Tips Move On dari Mantan yang Paling Ampuh

Tips move on dari mantan - Belajar menerima kenyataan

3 bulan lalu

Patah hati memang hal yang menyakitkan banget, Girls. Berpisah dengan orang yang kita sayangi membuat dunia seolah sudah berakhir. Kita seakan-akan menjadi kehilangan banyak hal, termasuk semangat untuk kembali beraktivitas dan melaksanakan kewajiban kita. Sekadar untuk makan saja kita nggak semangat.

Padahal, patah hati adalah cara Tuhan menghindarkan kita dari orang yang salah. Kita hanya kehilangan seseorang yang bahkan masih berstatus pacar, belum menjadi siapa-siapa. Sementara hidup kita masih dikelilingi oleh banyak orang yang menyayangi kita. Ada keluarga, dan juga teman-teman.

Memang, setelah patah hati dan putus dengan pacar, kita akan mengalami masa-masa sulit dan nggak semudah itu melupakan dia yang masih kita cintai. Namun, kita harus move on. Nah, coba simak tips move on setelah putus cinta dari HaiGadis ini, barangkali bisa membantumu.

1. Menangis saja untuk meluapkan emosi

Tips move on dari mantan - menangis untuk meluapkan emosi

Photo via

Wanita memang punya perasaan yang sensitif, Girls. Menangis menjadi cara yang mudah untuk kita meluapkan emosi. Bukan berarti cengeng, menangis dapat membantu melepaskan beban yang menggelayuti hati kita. Setelah menangis, perasaan kita menjadi lebih lega. Menangis saja sejadi-jadinya jika itu dapat membuat perasaan kita lebih baik. Sebab, jika menangsi ditahan, sama saja kita menahan emosi yang suatu saat justru bisa meluap lebih besar. Kamu nggak perlu sok kuat untuk membuktikan bahwa kamu sudah bisa move on dari mantan dengan cepat. Padahal sebenarnya kamu mengalami masa-masa sulit.

2. Mendekatkan diri pada Sang Pencipta dan keluarga

Tips move on dari mantan - Mendekankan diri ke Tuhan

Photo via unityofsarasota.org

Segala perasaan yang kita miliki adalah pemberian Tuhan. Begitu pula yang membolak-balik hati kita maupun mantan. Oleh karena itu, putus cinta adalah hal yang harusnya menjadi sarana kita untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan. Bersyukurlah, karena patah hati adalah cara Tuhan menegurmu dari cinta yang salah. Lalu, mintalah petunjuk pada-Nya untuk menguatkan hatimu dan memudahkanmu untuk melupakan mantan. Setelah ini, hatimu pasti akan lebih tenang dan mudah menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Selain itu, patah hati juga menjadi kesempatanmu untuk lebih akrab dengan keluarga. Ingat, keluarga akan selalu menyayangi kita sampai kapan pun. Jadi, boleh lah kamu minta nasihat setelah patah hati dari keluarga dan curhat mengenai permasalahan putus cintamu ini. Pasti kamu akan lebih kuat deh.

3. Terima kenyataan dan berhenti mengasihani diri sendiri

Tips move on dari mantan - Belajar menerima kenyataan

Photo via pinterest.com

Putus cinta adalah sebuah kenyataan yang mungkin menimbulkan rasa kecewa, marah, dan sakit hati. Namun, itulah kenyataan. Dalam hidup, nggak semua kenyataan yang kita alami akan sesuai harapan, bukan? Mau nggak mau, kita harus menerimanya dengan lapang dada, Girls. Selain itu, putus cinta juga bukan berarti kita merasa selalu punya alasan untuk mengasihani diri sendiri. Kita harus menyadari, bahwa ketika kita memutuskan berani jatuh cinta, kita juga harus berani patah hati suatu saat. Mending hal ini kita jadikan untuk belajar lebih baik lagi di waktu yang akan datang, bukan? Oh ya, kita juga nggak perlu merasa minder bahwa kita adalah orang yang nggak layak dicintai. Salah, Girls. Suatu saat, kita pasti akan menemukan seseorang yang tepat.

4. Singkirkan hal-hal yang mengingatkanmu pada mantan

Tips move on dari mantan - Jauhkan dari barang-barang yang memberi kenangan

Photo via wecu.com

Ketika menjalin hubungan dengan seseorang, pasti banyak hal-hal yag membuat kebersamaan kita dengannya terkenang. Termasuk barang-barang pemberian mantan atau benda-benda lain yang spesial bagi kamu dan dia. Jika benda-benda tersebut justru membuatmu makin terpuruk dan sulit untuk move on dari mantan, mending singkirkan saja, Girls. Menyingkirkan nggak harus dengan membuangnya, kok. Jika barang-barang kenanganmu dan mantan adalah barang yang jika kamu berikan ke orang lain akan lebih berguna, kita bisa kok berbagi. Coba, deh.

5. Berhenti mencari tahu informasi soal mantan di media sosial

Tips move on dari mantan - Berhenti stalking di sosial media

Photo via Twitter

Media sosial kadang menjadi tempat kita untuk meluapkan emosi, alias curhat. Meski demikian, kita juga harus hati-hati ngepost sesuatu di media sosial ya, Girls. Karena sesuatu yang sudah kita bagikan di media sosial akan dilihat oleh banyak orang. Sebelum menyesal, mending think before you post! Oh ya, media sosial juga sering menjadi sarana kita untuk mencari tahu informasi soal mantan. Meski sudah putus, kadang kita masih ingin tahu kabarnya, apa yang dia lakukan, bahkan kita juga ingin tahu dia sedang dekat dengan siapa sekarang. Hal ini tentu saja menyulitkan kita untuk move on dan melupakannya. Lebih baik, kurangi intensitas membuka media sosial deh, dan sibukkan diri dengan hal-hal nyata yang ada di depanmu.

6. Sibukkan diri dengan aktivitas yang bermanfaat

Life must go on, Girls! Cinta boleh putus, tapi segala aktivitas dan tanggung jawab, tetap harus kamu jalani dengan senang hati. Hal ini termasuk dari tips ampuh untuk melupakan mantan, lho. Jangan sampai hari-hari hanya kamu habiskan untuk merenung dan menyesali nasib diri sendiri. Baiknya, gunakan waktu-waktu kita untuk menyibukkan diri pada hal-hal yang bermanfaat. Misalnya saja, kamu bisa banget melakukan hobi atau hal-hal yang kamu suka seperti traveling, membaca buku, olahraga, les musik, dan masih banyak lagi. Jika kamu sibuk, maka perhatianmu akan teralihkan dari meratapi nasib diri sendiri. Selain itu, menekuni hobi itu penting lho untuk masa depanmu. Come on!

7. Berhenti terlalu lama menyendiri dan perbanyak waktu dengan teman-teman

Tips move on dari mantan - jangan menyendiri dan perbanyak waktu bersama teman

Photo via urlaubsguru.de

Sebenarnya menyendiri boleh-boleh saja, karena kadang menyendiri menjadi sarana kita lebih tenang dan lebih memahami diri sendiri. Namun, jangan sampai berlarut-larut, ya Girls. Apalagi menyendiri tanpa aktivitas apa pun. Sebab, bisa-bisa kita malah makin stres. Nah, mending perbanyak waktu dengan teman-teman terdekatmu deh. Kamu juga bisa curhat tentang masalahmu ini ke teman-teman. Percaya deh, kadang, keputusan mengenai suatu masalah yang datang dari diri sendiri, belum tentu tepat. Sehingga kita juga perlu pendapat dan nasihat setelah putus cinta dari teman-teman. Termasuk agar kamu mudah move on dari mantan. Menghabiskan waktu dengan teman-teman akan membuatmu percaya diri kembali karena teman-teman terdekat kita akan menerima apa pun keadaan kita, bahkan seringkali mereka menghibur kita dengan hal-hal konyol. Yak, kamu akan mudah melupakan patah hatimu deh.

8. Introspeksi diri dan susun masa depanmu

Kegagalan di masa lalu, termasuk kegagalan menjalin hubungan dengan seseorang, adalah pembelajaran untuk kita sekarang, Girls. Berhentilah berprasangka bahwa mantan meninggalkan kita karena dia jahat dan semaunya sendiri. Bisa jadi, kesalahan justru terletak pada kita bukan? Nah, saatnya kita introspeksi diri, lalu mulai berusaha untuk memperbaikinya. Selain itu, introspeksi diri ini membuat kita lebih memahami diri kita sendiri. Sehingga kita tahu apa yang harus kita lakukan, termasuk dalam menyusun masa depan. Hidup nggak melulu soal percintaan kita dengan pacar kok. Kita juga punya masa depan yang harus kita susun untuk kesuksesan kita. Coba deh, maka kamu akan lebih ikhlas melupakan si mantan.

9. Berhenti mengharapkan dan berkomunikasi intens dengan dia, meskipun kamu cuma ingin berteman

Kamu dan dia sudah bukan apa-apa, Girls. Berhentilah berinteraksi secara intens seperti saat kamu dan dia masih pacaran. Bahkan bila perlu, hentikan saja komunikasi dengannya, kecuali jika ada hal penting dan mendesak. Karena dengan berinteraksi, tanpa sadar hatimu akan mengharapkan dia. Maka, jangan heran jika kamu malah susah move on dan akan terus ingat dengannya. Jangan sampai kamu memaklumi hal ini hanya karena ingin tetap menjalin pertemanan dengannya, ya. Bukan nggak boleh berteman, tapi setidaknya bukan sekarang. Tunggu dulu sampai hatimu benar-benar sembuh dan sudah nggak mengharapkan dia, maka kamu akan mudah untuk berteman dan menjalin silaturahmi dengannya. Sabar, semua butuh waktu kok. Termasuk hatimu untuk sembuh, nggak akan instan. Tips ini terbukti cukup membantu untuk melupakan mantanmu lho!

10. Membuka diri untuk orang baru

Tips move on dari mantan - Membuka diri untuk orang baru

Photo via santemagazine.fr

Tips ampuh terakhir agar bisa move on adalah membuka diri untuk orang baru. Supaya mudah move on dan gampang melupakan mantan, kamu harus mulai berani membuka diri dengan orang baru. Jangan batasi interaksimu dengan orang-orang yang baru kamu kenal, Girls. Kenal dengan orang baru bukan selalu berarti kita akan menjalin hubungan spesial dengannya, tapi juga bisa membangun relasi dan memperbanyak teman, bukan? Perkara jodoh atau enggak, biar hatimu yang memilih dan Tuhan yang menentukan nantinya. Setidaknya, dengan patah hati di waktu sebelumnya, kamu akan menjadi sosok yang lebih pandai untuk menyeleksi seseorang yang pantas untuk mengisi hatimu.

Itu dia Girls 10 tips move on dari mantan rekomendasi HaiGadis. Semangat, ya. Yang lalu biarlah berlalu, sambutlah masa depanmu. Jangan lupa tersenyum!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *