Tips Pacaran yang Sehat, Baik, dan Benar Agar Kamu Nggak Salah Jalan

2 bulan lalu   |     |   by haigadis

Tips pacaran yang sehat, baik dan benar

Memiliki pasangan memang hal yang membahagiakan. Kamu akan menikmati proses bertemu dengan seseorang, melalui proses PDKT yang menyenangkan, lalu akhirnya saling mengungkapkan perasaan dan berpacaran karena merasa saling menyukai. Mungkin sebagian orang memilih untuk menjalani hidup sendiri sampai sebelum menikah, karena memang nyaman dan ingin fokus pada masa depan. Namun, sebagian lagi memilih untuk berpacaran sebagai sarana untuk saling mengenal satu sama lain sebelum akhirnya bersatu dalam pernikahan. Itulah sebabnya kamu harus mengetahui tips pacaran yang benar agar hubunganmu dengan dia nggak sia-sia.

Seiring bertambahnya usia, kamu akan makin tahu bahwa pacaran yang baik tentu nggak akan sia-sia apabila ada tujuan alias bukan untuk bermain-main dengan perasaan saja. Tentunya, kamu nggak mau membuang waktu mudamu hanya untuk bermain-main dengan perasaanmu dan orang lain, bukan? Selain itu dalam pacaran akan terjadi konflik-konflik yang kurang menyenangkan dan dapat merenggangkan hubungan kamu dan dia. Akibatnya, hubungan pacaran nggak bertahan lama, dan berujung sakit hati. Oleh sebab itu, dalam berpacaran, kamu membutuhkan tips pacaran yang baik dan benar agar awet dan justru malah membuat kamu serta pasangan menjadi lebih akrab.

Nggak hanya itu, seringkali pacaran digunakan sebagai media untuk melakukan seks bebas. Akhirnya, pihak wanita yang seringkali merasa dirugikan. Karena masih berstatus pacaran, kamu dan pasangan nggak harus melakukan hubungan intim terlebih dahulu supaya bisa saling mengenal kok. Padahal, bisa jadi pacar kamu bukanlah jodoh yang ditakdirkan Tuhan untukmu, bukan? Maka dari itu, kamu dan pasangan pun perlu memahami batasan-batasan dalam pacaran supaya nggak salah jalan. Berikut ini adalah tips pacaran sehat, baik, dan benar supaya kamu dan pasangan tetap langgeng serta nggak terjadi hal-hal buruk yang merugikan.

1. Saling jujur

Dalam berpacaran, kamu dan pasangan butuh kepercayaan untuk membuat hubungan tahan lama. Ini adalah tips pacaran yang baik yang bisa kamu lakukan mulai dari dirimu sendiri. Mulailah untuk jujur kepadanya, bahkan meskipun itu adalah hal-hal yang nggak mengenakkan. Kalau kamu jujur, maka dia akan percaya denganmu dan merasa bahwa kamu benar-benar menyayanginya.

Begitupun dengan dia. Jika memang benar-benar menyayangimu, maka dia akan jujur padamu. Dengan kejujuran, hal-hal yang mungkin bisa menyebabkan masalah hubunganmu bisa diatasi bersama-sama karena sudah saling percaya. Nah, semoga kamu dan pasangan nggak sedang menyembunyikan sesuatu yang bisa merusak hubungan, ya!

2. Tetap memprioritaskan persahabatan

Tips pacaran yang baik - Tetap memprioritaskan persahabatan

Photo via excapecolumbusescaperooms.com

Tips pacaran yang benar salah satunya adalah tetap memprioritaskan sahabatmu ketika ia membutuhkan, tidak hanya memprioritaskan pacarmu saja. Adalah sebuah kesalahan besar apabila kamu melupakan teman atau sahabatmu demi seseorang yang baru hadir di hidupmu dan belum tentu jadi jodohmu. Setidaknya, meski waktumu terbagi untuk pacar, usahakanlah untuk seimbang agar hubunganmu dengan sahabat tetap terjaga.

Pacar yang baik juga nggak akan terlalu mengekang atau membatasi hubunganmu dengan teman-temanmu, kok. Ingatlah bahwa ketika kita sedih, sahabat adalah orang yang selalu ada. Sementara itu, dalam aktivitas sehari-hari baik sekolah, kuliah, atau kerja, kamu akan selalu butuh teman.

3. Gunakan waktu pacaran untuk saling mengenal

Tips pacaran yang baik - Gunakan waktu pacaran untuk saling mengenal

Photo via sociolla.com

Tips pacaran yang benar ini nggak boleh kamu lewatkan. Sebab, mengenal pacarmu saat fase PDKT saja nggak cukup lho. Kamu dan dia bisa lebih saling mengenal justru saat pacaran. Sifat asli kamu dan pacar kamu akan terlihat ketika kalian sering bersama dan berinteraksi.

Namun, saling mengenal ini bukan hanya untuk bermain-main, ya. Dengan saling mengenal, kamu akan memahami kekurangan dan kelebihan pacar kamu lebih dalam. Begitu pula sebaliknya. Sehingga, kamu dan dia akan saling melengkapi. Chemistry akan semakin terbangun deh. Kamu dan pacar pasti akan jadi pasangan yang kompak.

4. Kamu harus pintar membedakan cinta dan nafsu

Yang satu ini adalah tips pacaran yang sehat supaya kamu terhindar dari hal-hal merugikan. Cinta memang beda tipis dengan nafsu. Namun, kamu harus ingat bahwa cinta itu akan saling menjaga dan saling menghormati, bukan merusak. Jangan sampai kamu rela melakukan apa saja untuk dia jika hal tersebut dapat merugikanmu.

Ingatlah bahwa pacarmu belum tentu akan menjadi suami kamu kelak. Jadi, jangan sampai kamu dan dia terjebak melakukan hal-hal yang merugikan ya daripada berujung penyesalan. Kamu dan dia pun harus tahu batasan-batasan dalam pacaran, mana yang boleh dan nggak boleh dilakukan. Bisa kok mendiskusikan ini dengan pacarmu supaya komunikasi tetap berjalan baik dan bisa saling menjaga.

5. Saling mendukung kegiatan masing-masing

Saling mendukung kegiatan masing-masing adalah salah satu tips pacaran yang baik yang harus kamu lakukan dengan pacarmu. Kamu dan dia tentunya punya kesibukan masing-masing, bukan? Jadi, harus saling mendukung dan memahami. Boleh kok dukungan dilakukan dengan pesan singkat / chat kalau memang saling sibuk dan belum bisa bertemu.

Jadi, meskipun bepacaran, kegiatan dan impian kamu jangan sampai terhambat. Misalnya saja buat kamu yang masih sekolah, jangan sampai berpacaran membuatmu nggak fokus belajar. Begitu pula buat kamu yang beraktivitas lain, seperti kuliah atau kerja. Jadikan pacarmu sebagai motivasi untuk selalu semangat melakukan kegiatanmu setiap hari. Bukan malah menyita banyak waktumu, ya!

6. Tetaplah menjadi diri sendiri

Tips pacaran yang sehat selanjutnya adalah tetap menjadi dirimu sendiri. Banyak sekali orang yang rela berubah demi menjadi terlihat baik di mata pasangannya. Jika berubahnya adalah hal-hal yang dapat membangun diri kamu menjadi lebih baik, tentu saja nggak masalah. Misalnya, awalnya kamu adalah orang yang pemalas atau suka berbicara dengan kata-kata kotor lalu kamu mau berubah menjadi pribadi yang rajin dan lebih menjaga lisan, itu adalah hal yang positif dan sah-sah saja.

Namun, jika kamu harus berubah menjadi orang lain, misalnya awalnya hobi kamu bukan olahraga. Kemudian kamu memaksakan diri untuk menyukai berbagai jenis olahraga, tentu ini bukanlah hal yang tepat. Justru pacaran yang baik itu di antara kamu dan dia saling memahami perbedaan masing-masing. Jangan sampai deh kamu kehilangan diri kamu saat bersamanya. Hal ini akan menyebabkan kamu selalu bersikap palsu dan nggak pernah nyaman. Nggak mau ‘kan menjalin hubungan seperti ini?

7. Mengenal keluarganya

Mengenal keluarga satu sama lain adalah salah satu tips pacaran yang baik. Ingatlah bahwa pacarmu saat ini ada karena keluarganya, begitu pun kamu. Namun, saling berkenalan dengan keluarga masing-masing memang nggak harus buru-buru kok. Kamu dan dia bisa memulainya dari saling membicarakan atau bercerita tentang keluarga masing-masing. Lalu, kalau sudah siap, boleh deh berkenalan langsung dengan keluarganya.

Kamu nggak usah khawatir dengan orang tua yang menentang hubungan kamu dengan dia. Bisa saja orang tua punya pertimbangan tersendiri demi kebaikan kamu. Namun, jika kamu merasa dia adalah orang yang tepat, boleh kok berkomunikasi dengan baik dan memberi pengertian dengan orang tua. Yang pasti, dengan saling mengenal keluarga, hubungan kamu dan dia akan lebih terawasi. Selain itu, mengenal keluarga adalah bukti kalau kamu dan dia nggak sekadar pacaran untuk main-main, bukan?

8. Menjaga komunikasi

Tips pacaran yang benar supaya hubunganmu selalu langgeng adalah dengan menjaga komunikasi. Sering dengar kan kalau komunikasi adalah kunci? Seringkali hubungan yang gagal juga disebabkan karena komunikasi yang nggak baik. Nah, menjaga komunikasi ini harus kamu lakukan dengan dia. Nggak hanya saling bertukar kabar saja, tetapi juga bisa saling bertukar pikiran.

Kamu juga perlu lho mengkomunikasikan hal-hal yang bagi kamu mengganggu atau hal-hal yang kamu rasa nggak tepat ketika dia melakukannya. Yang perlu diperhatikan, ketika akan memberi kritik, sampaikanlah dalam kondisi dan situasi yang tepat. Jika komunikasi terjalin dengan baik, konflik apa pun nggak akan berkepanjangan deh. Kamu dan dia juga nggak akan mudah salah paham.

9. Saling setia dan menjaga hati

Tips pacaran yang baik dan benar

Photo via candycoatedreality.com

Kesetiaan adalah hal yang sering menyebabkan suatu hubungan bisa rusak atau justru awet. Kamu dan pasangan perlu saling setia untuk menjalankan tips pacaran yang baik. Kalau kamu sudah memilih dia sebagai orang yang tepat, ya tetapkanlah hati kamu untuk dia. Jangan sampai deh kamu melukai perasaan dia. Hal ini kamu lakukan saja dari diri sendiri. Kalau kamu setia, maka kamu akan mendapatkan orang yang setia kok.

Kesetiaan juga akan sangat diuji untuk kamu yang berpacaran jarak jauh (LDR). Kamu akan dihadapkan dengan keinginan untuk mencari seseorang yang lain yang bisa selalu berada di dekatmu. Keinginan ini jangan sampai kamu turuti ya, agar nggak menyakitinya. Caranya, jagalah komunikasi dan kepercayaan dengan baik. Dengan begini, kamu dan dia akan merasa sama-sama
membutuhkan. Kalau kamu susah untuk setia, berarti kamu memang nggak bersungguh-sungguh dengannya.

10. Jangan terlalu posesif

Tips pacaran sehat dan baik - Jangan terlalu posesif

Photo via clarin.com

Sering nggak sih kita melihat hubungan seseorang yang berakhir karena ia bersikap terlalu posesif pada pasangannya? Tips pacaran yang sehat selanjutnya adalah jangan terlalu posesif dengan pacarmu. Terutama bagi wanita yang memang mudah sekali untuk cemburu nih. Boleh-boleh saja kamu terkadang merasa nggak nyaman dengan hal-hal yang pacarmu lakukan apalagi jika bersama lawan jenis. Namun, posesifmu haruslah masuk akal.

Posesif yang berlebihan itu misalnya mengekang dia dan nggak memperbolehkannya berteman dengan lawan jenis. Ingatlah bahwa hal ini justru akan membuatnya nggak nyaman dan lama-lama hubungan pacaranmu dengan dia bisa berakhir. Kamu saja nggak mau bukan kalau diperlakukan demikian? Yang terpenting jagalah kepercayaan bahwa ia tahu bagaimana batasan berteman dengan lawan jenis yang nggak akan merusak hubunganmu dengannya. Meskipun dia memiliki banyak teman berbeda lawan jenis, kalau dia sayang sama kamu, perasaannya nggak akan berubah kok.

11. Selalu ada dalam suka dan duka

Tips pacaran yang baik - Selalu ada saat suka dan duka

Photo via shiningalightonsuicide.org.uk

Tips pacaran yang baik satu ini harus kamu perhatikan. Pasangan yang baik akan selalu ada dalam suka dan duka. Saat kamu ada masalah, dia akan terus berada di sisi kamu dan mendukungmu. Meskipun mungkin dia nggak bisa membantu menyelesaikan masalahmu, setidaknya dia selalu menghiburmu dan menemanimu saat kamu down.

Begitu pula dengan kamu. Jangan sampai kamu hanya bersamanya saat bahagia saja ya, Girls. Saat dia ada masalah, kamu juga harus menjadi orang yang selalu support dan menemaninya. Hal ini akan semakin memperkuat cinta kalian, lho. Apalagi jika kamu dan pacarmu sudah serius ingin berhubungan sampai ke jenjang pernikahan. Jika kamu dan dia selalu ada dalam suka dan duka, ini menandakan kalian berdua telah siap hidup bersama saat berumah tangga nanti.

12. Jangan terlalu mengumbar kemesraan di media sosial

Di era digital ini, media sosial memang sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Nggak terkecuali kamu dan pacar kamu. Tips pacaran yang baik adalah jangan mengumbar kemesraan berlebihan di media sosial. Boleh kok sesekali mem-posting foto atau momen kebersaman kalian, tetapi jangan terlalu sering, ya. Kemesraan kamu dan pacar akan lebih spesial kalau kalian nikmati sendiri tanpa diumbar-umbar, bukan?

Lagi pula, media sosial terkadang menimbulkan hal negatif. Misalnya saja, kamu bisa saja merasa minder dan down dengan komentar-komentar atau kritikan orang lain. Selain itu, orang yang nggak suka dengan hubungan kamu dan pacar mungkin saja akan mendoakan hal buruk pada hubungan kalian, lho. Yang terpenting bijak saja menggunakan media sosial untuk mengumbar kemesraan, ya.

13. Jangan terlalu membanding-bandingkan pacar dengan mantan atau orang lain

Setiap orang memiliki masa lalu, begitu pula kamu dan dia. Mungkin kamu atau pacarmu pernah mengalami patah hati oleh seseorang yang sebelumnya berpacaran denganmu. Akan tetapi, jangan sampai hal ini justru merusak keharmonisan hubungan kalian hanya karena satu sama lain saling membanding-bandingkan pasangan dengan orang di masa lalu. Ini adalah tips pacaran yang benar yang harus kamu lakukan.

Orang yang saat ini menjadi pacarmu mungkin bukanlah orang yang sempurna. Ia punya kekurangan dan kelebihan. Namun, janganlah membandingkan kekurangannya dengan kelebihan yang dimiliki oleh mantanmu. Mereka berdua adalah orang yang berbeda. Masa lalu itu ada supaya kamu belajar, bagaimana agar kedepannya kamu bisa lebih baik lagi dalam menjalin hubungan dengan orang yang baru. Intinya, jangan membanding-bandingkan kalau kamu nggak mau dibanding-bandingkan dengan orang lain, ya!

14. Hindari kekerasan

Photo via 10daily.com.au

Tips pacaran yang sehat salah satunya adalah nggak ada unsur kekerasan di dalamnya, semarah apa pun kamu atau dia. Ingatlah bahwa cinta itu nggak akan menimbulkan rasa sakit. Seringkali kekerasan terjadi dalam hubungan pacaran karena adanya konflik-konflik yang nggak dikomunikasikan dengan baik. Kamu dan pasangan wajar kok jika sesekali merasa marah. Jika memang susah mengendalikan marah, maka diamlah atau lampiaskan dengan hal lain seperti makan makanan kesukaan, berolahraga, dan lain sebagainya. Baru setelah itu komunikasikan dengan baik masalah yang terjadi saat kepala sudah dingin.

Jangan sampai deh kamu atau dia main tangan karena saking emosinya. Lalu, jika hal ini memang terjadi padamu di mana kamu ada di posisi sebagai korban, maka jangan sampai cinta membutakanmu. Pacaran yang sehat nggak akan saling menyakiti terutama secara fisik. Kalau kamu merasa pasanganmu adalah orang yang kasar dan nggak mau berubah, tinggalkan saja dia. Percayalah, kamu akan bertemu orang yang lebih baik nantinya, yang akan selalu menjagamu.

Itu dia Girls tips-tips pacaran yang baik, benar, dan sehat yang harus kamu lakukan dengan pasangan. Dalam melakukan tips-tips di atas, tentu saja kamu harus bekerja sama dengan pacarmu. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa agar diberikan jalan yang terbaik untuk kamu dan pacarmu. Ingatlah bahwa Tuhanlah yang berkehendak atas hatimu dan hati pasanganmu. Jadi, jangan sampai pacaranmu justru melupakan Tuhan, ya. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *