18 Inspirasi Baju Batik Wanita Terbaru Untuk Membantumu Tampil Cantik

7 hari lalu, by Hai Gadis

Baju batik wanita

Batik merupakan pakaian tradisional khas Indonesia yang cocok didesain dalam model apapun. Inovasi model baju batik wanita pun kini semakin modern dan beragam. Ada yang dibuat dengan model blouse, dress, gamis, bahkan hingga outer, blazer, atau vest. Masing-masing bisa kamu pilih sesuai selera dan kebutuhan.

Karena saking banyaknya model batik yang ada di pasaran, kamu nggak bisa memilihnya asal-asalan. Lebih baik kamu memilih batik berkualitas tinggi yang menjamin kenyamanan saat dipakai. Simak dulu deh tips memilih batik yang berkualitas berikut ini.

Tips memilih batik berkualitas

  1. Pilih jenis batik sesuai selera

    Batik ada yang jenis batik tulis dan batik cetak lho, Girls. Jadi kamu harus memilihnya secara tepat sesuai selera kamu. Batik tulis lebih eksklusif karena dibuat langsung dengan tangan dan butuh keterampilan khusus. Nggak heran kalau harganya lebih mahal. Berbeda dengan batik cap yang memang memproduksi dalam jumlah banyak dan harganya lebih terjangkau.

  2. Pilih bahan batik yang nyaman

    Bahan batik juga bermacam-macam, nggak cuma motifnya lho. Nah, kamu juga harus memilihnya sesuai kebutuhan acara. Untuk acara sehari-hari, kamu bisa memilih batik berbahan katun misalnya. Yang memang lebih mudah menyerap keringat dan nggak panas. Sementara untuk pesta, kamu bisa memilih bahan seperti sutra atau bahan lain yang memberi sentuhan mewah.

  3. Pilih kualitas batik dengan cetakan yang sama di sisi luar dan dalam

    Batik dengan kualitas baik memiliki cetakan luar dan dalam dengan warna yang sama lho, Girls. Hal ini harus kamu perhatikan sebelum membeli baju batik wanita. Jika warna cetakannya sama, ini menandakan batik telah melalui proses pembuatan yang detail. Batik dengan cetakan yang bagus juga nggak akan mudah luntur lho. Untuk melihat batik yang kamu pilih mudah luntur atau enggak, kamu bisa mencoba menempelkannya di kulit. Kalau warna batik tertinggal di kulit berarti mudah luntur.

Nah, jika udah tahu tips memilih batik di atas, kamu nggak perlu bingung lagi. Karena HaiGadis punya rekomendasi baju batik wanita terbaru yang bagus untuk kamu.

Inspirasi baju batik wanita terbaru

1. Baju batik wanita model dress kebaya klasik

Baju batik wanita

Photo via instagram.com/batikkultur

Model baju batik memang nggak habis-habis, khususnya untuk wanita. Model batik yang satu ini recommended juga lho untuk kamu. Batik ini didesain berupa dress yang potongannya mirip kebaya klasik. Bentuknya V-neck dengan aksen kancing berupa bros di bagian dada. Dress ini punya 2 kombinasi motif. Motif yang berbeda ada di potongan leher ke bawah bagian tengah, membuat dress ini tampak stylish. Cocok banget digunakan untuk berbagai acara resmi atau pesta. Selain tampil cantik, kamu juga akan terlihat sopan dan nyaman karena dress ini panjangnya sampai lutut.

2. Baju batik wanita motif kombinasi dengan lengan model serut

Baju batik wanita

Photo via fittingroom11.net

Batik memang memiliki motif yang bagus-bagus. Kadang membuat kamu bingung mau pilih motif yang mana, bukan? Nah, batik dengan kombinasi 2 motif ini bisa kamu pilih, Girls. Model baju batik wanita yang satu ini cocok banget untuk hijaber. Modelnya tertutup dengan lengan panjang yang dilengkapi tali serut. Cocok banget nih untuk tampil trendy di berbagai acara formal. Kamu tinggal memadupadankannya dengan celana, misalnya saja celana warna putih yang netral. Jadi, motif batik kamu yang unik ini bakalan terlihat menonjol.

3. Baju batik tenun lurik model kimono

Baju batik wanita model kimono

Photo via instagram.com/batik_maheswara

Baju batik wanita model kimono juga banyak dipilih nih, Girls. Soalnya bentuknya menarik dan terasa longgar saat dipakai. Batik model kimono dari tenun lurik yang satu ini fleksibel dipakai untuk beragam postur tubuh. Aksen tali bisa disesuaikan dengan bentuk tubuhmu. Jadi, nggak perlu khawatir kebesaran atau kekecilan. Bentuk potongan batik yang satu ini juga asimetris, sehingga nggak flat saat dipakai. Cocok banget digunakan untuk acara-acara resmi seperti ngantor, meeting, acara dinas, bahkan untuk kondangan. Tinggal make up kamu aja yang menyesuaikan.

4. Baju batik model kaftan untuk hijaber

Baju batik wanita

Photo via wikipie.co.id

Bagi kamu para hijaber, baju batik wanita model kaftan seperti yang satu ini bisa banget kamu pilih. Bentuknya yang longgar akan membuat penampilanmu tetap stylish tapi syar’i. Model batik yang satu ini potongannya panjang di bagian samping kanan dan kiri. Biasanya sih sudah satu pasang dengan bawahan. Kamu tinggal memilih motif sesuai selera dan padukan dengan hijab warna senada deh.

5. Baju batik wanita model blouse pendek dengan tali pinggang

Baju batik wanita

Model baju batik wanita yang satu ini manis abis. Cocok banget buat kamu dengan postur tubuh mungil agar lekuk tubuh tetap menonjol memakai batik. Batik model blouse ini memiliki lengan medium dan dilengkapi tali di bagian pinggang. Tali ini bakalan membuatmu tampak lebih ramping. Baju batik yang satu ini juga memiliki warna yang cerah, membuat penampilanmu lebih fresh. Kamu bisa memadukannya dengan rok maupun celana lho.

6. Batik model vest panjang

Baju batik wanita

Photo via sewing.katabara.com

Kalau kamu mencari model baju batik wanita yang kekinian, yang satu ini recommended banget. Batik model vest panjang ini akan membuat kamu tampak cantik elegan. Kamu bisa memadupadankannya dengan inner polos tanpa lengan model dress. Sehingga baju batik yang digunakan sebagai luaran ini akan terlihat stand out deh. Untuk alas kaki, jangan lupa pakai heels agar kaki kamu tampak jenjang. Cocok banget deh vest batik ini dipakai di acara kondangan, acara-acara pesta lainnya, atau bahkan acara formal. Misalnya saja seperti ngantor, meeting, ngampus dan masih banyak lagi. Tinggal memadukan dengan fashion item lain secara tepat.

7. Baju batik wanita setelan motif kombinasi

Baju batik wanita setelan

Photo via pinterest.com

Masih ada nih model baju batik wanita yang recommended untuk kamu. Terutama bagi kamu yang mencari pakaian batik di mana atasan dan bawahan match abis. Nah, model yang satu ini memiliki motif polos untuk bagian atasan. Hanya ada kombinasi motif batik di bagian ujung lengan. Sementara untuk bawahannya yang berupa rok, motifnya full batik. Memakai ini untuk segala acara formal, kamu bakalan tampak awet muda. Selain itu pakaian ini juga nggak membuatmu kesulitan untuk bergerak.

8. Baju batik untuk hijaber dengan model kimono outer dan rok

Baju batik wanita

Photo via instagram.com/sashfir

Buat hijaber, ada lagi nih ide baju batik wanita yang modis buat kamu. Batik yang satu ini berupa setelan baju dengan model kimono dan rok batik. Atasan berupa kimono ini cenderung memiliki model wrap outer, dengan potongan bagian bawah yang nggak teratur. Sementara untuk rok bawahannya punya warna senada tapi motifnya berbeda. Pas banget nih untuk hijaber. Kamu tinggal memilih warna hijab yang match dan sepatu heels yang selalu oke untuk acara formal. Buat kondangan, wisuda, hajatan, dan acara pesta lainnya pun akan membuatmu tampak memukau.

9. Batik model outer panjang

Baju batik wanita

Photo via pinterest.com

Selanjutnya, model baju batik wanita yang bisa kamu pilih berupa outer batik panjang. Outer ini memiliki model yang tanpa kerah dan terdapat satu kancing di bagian atas. Karena modelnya panjang, kamu bisa menggunakannya sebagai pelapis rok. Bisa juga digunakan dengan celana. Kamu juga bakalan lebih fleksibel memilih fashion item yang pas karena outer ini cenderung cocok dengan berbagai outfit. Untuk berbagai acara resmi, kamu bakalan tampil pede deh.

Advertisement

10. Baju batik wanita model dress kombinasi dengan chiffon

Baju batik wanita

Photo via pinterest.com

Kalau kamu mencari baju batik wanita yang mewah tapi simpel untuk acara pesta, yang satu ini bisa kamu coba. Batik yang satu ini punya model dress dikombinasikan dengan bahan kain chiffon. Di bagian atas, motifnya berupa batik dan modelnya tanpa lengan. Sementara bagian bawahnya berupa rok yang panjangnya medium dan berbahan chiffon. Potongannya pun asimetris, membuat kamu lebih anggun dengan dress ini. Tinggal padu padankan dengan high heels, kamu akan tampil memukai di acara pesta.

11. Batik model dress tanpa lengan dengan aksen ruffle di samping

Baju batik wanita

Photo via pinterest.com

Baju batik wanita yang satu ini sangat unik, Girls. Modelnya berupa dress tanpa lengan dengan kombinasi dua motif batik. Motif yang pertama ada pada seluruh bagian dress kecuali bagian leher yang berupa kerah turtle neck dan bagian hiasan di sisi samping. Hiasan di sisi samping berbentuk ruffle inilah yang membuat dress tampak cantik dan unik. Pas banget deh kalau kamu mencari dress batik dengan model yang nggak pasaran. Kamu bisa memakainya untuk acara resmi dan acara pesta. Tinggal padu padankan dengan heels deh supaya kaki kamu tampak jenjang.

12. Baju batik model abaya untuk hijaber

Baju batik wanita untuk hijaber

Photo via hijup.com

Untuk muslimah yang ingin tampil syar’i dengan batik, model baju batik wanita yang ini bisa kamu coba. Modelnya simpel tapi anggun abis. Batik ini mengkombinasikan motif batik dan polos di bagian bawah. Kamu bisa menggunakannya untuk acara pesta seperti kondangan, hajatan, peringatan ulang tahun kantor, dan lain sebagainya. Dipakai di acara-acara formal juga oke kok soalnya batik yang satu ini sopan abis. Kamu tinggal memilih warna jilbab yang senada deh.

13. Baju batik wanita model outer panjang warna pastel

Baju batik wanita

Photo via instagram.com/batikstore

Batik dengan model outer pun bermacam-macam lho. Kamu bisa memilih model baju batim wanita yang satu ini. Warnanya soft dengan potongan yang panjang. Bahannya pun lebih tipis tapi nggak transparan. Cocok banget digunakan saat cuaca panas. Baik hijaber maupun enggak, bisa kok memakai outer batik ini. Tinggal padu padankan saja dengan inner polos dan rok model tali seperti bawahan kebaya. Untuk acara-acara seperti kondangan, ngantor, acara keluarga, dan lain sebagainya bisa banget deh. Bahkan sekadar untuk tampil kasual juga bisa. Kamu tinggal memakai bawahan berupa skinny jeans dan sneakers.

14. Baju batik model setelan blouse dan celana

Baju batik wanita

Photo via pinterest.com

Mau tampil agak kasual memakai batik? Baju batik wanita yang satu ini bisa kamu coba. Modelnya unik abis, yaitu berupa setelan dengan blouse dan celana. Blouse-nya memiliki model tanpa lengan, sementara celananya berbentuk A-line dengan panjang medium. Meski bisa untuk tampil kasual, kamu juga bisa kok tampil anggun dengan batik ini. Selain itu, penampilan kamu juga tampak muda dan kekinian. Buat acara-acara formal sih cocok abis, Girls.

15. Batik model dress tanpa lengan

Baju batik wanita

Photo via batikamarillis-shop.com

Model baju batik wanita yang satu ini sangat cocok buat kamu untuk tampil awet muda, Girls. Desainnya simpel tanpa lengan dan lebar di bagian bawah. Bagian atasnya mirip kimono sehingga tampak trendy dan nggak flat. Pas banget lho untuk berbagai acara resmi maupun acara pesta. Soalnya modelnya panjang sampai bawah lutut. Tetap sopan meskipun terlihat nggak panas. Kamu bisa memadukannya dengn sepatu mule atau sepatu heels supaya makin modis.

16. Batik model dress span

Baju batik wanita

Photo via pinterest.com

Kalau yang satu ini, pas banget dipakai oleh kamu yang memiliki bentuk tubuh mungil. Model baju batik wanita yang satu ini memiliki dua kombinasi motif, yaitu batik dan polos. Motif batik mulai bagian dada ke bawah dan bagian kerah. Membuat dress ini tampak seperti kemben, sementara motif polos di bagian atas dada dan lengan. Saat dipakai, baju ini akan membuat penampilanmu modis abis. Untuk yanh bertubuh kurus, pasti bakalan terlihat lebih berisi deh.

17. Batik modern model kebaya

Baju batik modern

Photo via pinterest.com

Baju batik wanita yang satu ini punya model yang unik, yaitu mengadaptasi model kebaya. Bedanya, baju batik ini dibuat lebih longgar dibanding kebaya yang memang pas di badan. Bagian lengannya pun memiliki model ruffle yang juga kekinian. Memakai baju ini, kamu akan terlihat cantik elegan sekaligus cute. Cocok banget nih untuk dipakai di kantor. Kamu bisa memilih bawahan warna netral atau bawahan dengan warna senada dengan batik. Tertarik dengan batik yang satu ini?

18. Batik dress dengan potongan bawahan model split

Dress batik

Photo via instagram.com/everlastingbatik

 

Dress batik yang satu ini juga oke abis nih untuk tampil gaya di acara-acara formal atau pesta. Modelnya simpel sih, hanya ada aksen belt di pinggang dan belahan pendek di bagian roknya. Namun meski simpel, justru akan membuat penampilanmu tampak elegan. Cocok nih buat kamu yang memiliki bentuk tubuh kurus atau terlalu berisi. Aksen belt dan dan model dress ini akan membuat tubuh kamu tampak proporsional. Tinggal tambahkan heels saja deh supaya kaki terlihat jenjang. Tertarik dengan baju batik wanita yang satu ini?

Itu dia beberapa model baju batik wanita yang recommended buat kamu ya Girls. Masing-masing punya desain yang khas dan unik. Selain memilih model yang bagus, jangan lupa memperhatikan kualitas juga, ya.

Tambahan:
Bagi kamu yang ingin tampil casual dan simple, inspirasi outfit dengan kaos putih wanita ini bisa kamu pertimbangkan ya Girls.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *