11 Tips Diet Ampuh Untuk Mendapatkan Badan yang Ideal

2 minggu lalu   |     |   by Hai Gadis

Mempunyai tubuh yang ideal dan proporsional merupakan impian semua orang, terutama para wanita. Ada beberapa tips diet yang bisa kamu ikuti untuk berhasil memperoleh tubuh yang ideal dan proporsional. Tetapi, jangan sampai melakukan program diet yang salah ya. Melakukan program diet bisa dilakukan dengan teknik yang tepat dan benar. Misalnya, dengan mengurangi konsumsi karbohidrat yang berlebihan.

Melakukan segala sesuatu memerlukan ketekunan dan kedisiplinan, termasuk juga menjalankan program diet. Jika kamu konsisten dalam melakukan program diet, kamu akan mendapatkan hasil yang baik dan sesuai harapan yang diinginkan. Apa pun yang kamu lakukan pasti akan ada hasilnya, maka janganlah frustasi ketika kamu gagal melakukan program diet yang pertama. Dalam melakukan program diet, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain:

  1. Kamu harus rutin berolahraga. Jika kamu tidak melakukannya, otomatis program dietmu akan gagal. Ini juga bisa menjaga kesehatan tubuhmu tetap optimal dan fit.
  2. Disiplin, konsisten, dan bersemangat jadi kunci kesuksesan dalam berupaya mendapatkan badan yang proporsional dan ideal, sesuai dengan yang kamu harapkan dan inginkan.
  3. Diet bukan berarti berfokus mengurangi porsi makan, namun fokusnya adalah pengaturan pola makan yang mencakup pengaturan kalori dan jenis asupan yang akan diolah menjadi energi.

Apabila kamu pernah melakukan program diet namun gagal, kemungkinan besar kamu belum menerapkan tiga hal penting ini. Ketiga hal ini sangat berperan penting dalam melakukan upaya pembentukan tubuh yang ideal dan proporsional.

Kebanyakan orang menginginkan untuk melakukan diet dengan jangka waktu yang cepat dan instan. Namun, banyak orang beranggapan bahwa menjalankan program diet itu sangatlah susah. Maka, tidak heran, ada banyak orang yang menghentikan program dietnya di tengah perjalanan. Tentu saja, ini bisa membuat kamu frustasi. Nah, supaya kamu tidak merasa usahamu sia-sia, kamu bisa mengikuti program diet yang tepat dan benar. Bagaimana caranya?

Berikut ini adalah beberapa tips diet buat kamu yang ingin melakukan diet sehat untuk memperoleh badan yang ideal dan proporsional.

1. Miliki kebiasaan minum air putih yang cukup dan teratur

Air Putih – Photo via blibli.com

Tips diet yang pertama adalah mengkonsumsi air putih. Mengkonsumsi air putih secara rutin dan cukup merupakan kebiasaan yang sangat baik dalam melakukan program diet. Dengan melakukan kebiasaan ini secara terus-menerus, tubuhmu akan lebih sehat dan metabolisme akan berjalan dengan lancar. Hindari juga minum minuman yang kemasan dan bersoda karena tidak baik untuk kesehatanmu.

Minum air putih juga mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Kebiasaan ini selain bagus untuk diet, bagus juga dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah datangnya penyakit ginjal. Kebiasaaan ini bisa kamu lakukan setengah jam sebelum makan siang dan sebelum makan malam. Jangan lupa untuk selalu minum air putih ya, karena mendatangkan banyak manfaat bagi tubuhmu.

2. Menyusun jurnal makanan secara teratur

Jurnal Makanan – Photo via cdc.gov

Untuk mendukung program diet agar berhasil dan sesuai harapan, pembuatan jurnal makanan juga sangat berperan penting. Tips diet ini bisa kamu lakukan dengan membuat list tentang makanan yang bisa kamu konsumsi dan tidak bisa kamu konsumsi. Kamu juga bisa menilai mana makanan yang kurang sehat dan mana makanan sehat yang bisa kamu konsumsi.

Kamu juga bisa menyusun menu makanan yang hendak kamu masak sendiri di rumah. Dengan memasak sendiri di rumah, kamu lebih bisa mengendalikan tingkat asupan energimu. Makanan yang dihidangkan juga akan lebih bersih, higenis, dan sehat. Junal makanan disusun mulai dari sarapan, makan siang, camilan, sampai makan malam secara lengkap. Kamu bisa menulis makanan apa saja yang akan kamu makan secara terperinci. Upayakan agar tidak makan di luar jadwal yang tertera di jurnalmu, supaya dietmu tidak gagal. Kedisiplinan dan konsisten adalah dua hal yang perlu kamu miliki untuk melakukan hal ini.

Kamu bisa memulainya dengan langkah yang sederhana. Misalnya, jika kamu belum mahir memasak, kamu bisa pesan menu catering yang sehat. Kalau mau lebih hemat, kamu bisa memasak dengan bahan-bahan yang sederhana. Kamu bisa ikuti beberapa resep mudah yang bisa kamu temukan di internet, majalah, atau buku resep. Dengan demikian, kamu bisa melakukan program diet sambil mengasah skill memasakmu. Keren, kan?

Contoh jurnal makan yang bisa kamu lakukan: minum madu dengan air lemon di pagi hari. Ini bisa mendetoks tubuhmu. Kemudian, kamu bisa menikmati satu telur mata sapi, tanpa kuning telurnya karena kuning telur mengandung lemak. Sebagai alternatif, kamu bisa juga memakannya bersama paprika, jamur, alpukat, dan buah-buahan atau sayuran lainnya. Untuk makan siang, kamu bisa banyak mengonsumsi sayuran. Usahakan jumlah sayurannya lebih banyak daripada karbohidratnya. Saat malam hari, kamu bisa makan makanan yang cukup ringan, seperti salad atau sup.

3. Rutin Mengkonsumsi Buah dan Jus

Buah-buahan – Photo via goodhousekeeping.com

Jangan tergoda dengan camilan yang tidak sehat karena tidak baik untuk kesehaan tubuhmu. Kamu bisa mengganti camilanmu dengan memakan buah dan meminum segelas jus. Kamu bisa tetap ngemil dengan cara yang lebih sehat, kan?

Buah dan jus juga mengandung banyak vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuhmu. Dengan camilan buah-buahan dan sayur, kamu akan merasa tidak terlalu lapar ketika hendak menunggu jam makan siang dan jam makan malam. Beberapa camilan yang sehat yang bisa kamu konsumsi, misalnya energy bar, granola bar, dan lain-lain. Dengan demikian, kamu bisa menghindari segala jenis camilan yang kurang sehat dan yang bisa mengagalkan dietmu.

4. Mengurangi Konsumsi Nasi Putih

Nasi Putih – Photo via delish.com

Tips diet berikut ini mungkin akan sedikit terasa berat jika kamu sudah terbiasa makan nasi putih, apalagi dalam porsi yang cukup besar. Nasi putih mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa mencari alternatif lain, berupa nasi merah dalam porsi yang cukup untukmu. Selain nasi merah, kamu juga bisa mengkonsumsi karbohirat yang lebih rendah, seperti jagung, gandum, pasta, dan ubi.

Jangan makan nasi bersama dengan mie instan. Hal ini bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Mengonsumi karbohidrat secara berlebihan bisa membuatmu malas mengonsumsi makanan lain yang diperlukan untuk memenuhi asupan gizi, seperti protein, lemak, dan mineral. Padahal tubuh tidak hanya butuh karbohidrat saja, namun juga memerlukan asupan gizi lainnya.

Mengonsumsi mie instan bersama nasi juga meningkatkan risiko terkena diabetes melitus. Satu mie instan saja sudah mengandung sekitar 400 kalori, ditambah dengan nasi akan mengandung 750-800 kalori. Kandungan gula yang tinggi inilah yang bisa memberi efek negatif bagi kesehatan tubuh.

5. Mengkonsumsi Sayuran Secara Rutin

Sayuran – Photo via goodhousekeeping.com

Kamu juga bisa mengkonsumsi berbagai jenis sayuran secara rutin dan konsisten. Mengonsumsi berbagai jenis sayuran bisa membuat tubuhmu sehat karena kandungan vitamin pada sayuran sangat diperlukan oleh tubuh. Kamu juga bisa mengurangi makanan yang dipanggang dan digoreng, karena kurang sehat untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Dalam mengonsumsi sayuran, kamu juga perlu memperhatikan cara mengolahnya. Ketika mengukus, upayakan sayurannya tidak terlalu lembek sehingga tetap enak untuk dinikmati. Agar memberi rasa gurih, kamu bisa menambahkan garlic butter pada sayuran yang kamu kukus.

6. Melakukan Olahraga

Olahraga – Photo via healthline.com

Salah satu usaha untuk memperoleh badan yang ideal, yaitu melakukan olahraga secara teratur dan konsisten. Ada berbagai macam olahraga yang bisa kamu pilih. Kamu bisa melakukan sit-up dan push up di rumah. Dengan aktif bergerak, badanmu akan selalu fit dan prima.

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa kamu pilih. Misalnya, badminton, tenis, jogging, renang dan lain-lain. Kamu bisa mengikutinya sesuai dengan passion-mu. Kalau kamu melakukannya sesuai passion, kamu tidak akan merasa malas saat berolahraga. Jika kamu lakukan aktivitas ini secara teratur, kamu akan selalu tampil fit dan prima.

Agar lebih memacu semangatmu dalam berolahraga, kamu juga bisa mengajak teman atau keluargamu untuk menekuni olahraga bersama. Kamu bisa melakukannya dengan berolahraga paling tidak setengah jam dalam satu hari. Kamu perlu berolahraga karena dengan berolahraga kamu bisa mengeluarkan lemak dan kalorimu sehingga dietmu akan berjalan dengan lebih optimal dan maksimal. Hasil akhirnya pun tidak akan mengecewakanmu.

7. Makan Malam Secara Teratur

Makan Malam – Photo via goodtoknow.co.uk

Bukan berarti kamu diet, kamu harus menghindari makan malam. Justru, ini adalah persepsi yang salah karena diet bukan berfokus pada jumlah makan, namun berfokus pada pola makan dan pola hidup yang sehat. Kamu bisa menyusun menu makan malammu berdasarkan jurnal makan yang sudah kamu buat sebelumnya. Kamu bisa batasi jam makan malam hingga pukul 18.00 karena makan terlalu malam tidak terlalu baik bagi kesehatan tubuh. Makan terlalu malam bisa membuat makanan yang kita konsumsi tidak diolah menjadi energi. Ingat ya, diet bukan berfokus pada menahan rasa lapar, tapi berfokus dalam mengatur pola makan dan asupan energi.

Kamu bisa makan malam dengan mengonsumsi makanan yang hangat. Tubuh yang dingin biasanya sulit dalam mengolah makanan menjadi energi. Agar tubuhmu tetap hangat, kamu bisa mengonsumsi makanan yang hangat. Intinya, makanan hangat itu bisa memperlancar metabolisne sehingga kamu bisa lebih mudah menjadi langsing dan ramping.

8. Mengonsumsi Protein

Protein – Photo via goodhelpguide.org

Tips diet berikutnya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak protein dan sayuran sehingga membuat kamu lebih sedikit makan karbohidrat. Misalnya, kamu bisa mengatur pola makanmu dengan memakan setengah sayuran, seperempat karbohidrat dan seperempat lauk pauk. Karbohidrat di sini bisa kamu ganti dengan nasi merah, kentang, atau jagung. Konsumsi karbohidratmu maksimal sebanyak 1000 gram saja dalam satu hari. Jangan sampai terlalu berlebihan dalam mengonsumsi karbohidrat ya, karena tidak baik untuk kesehatan tubuhmu.

Kamu perlu sarapan di pagi hari karena kalau tidak sarapan, kamu akan kelaparan saat siang hari. Saat sarapan, kamu bisa kok mengonsumsi protein. Protein ini bisa jadi energi untukmu dalam beraktivitas. Salah satu makanan yang mengandung protein adalah oatmeal. Oatmeal memiliki khasiat dalam menurunkan berat tubuh. Selain itu, oatmeal merupakan makanan berserat sehingga lebih lama dicerna oleh badan. Akibatnya, perut terasa kenyang lebih lama. Oatmeal ini juga disarankan untuk mencegah penyakit jantung, meningkatkan imun dan punya dampak yang baik untuk kecantikan. Menarik, kan?

9. Tidak perlu meninggalkan makanan favorit

Makanan Favorit – Photo via nervedoctor.info

Melakukan diet memang tidak selalu menyenangkan. Kadang kala, kamu merasa tertekan dengan segala aturan dan batasan yang ada. Namun, untuk mengatasinya, kamu tidak perlu meninggalkan makanan yang menjadi favoritmu. Sesekali kamu bisa memakannya di sela-sela waktu diet. Hitung-hitung sebagai reward atas keberhasilanmu dalam menjalankan program diet dengan konsisten dan teratur. Makanan favoritmu juga bisa memotivasimu untuk melakukan program diet secara konsisten.

10. Lakukan sekarang, tanpa menunda-nunda

Tidak Menunda-nunda – Photo via zahiraccounting.com

Kamu bisa melakukan diet tanpa menunda-nundanya. Jika kamu menundanya, kamu tidak akan pernah berhasil menjalankan program diet. Kamu bisa lakukan program diet secara bertahap, lama kelamaan, kamu akan terbiasa dengan pola makan dietmu. Sesuatu yang dilakukan secara terus-menerus dan berulang akan menghasilkan pola yang akan dengan mudah dilakukan ketika terbiasa.

11. Menemukan teman diet dan komunitas

Teman Diet – Photo viafoodfriends.net

Kamu merasa kurang bersemangat dalam melakukan program diet? Kamu bisa mencari teman diet agar bisa sama-sama berjuang mendapat tubuh yang ideal dan proporsional. Berada di situasi yang sama bisa membuatmu termotivasi dalam menjalankan program diet. Kamu bisa coba untuk mencari komunitas yang sedang melakukan program diet. Dengan demikian, kamu bisa memiliki teman untuk sharing dan mengobrol bersama tentang program diet.

Selama ini banyak orang yang merasa tersiksa saat menjalankan program diet. Itu karena mereka salah kaprah dalam mendeskripsikan kata diet. Mereka berpikir bahwa diet sama saja dengan menahan lapar sehingga mereka membiarkan perut mereka kosong dan menyiksa diri. Padahal, diet bukanlah perkara menahan lapar. Diet lebih berfokus pada mengatur pola makan, jenis asupan, dan pola hidup yang sehat dan seimbang. Selain itu, diet juga memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, berolahraga secara teratur, dan aktivitas positif lainnya.

Kamu bisa ikuti tips diet tersebut secara teratur dan konsistem. Selain tujuan untuk mendapatkan badan yang ideal dan proposional, kamu juga bisa menjaga kesehatan tubuhmu  lho. Misalnya, program dietmu juga bisa membantumu mencegah penyakit diabetes dan penyakit lainnya. Di antara tips-tips tersebut, tips mana yang sudah berhasil kamu lakukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *