10 Tips LDR Agar Hubungan Kalian Tetap Awet Dan Langgeng

3 bulan lalu, by Hai Gadis

Tips LDR agar awet dan langgeng

LDR merupakan sebutan yang populer dan familiar untuk pasangan yang melakukan hubungan jarak jauh, dan terbatas oleh jarak dan waktu. Beberapa orang yang menjalani LDR memperoleh hasil akhir yang menyedihkan, namun beberapa tetap bisa langgeng karena terus menjaga komunikasi yang baik. LDR bisa berjalan sukses jika ada kerja sama yang baik antara dua orang.

Kebanyakan orang berpikiran bahwa hubungan long distance relationship tidak akan mampu bertahan lama, namun sebenarnya tidak semua hunungan LDR berakhir seperti itu. Rasanya sangat menyakitkan karena berada pada jarak yang jauh dengan pasanganmu. Namun, sebenarnya hubungan LDR juga bisa dijalani dengan menyenangkan, tidak selamanya LDR itu menyesakkan, asalkan kamu tahu caranya. Namun, ada satu keistimewaan yang sebenarnya dimiliki oleh hubungan LDR. Karena intensitas pertemuan yang terbilang sedikit, setiap kali bertemu rasanya sangat istimewa, seperti pertama kali bertemu. Berbeda dengan pasangan lainnya yang lebih sering bertemu dan semakin sering bertemu semakin terbiasa.

Seperti hubungan pada umumnya, hubungan LDR juga bisa mengantarkanmu pada jenjang yang lebih serius, yaitu jenjang pernikahan. Hubungan jarak jauh biasanya terjadi karena tempat kerja yang berbeda tempat, salah satu pasangan melanjutkan kuliah di luar kota, atau memang berbeda tempat tinggal.

Memiliki hubungan LDR memang cukup berat, karena keterbatasan komunikasi. Sebenarnya LDR bukan jadi penghalang dalam memiliki hubungan yang sehat. Justru, kamu perlu lebih kreatif dalam menjalani hubungan LDR ini. Oleh karena itu, beberapa tips LDR dari Hai Gadis berikut ini bisa kamu coba agar hubungan LDR-mu tetap hangat, awet dan langgeng.

1. Memanfaatkan teknologi dengan baik untuk berinteraksi dengan pasangan

Oculus Rift – Photo via bhphotovideo.com

Sekarang sudah ada produk teknologi canggih yang berbasis virtual reality, yaitu Oculus Rift. Kamu bisa menghubungkannya dengan aplikasi Facebook Spaces yang diluncurkan oleh Facebook. Dengan perangkat canggih ini kamu bisa berinteraksi dengan pasanganmu dengan layar virtual reality. Menarik, ya?

Selain teknologi ini, kamu juga bisa menggunakan teknologi yang lain yang sudah lebih umum. Misalnya, kamu bisa menggunakan Video Call. Video call sudah cukup familiar dan populer di masyarakat. Kamu pun juga pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi ini. Kamu tinggal menyiapkan handphone, bisa android dan iOS, dan lengkapi dengan jaringan internet juga. Kamu bisa saling melepas rindu dengan saling berinteraksi sambil melihat pasanganmu dari layar handphone.

Kamu bisa memanfaatkan smartphone-mu dengan baik untuk menjaga hubungan yang baik dengan pasangan. Di zaman sekarang, mendapatkan dan memberi informasi sangat mudah dilakukan dalam waktu yang singkat juga. Kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi dari smartphone untuk menunjang interaksimu dengan pasangan. Kamu bisa gunakan pesan teks, bisa saling mengirim foto, atau bisa juga mengirim video. Kamu bisa menggunakan berbagai macam sarana, seperti Telegram, Line, Facebook Messager, YM, SMS, WhatsApp atau telepon. Kamu bisa menyediakan waktu paling tidak satu hari dalam satu minggu untuk membicarakan banyak hal bersama pasanganmu.

2. Saling mempercayai satu sama lain dan berkomitmen

Saling percaya dan komitmen – Photo via physicologytoday.com

Saling mempercayai satu sama lain dan berkomitmen merupakan tips LDR yang sangat penting dan kunci sukses agar hubungan kalian awet dan langgeng. Kamu bisa selalu menaruh pikiran positif pada pasangan LDR-mu. Kamu bisa percaya bahwa kamu dan dia bisa mencapai kesuksesan dalam hubungan LDR ini. Kamu dan pasanganmu harus punya energi yang positif dalam menjalani hubungan LDR ini. Kamu dan dia  harus ingat untuk bersyukur karena memiliki satu sama lain. Ini akan membuat kamu tidak merasa kesepian dan sendirian.

Tidak usah berprasangka buruk pada pasanganmu, buang rasa prasangka itu. Kamu bisa memberi kabar dengan jujur pada psanganmu, kamu bisa beritahu dia kegiatan apa saja yang sudah kamu lakukan. Rasa percayamu pada pasangan memang penting, namun kamu juga perlu memperhatikan komunikasimu dengan pasangan.

Ya, rasa percaya keapada pasangan memang sangat penting. Jika kamu merasa insecure dengan teman-temannya, hubungan LDR malah akan jadi bumerang bagi kalian. Jika kamu merasa khawatir, insecure, takut, kamu bisa komunikasikan hal ini bersama pasanganmu. Jika ada masalah, bisa tanyakan langsung padanya agar tidak timbul kesalahpahaman. Jangan langsung menentukan kesimpulan sendiri sehingga menimbulkan kesalahpahaman yang berlarut-larut.

3. Rajin memberi kabar pada pasangan

Memberi kabar – Photo via visihow.com

Tips LDR yang tidak kalah penting adalah rajin memberi kabar kepada pasangan. Salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan kepada pasangan adalah memberi kabar kepada pasangan. Kamu bisa memberi kabar kepadanya dan bertanya bagaimana kabarnya. Apapun kesibukanmu, usahakan untuk memberi kabar pada pasnganmu ya, karena memberi kabar jadi salah satu pondasi agar kamu dan dia bisa saling percaya dan memahami satu sama lain.

Komunikasi memang menjadi kunci penting dalam langgengnya sebuah hubungan, termasuk hubungan LDR. Namun, jika kamu melakukannya terlalu berlebihan, dengan mengirimkan pesan secara terus-terusan tanpa jeda, pasanganmu akan merasa terganggu. Jadi, kamu bisa melakukan komunikasi dengan pasanganmu dalam porsi yang cukup. Intinya, komunikasi harus tetap berjalan meski kamu dan pasanganmu punya kesibukan masing-masing, seperti kuliah atau bekerja.

Setelah membalas pesan, kamu tidak bisa langsung mengharapkan balasan yang cepat darinya, Bisa jadi ketika kamu mengirimkan chat, dia sedang sibuk dengan pekerjaannya atau sedang memiliki masalah yang harus diatasi, bisa jadi dia sedang sakit juga. Kamu dan pasanganmu memiliki aktivitas yang harus dijalani masing-masing. Kamu bisa menggunakan telepon atau chat untuk menghubungi pasangamu. Gunakan waktu yang tepat untuk berkomunikasi, misalnya ketika makan siang, atau di waktu yang senggang.

Meskipun terhalang oleh jarak yang jauh, kamu tidak perlu posesif terhadap pasanganmu dengan mengirimkan pesan atau chat secara terus-terusan selama delapan jam dalam sehari. Menghabiskan waktu untuk mengobrol dengan sangat berlebihan justru bisa membuatmu kehabisan topik dan merasa kelelahan. Ya, intinya kamu juga perlu memperhatikan intensitas dalam berkomunikasi dengan pasanganmu. Jangan sampai intensitasnya berlebihan sampai membuat kalian bosan.

4. Dari awal, tetapkan tujuan akhir dari hubungan dan buatlah kesepakatan

Berdiskusi menetapkan tujuan – Photo via physicologytoday.com

Jika kalian sedang menjalin hubungan LDR, pastikan hubungan kalian punya tujuan akhir yang jelas. Jangan biarkan diri kalian menjalani hubungan LDR yang tujuannya masih abu-abu. Untuk menunjukkan keseriusan dalam hubungan, kalian bisa menemui orang tua dari pasangan kalian.

Menjalani LDR memang harus punya tujuan dan rencana yang jelas di masa depan. Kamu dan pasangan bisa membahasnya empat mata. Pastikan kalian punya tujuan yang sama dan jelas di masa depan. Apabila kamu dan dia ingin melangkah ke hubungan yang serius atau jenjang pernikahan, kamu dan pasanganmu bisa segera menetapkan tanggal pertunangan dan tanggal pernikahan. Tujuan yang jelas bisa jadi motivasi buat kamu dan pasangan untuk terus mempertahakan hubungan LDR ini.

Advertisement

Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Kalian bisa diskusikan beberapa hal, termasuk akan tinggal bersama dimana, siapa yang akan resign dari pekerjaan, dan siapa yang siap tinggal jauh dari keluarga. Semuanya harus dipikirkan dengan baik dan jelas.

5. Luangkanlah waktu untuk bertemu dengan pasanganmu

Bertemu pasangan – Photo via thoughtcatalog.com

Apabila kamu sedang berada di masa liburan dan sedang memiliki waktu luang yang cukup banyak, kamu bisa buat list untuk bertemu dengan pasanganmu. Usahakan rencana pertemuan dengannya dilakukan dengan baik ya. Ini bisa semakin memperkuat hubungan LDR-mu, guys.

Di libur panjang atau tanggal merah, kamu bisa bertemu dengannya. Tetapkan tanggal yang cocok supaya kalian tidak bentrok dengan kegiatan yang lain. Gunakan quality time-mu dengan dia dengan baik. Kamu bisa mempersiapkan aktivitas yang hendak dilakukan bersama. Misalnya, makan malam bersama. Bawa juga oleh-oleh dari tempat asalmu untuk diberikan kepada pasanganmu.

Ketika pasangan mencurahkan perasaannya atau curhat tentang sesuatu, kamu bisa dengarkan dengan saksama. Terkadang, orang yang curhat hanya butuh didengar. Jika dia meminta saran, berikan dukungan dan saran yang tepat agar dia kembali nyaman dan bersemangat.

6. Berilah kejutan yang spesial untuk pasanganmu

Memberi kejutan – Photo via depositphotos.com

Di hari-hari yang spesial, kamu bisa memberikan kejutan yang cukup sederhana, namun bermakna untuk pasanganmu. Tips LDR ini cukup ampuh untuk mengatasi kebosanan dari sebuah rutinitas hubungan LDR yang monoton.

Misalnya, kamu bisa memberi kejutan dengan mengirimkan surat dilengkapi dengan foto-fotomu dan foto-fotonya. Kamu bisa membuat scrap book yang berisi fotomu dengan fotonya. Bisa juga mengirim ucapan melalui pos, mengirim bunga yang cantik, menulis lagu atau puisi untuk pasanganmu.

Jika kamu melakukan hal ini, pasanganmu pasti akan senang. Memberi sesuatu yang handmade dan kreatif juga ide yang bagus.

7. Jujur dan Terbuka

Jujur dan terbuka – Photo via physicologytoday.com

Tips LDR satu ini sangat penting ya guys. Hindari kebohongan ketika menjalin sebuah hubungan, karena bisa merusak hubungan, termasuk hubungan LDR. Kejujuran dan keterbukaan sangat diperlukan oleh pasangan manapun. Jika ada problem, segera diskusikan dan cari solusi bersama, jangan membiarkan masalahnya berlarut-larut.

Ketika berada di dalam hubungan LDR, kamu pasti ada rasa cemas, khawatir, dan takut. Untuk menghindari kecemasan itu, kalian hendaknya terbuka satu sama lain. Jangan berpikiran negatif terhadap pasanganmu. Kalau tiba-tiba kamu merasa cemburu, periksa lagi apa yang menjadi penyebabnya. Mungkin, kurangnya tingkat kepercayaan diri pada dirimu atau kepercayaan antara kamu dan pasanganmu. Pikirkan hubungan kalian dengan cara yang positif.

Jika kamu punya rasa insecure, merasa takut, cemas bahkan cemburu, kamu bisa katakan baik-baik pada pasanganmu. Kalau menyimpannya sendiri tanpa menceritakannya padanya, kamu bisa jadi stres. Biarkan dia berupaya membantumu.

LDR bisa jadi sarana bagus untukmu agar bisa mengembangkan rasa jujur dan terbuka kepada pasangan. Jarak yang jauh dan waktu yang terbatas bisa membuat kamu dan pasanganmu lebih menghargai waktu yang ada untuk berinteraksi. Komunikasi kalian bisa lebih bermakna dan berarti.

8. Menjalani kehidupan pribadi dengan baik dan bersemangat

Hang out bersama teman – Photo via dailyiowan.com

Agar tidak selalu galau dengan hubungan LDR-mu, kamu juga bisa tetap hang out bersama dengan teman-teman dengan mengobrol bersama, mengunjungi cafe baru, atau melakukan hobi bersama. Kamu juga bisa menjalankan hobimu, seperti berolahraga, memancing, membaca dan lain-lain, berkumpul bersama komunitas, dan berkenalan dengan teman baru. Aktivitas ini akan membuat hidupmu lebih seru dan menyenangkan. Namun kamu tetap harus memberikan porsi yang tepat antara waktu hang out bareng teman serta memberi perhatian kepada pasangan LDR mu.

9. Melakukan suatu kegiatan bersama-sama

Melakukan kegiatan bersama – Photo via askleo.com

Tips LDR berikutnya adalah melakukan suatu aktivitas atau kegiatan bersama-sama. Walau terpisah jarak yang jauh, bukan berarti kalian tidak bisa menjalankan aktivitas yang seru bersana. Kamu dan dia tetap bisa jalankan aktivitas menyenangkan bersama. Kamu bisa menonton series YouTube bersama atau bermain game online bersama. Melakukan video call untuk menunjukkan pemandangan di sekitarmu kepada pasangan. Dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama, kamu akan merasa lebih dekat dengan pasanganmu, meski terhalang jarak dan waktu.

10. Selalu sabar terhadap pasangan

Sabar terhadap pasangan – Photo via avant.org.au

Bersabarlah pada pasangan kamu. Pasangamu pastinya tidak bisa setiap saat memberikan waktu untukmu, tapi jangan berkecil hati dan kecewa. Jika pasangan kamu tidak mengangkat telepon atau belum membalas pesan dan chatmu, jangan langsung kesal. Hal-hal kecil seperti ini biasanya juga bisa memicu pertengkaran, maka kita harus menghindarinya. Kita perlu memahami situasi  dari pasangan kita. Bisa jadi dia sedang sibuk atau sedang terkena masalah, bahkan sedang sakit. Ini bisa melatih kesabaran dan kepercayaan kita juga ketika akan membawa hubungan ini ke arah yang lebih serius. Jadi, rasa sabar kepada pasangan itu sangat penting lho.

Nah itu dia beberapa tips LDR yang bisa kamu lakukan ketika sedang menjani sebuah hubungan LDR agar tetap awet dan langgeng. Yang pasti, inti dari hubungan yang baik adalah komunikasi, rasa percaya, dan terbuka satu sama lain. Jika tidak ada komunikasi dan rasa percaya, hubunganmu dengannya bisa renggang. Jika saat ini kamu dan pasanganmu sedang menjalani hubungan LDR, jangan lupa untuk melakukan komunikasi dengannya, ya!

Jangan menyerah dan terus bersemangat menjalani hubungan LDR-mu ya. Kalian harus sabar dan terus percaya satu sama lain, jangan berprasangka buruk pada pasangan, dan berpikir kreatif untuk menyenangkan pasangan. Hubungan LDR-mu akan lebih bermakna jika kalian berdua terus berjuang dengan maksimal. Perjuangan kalian pasti akan membuahkan hasil yang baik di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *