Tips dan Trik Untuk Mendapatkan Hasil Selfie Yang Keren

Tips dan Trik Untuk Mendapatkan Hasil Selfie Yang Keren

2 bulan lalu

Trend selfie atau memotret diri sendiri sebenarnya sudah lama dilakukan orang, namun baru kinilah banyak tips dan trik dalam berselfie yang memberikan definisi berbeda untuk mengambil sebuah foto.

Pencahayaan, latar belakang dan berbagai trik menjadikan selfie lebih dari foto untuk mengabadikan suatu moment tertentu namun menjadi karya seni yang lebih kompleks. Terlebih lagi kini selfie memiliki lebih banyak media untuk memajang aneka hasil jepretan foto yang tidak harus dilakukan oleh fotografer profesional. Siapapun dapat menghasilkan foto yang menakjubkan dengan sedikit bantuan trik memotret dan kreatifitas. Hasil karya selfie Anda akan terlihat beda dan keren lebih dari foto diri yang biasa saja.

1. Pencahayaan

Mengambil foto walaupun hanya dengan menggunakan smartphone, kini mampu memberikan hasil jepretan layaknya kamera fotografer yang mahal. Kemajuan teknologi semakin pesat dan HP semakin canggih. Untuk hasil selfie yang jernih dan cukup cahaya, selalu mencari posisi pencahayaan yang memadai untuk berfoto ria.

Apapun jenis media untuk berselfie, dengan pencahayaan yang terang, maka foto pasti akan terlihat bagus. Berselfie dengan menghadap cahaya langsung entah dari matahari atau dari lampu diruangan, hasil selfie pasti akan jelas. Berada dalam ruangan juga tidak menjadi kendala dalam menemukan bantuan cahaya yang akan memberikan pengaruh keren pada foro selfie Anda. Berfotolah didekat jendela serta atur besar kecil cahaya yang diperlukan oleh foto Anda.

2. Latar Belakang

Kamar, kantor atau restaurant merupakan tempat yang biasa dijadikan latar belakang untuk berselfie. Mengambil beberapa foto dan meng-uploadnya di sosial media atau status di smartphone bukan hanya menjadi kebiasaan namun kebutuhan eksis yang sudah menjadi hal yang wajar. Oleh karena itu, seringkali kita sudah tidak mengidahkan orang yang memegang handphonenya sendiri dan mengambil serangkaian foto tanpa memperhatikan latar belakangnya lagi.

Kamar yang berantakan atau mengambil selfie didepan setumpukan piring kotor bukanlah latar belakang ideal untuk sebuah foto. Apalagi bila foto tersebut akhirnya menjadi viral dan tersebar luas di dunia maya. Pastikan latar belakang fotomu bersih dan bahkan menakjubkan hingga memberikan nilai lebih untuk foto selfie yang telah diambil.

3. Layar Depan

Memastikan tampilan foto yang akan diambil bagus, dengan pencahayaan memadai dan terlihat jelas, gunakan layar depan dari smartphone Anda. Untuk selfie lebih cocok menggunakan kamera layar depan, sementara bila mengambil gambar orang lain bisa menggunakan layar belakang, terutama bila mengambil dari jarak jauh.

4. Menangkap Gambar Sehari-hari

Kelebihan dari selfie adalah representasi kehidupan sehari-hari, kala bangun tidur atau sarapan pagi. Selain menampilkan pribadi Anda apa adanya, selfie juga membuat foto yang diambil menjadi natural dan tidak berlebihan. Layaknya foto high fashion yang terlihat alami walaupun dengan dandanan wah, selfie juga dapat memberi efek yang sama.

5. Menemukan Sudut Yang Pas

Semakin sering melakukan selfie, akan melatih diri Anda untuk menemukan sudut wajah yang paling baik dari wajah Anda. Ada orang yang merasa terlihat lebih cantik bila difoto dari kanan atau ada juga yang merasa lebih percaya diri untuk berfoto dengan angle miring yang diambil dari atas untuk memberikan efek wajah yang lebih tirus. Untuk mendapatkan hasil selfie yang keren, kenali sudut wajah Anda yang terbaik untuk berselfie ria.

6. Filter Aplikasi

Kecanggihan teknologi berjalan seiringan dengan inovasi smartphone dan berbagai aplikasi untuk foto. Hasil selfie Anda akan menjadi lebih spektakuler dengan menggunakan filter yang dapat membuat tampilan wajah lebih mulus, efek hitam putih untuk tampilan lawas atau berbagai filter lainnya yang bukan hanya mempercantik hasil selfie Anda namun juga menambah varian hasil foto.

7. Ekspresif

Selfie memberikan ilusi bahwa semua orang dapat mengambil foto yang menarik tanpa harus menjadi model atau di foto oleh fotografer profesional. Oleh karena itu, berikan ekspresi wajah yang bervariasi untuk mendapatkan hasil beragam yang keren dan ekspresif. Tentunya, wajah yang melamun, tertawa lepas, berfikir atau serius memiliki ekspresinya masing-masing yang pasti tambah keren bila diterjemahkan dengan ekspresi wajah yang berbeda-beda.

8. Foto Full-Body

Foto seluruh tubuh dapat memberikan gambaran lebih jelas tentang background dimana Anda berada. Tempat wisata terkenal, restoran kenamaan atau foto dipantai adlah beberapa contoh selfie dengan latar belakang yang akan lebih keren bila dilakukan dengan selfie yang tampak full body dan memperlihatkan jelas tempat lokasi foto diambil.

Bila ada bagian tubuh yang Anda kurang sreg untuk difoto atau ditampakan dalam frame, maka memilih pose miring atau dengan menempatkan satu kaki didepan dan membuat lekukan, akan membuat postur tubuh Anda justru lebih ramping dan santai.

9. Tampilan Lebih Ramping

Mengarahkan kamera dari sudut 90 derajat dengan kepala sedikit dimiringkan, meletakan sudut kamera ke arah sepatu, adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk tampak lebih ramping pada foto. Dapat dipastikan hasilnya akan lebih keren dan Anda akan terlihat lebih percaya diri.

Ada banyak cara untuk mendapatkan hasil foto selfie yang kekinian dan trendy seperti orang kebanyakan. Kecenderungan orang yang semakin percaya diri untuk mengambil foto selfienya serta membagikannya secara luas untuk siapapun dapat melihatnya adalah tren bahwa semakin banyak orang yang yakin bahwa fotonya cukup bagus untuk dilihat oleh masyarakat luas, bahkan bagi orang yang tidak dikenal.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *