen dan coraknya terlihat bervariasi, ya. Tapi berbeda dengan kebaya Bali, kebaya ini hanya menggunakan satu motif saja, yakni bebungaan atau floral.

3. Paduan Selendang

Ciri khas lain yang bisa kamu temukan di kebaya Bali adalah paduan antara selendang yang tersemat di pinggang. Selendang ini akan membuat lekuk pinggang makin tegas, sehingga membentuk sileut tubuh bak jam pasir.

4. Pemakaian Kamen

Kamen hanya bisa kamu temukan dalam kebaya Bali, ia merupakan rok lilit yang bahannya ditenun. Untuk kebaya Bali, kamen bercorak meriah dengan songket khas Bali adalah yang paling sering dipakai.

Referensi Model Kebaya Bali Terbaru

1. Kebaya Bali Brokat Berlengan Terompet

Photo by pinterest.com

Kebaya ini tampak cantik dengan aksen lengan terompet yang mekar di pergelangan tangan. Bahan brokat putihnya juga bercorak floral yang memberikan kesan feminim. Kombinasikan dengan inner kemben warna hitam ya girls, jadi kamu tetap nyaman memakainya.

Untuk kamen, kamu bisa pakai yang berwarna merah berbunga-bunga. Selendang warna hitamnya akan tampak serasi kalau kamu ikat dengan style pita minimalis. Tampilan ini akan makin kece kalau kamu pakai aksesoris emas di tangan, boleh pakai gelang atau cincin, kok.

2. Anggun dengan Kebaya Bali Warna Biru

Photo by pinterest.com

Selain warna putih, hitam dan kuning, kamu bisa pakai model kebaya Bali warna lainnya lho. Kalau kamu ingin tampil anggun, kebaya dari brokat warna biru bisa jadi pilihan. Usahakan yang memiliki lengan ¾ agar kamu tidak kesusahakan jika beraktifitas.

Jangan lupa pakai kemben warna hitam ya agar serasi, untuk selendangnya pilih warna cokelat dengan aksen kuning yang senada dengan kamen. Coba sanggul rambutmu dan sematkan aksesoris bunga disana, kamu pasti terlihat anggun.

3. Kebaya Bali Warna Nude yang Minimalis

Photo by pinterest.com

Pakai kebaya Bali lengannya tak harus panjang kok girls. Kalau kamu mau beraktifas di luar ruangan, kebaya model brokat berlengan pendek ini akan membuatmu tampak minimalis.

Selendangnya bisa pilih warna ungu, yang nantinya akan serasi dengan kamen yang kamu pakai. Pakai inner warna nude yang serupa dengan warna kebayamu, pasti tampak cantik. Tampilan ini akan makin sempurna kalau kamu pakai aksesoris yang berwarna emas dan bergaya tradisional.

4. Ke Odalan dengan Kebaya Bali Warna Putih

Photo by pinterest.com

Jika kamu dan keluarga mau ke upacara adat Odalan, boleh banget model kebaya Bali warna putih ini kamu coba. Dengan style yang sederhana, kamu bisa tampil rapi dan sopan dengan kebaya berlengan panjang ini.

Selendangnya tak harus berwarna sama kok, warna putih bisa kamu mix and match dengan warna lain. Warna ungu misalnya, akan tampak serasi dengan kebaya putih yang kamu pakai. Agar ikatan selendang tak mudah lepas, jepit dengan bros tradisional berwarna emas.

5. Tampil Kece dengan Kebaya Bali Warna Grey

Photo by pinterest.com

Saat ini warna kebaya Bali modern bisa bermacam-macam, tak terbatas hanya dari warna tradisional saja. Model kebaya Bali warna grey ini bisa kamu sontek jika ingin ke acara formal yang mengharuskan menggunakan pakaian tradisional.

Style ini tampak kece karena kebaya berwarna grey terlihat serasi dengan kamen dan selendang berwarna senada. Aksen leher perseginya juga membuat lehermu tampak lebih jenjang. Mau pakai kalung juga bisa, tapi kalau mau kelihatan tradisional, pilih bros bulat warna emas yang kamu sematkan di pinggangmu saja.

6. Tone Kulit Lebih Cerah Pakai Kebaya Bali Light Orange

Photo by pinterest.com

Minder dengan warna kulit karena tampak kusam? Coba deh pakai kebaya Bali warna light orange ini. Kulitmu akan tampak lebih cerah dan bersih ketika mengenakannya.

Aksen brokat floralnya yang dihiasi payet akan membuatmu tampak stunning. Jangan lupa selendangnya ya, ikat dengan rapi di pinggangmu dan simpulkan dengan bros berwarna emas. Untuk kamen, pilih yang warnanya gelap agar tampak serasi.

7. Minimalis dengan Kebaya Bali Aksen Brokat

Photo by pinterest.com

Kamu merasa kurang nyaman pakai model kebaya Bali yang penuh brokat? Tak apa, kamu bisa pilih kebaya berbahan tulle dengan aksen brokat di bagian dada dan lengan. Jadi kamu tak harus mengenakan kebaya yang full motif.

Agar tak tampak boring, pilih selendangnya dari kain yang memiliki glitter. Kalau mau pakai aksesoris tetap bisa kok. Anting kecil berwarna emas atau gelang berwarna sama akan membuatmu tampak cantik.

8. Kebaya Bali Warna Nude yang Modern

Photo by pinterest.com

Mau pakai kebaya Bali dengan gaya modern tapi bingung pilih yang mana? Kamu bisa pilih yang berwarna nude dengan aksen lengan terompet yang sedang tren. Model double layer di kebaya ini juga tak mengharuskanmu pakai kemben di dalamnya.

Jangan lupa selendang dan kamen-nya ya, girls. Kalau mau tampak stylist, coba samakan motif antara kamen dan selendang yang kamu pakai. Warna cokelat gelap dengan corak bunga bisa membuat penampilanmu tampak fashionable!

9. Kebaya Bali Bermotif Bunga

Photo by pinterest.com

Model kebaya Bali tak hanya brokat lho, bisa pilih kain lain yang sekiranya kamu suka. Gimana kalau dari kain bermotif mirip batik? Boleh saja, asalkan desainnya masih mirip dengan style tradisional ala kebaya Bali.

Pilih yang warnanya terang, jadi kamu tak akan bingung memilih kamen. Kombinasi antara kebaya warna brown-white ini tampak manis dengan bawahan warna cokelat gelap. Pilih gaya rambut bersanggul dan sematkan bunga warna pink deh girls, semua mata pasti tertuju padamu.

10. Kebaya Bali Warna Emas yang Menawan

Photo by pinterest.com

Mau datang ke upacara adat Kuningan bareng teman atau pacar? Tak perlu bingung memilih kebayanya, pakai saja yang warna emas. Apalagi di acara Kuningan, setiap orang diharuskan pakai warna kuning juga.

Pilihan warna emas akan membuatmu tampil menawan, apalagi dengan makeup sederhana dan gaya rambut bersanggul. Agar makin serasi, kamu bisa pilih selendang berbahan tile warna oranye dan kamen warna emas.

11. Tampak Berwibawa dengan Kebaya Bali Warna Putih

Photo by pinterest.com

Kebaya Bali warna putih memang sering jadi pilihan untuk berbagai upacara adat tradisional. Warna ini dirasa aman karena termasuk warna dasar kebaya adat Bali. Kamu bisa pakai kebaya ini jika ingin datang ke perayaan adat tanpa takut melanggar dress code.

Kebaya ini akan tampak manis kalau kamu pakai selendang berwarna kuning. Pilihan warna kamen juga bisa apa saja, mulai dari cokelat, hitam, atau campuran keduanya. Kamu bisa tampak dewasa dengan gaya rambut dan makeup tradisional.

12. Ke Kondangan dengan Kebaya Bali Minimalis

Photo by pinterest.com

Mau ke kondangan dan ingin tetap pakai kebaya Bali? Santai girls, style ini bisa kamu coba. Pilih kebaya dari bahan brokat dengan motif di bagian lengan dan dada. Ini akan membuat penampilanmu tampak formal dan terlihat stylish.

Selendangnya bisa kamu ikat dengan model pita yang akan membentuk lekuk pinggangmu. Biarkan menjuntai untuk memberikan kesan sederhana dalam penampilan. Sebagai pelengkap, pilih kamen warna cokelat muda yang fit di badan.

13. Mewah dengan Kebaya Warna Ungu

Photo by pinterest.com

Tampil mewah dengan model kebaya Bali warna ungu ini bisa jadi style andalanmu, lho. Brokatnya yang penuh di seluruh kebaya, ditambah dengan aksen bunga timbul pada bagian leher tampak cantik.

Agar seimbang dengan warna ungu dari kebaya, pasangkan dengan selendang warna burgundy berbahan katun. Untuk bawahannya bisa pakai kamen dengan corak emas dan ungu, pasti tampilanmu tampak modis!

14. Lebih Ramping dengan Kebaya Light Nude

Photo by pinterest.com

Ingin tampak ramping dengan kebaya Bali bisa kamu akali dengan memilih yang modelnya fit di badan. Dengan kebaya light nude yang satu ini, kamu bisa tampak cantik dan menawan.

Agar tampilanmu sempruna, pakai sabuk dengan warna cokelat gelap. Tak lupa pasangkan bros bulat bergaya tradisioal di bagian tengah perut untuk aksesoris. Kalau kamu mau pakai cincin, pilih yang warnanya emas ya girls.

15. Kebaya Biru yang Adem Dipandang

Photo by pinterest.com

Warna biru untuk kebaya Bali juga oke kok. Misalnya memilih yang brokatnya hanya di bagian dada dan ujung lengan agar tampak minimalis. Kalau ingin lengan tak tampak penuh, berikan slit di bagian tersebut. Ini juga akan membuat style kebayamu tampak kekinian.

Sebaiknya selendang yang kamu pilih berwarna terang, jadi akan serasi dengan kebayamu yang berwarna biru. Bagian kamen bisa kamu akali dengan kain lilit bercorak ungu emas geometris. Kalau kamu mau bawa tas, pilih model hand bag warna biru, ya!

Girls, ada tips buat kamu nih yang ingin pakai kebaya model ini. Jika kamu ingin pakai kebaya Bali sebagai busana kerja, pilih yang brokatnya sedikit ya, jadi tak terkesan berlebihan.

Berbeda kalau mau dipakai di acara formal, model kebaya Bali yang penuh bordiran dan payet bisa kamu gunakan. Model ini akan menampakkan kesan mewah dan anggun pada tampilan. Dari model diatas, mana nih favoritmu girls?

Agar kebaya kamu awet, jangan lupa untuk memperhatikan cara mencuci dan merawat kebaya yang benar.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.