Girls! Ini Lho Urutan Pemakaian Skincare Untuk Kulit Sensitif Yang Benar

4 bulan, by Hai Gadis

Urutan Pemakaian Skincare Untuk Kulit Sensitif

Merawat kulit wajah menggunakan skincare memang sangat penting untuk dilakukan. Sebab, skincare sendiri memiliki beberapa manfaat bagi kulit, yaitu menutrisi kulit, mencegah masalah kulit, dan mencegah tanda penuaan seperti kerutan atau bintik hitam, membersihkan kulit, menyegarkan, dan mencerahkan. Produk perawatan wajah sendiri terdiri dari beberapa item yang harus kamu gunakan dengan urutan pemakaian skincare yang tepat. Ada pembersih wajah, toner, essence, serum, krim, dan lain sebagainya yang masing-masing memiliki manfaat tersendiri untuk kulit wajahmu. Nah, buat kamu yang punya kulit sensitif, memilih skincare perlu tips tersendiri. Kulit yang sensitif cenderung mudah muncul bercak atau ruam saat memakai produk skincare yang salah. Selain itu, kulit sensitif pun kurang bisa menyerap wewangian dengan baik, mudah mengelupas, gatal, atau memerah.

Oleh karena itu dalam memilih skincare untuk kulit sensitif, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan berikut ini.

Tips memilih skincare untuk kulit sensitif

a. Hindari produk skincare yang mengandung alkohol

Sebelum mengetahui urutan pemakaian skincare, kamu perlu tahu bahwa kulit sensitif perlu hati-hati dalam memilih skincare yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol ini sebenarya berfungsi sebagai antiseptik dan membantu penyerapan produk ke kulit lebih maksimal. Namun bagi kulit sensitif, alkohol ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

b. Hindari produk skincare yang menggunakan pewangi

Pewangi juga termasuk kandungan yang berisiko bagi kulit sensitif lho. Jika kamu memiliki kulit sensitif, disarankan untuk memilih produk skincare yang nggak memiliki pewangi, khususnya pewangi buatan. Soalnya kandungan ini bisa menyebabkan kulit sensitif mengalami iritasi.

c. Hindari produk-produk yang mengandung asam (acids)

Buat kulit sensitif, perhatikan juga nih Girls kandungan produk yang berupa acids seperti lipoic acid, glycolic acid, atau salicylic acid. Sebab, kandungan acid tersebut bisa mengikis lapisan kulit dan menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

d. Pilihlah produk skincare yang mengandung bahan-bahan alami

Untuk kulit sensitif, sebaiknya kamu memilih produk skincare yang memang mengandung bahan-bahan alami. Kamu juga bisa memilih produk berdasarkan tulisan yang tertera di kemasan. Apakah memang cocok untuk kulit sensitif atau justru enggak. Kamu juga bisa memilih produk yang memiliki klaim hypoallergenic dan lain sebagainya.

e. Lakukan patch test

Nah, langkah yang satu ini juga sangat penting lho, terutama jika produk yang kamu beli termasuk produk baru dan belum pernah kamu pakai. Kamu bisa melakukan patch test dengan mengoleskan produk skincare di bagian belakang telinga. Jika nggak ada reaksi dari kulitmu, maka produk yang kamu pilih bakalan aman digunakan. Namun jika muncul reaksi seperti bercak, gatal, atau memerah, maka hindari deh produk tersebut. Patch test ini reaksinya bisa kamu tunggu antara 1 – 3 hari. Jadi, jangan buru-buru menyimpulkan ya, Girls.

 f. Melihat ulasan suatu produk dari pengguna sebelumnya atau beauty influencer

Takut mencoba suatu produk skincare baru itu wajar kok, apalagi jika kamu punya kulit sensitif. Kamu bisa terlebih dahulu melihat ulasan suatu produk melalui review pengguna sebelumnya, baik di internet atau di media sosial. Kamu pun bisa melihat review dari para beauty influencer akan keamanan suatu produk. Jadi, bakalan terhindar dari salah pilih deh. Sayang ‘kan kalau beli produk skincare mahal-mahal tapi ternyata nggak cocok?

Nah, setelah ini selamat memilih produk Girls! Jangan lupa perhatikan tips-tips di atas. Selanjutnya, kamu pun perlu tahu urutan pemakaian skincare untuk kulit sensitif. Hal ini supaya kamu nggak salah langkah yang bisa menyebabkan kerja suatu produk skincare nggak efektif. Begini nih urutannya:

Urutan pemakaian skincare pagi hari untuk kulit sensitif

1. Cleanser oil atau milk cleanser

Urutan Pemakaian Skincare Untuk Kulit Sensitif

Photo via bachhoaxanh.com

Urutan pemakaian skincare untuk kulit sensitif pada pagi hari yang pertama adalah menggunakan produk cleanser. Misalnya saja micellar water, micellar oil, atau milk cleanser. Hal ini dilakukan untuk menghapus sisa kotoran dan sisa krim malam maupun sleeping mask yang kamu gunakan saat tidur.

Cara membersihkannya, kamu bisa menggunakan kapas dan mengusap kulit wajahmu dengan lembut. Oh ya, produk cleanser ini harus kamu pilih yang gentle alias nggak menimbulkan iritasi, ya. Kamu bisa memilih produk yang nggak mengandung alkohol atau pewangi.

2. Facial wash atau sabun pembersih wajah

Urutan Pemakaian Skincare Untuk Kulit Sensitif

Photo via limeandlife.com

Melakukan double cleansing tentunya sangat penting supaya wajah kamu bersih sempurna, Girls. Urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah menggunakan sabun pembersih wajah atau facial wash. Kamu bisa memilih produk yang alcohol free dan fragrance free. Selain itu, hindari juga produk yang mengandung SLS (Sodium Laureth Sulphate) karena bisa bikin kulit terasa kering dan ketarik.

Cara memilih produk yang nggak mengandung SLS gampang kok, yaitu kamu bisa memilih produk yang nggak banyak menyebabkan busa saat terkena air. Usahakan juga pilih produk yang tetap bisa menyeimbangkan pH kulitmu, ya.

3. Toner

Photo via bukalapak.com

Selanjutnya, kamu bisa memakai toner. Sebenarnya ada 2 jenis toner, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner. Untuk kulit sensitif, kamu bisa memakai satu toner dulu yaitu hydrating toner. Fungsi toner ini adalah mengembalikan keseimbangan pH kulit setelah mencuci muka dan juga melembapkan kulit.

Untuk kulit sensitif, kamu bisa memilih toner yang selain memiliki efek hydrating juga memiliki efek calming atau soothing. Selain itu, jangan lupa untuk memilih produk yang kandungannya simpel, bebas alkohol, dan pewangi. Cara memakai toner yaitu menuangkan beberapa tetes produk ke telapak tangan yang bersih, kemudian tepuk-tepuk ke seluruh bagian wajah dengan lembut.

4. Serum

Photo via healthyhumancare.com

Urutan pemakaian skincare setelah toner adalah serum, Girls. Sebenarnya bisa juga kamu menggunakan essence terlebih dahulu. Namun, pemakaian essence ini bisa dilewati kok. Nah, untuk kulit sensitif, kamu bisa memilih serum yang memang khusus melembabkan atau calming kulit. Hindari produk yang memiliki efek brightening maupun antiaging karena biasanya mengandung bahan-bahan yang berisiko mengiritasi kulit sensitif.

Cara menggunakan serum yaitu kamu bisa menuang beberapa tetes produk ke telapak tangan kemudian tepuk-tepukkan pada wajah secara lembut. Oh ya, hindari menggunakan serum terlalu banyak ya!

5. Face oil

Selanjutnya, langkah dalam urutan pemakaian skincare pagi hari untuk kulit sensitif adalah menggunakan face oil. Kenapa sih perlu memakai face oil? Soalnya produk ini bisa memudarkan dark spot akibat hyperpigmentation. Selain itu, face oil juga bisa mengurangi tampilan pori-pori yang besar dan mengurangi minyak di wajah.

Face oil ini pun bisa menjaga kelembapan kulit. Biasanya produk ini memiliki kandungan minyak dari tumbuhan tertentu yang jarang ada campuran bahan kimianya, sehingga bakalan lebih aman. Kamu bisa memakainya seperti cara memakai serum.

6. Moisturizer

Urutan Pemakaian Skincare Untuk Kulit Sensitif

Photo via stylecraze.com

Yang satu ini pastinya termasuk dalam urutan pemakaian skincare untuk kulit sensitif yang nggak boleh dilewatkan. Moisturizer ini nggak hanya berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, tetapi juga membantu memperkuat skin barrier. Dalam memilih moisturizer, kamu harus menghindari produk dengan kandungan fragrance karena bisa memicu iritasi dan reaksi alergi. Kandungan alkohol maupun bahan kimia lainnya pun perlu dihindari, Girls.

Selain itu, kamu bisa juga memilih moisturizer yang memiliki efek calming atau soothing agar bisa menenangkan kulit dengan baik. Produk pelembap juga bisa kamu pilih yang non-komedogenik agar pori-porimu nggak tersumbat.

7. Sunscreen untuk kulit sensitif

Urutan Pemakaian Skincare Untuk Kulit Sensitif

Photo via

Untuk kulit sensitif, kamu bisa memilih produk sunscreen yang mengandung titanium dioxide maupun zinc oxide. Hindari produk yang mengandung Para-aminobenzoic acid (PABA) dan benzophenones karena bisa menyebabkan sensasi terbakar. Gunakan sunscreen sebelum menggunakan makeup, ya. Hal ini supaya kulitmu terhindar dari kemerahan atau kerusakan akibat paparan sinar UV.

Setelah menggunakan urutan pemakaian skincare yang tepat pada pagi hari, kamu bisa menggunakan makeup sesuai kebutuhan. Jangan lupa juga untuk memilih produk makeup yang aman bagi kulit sensitif, ya! Sekarang, kamu juga perlu tahu urutan skincare pada malam hari untuk kulit sensitif nih.

Urutan pemakaian skincare pada malam hari untuk kulit sensitif

1. Makeup remover

Urutan Pemakaian Skincare Untuk Kulit Sensitif

Photo via bukalapak.com

Urutan pemakaian skincare di malam hari yang pertama adalah menggunakan makeup remover. Produk ini berfungsi untuk membersihkan makeup, kotoran, dan juga debu setelah beraktivitas seharian. Kamu bisa menggunakan produk makeup remover yang gentle, nggak mengandung alkohol, acid, pewangi, dan bahan kimia lainnya.

Oh ya, buat membersihkan makeup mata, sebaiknya kamu menggunakan produk khusus, Girls. Hal ini karena kulit di area mata termasuk sensitif sehingga untuk menghindarkan terjadinya iritasi di kulit. Oh ya, buat makeup waterproof, kamu bisa memilih makeup remover yang berbasis oil. Asalkan tetap pilih produk yang aman, ya!

2. Facial wash

Urutan Pemakaian Skincare Untuk Kulit Sensitif

Photo via limeandlife.com

Sama dengan urutan pemakaian skincare di pagi hari, malam hari pun kamu harus melakukan double cleansing. Dalam menggunakan facial wash, pilihlah produk yang nggak mengandung alkohol, pewangi, bahan kimia lain, dan SLS. Bersihkan wajahmu dengan benar dan jangan terburu-buru, ya!

3. Toner

Bersihkan wajah dengan milk cleanser atau cleanser oil

Photo via bukalapak.com

Toner ini juga nggak boleh kamu lewatkan. Oh ya, kamu juga bisa lho menggunakan jenis exfoliating toner yang aplikasinya menggunakan kapas. Dengan begini, sel-sel kulit mati dan sisa kotoran pun bisa lebih terangkat. Namun, tetap pilihlah produk yang aman untuk kulit sensitif, ya.

4. Serum

Urutan Pemakaian Skincare Untuk Kulit Sensitif

Photo via healthyhumancare.com

Sama dengan urutan pemakaian skincare pada pagi hari, di malam hari pun kamu nggak boleh melewatkan serum. Soalnya serum ini bakalan melembapkan dan memberi nutrisi pada wajahmu serta menghindarkannya dari kerusakan akibat aktivitas maupun pemakaian makeup. Tetap saja, pilih produk yang aman, oke?

5. Face oil

Jangan sampai lewatkan pemakaian face oil dalam urutan pemakaian skincare di malam hari, ya. Produk ini mungkin cenderung bikin wajah terasa greasy, tetapi manfaatnya bakalan sangat besar kok terutama buat kulit sensitif.

6. Eye cream

Photo via ravereviews.org

Untuk merawat kulit di area mata, kamu bisa memakai produk eye cream dalam rangkaian perawatan wajahmu. Urutan pemakaian eye cream ini adalah sebelum memakai moisturizer atau krim malam. Produk eye cream berfungsi untuk melembapkan dan mencegah kulit di area mata mengalami tanda-tanda penuaan.

Nah, dalam memilih produk eye cream untuk kulit sensitif, hindari produk yang mengandung alkohol, pewangi, paraben, dan bahan kimia lainnya, ya. Selain itu, pilih produk yang bisa melembapkan area mata dengan baik dan menutrisi kulit di area mata tanpa menyebabkan iritasi. Cara memakai eye cream ini cukup oleskan secara lembut pada kulit di sekitar mata kok.

7. Night cream

Photo via essentialoilbenefits.com

Dalam urutan pemakaian skincare malam hari untuk kulit sensitif selanjutnya, kamu bisa mengaplikasikan krim malam. Krim malam ini akan berfungsi mengunci kelembapan kulitmu, menutrisi, dan membantu regenerasi sel kulit saat kamu beristirahat. Kamu pun bisa kok mengganti krim malam dengan produk sleeping mask.

Produk krim malam atau sleeping mask biasanya mengandung pewangi yang bisa memberi efek relax saat kamu tidur. Untuk itu, pilihlah produk-produk tersebut yang memang ditujukan untuk kulit sensitif, ya. Dengan begini, kulitmu akan terhindar dari iritasi deh.

8. Lip treatment

Urutan Pemakaian Skincare Untuk Kulit Sensitif

Photo via mamaly.jp

Bibir juga butuh perawatan lho, yaitu menggunakan lip treatment. Kamu bisa memilih produk lip mask maupun pelembap bibir yang akan melembapkan dan menutrisi bibirmu. Apalagi saat beraktivitas sehari-hari, bibirmu juga bisa kotor terkena makeup, paparan sinar matahari, maupun kotoran.

Nah, memilih produk lip treatment pun harus yang aman untuk kulit sensitif. Kamu bisa memilih produk yang tanpa alkohol, tanpa pewangi, dan tanpa bahan kimia yang mengiritasi.

9. Spot treatment

Di kulitmu ada masalah jerawat? Jangan lupa gunakan acne treatment untuk mengobati jerawatmu, Girls. Langkah pemakaian spot treatment dalam urutan pemakaian skincare malam hari adalah setelah seluruh produk skincare untuk wajah selesai digunakan. Kamu cukup mengaplikasikan spot treatment ini di area yang berjerawat kok.

Oh ya, untuk pagi hari kamu bisa skip langkah ini. Soalnya, spot treatment bakalan lebih efektif digunakan di malam hari di mana kulitmu nggak bakal terpapar sinar matahari maupun polusi.

Itu dia urutan pemakaian skincare rutin untuk kulit sensitifmu. Jangan sampai kamu melewatkannya, ya. Namun di samping urutan di atas, ada juga lho skincare yang pemakaiannya mingguan, alias nggak setiap hari. Simak, yuk!

Produk skincare untuk kulit sensitif yang digunakan mingguan

1. Produk eksfoliasi

Urutan Pemakaian Skincare Untuk Kulit Sensitif

Photo via intheknow.com

Kalau skincare yang satu ini, pemakaiannya 1-2 kali seminggu, Girls. Produk eksfoliasi memang bermanfaat dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati dengan baik. Namun kamu jangan melakukannya tiap hari, ya. Soalnya kulit bisa teriritasi. Nah, setelah pemakaian produk eksfoliasi ini, kamu bisa menggunakan produk soothing gel yang bisa menenangkan kulit.

Dalam memilih produk eksfoliasi untuk kulit sensitif juga harus hati-hati. Jika kamu akan menggunakan produk scrub, pilih yang butiran scrub-nya halus dan nggak mengiritasi kulit. Selain itu, simak juga kandungan lainnya dalam produk eksfoliasi ini. Pilihlah produk yang memang dikhususkan untuk kulit sensitif. Begitu pula jika kamu memilih produk eksfoliasi kimia yang bukan scrub.

2. Sheet mask atau clay mask

Photo via bukalapak.com

Memakai masker juga penting lho dalam urutan pemakaian skincare mingguan. Kamu bisa menggunakan sheet mask 2-3 kali seminggu. Pilihlah produk sheet mask yang berfungsi melembapkan dan calming, karena produk tersebut cocok buat kulit sensitif.

Sementara untuk produk clay mask, kamu bisa memakainya 1-2 kali seminggu. Clay mask ini bakalan bisa membersihkan pori-porimu dengan baik. Namun, jangan lupa untuk pilih clay mask yang dikhususkan untuk kulit sensitif.

Gimana? Sudah hafal belum urutan pemakaian skincare di atas? Jangan lupa untuk menerapkannya secara rutin, ya! Sebab tampil dengan kulit cantik dan sehat itu nggak bisa instan. Kamu harus rutin merawat wajahmu dengan baik. Selain itu, imbangi dengan mengonsumsi cairan yang cukup, makan makanan bergizi seimbang, istirahat cukup, dan luangkan waktu untuk olahraga.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *