Tips Agar Terhindar Dari Datang Bulan Yang Menyakitkan

6 bulan lalu   |     |   by haigadis

Tips Agar Terhindar Dari Datang Bulan Yang Menyakitkan

Setiap wanita akan mengalami perubahan hormonal pada usia tertentu ketika mulai mengalami datang bulan. Kondisi alami yang hanya terjadi pada wanita ini dipenuhi oleh mitos dan tips yang diturunkan dari nenek dan ibu pada anak. Berbagai cara dilakukan untuk menghindari dan mengatasi rasa tidak nyaman yang sering mengiringi kala menstruasi datang.

Walau secara biologis tiap wanita memiliki kecenderungan berbeda-beda kala datang bulan. Ada yang mengalami rasa kram hebat, sakit pinggang dan disertai mual bahkan sampai kondisi tertentu hilang kesadaran. Selain penting untuk berkonsultasi dengan dokter serta tenaga ahli, bila datang bulan menyakitkan dan tidak wajar, ada beberapa tips yang dapat dicoba untuk menjadi lebih nyaman ketika datang bulan.

1. Olah Raga

Karena datang bulan umumnya datang sekali dalam sebulan, maka Anda dapat mempersiapkan diri untuk menghindarinya. Olahraga adalah latihan fisik yang baik untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar, melatih otot serta melancarkan peredaran darah.

Terdapat beberapa posisi yoga yang dapat mengurangi kram yang dapat dicoba dirumah. Banyak wanita menderita nyeri haid parah kala PMS dikarenakan kontraksi rahim yang menghambat darah mengalir ke dinding rahim. Berbagai rasa seperti nyeri punggung, kram perut dan kaki pegal membuat malas beraktivitas fisik dan menambah rasa sakit lenjadi semakin hebat.
Pose yoga dapat meringankan rasa sakit tertentu dengan merentangkan pinggul dan sendi dan menekankan gerakan sekitar perut, pinggang yang dapat disesuaikan dengan tingkat kesulitan masing-masing wanita.

Pose duduk dengan memanjangkan punggung bawah dan meregangkan tangan kelantai sampai jauh kedepan. Gerakan peregangan ini dapat mengurangi nyeri pinggul, serta mempertahankan posisi pinggul dari rasa sakit dam memicu relaksasi.

2. Asupan Makanan Bergizi

Walau sedang merasa sakit, melewatkan waktu makan dapat membuat lambung menghasilkan asam yang menyebabkan kembung dan menambah sakit kram perut dan punggung. Ada beberapa makanan seperti ikan salmon, biji wijen yang mengandung Omega-3, yang dapat meredakan peradangan otot dan kalsium untuk memberikan tenaga yang diperlukan untuk tetap berenergi.

Hindari makanan proses dan perbanyak makanan berserat dan segar untuk memberikan rasa nyamam pada lambung dan energi yang dibutuhkan untuk mengganti darah yang keluar bersamaan dengan PMS sehingga tubuh tidak kekurangan tenaga.

3. Hindari Makanan Junk Food

Layaknya wanita hamil yang ngidam berbagai makanan, ketika PMSpun wanita cenderung menginginkan makanan emosional yang dapat memperburuk siklus haid dan rasa sakitnya. Coklat, es krim, daging merah dan junk-food sebaiknya dihindari karena lambung dan rahim yang berdekatan.

Sungguh tidak nyaman bila keduanya bermasalah pada waktu bersamaan. Maag dan lambung bermasalah akan menambah rasa menyakitkan yang dipicu oleh datang bulan. Mengadopsi pola makan sehat sebagai kebiasaan akan sangat membantu mengatasi rasa sakit selama PMS.

4. Perbanyak minum air putih

Masa menstruasi dapat dilalui dengan lebih lancar dengan memperbanyak konsumsi terhadap air putih agar tidak dehidrasi. Ketika tubuh mengeluarkan banyak cairan, pastikan kita mendapatkan cairan yang memadai untuk menggantikannya.

Air putih sebaiknya dalam keadaan hangat atau biasa saja. Minum air putih dingin atau menggunakan es sebaiknya dihindari. Sensasi dingin diindikasikan dapat membuat leher rahim menjadi tegang dan berkonstraksi hebat. Selain itu, air dingin atau es dapat memicu pendarahan yang lebih hebat daripada seharusnya.

5. Teh Hangat

Selain air putih, meminum teh hangat dengan aroma yang khas dapat menenangkan dan mengurangi kram, dan masalah pencernaan sebagai antispasmodic. Teh hangat tanpa gula dapat menghentikan kram dan mengatasi kontraksi otot rahim. Teh mint diindikasikan dapat memberikan khasiat menenangkan dan relaksasi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghadapi kondisi perut yang sedang mengalami proses alami yang dirasakan oleh semua wanita pada usia subur.

6. Mandi Air Hangat

Mengkondisikan suhu tubuh agar tetap hangat dapat memberikan rasa nyaman dan mengurangi rasa sakit ketika datang bulan. Otot tubuh menjadi lebih santai dan tidak tegang. Selain memberikan rasa segar, dengan menggunakan air hangat baik ketika mandi atau bersih-bersih dapat secara medis mengurangi kram dan pada saat yang sama menyiasati stres yang dapat disebabkan oleh sakit kram tersebut.

7. Obat Anti Inflamasi non-steroid.

Selain cara alamiah dan mengkonsumsi asupan makanan dan minuman yang bergizi, untuk mengobati rasa sakit kala PMS, terdapat obat-obatan yang dapat digunakan untuk solusi paling cepat dan praktis. Meski penggunaan obat tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. Namun untuk rasa sakit yang parah dapat mengkonsumsi Ibuprofen, aspirin, asametofen dan naproksen.

8. Minyak Kayu Putih

Selain mengatasi masuk angin, minyak kayu putih bermanfaat untuk menghangatkan tubuh terutama kala perut sedang berkontraksi hebat. Kala datang bulan, Anda dapat membalurkan bagian perut dan punggung untuk menghangatkan tubuh. Sensasi panasnya dapat memberikan kenyamanan dari luar kulit.

Setelah mengganti pembalut atau mandi, dapat dibalurkan minyak kayu putih untuk membuat tubuh nyaman dan hangat. Dengan sendirinya suhu tubuh yang terjaga dan santai dapat menstimulus untuk meredakan nyeri haid yang tidak tertahankan.

Demikian beberapa tips yang dapat dicoba untuk mengatasi rasa menyakitkan kala PMS datang. Mengadopsi kebiasaan sehat untuk olah raga dan makan makanan sehat merupakan inti dari tetap nyaman walaupun sedang datang bulan. Dengan menerapkan tips yang disebutkan diatas, diharapkan semua wanita dapat beraktifitas sebagai mana biasanya, walaupun sedang datang bulan sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *