Urutan Pemakaian Skincare yang Tepat dari Pagi Hingga Malam

2 minggu lalu, by Hai Gadis

Uruttan pemakaian skincare yang tepat

Cantik itu nggak hanya dari make up saja ‘kan, Girls? Namun juga perlu perawatan wajah secara rutin. Itulah kenapa wanita seringkali membutuhkan skincare untuk merawat kesehatan kulit. Produk skincare yang digunakan pun nggak hanya satu lho. Karena rangkaian perawatan wajah terdiri dari beberapa item yang memiliki fungsi masing-masing. Maka nggak heran jika banyak yang sering kebingungan tentang urutan pemakaian skincare yang benar.

Sebab terdiri dari beberapa rangkaian itulah, terkadang membuat kamu malas menggunakan skincare. Bahkan untuk membeli skincare secara lengkap saja juga butuh mengeluarkan uang lebih banyak. Meski sebenarnya produk skincare bagus yang harganya terjangkau juga banyak lho. Namun mengenai skincare ini, kamu perlu berpikir ulang, Girls. Merawat wajah termasuk dalam investasi masa depan lho. Untuk itu, ketahui dulu nih manfaat skincare agar kamu tahu seberapa penting menggunakannya.

Manfaat skincare

a. Menutrisi kulit dan mencegah masalah kulit

Kamu pasti sering beraktivitas di luar ruangan, bukan? Beraktivitas di luar ruangan sangat berisiko menyebabkan kulit terpapar polusi, kotoran, dan sinar matahari. Lama-kelamaan kulit bisa kusam, mudah mengalami tanda penuaan, berjerawat, dan masalah-masalah lainnya lho. Itulah sebabnya kamu perlu menggunakan produk perawatan dengan urutan pemakaian skincare yang benar. Kulit kamu pun akan lebih sehat dan terawat. Apalagi di skincare seringkali terdapat kandungan-kandungan yang bisa menutrisi kulitmu. Misalnya adalah kandungan kolagen, vitamin C, hyaluronic acid, dan lain sebagainya.

b. Mencegah tanda penuaan

Nggak mau ‘kan kulit kamu mudah mengalami tanda penuaan seperti ada kerutan atau garis halus? Padahal semakin bertambah usia, elastisitas kulit makin berkurang. Maka, kamu perlu merawat kulitmu dari sekarang supaya kulit nggak mengalami penuaan sebelum waktunya.

c. Mencegah munculnya dark spot

Beraktivitas sehari-hari di luar ruangan tanpa menggunakan produk perawatan kulit bisa menyebabkan munculnya bintik hitam di wajah, lho. Penampilan wajah jadi kurang sempurna deh. Fungsi skincare seperti penggunaan SPF, salah satu fungsinya adalah melindungi kulitmu dari paparan sinar UV. Bintik hitam dan masalah kulit lainnya pun bisa tercegah.

Advertisement

d. Melembapkan kulit

Pasti kamu ingin memiliki kulit wajah yang terasa halus, lembut, dan kenyal ‘kan? Kuncinya adalah rajin merawat kulit dengan urutan pemakaian skincare yang tepat. Biasanya produk-produk skincare akan bermanfaat dalam melembapkan kulitmu dan membuat kulit lebih elastis. Kulit pun akan lebih glowing deh.

e. Membuat kulit lebih bersih, bebas kusam, dan lebih cerah

Skincare juga bermanfaat dalam membersihkan kulitmu dari kotoran, minyak membandel, bakteri penyebab jerawat, dan sel kulit mati. Kulit kamu pun akan lebih bersih, cerah, dan bebas kusam. Kulit yang bersih juga tentunya akan lebih terawat dan nggak gampang mengalami masalah kulit deh.

Setelah mengetahui manfaat-manfaat penggunaan skincare di atas, tentu kamu jadi tahu ‘kan bahwa memakai skincare memang penting. Kalau kamu masih bingung dengan macam-macam skincare dan urutan pemakaiannya secara tepat, kamu bisa menyimak ulasan HaiGadis berikut ini.

Urutan pemakaian skincare yang tepat dari pagi hingga malam

Memakai skincare nggak hanya di pagi hari saja lho, tetapi juga di malam hari. Mulai dari pembersih, serum, pelembap, dan lain sebagainya harus kamu gunakan dengan urutan pemakaian skincare yang tepat. Gampangnya sih kamu harus menggunakan yang memiliki tekstur ringan terlebih dahulu.

Urutan pemakaian skincare pagi hari

1. Sabun cuci muka

Uruttan pemakaian skincare yang tepat

Photo via flo.health

Urutan pemakaian skincare pagi hari yang pertama adalah penggunaan sabun cuci muka. Sabun cuci muka alias facial wash ini berfungsi untuk membersihkan wajahmu dari kotoran dan minyak saat tidur. Selain itu juga membersihkan skincare yang dipakai di malam hari seperti sleeping mask yang harus dibilas pagi harinya. Jika wajahmu bersih, maka wajah akan lebih siap menggunakan rangkaian produk skincare selanjutnya deh.

Oh ya, penggunaan facial wash bisa disesuaikan dengan jenis kulitmu lho. Apakah cenderung kering, berminyak, kombinasi, sensitif, atau berjerawat. Dengan begini, sabun cuci muka akan bekerja lebih efektif.

2. Toner

Uruttan pemakaian skincare yang tepat

Photo via garnierusa.com

Urutan pemakaian skincare pagi hari yang kedua adalah menggunakan toner. Toner berfungsi untuk mengangkat kotoran maupun minyak yang masih menempel di wajah setelah cuci muka. Dengan begini, kulit kamu bakalan lebih bersih maksimal deh. Selain itu, toner pun bermanfaat dalam menyeimbangkan pH kulit dan menutup pori-pori.

Toner ada 2 macam, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner. Cara pemakaiannya pun berbeda, Girls. Kalau kamu memakai hydrating toner, sebaiknya sih dituang ke telapak tangan kemudian diusap atau tepuk-tepuk ke wajah. Namun untuk exfoliating toner pemakaiannya adalah menggunakan kapas. Oh ya, produk toner juga ada yang sudah merangkap fungsi keduanya kok, Girls. Kamu pun bisa menggunakannya dengan kapas.

3. Essence

Setelah memakai toner, urutan pemakaian skincare selanjutnya adalah memakai essence. Essence merupakan cairan berbahan dasar air yang mengandung konsentrasi bahan aktif tinggi untuk membantu melembapkan kulit dan membantu kulit agar lebih siap memakai produk skincare selanjutnya. Essence ini berfungsi mengunci cairan agar kulit tetap tehidrasi dengan baik.

Kemudian bahan aktifnya juga bisa membuat produk skincare selanjutnya lebih bisa meresap ke kulit sehingga fungsinya akan lebih efektif deh. Selain itu, essence pun mengandung nutrisi seperti asam hialuronat, gliserin, vitamin C, dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya, kamu bisa menuangkan essence beberapa tetes ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk ke wajah secara perlahan.

4. Serum wajah

Uruttan pemakaian skincare yang tepat

Photo via thecrapless.com

Kini, saatnya pakai serum wajah. Urutan pemakaian skincare berupa serum wajah ini sebenarnya juga bisa dilakukan setelah toner dengan tanpa menggunakan essence. Namun, hasil maksimal tentu akan kamu dapatkan jika memakai skincare secara lengkap kan? Serum ini merupakan cairan dengan tekstur yang ringan dan mengandung zat aktif yang formulanya lebih efektif meresap ke kulit dibanding pelembap maupun krim.

Serum ini memiliki banyak fungsi untuk wajahmu lho, yaitu menghidrasi, mencegah penuaan, membantu memperbaiki kulit, dan menutrisi secara lebih maksimal. Untuk perawatan wajah yang lebih efektif, tentu kamu harus memilih serum sesuai dengan permasalahan atau kondisi kulitmu, Girls. Cara menggunakannya sama seperti menggunakan essence. Kamu bisa meneteskan serum seukuran kacang polong ke telapak tangn. Kemudian tepuk-tepuk ke seluruh wajah dan leher deh. Oh ya, memakai serum nggak perlu kebanyakan ya, karena serum sudah mengandung nutrisi yang tinggi. Jika berlebihan, takutnya malah kulitmu teriritasi.

5. Pelembap wajah atau moisturizer

Uruttan pemakaian skincare yang tepat

Photo via caroline-fung.com

Urutan pemakaian skincare pagi hari setelah serum adalah pelembap. Sesuai namanya, moisturizer berfungsi untuk melembapkan kulitmu. Apalagi jika kamu akan beraktivitas di luar ruangan maupun di ruangan ber-AC, moisturizer ini akan mencegah kulitmu menjadi kering.

Produk pelembap wajah bisa kamu pilih sesuai jenis kulitmu juga kok. Mulai dari teksturnya hingga fungsinya secara spesifik. Soalnya selain kandungan pelembap, moisturizer juga memiliki kandungan nutrisi untuk merawat kulitmu. Bahkan pelembap wajah juga terkadang memiliki formula yang mencerahkan kulit.

Kalau kamu memiliki kulit kering atau kombinasi, kamu bisa memilih pelembap bertekstur krim. Sementara jika kulitmu cenderung berminyak, kamu bisa memilih moisturizer bertekstur gel. Cara menggunakan pelembap wajah adalah mengambilnya seukuran lebih besar dari kacang polong ke telapak tangan. Lalu oles deh ke wajah dimulai dari area pipi menuju dahi. Sambil mengoles, kamu bisa sambil melakukan pijatan ringan lho agar sirkulasi darah di wajah lebih lancar.

6. Suncscreen atau tabir surya

Skincare yang satu ini sangat penting lho, Girls. Meski kamu beraktivitas di dalam ruangan, kamu tetap wajib memakai sunscreen agar kulit terlindung dari paparan sinar UV. Sunscreen juga akan mencegah kulitmu agar nggak kusam dan mengalami masalah penuaan dini maupun bintik hitam. Oh ya, memakai sunscreen pun harus tepat lho. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih.

  • Pilih sunscreen minimal ber-SPF 30 untuk beraktivitas di luar ruangan. Kalau kamu berada di dalam ruangan sih SPF 30 sudah cukup kok.
  • Untuk memaksimalkan perlindungan wajah dari sinar UV, pakailah sunscreen 3 – 4 jam sekali.
  • Pakailah sunscreen dengan takaran yang tepat, yaitu kira-kira setengah sendok teh untuk sunscreen bertekstur krim yang digunakan pada wajah dan leher. Namun lebih spesifiknya, kamu bisa membaca di produk sunscreen yang kamu beli.

Selesai deh urutan pemakaian skincare pagi hari yang perlu kamu gunakan. Selanjutnya, kamu bisa memakai make up sesuai kebutuhan.

Urutan pemakaian skincare pada malam hari

Kini saatnya kamu mengetahui urutan skincare pada malam hari. Karena merawat wajah itu harus rutin dan tekun agar mendapat hasil kulit yang sehat serta terawat. Apalagi malam hari adalah waktu kita selesai beraktivitas. Nggak hanya badan, kulit wajah pun bakalan kotor dan lelah.

1. Make up remover

Uruttan pemakaian skincare yang tepat

Photo via amazon.com

Yang pertama harus kamu lakukan adalah membersihkan make up. Meski hanya memakai make up ringan seperti bedak, kamu tetap nggak boleh melewatkan urutan pemakaian skincare yang satu ini. Membersihkan make up bisa memakai produk micellar water, micellar oil, maupun produk semacamnya.

Selain membersihkan make up dengan sempurna, pembersih di langkah awal ini juga mampu mengangkat  kotoran atau polusi yang menempel di kulitmu.Oh ya, untuk produk make up waterproof, kamu bisa memilih make up remover berbahan minyak.

Cara memakai make up remover bisa kamu lihat di kemasan produk, Girls. Soalnya beda jenis produk tentu beda cara pemakaiannya. Ada yang langsung dengan memakai kapas, ada pula yang perlu dioleskan ke wajah terlebih dahulu baru diangkat dengan kapas, dan lain sebagainya.

2. Sabun cuci muka

Uruttan pemakaian skincare yang tepat

Photo via flo.health

Double cleansing sangat perlu kamu lakukan agar wajah kamu lebih bersih maksimal. Jadi, urutan pemakaian skincare setelah make up remover adalah menggunakan sabun cuci muka. Facial wash yang digunakan di malam hari ini akan membantu membersihkan make up maupun kotoran yang mungkin tersisa di kulit. Selain itu, produk make up remover juga akan terangkat dengan baik deh.

3. Produk eksfoliasi

Kotoran maupun sel kulit mati yang menumpuk perlu dibersihkan secara teratur lho. Nah, kamu bisa memakai produk scrub atau produk eksfoliasi kulit dalam urutan pemakaian skincare setelah facial wash. Kulit kamu pun akan lebih bersih dan terhindar dari masalah seperti beruntusan, kasar, maupun berjerawat.

Produk eksfoliasi kulit bisa kamu pilih sesuai kondisi kulitmu ya, Girls. Kalau kulitmu sensitif, kamu bisa memakai produk dengan butiran scrub yang ringan. Oh ya, perlu diingat kalau memakai produk scrub ini jangan setiap hari, ya. Melainkan 1 – 2 kali seminggu saja.

Oh ya, eksfoliasi nggak hanya perlu kamu lakukan untuk wajah lho. Namun kamu juga bisa menggunakan produk lip scrub untuk mengeksfoliasi bibir. Fungsinya agar bibir nggak kering atau menghitam karena sel kulit mati maupun sisa make up seperti lipstik. Lip scrub pun bisa kamu gunakan 1 – 2 kali seminggu.

4. Toner

Uruttan pemakaian skincare yang tepat

Photo via garnierusa.com

Urutan pemakaian skincare malam hari selanjutnya adalah menggunakan toner agar kulitmu kembali segar, pH-nya seimbang, dan pori-pori tertutup setelah eksfoliasi. Sama seperti pemakaian di pagi hari, kamu bisa menggunakan toner sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit.

5. Essence

Sama seperti rangkaian skincare pagi hari, kamu pun jangan lupa menggunakan produk essence ya. Hal ini agar kulitmu siap menerima produk skincare selanjutnya.

6. Serum

Uruttan pemakaian skincare yang tepat

Photo via thecrapless.com

Meski terkesan terlalu banyak rangkaian, serum ini nggak boleh kamu lewatkan dalam urutan pemakaian skincare malam hari ya, Girls. Setelah dibersihkan dengan maksimal, tentu kulit perlu diberi nutrisi lagi, ‘kan?

7. Eye cream atau krim mata

Uruttan pemakaian skincare yang tepat

Photo via lorealparisusa.com

Selanjutnya, urutan pemakaian skincare yang tepat di malam hari adalah menggunakan eye cream atau produk krim mata. Produk ini bermanfaat untuk melembapkan dan mencegah area sekitar mata dari penuaan. Masalah seperti kantung mata maupun mata panda pun akan teratasi deh.

Karena area mata sangat sensitif, maka kamu perlu memakai eye cream ini secara perlahan saja. Jangan sampai terlewat ya, Girls.

8. Moisturizer (night cream atau sleeping mask)

Setelah memakai eye cream, baru deh urutan pemakaian skincare selanjutnya, kamu bisa mengaplikasikan moisturizer. Kamu bisa menggunakan sleeping mask maupun night cream yang berfungsi menutrisi kulitmu sepanjang malam saat kamu tidur. Saat bangun di pagi hari, kulitmu pun akan terasa kenyal, lembut, dan lembap. Kamu bisa mengoleskannya secukupnya pada area wajah dan leher dengan pijatan perlahan.

9. Lip treatment

Perawatan bibir juga perlu lho, Girls. Untuk itu, jangan lupa juga gunakan pelembap bibir maupun lip mask pada malam hari. Lip treatment bermanfaat untuk merawat bibirmu agar lebih sehat, terawat, nggak menghitam, dan nggak kering maupun pecah-pecah.

10. Spot treatment

Urutan pemakaian skincare berupa spot treatment ini sih optional, Girls. Kalau kamu perlu memakainya karena ada masalah jerawat yang meradang, kamu bisa menggunakannya setelah memakai pelembap. Spot treatment ini jika dipakai malam hari tentu akan lebih efektif karena kulit kamu nggak akan terpapar polusi maupun sinar matahari. Caranya, langsung aplikasikan ke bagian yang berjerawat, ya.

Itulah beberapa urutan pemakaian skincare sehari-hari yang tepat. Jika sudah tahu caranya, jangan lupa gunakan secara rutin dan teratur setiap hari, ya. Sebab, merawat wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal itu nggak instan. Kamu pun perlu merawat kesehatan kulitmu dari dalam dengan pola hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *