12 Referensi Outfit Terbaik Untuk Wanita Bertubuh Gemuk

3 bulan lalu, by Hai Gadis

outfit wanita gemuk

Mempunyai tubuh yang berisi dan terlihat gemuk menjadi ketakutan tersendiri bagi para wanita Indonesia. Jika kamu memiliki tubuh yang berisi, kamu bisa menyiasatinya dengan mengenakan pakaian yang tepat dan cocok. Cara berpakaian yang kurang tepat bisa membuatmu terlihat semakin gemuk dan berisi lho.

Banyak orang yang memiliki tubuh yang berisi merasa kurang percaya diri dan merasa minder. Biasanya, pilihan pakaian mereka cukup terbatas, karena bentuk tubuh yang kurang proporsional. Namun, sebenarnya kamu bisa menyiasati hal itu dengan menggunakan outfit yang tepat dan cocok untukmu.

Bagi kamu yang masih berjuang dalam menurunkan berat badanmu namun belum berhasil juga, ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan. Salah satunya, dengan menerapkan tips dan trik seputar fashion agar tubuh terlihat lebih langsing dan ramping.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena berikut ini Hai Gadis akan berikan beberapa tips fashion untuk wanita bertubuh gemuk agar terlihat kurus

Tips fashion wanita bertubuh gemuk

  1. Jangan mengenakan rok ketat dan bodycon dress

    Bagi kamu yang bertubuh gemuk, bodycon dress dan rok yang ketat menjadi dua hal yang kurang cocok kamu kenakan. Bodycon dress dan rok yang ketat bisa membuat tubuh berisimu semakin jelas terlihat. Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih dress yang pas di tubuh sehingga tubuhmu akan terlihat lebih ramping dan langsing. Rok ketat berbeda jauh dengan rok berpotongan lurus. Rok berpotongan lurus sangat cocok untuk badan yang berisi sehingga tampilanmu lebih terlihat seimbang. Bodycon dress lebih cocok dikenakan oleh tubuh ramping dan langsing. Dengan nuansa monokrom dan dilengkapi dengan jaket kulit, kombinasi ini justru lebih cocok dengan orang dengan tubuh langsing dan ramping.

  2. Jangan memakai baju dengan motif garis horizontal

    Baju garis merupakan salah satu jenis baju yang paling diminati karena identik dengan kata casual dan simpel. Praktis dan anti ribet juga dua istilah yang cocok untuk menggambarkan baju dengan motif garis-garis. Baju dengan motif bergaris, terutama motif garis horizontal juga perlu kamu hindari untuk kalian para wanita dengan tubuh gemuk. Outfit ini justru akan semakin membuatmu terlihat gemuk dan berisi. Outfit dengan garis horizontal akan memberi ilusi tubuh yang terlihat semakin lebar dan berisi.

  3. Pilihlah pakian dengan kerah model V

    Wanita bertubuh gemuk pastinya memiliki bentuk tubuh yang melebar. Nah untuk mensiasati agar terlihat kurus, kamu bisa menggunakan pakaian dengan model kerah V sehingga akan membuatmu terlihat lebih kurus.

  4. Gunakan pakaian dengan warna gelap

    Banyak fashion designer yang menyarankan pakaian warna gelap untuk kalian yang bertubuh gemuk. Hal ini bertujuan untuk menyamarkan bayangan dari tiap lipatan pada tubuh sehingga kamu akan terlihat lebih kurus.

  5. Gunakan pakaian berlayer

    Tujuan dengan penggunaan pakaian belayer adalah untuk membuat kamu yang bertubuh gemuk terlihat lebih tinggi. Namun yang harus kamu perhatikan adalah pakaian berlayer yang kamu gunakan tidak terlalu tebal dan memiliki panjang yang berbeda. Sebagai contoh pada bagian dalam kamu bisa menggunakan kaos atau t-shirt kemudian di bagian luar bisa kamu gunakan cardigan yang lebih pendek dari kaos atau t-shirt didalamnya.

Selain menjalankan beberapa tips tersebut, kamu bisa memilah outfit yang tepat untukmu. Ini benar-benar solusi yang tepat untuk mendukung penampilanmu. Berikut ini ada beberapa referensi outfit untuk wanita yang bertubuh gemuk agar terlihat lebih langsing dan ramping.

Referensi outfit untuk wanita bertubuh gemuk

1. Blouse atau Tunik Asimetris

Tunik Asimetrik – Photo via zalora.co.id

Tunik atau blouse asimetris jadi salah satu pilihan buatmu yang bertubuh agak berisi karena fashion item ini bisa membuat ilusi seolah-olah badanmu terlihat lebih langsing dan ramping. Salah satu selebgram yang menggunakan gaya busana ini adalah Suci Utami. Kamu bisa meniru gaya ini dengan memadupadankannya bersama celana cutbray. Simpel, sederhana, namun cukup jitu dalam membuat tubuh terlihat lebih langsing dan ramping. Segera coba outfit yang satu ini ya untuk tetap tampil menawan!

Blouse atau tunik yang memiliki gaya asimetris juga bisa memberi kesan artsy dan elegan. Kamu bisa mengkombinasikannya bersama dengan basic pants dan celana kulot. Kamu bisa mengkreasikannya sesuai dengan kreativitasmu.

2. Outfit dengan Bahan yang Halus dan Jatuh

Model baju untuk wanita gemuk

Outfit Bahan Jatuh – Photo via citychiconline.com

Kamu bisa menggunakan outfit dengan bahan yang lembut dan jatuh, seperti kain sutra, sifon, dan wolfis. Bahan-bahan yang lembut dan jatuh biasanya tidak memperjelas lekukan tubuh. Dengan berpakaian seperti ini juga, kamu bisa lebih bergerak dengan nyaman dan bebas. Untuk inspirasi outfit yang satu ini, kamu bisa meniru gaya desainer terkenal, Dian Pelangi. Kamu juga bisa meniru gaya kece desainer-desainer lainnya.

Jika harus memilih antara outfit dengan bahan yang tebal dan halus, sebaiknya kamu memilih yang berbahan halus. Bahan yang halus biasanya cukup ringan dikenakan sehingga dapat memberi tampilan yang ramping dan langsing. Jangan pilih yang berbahan tebal karena bisa membuat tampilanmu semakin berisi dan gemuk.

Kamu juga bisa memilih celana dengan bahan yang halus untuk menutupi paha yang cukup besar. Bahan halus yang bisa digunakan, misalnya chiffon dan polyster. Celana dengan mode ini bisa dipakai sebagai celana untuk bekerja, kulot, dan lain-lain.

3. Black Pants

Black Pants – Photo via lafayette148ny.com

Kamu bisa menggunakan celana hitam untuk melengkapi penampilanmu agar semakin menarik dan enak dipandang. Celana hitam mampu untuk menyembunyikan bagian tubuh yang cukup berisi, seperti pinggul dan paha. Kamu bisa mix and match celana hitam ini bersama dengan blouse, seperti blouse asimetris. Kamu bisa lengkapi lagi gayamu dengan  sling bag yang manis.

Selain blue jeans, black jeans memang menjadi andalan bagi setiap fashionista masa kini. Namun, jika tidak hati-hati warnanya bisa memudar. Kalau celana jeans hitammu masih terbilang baru, kamu bisa gunakan cara ini: set warna jeansmu sebelum digunakan. Caranya, kamu harus menyiapkan ember yang berisi air, 1 sdm garan, dan satu cangkir cuka. Letakkan jeans ke dalam ember yang berisi air, cuka, dan garam itu. Dengan melakukan ini, warna black jeans-mu akan tahan lama dan tidak mudah luntur.

4. Outfit dengan Motif

Outfit bermotif untuk wanita gemuk

Outfit motif bunga – Photo via us.shein.com

Outfit bermotif garis-vertikal untuk wanita gemukOutfit motif garis vertikal – Photo via baglooking.com

Outfit yang bermotif juga cocok untuk orang-orang yang memiliki tubuh agak berisi. Kamu bisa memilih outfit dengan motif bunga salah satunya. Namun dalam pemilihan motif bunga, hindari penggunaan motif menumpuk atau motif dengan ukuran yang besar. Karena penggunaan motif menumpuk atau ukuran motif besar akan membuatmu tubuh kamu terlihat lebih besar dan lebar.

Selain motif bunga, kamu juga bisa menggunakan pakaian dengan motif garis. Namun untuk motif garis, pilihlah pakaian dengan motif garis vertikal dengan jarak yang aga rapat sehingga akan memberikan kesan langsing dan ramping.

Advertisement

5. Dress Polos Berwarna Gelap

Dress Polos Warna Gelap – Photo via bp-guide.id

Dress tanpa motif juga bisa jadi pilihanmu untuk menutupi tubuh yang agak berisi. Pilihlah dress dengan warna yang gelap, bukan warna yang terlalu mencolok dan nyentrik. Misalnya, kamu bisa mengenakan dress dengan warna hitam atau maroon. Dress ini bisa membuatmu terlihat lebih elegan dan menarik. Dress dengan kerah berbentuk V juga cocok untukmu, karena mode ini mampu menonjolkan lehermu sehingga tubuhmu terlihat langsing dan ramping. Jangan salah memilih warna ya!

6. Ikat Pinggang

Outfit dengan Ikat pinggang

Ikat Pinggang – Photo via nofashiondeadlines.com

Selain atasan dan bawahan, kamu juga bisa mengenakan aksesoris tambahan untuk menunjang penampilanmu agar semakin menarik dilihat. Selain digunakan pada celana dan rok, ikat pinggang juga bisa digunakan untuk dress lho. Penggunaan ikat pinggang ini sangat bisa menunjang penampilanmu. Pinggul akan terlihat lebih kecil dan ramping. Hasilnya, kamu pu akan terlihat langsing dan ramping. Keren, kan?

7. Rok Span

Rok Span – Photo via bukalapak.com

Untuk kamu yang punya tubuh berisi, kamu bisa menggunakan rok span. Rok span adalah salah satu kunci sukses yang bisa mendukung penampilanmu. Kamu bisa gunakan outfit ini untuk acara yang formal atau semi-formal. Dengan mengenakan rok span, kamu akan terlihat lebih langsing dan ramping sehingga kamu akan semakin percaya diri. Penampilanmu pun akan semakin maksimal dan menarik. Rok span ini memang umum digunakan dalam dunia fashion, jadi kamu bisa mudah menemukannya di toko pakaian. Harganya pun relatif, jadi kamu bisa pilih disesuaikan dengan budget yang telah kamu siapkan.

8. Baju yang Pas di Badan

Baju Pas Badan – Photo via magazine.job-like.com

Salah satu cara agar terlihat ramping adalah dengan mengenakan baju yang tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat, istilahnya kamu harus mencari baju yang pas untukmu. Jika terlalu longgar,maka kamu akan semakin terlihat berisi. Jika memakai baju yang ketat, justru lemak-lemak di tubuh kamu akan semakin terlihat dan menonjol. Jadi, upayakan untuk memilih baju yang pas ya, yang tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat, jangan berlebihan. Kamu bisa mencoba berbagai jenis model, mulai dari casual, formal, atau elegan, disesuaikan dengan acara yang hendak kamu datangi. Karena jika tidak sesuai dengan keperluan, penampilanmu pun tidak akan optimal.

9. Sepatu Hak Tinggi (High Heels)

High Heels – Photo via tokopedia.com

Gunakan sepatu hak tinggi untuk membuat kakimu terlihat lebih jenjang dan panjang. Dengan demikian, kakimu akan semakin indah dipandang. Ini sangat cocok untuk orang dengan tubuh yang berisi dan gemuk, cocok juga untuk orang bertubuh kurus. Ini juga bisa membuat tampilanmu semakin elegan. Kamu bisa sesuaikan tinggi sepatumu dengan kebutuhanmu. Misalnya, kamu bisa menyesuaikannya dengan jenis acara yang kamu datangi, aktivitas apa yang akan kamu lakukan di acara itu, dan pertimbangan-pertimbangan lainnya. Kamu bisa memilih sepatu yang membuatmu nyaman ketika melakukan aktivitas. Dengan memilih yang nyaman, hasilnya kamu akan lebih mudah bergerak dan tidak menganggu aktivitasmu.

10. Bawahan High Waist

High Waist – Photo via amazon.com

Penggunaan high waist di dunia fashion memang tidak diragukan lagi. Tampilanmu akan semakin keren ketika memakai outfit ini. Bawahan High Waist bisa jadi alternatif lain bagi kamu yang memiliki tubuh agak berisi dan terbilang gemuk. Mengenakan high waist akan membuatmu terlihat ramping dan langsing, tubuhmu tidak akan terlihat lebar. Pinggangmu akan terihat lebih kecil dan ramping. Kemudian, kamu bisa kenakan atasan dan dimasukkan ke dalam high waist-mu. Ini bisa membantumu terlihat ramping. Kamu bisa pilih high waist jenis apa saja. Bisa rok, celana, jeans, atau kulot. Kamu bisa pilih sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

11. Ruffle yang Lembut dan Natural

High Waist – Photo via flamingo.shop

Hindarilah pemakaian ruffle yang memiliki warna nyentrik dan terlalu terang. Kamu harus gunakan warna yang lebih natural dan lebih lembut, misalnya warna pastel. Warna-warna natural dan lembut bisa memberi ilusi tubuh yang lebih ramping dan langsing. Justru, kamu akan lebih baik menggunakan warna yang gelap daripada warna yang terlalu terang dan terlalu mencolok.

Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan ruffle yang memiliki detail secara vertikal sehingga kamu akan terlihat lebih langsing. Justru, penggunaan ruffle yang memiliki detail horizontal akan membuat tubuhmu terlihat semakin berisi. Kamu juga perlu memperhatikan bahan ruffle yang kamu gunakan. Bahan yang lembut dan jatuh seperti sifon, sutra, dan wolfis akan sangat cocok untukmu. Sedangkan bahan-bahan yang bersifat kaku, misalnya organza akan membuat badan terlihat gemuk.

Cara lain untuk membuatmu tampak langsing ketika mengenakan ruffle adalah dengan menggunakan aksesoris tambahan, seperti ikat pinggang. Ikat pinggang bisa menutupi tubuh yang berisi akibat detail ruffle yang ada pada bagian badan dan lengan. Dengan demikian, tubuhmu akan tampak lebih proporsional. Kamu juga bisa memasukkan ruffle-mu ke dalam bawahan yang kamu pakai, baik celana atau rok, sehingga tidak memberi kesan tubuh yang berisi. Kamu bisa segera aplikasikan gaya ini juga untuk mempercantik penampilanmu.

12. Dress dengan Tali Simpul

Tali Simpul – Photo via aliexpress.com

Dress dengan tali simpul juga bisa kamu pakai ketika menghadiri suatu acara, baik itu acara pesta, acara yang santau, atau acara hang out bersama temanmu. Dress dengan mode ini akan menutupi bagian perutmu yang berisi. Menakjubkan, bukan? Tertutupnya bagian perut akan memberi kesan tubuh yang terlihat ramping dan langsing. Penampilanmu pun semakin optimal. Kamu pun bisa tampil dengan penuh percaya diri tanpa menghiraukan bentuk tubuhmu.

Memperhatikan penampilan merupakan hal yang penting, baik bagi orang dengan tubuh berisi maupun tubuh yang ramping. Dalam memilih outfit, hendaknya kamu mempertimbangkan dari berbagai aspek, mulai dari acara yang akan kamu hadiri, warna yang tepat, bahan yang digunakan, dan selera yang kamu inginkan. Jangan sampai outfit yang kamu pakai malah memperburuk penampilanmu ya, fashionista!

Inilah beberapa rekomendasi outfit dan fashion item untuk kamu yang memiliki tubuh agak berisi dan agak gemuk. Jadi, kamu tidak usah bingung lagi dalam memilih outfit yang tepat. Kini, sudah ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam meilih outfit. Di antara beberapa rekomendasi outfit ini, mana yang paling kamu sukai?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *