Tips Style Hijab Untuk Wanita Gemuk Agar Terlihat Ramping

Fashion hijab untuk wanita gemuk

2 bulan lalu

Punya tubuh yang agak ‘berisi’ kadang bisa bikin kita minder abis dan merasa nggak cantik. Padahal, kecantikan nggak semata-mata dinilai dari bentuk tubuh. Cantik nggak selalu berarti memiliki badan kurus ideal dan tinggi semampai bak model.

Nah, kamu yang merasa memiliki tubuh sedikit berisi, bersyukurlah Girls. Kamu cantik dari dirimu sendiri. Nggak usah merasa insecure, kita tinggal memutar otak kreatif kita untuk bisa tampil ramping dengan memadupadankan fashion secara tepat. Terutama kita para muslimah yang peduli dengan style hijab kekinian.

HaiGadis punya tips nih supaya kamu yang punya badan gemuk bisa tetap tampil kece dan ramping dengan style hijab yang tepat. Simak yuk apa saja yang harus kita lakukan!

1. Memperhatikan ukuran baju

Fashion hijab untuk wanita gemuk

Photo via justtrendygirls.com

Girls, kita harus menyesuaikan ukuran baju dengan tubuh kita. Jangan sampai kita memilih baju yang terlalu ketat. Hal tersebut akan memperlihatkan lekuk tubuh dan lipatan lemak di badan kita. Wah, nggak bakal terlihat ramping deh. Selain itu, baju ketat mampu menimbulkan penyakit, karena aliran darah tidak bisa mengalir keseluruh tubuh dengan sempurna dan maksimal.

Pilih saja baju dengan ukuran yang pas di badan kita. Boleh deh memilih baju yang sedikit longgar, tapi jangan terlalu longgar. Baju atau busana muslim yang terlalu longgar hanya akan memperbesar bentuk tubuh kita. Nah, yang satu ini jangan sampai nggak kamu lewatkan, ya!

2. Memperhatikan motif pakaian

motif pakian hijab untuk wanita gemuk

Photo via justtrendygirls.com

Nggak cuma ukuran pakaian, motifnya pun harus kita perhatikan, Girls. Bagi kita yang memiliki tubuh gemuk, baiknya menghindari pakaian dengan motif menumpuk di bagian tertentu maupun motif dengan ukuran besar. Motif tersebut justru akan memberikan kesan besar dan juga lebar.

Pilihan motif yang bisa kita pilih untuk baju kita adalah motif bercorak kecil, model garis diagonal atau paisley agar terkesan ramping. Oh ya, motif garis-garis juga sebaiknya kita pilih garis vertikal (atas ke bawah), bergaris tipis dan berjarak agak rapat. Atau kita juga bisa menggunakan motif garis asimetris. Soalnya motif demikian, membuat kita tampak ramping. Kita harus pintar meyiasati nih.

3. Memperhatikan bahan pakaian

Nggak cuma motif dan ukuran, kita juga harus memperhatikan bahan pakaian terutama baju atau busana muslim yang kita pakai, Girls. Salah-salah, bukanya kelihatan ramping, malah makin gemuk. Hindari busana muslim yang berbahan mengkilap, karena akan menimbulkan kesan lebih gemuk. Kain yang mengkilap justru akan memantulkan siluet bentuk tubuh kita. Mending pilih saja baju atau busana muslim dengan bahan katun maupun kaos.

Lalu, apabila kita ingin memakai busana muslim dengan model berlapis atau bertumpuk, pastikan memilih bahan yang cukup ringan dan jatuh. Bahan yang tebal dan bertumpuk malah akan menambah tubuh kita makin bervolume, Girls. Oh ya, bila kita memakai hijab seleher tapi leher kita pendek, padukan dengan baju yang memiliki berbentuk V. Hal ini juga akan memberi kesan lebih tinggi. Hindari busana muslim dengan kerah tinggi, ya.

4. Memperhatikan pilihan warna

Warna fashion hijab hitam untuk wanita gemuk

Photo via outfittrends.com

Selanjutnya, kita harus pintar mainin warna, Girls. Nggak boleh asal. Nggak semua warna cocok untuk kita yang memiliki bentuk tubuh gemuk. Baiknya, kita untuk lebih condong pada pilihan warna-warna pastel, karena warna ini akan memberikan kesan yang simpel. Warna hitam juga bisa digunakan untuk menyamarkan ukuran tubuh yang gemuk. Warna ini adalah warna yang ampuh untuk menutupi timbunan lemak di tubuh tubuh kita.

Nah kalau untuk memadupadankan, memang sih kita harus pede saja untuk tabrak-tabrak warna. Namun, harmonisasi warnanya juga harus imbang. Sebagai contoh, kita bisa memakai warna gelap pada bagian tubuh yang besar dan warna cerah pada bagian tubuh lainnya. Apabila kita memiliki lengan yang besar, pakai saja kaos dalam yang berwarna hitam atau biru tua, lalu padukan dengan kaos luar yang berwarna lebih cerah seperti hijau, merah, atau warna lainnya.

5. Menggunakan teknik berpakaian 2 bagian

Busana muslim two pieces untuk wanita gemuk

Photo via instagram.com/viewfashion26

Memakai busana muslim two pieces (atasan dan bawahan) dengan warna senada bisa membuat kesan tubuh kita lebih tinggi. Baju atasan muslim dengan panjang pas sepinggul, akan terlihat pas di tubuh gemuk kita. Sebaiknya, hindari baju dengan panjang lebih dari batas pinggul (jauh di bawah pinggul) karena akan menambah kesan pendek.

Selain itu, contoh saja saat kita menggunakan pakaian longgar yang hanya lurusan (sejenis gamis), ada baikya kita tambahkan belt agar terbentuk dua bagian, sehingga kita akan tampak lebih ramping deh. Paham kan, Grls sampai sini?

6. Menggunakan jilbab/kerudung yang tepat dan simpel

Hijab motif polos untuk wanita gemuk

Photo via tutorialhijab.co.id

Kerudung ini yang krusial untuk outfit hijab kita, Girls.Supaya nggak kelihatan gemuk, baiknya kita memakai jilbab yang berbahan ringan dan jatuh ketika dikenakan. Bahan jilbab yang tebal bisa membuat efek gemuk di leher dan wajah kita. Kita juga harus menghindari memilih jilbab dengan bahan bertumpuk–tumpuk. Oh ya, kita juga sebaiknya menggunakan inner jilbab yang berwarna polos untuk menyamarkan pipi yang terlihat tembem.

Selain itu, disarankan deh menggunakan jilbab asimetris dengan salah satu sisi jilbab menutupi sebagian pipi kita. Sementara kalau soal motif, jika pakaian yang dikenakan punya motif yang cukup detail, maka pilihlah kerudung polos untuk menyeimbangkan kombinasi fashion kita. Begitu pula sebaliknya.

7. Menambahkan blazer untuk mempercantik penampilan

Untuk pilihan atasan, busana muslim terusan juga boleh kok kita kenakan. Yang penting, jangan lupa siasati dengan memakai blazer untuk menutupi pinggul yang besar. Pemakaian blazer ini akan menyeimbangkan bentuk tubuh kita, Girls. Oh ya, daripada cardigan, pilih blazer saja, ya. Soalnya jahitan cardigan biasanya lurus dan akan membuat tubuh kita tampak lebar. Sementara blazer umumnya didesain sesuai lekuk tubuh.

Pemilihan keseimbangan motif juga berlaku untuk pemilihan busana muslim maupun blazer, lho. Bila kita ingin memakai busana muslim dengan model berlapis atau bertumpuk, pastikan memilih bahan yang cukup ringan dan jatuh. Namun, sebisa mungkin pilih yang berwarna polos atau memakai corak kecil-kecil saja deh yang tidak terlalu ramai.

8. Menggunakan aksesoris yang nggak berlebihan

Pelengkap penampilan cantik kita adalah aksesoris. Biasanya aksesoris akan memberikan kesan yang glamour ataupun casual untuk kita. Aksesoris juga membuat look kita tidak tampak membosankan kalau memakai pakaian yang serba polos. Yang terpenting, paham prinsip keseimbangan deh.

Namun jangan lupa, ukuran aksesoris juga akan berpengaruh pada penampilan kita Girls. Buat kita yang gemuk, ada baiknya memilih mengenakan aksesoris yang simpel dan tidak terlihat ribet. Misalnya saja penggunaan ikat pinggang. Jika kita ingin menambahkan ikat pinggang sebagai aksesoris, pilih ikat pinggang yang berukuran kecil. Jika harus memakai ikat pinggang dengan ukuran yang besar, pilih ikat pinggang dengan warna yang senada atau match dengan outifit yang kita kenakan, ya.

9. Memperhatikan bawahan yang kita pakai

Girls, karena untuk tubuh kita yang gemuk, kita disarankan memakai pakaian two pieces, maka pemilihan bawahan seperti rok dan celana juga nggak boleh asal. Apabila memakai celana panjang, pakailah yang panjangnya pas sebatas mata kaki, tidak terlalu naik atau menyentuh tanah saat anda gunakan. Sebaiknya hindari model celana yang memiliki bagian bawah yang kecil seperti celana pensil, hal ini justru akan membuat kaki kita terlihat besar.

Lalu, bila kita memilih menggunakan rok, pilih deh rok dengan model A line atau lurus. Rok model ini akan menyamarkan bentuk pinggul kita yang besar agar tampak ramping. Jangan mengenakan rok span yang panjang dan mengecil di bagian bawah, karena akan memperlihatkan bentuk tubuh kita. Kita juga harus menghindari rok terlalu panjang yang akan memperpendek look kita. Nah, selamat berkreasi untuk mix and match penampilan hijabmu.

10. Menggunakan sepatu atau sandal berhak tinggi

Untuk sentuhan terkahir pada style hijab untuk wanita gemuk yaitu jangan lupa gunakan sepatu atau sandal berhak tinggi, Girls. Sepatu dan sandal dengan hak tinggi akan membuat kaki kita tampak jenjang dan menyamarkan tubuh gemuk kita. Jangan sampai dong, sudah gemuk, malah terlihat pendek!

Oh ya, tingginya hak sepatu atau sandal tergantung pada kenyamananmu sebagai pemakainya, ya. Kendati demikian, bukan berarti kita nggak bisa tampil kasual memakai sneakers kok Girls. Yang terpenting, sesuaikan dengan atasan dan bawahan yang kita kenakan. Misalnya, seperti poin sebelumnya. Memakai rok atau celana model A line yang nggak terlalu panjang, ya.

Nah, tips-tips dari HaiGadis di atas boleh banget dicoba. Yang terpenting dalam penampilan adalah tetap menjadi diri sendiri dan sesuaikan penampilan dengan usia, ya Girls. Gemuk itu imut, kok. Semoga tips di atas bermanfaat ya Girls.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *