Cara Berpakaian Wanita Agar Terlihat Lebih Muda dan Cantik

6 bulan lalu, by Hai Gadis

Tips gaya berpakaian agar terlihat lebih muda

Banyak orang merasa kurang nyaman ketika dinilai orang memiliki perawakan lebih tua dari umur sebenarnya atau dengan kata lain, diberi julukan berwajah boros. Apakah kamu juga pernah mengalaminya? Pasti rasanya kurang nyaman ya. Setiap wanita pasti selalu ingin terlihat awet muda dan menarik. Salah satu hal yang mempengaruhi penampilanmu adalah gaya berpakaianmu. Namun, sayangnya, sebagian orang salah dalam memilih pakaian, yang justru membuat mereka semakin terlihat tua. Oleh karena itu, kamu perlu selektif juga dalam memilih pakaian yang tepat dan cocok untukmu ya, guys supaya kamu bisa tampak muda dan menarik.

Sebenarnya, ada cara-cara praktis yang bisa kamu lakukan agar wajah kamu terlihat awet muda dan tetap menarik. Cara praktisnya, yaitu dengan mengenakan pakaian yang tepat untukmu sehingga kamu terlihat lebih muda daripada umurmu yang sebenarnya. Ingin tahu tips lengkapnya? Simak dan terapkan cara-cara praktis versi Hai Gadis berikut ini.

1. Mengenakan pakaian dengan warna yang cerah

Outfit warna cerah agar terlihat muda

Outfit warna cerah – Photo via pinterest.com

Mengenakan baju-baju dengan warna yang gelap bisa membuatmu terlihat lebih tua lho, guys. Kamu perlu menanggalkan kebiasaanmu dalam memakai baju dengan warna yang gelap seperti hitam, merah maroon, dan abu-abu. Memang, baju dengan warna netral seperti hitam dan abu-abu sangat mudah dikombinasikan dengan outfit warna apapun. Tetapi, jika kamu mempunyai kulit yang cerah akan timbul kontras yang berlebihan sehingga membuat kerutan pada wajah makin terlihat jelas. Solusinya kamu bisa menggunakan pakaian dengan warna- warna cerah agar terlihat lebih muda dan fresh. Kamu bisa coba trik praktis ini agar kamu punya aura yang muda dan ceria sehingga kamu bisa tetap merasa percaya diri.

Kamu bisa memakai baju dengan warna cerah seperti kuning, ungu, biru muda, hijau muda, dan warna lainnya. Kamu bisa memadupadankannya dengan outfit yang lain juga. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan outfit yang berwarna netral. Misalnya, ketika kamu memakai kaos berwarna ungu, kamu bisa mengkombinasikannya dengan rok berwarna putih atau hitam. Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan outfit warna gradasi jika ingin tampilan yang lebih berwarna. Misalnya, kamu memakai atasan berwarna orange kemerahan, untuk bawahannya kamu bisa menggunakan warna cokelat untuk menciptakan warna gradasi.

Advertisement

Ya, intinya penggunaan warna-warna gelap seperti abu-abu dan hitam bisa membuatmu terlihat lebih berumur lho, guys. Berbeda jauh dengan penggunaan warna-warna pastel. Penggunaan pakaian dengan warna-warna muda dan cerah seperti pink, hijau muda, biru muda, dan lain-lain bisa membuatmu terlihat lebih segar dan awet muda.

2. Mengenakan baju yang pas untuk tubuhmu, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat

gunakan outfit yang pas di tubuh agar terlihat muda

Outfit yang pas di badan – Photo via pinterest.com

Mengenakan pakaian yang terlalu longgar bisa memberi tampilan yang tampak tua dan terlihat seperti nenek-nenek. Mengenakan pakaian yang ketat juga bisa membuatmu merasa kurang nyaman. Oleh karena itu, pakailah pakaian yang cukup pas di badan, namun tidak terlalu ketat ya untuk menunjang penampilanmu agar terlihat lebih baik. Jika kamu memiliki badan yang sudah berisi, disarankan untuk tidak mengenakan baju yang terlalu besar. Mengenakan baju yang terlalu besar untuk menyembunyikan tubuh bukan solusi yang baik untukmu. Justru, menggunakan baju yang terlalu besar akan membuatmu terlihat lebih berisi dan gemuk.

Sebagian wanita menyukai pakaian dengan ukuran oversize. Namun, tidak semua orang sebenarnya cocok dengan baju ukuran oversize. Mengenakan pakaian dengan ukuran oversize bisa membuat tubuh malah terlihat lebih besar dan terlihat gemuk. Makanya, usahakanlah untuk mengenakan ukuran yang tepat dan pas untuk tubuhmu. Kamu bisa memilih pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuhmu. Misalnya, kamu bisa memilih untuk mengenakan baju slim fit. Untuk pemilihan celana, kamu bisa memilih yang pas untukmu, dan tidak longgar atau tidak ketat.

3. Gunakan T-Shirt yang pas untuk ukuran tubuhmu.

T-shirt

T-shirt – Photo via pinterest.com

Salah satu fashion item yang bisa membuatmu terlihat lebih muda dari umurmu sebenarnya adalah T-Shirt yang polos, sehingga mudah untuk dipadupadankan dengan outfit lainnya. T-Shirt polos bisa membuatmu tampak terlihat lebih muda dan segar. Walaupun T-Shirt polos sangat simpel dan basic, fashion item basic ini sangat cocok untuk kamu agar terlihat lebih muda dan segar. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan outfit lainnya seperti rok, celana, ataupun outer. Kamu bisa mix and match sesuai dengan daya kreativitasmu ya, guys.

T-Shirt polos memang menjadi fashion item wajib yang harus kamu miliki di lemari bajumu. Fashion item ini tersedia dalam berbagai jenis, ada turtle neck, lengan pendek, lengan panjang, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa menentukan bahannya, mau tipis atau tebal. Kamu bisa pilih model dan bahan T-Shirt yang cocok untukmu. Kamu harus memilih kaos dengan bahan yang nyaman untuk kamu gunakan ya, agar kamu lebih bebas bergerak dan beraktivitas. Memang, menemukan kaos dengan harga murah cukup mudah. Tapi, belum tentu kaos dengan harga murah ini nyaman untuk kamu gunakan. Lebih baik kamu membeli kaos dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun punya kualitas yang cukup baik.

Kamu bisa memiliki lebih dari satu kaos polos karena fashion item ini tidak pernah ketinggalan zaman dan tidak akan lekang oleh waktu. Selain itu, fashion item ini mudah untuk dimix and match dengan outfit apapun, termasuk rok sequin dan overall. Kalau kaosmu sudah mulai lusuh karena sudah lama dipakai, kamu bisa segera move on dan cari pengganti kaosmu, dengan membeli kaos yang baru ya.

4. Memilih model rok yang tepat

Model rok diatas lutut akan membuat terlihat lebih muda

Flowy skirt – Photo via pinterest.com

Rok A Line

Rok A Line – Photo via pinterest.com

Memakai rok bisa memberi kesan anggun dan girly padamu. Memakai rok yang ketat dan panjangnya nanggung, bisa membuatmu tampak terlihat lebih tua dari umurmu yang sebenarnya. Alternatifnya, kamu bisa mengenakan flowy skirt, rok lipat atau rok A-Line.

Rok dengan potongan diatas lutut akan mampu memberikan tampilan yang lebih muda kepada penggunanya. Salah satu model yang bisa kamu gunakan adalah jenis flowy skirt.

Jika kamu mengenakan hijab, kamu bisa menggunakan rok dengan mode A-Line dengan ukuran panjang yang pas. Jangan salah ya dalam memilih rok, karena pemakaian rok juga bisa mempengaruhi penampilanmu lho.

Kamu juga bisa memilih rok midi dengan panjang di bawah lutut, sehingga penampilanmu semakin anggun dan elegan. Agar tampilanmu lebih muda, kamu juga bisa memilih rok yang tidak terlalu panjang, karena rok yang sampai ke mata kaki bisa membuatmu tampak terlihat tua. Kamu tidak ingin terlihat tua, kan? Kenakan rok dengan panjang yang pas dan tidak terlalu panjang ya.

5. Mengenakan motif pakaian yang kecil, tidak terlalu besar, dan tidak terlalu ramai

Outfit motif floral yang simple akan membuat terlihat muda

Outfit motif floral – Photo via pinterest.com

Salah satu hal yang bisa mempengaruhi penampilanmu adalah motif pakaian yang kamu gunakan. Usahakan untuk tidak memilih pakaian dengan motif yang terlalu ramai dan berlebihan karena akan merusak penampilanmu, bukan menunjang penampilanmu. Pakaian yang polos dilengkapi dengan warna-warna yang cerah seperti warna pastel bisa membuatmu tampak terlihat lebih muda. Jika kamu ingin menggunakan pakaian bermotif, misalnya pakaian dengan motif floral, kamu bisa pilih yang motifnya kecil dan tidak terlalu besar dan tidak terlalu ramai, agar tidak terlihat berlebihan.

Kamu bisa melengkapi pakaian floralmu dengan sneaker untuk hangout bersama teman-teman. Untuk tampilan yang lebih elegan, kamu bisa gunakan wedges atau flat shoes, cocok banget digunakan ketika dating bersama pasanganmu. Untuk mempercantik penampilanmu, kamu bisa memakai sling bag berwarna merah juga.

6. Mengikuti gaya berpakaian yang sedang menjadi tren

Trend fashion 2020

Trend fashion 2020 – Photo via pinterest.com

Kamu juga bisa mengikuti gaya berpakaian yang sedang menjadi tren akhir-akhir ini. Misalnya, kamu bisa menggunakan jenis pakaian yang sedang digemari akhir-akhir ini, seperti flare skirt, dress Korea, dan sweater. Salah satu jenis pakaian yang wajib kamu miliki adalah pakaian dengan bahan dasar denim. Mengapa? Karena baju dengan bahan denim ini bisa digunakan sepanjang masa dan tidak lekang oleh waktu. Dari dulu sampai sekarang, orang-orang tidak pernah merasa bosan untuk mengenakan pakaian yang berbahan dasar denim. Jadi, kamu tidak usah ragu-ragu untuk memilih fashion item ini untuk dimasukkan ke lemari bajumu ya.

Misalnya, kamu bisa membeli jaket denim. Jaket denim sangat cocok dipakai dengan bermacam-macam outfit. Jaket jenis ini bisa kamu gunakan sebagai outfit sehari-hari. Selain itu, fashion item ini juga cukup mudah untuk ditemukan. Kamu bisa menemukannya di toko pakaian, baik di mall maupun pasar. Tua, muda, pria dan wanita akan cocok mengenakan fashion item yang satu ini, karena fashion item yang satu ini memang dirancang untuk semua kalangan, bahkan termasuk anak-anak.

7. Menggunakan aksesoris yang simple dan secukupnya, tidak berlebihan

aksesoris wanita simple

Aksesoris wanita simple – Photo via pinterest.com

Penggunaan aksesoris memang bisa melengkapi dan mempercantik penampilanmu. Namun, ada yang perlu kamu perhatikan saat menggunakannya. Jika kamu menggunakannya secara berlebihan, hal ini malah akan membuatmu terlihat lebih tua dan kurang menarik. Kamu bisa menggunakan aksesoris tambahan seperti kalung, bros, dan gelang, disesuaikan dengan outfit yang akan kamu kenakan. Jenis aksesoris yang bisa kamu gunakan adalah aksesoris yang berukuran kecil. Usahakan untuk menghindari aksesoris yang memiliki ukuran besar dan terlalu ramai, karena akan memperburuk penampilanmu.

Pemilihan aksesoris yang tepat bisa membuatmu terlihat lebih muda dari umur aslimu. Kamu bisa gunakan kalung dengan batu imitasi yang simpel untuk melengkapi outfitmu dalam menghadiri acara yang spesial. Penggunaan aksesoris tidak harus dalam warna yang sama dengan pakaianmu. Kamu bisa gunakan aksesoris dengan warna yang senada. Mengenakan pakaian dan aksesoris yang berwarna sama dari ujung kepala sampai ujung kaki bisa membuatmu terlihat ketinggalan zaman dan jadul. Kalau kamu mau memakai aksesoris yang bold, kamu harus gunakan outfit lainnya dengan warna yang netral sehingga tampilanmu tidak berlebihan dan tetap enak dipandang.

8. Memilih sepatu dan tas dengan desain yang simpel dan warna yang cerah

Sepatu berwarna cerah akan membuat terlihat lebih muda

Sepatu berwarna cerah – Photo via pinterest.com

Tas berwarna cerah akan membuat terlihat lebih muda

Tas berwarna cerah – Photo via pinterest.com

Penggunaan tas dan sepatu juga bisa mempengaruhi penampilanmu, tidak hanya atasan dan bawahan saja. Oleh karena itu, pemilihan tas dan sepatu juga penting dan sangat perlu diperhatikan. Kamu harus pintar memilih tas dan sepatu yang cocok untukmu, dan sesuai dengan outfit yang sedang kamu kenakan. Disarankan untuk menggunakan tas dan sepatu yang simpel dan cerah ya. Hindari tas dan sepatu yang sudah jadul atau sudah ketinggalan zaman. Kamu bisa pilih tas yang simpel namun tetap berkualitas ya. Usahakan juga memilih tas dan sepatu yang tahan lama, agar bisa kamu gunakan dalam waktu yang cukup lama. Dengan menggunakan sepatu dan tas yang tahan lama, kamu bisa menggunakan budget untuk keperluan yang lain. Misalnya, untuk membeli aksesoris seperti kalung dan gelang untuk mempercantik penampilanmu.

Dalam memilih sepatu, kamu juga perlu memperhatikan bentuk dan warnanya. Beberapa sepatu bisa membuatmu terlihat lebih tinggi, dan beberapa sepatu juga bisa membuatmu terlihat ramping sekaligus jenjang. Kamu juga perlu memperhatikan warna dari sepatu yang akan kamu pilih. Warna sepatu yang paling umum digunakan dan paling banyak digemari, yaitu hitam dan putih. Penggunaan dua warna ini cocok dikombinasikan dengan outfit warna apapun, karena warnanya yang cukup netral. Kamu bisa menyesuaikan pilihan tas dan sepatumu dengan acara yang hendak kamu hadiri atau kegiatan hendak kamu lakukan. Misalnya, ketika akan beraktivitas di kantor, kamu bisa memakai sepatu pantofel berwarna hitam atau high heels berwarna hitam yang elegan. Agar nyaman ketika pergi bersama kekasihmu, kamu bisa menggunakan flat shoes sehingga terlihat lebih anggun. Ketika kamu pergi hang out bersama teman-teman, kamu bisa gunakan sneaker agar merasa nyaman.

Jika kamu sering dicap dan dijuluki memiliki wajah yang lebih tua daripada umur aslimu bahkan sering dicap sebagai wanita berwajah boros, kamu bisa terapkan tips-tips praktis ini untuk terlihat lebih muda dari umur aslimu  yang sekarang ya. Sekarang, kamu tidak usah merasa khawatir lagi terlihat tua karena gaya berpakaian yang kurang tepat atau kurang cocok untukmu. Namun, dengan menerapkan tips-tips yang praktis ini, kamu bisa mengatasi hal ini dengan baik. Jangan jadikan umur sebagai faktor pembatas dalam mengkreasikan penampilanmu ya! Dijamin, dengan menerapkan tips-tips yang praktis ini, aura mudamu akan lebih terlihat dan terpancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *