Makanan Yang Cocok Untuk Mendukung Program Dietmu

3 bulan lalu

Memiliki bentuk tubuh ideal untuk memperoleh kesehatan dan hidup yang berkualitas menjadi idaman banyak orang. Olahraga, pola hidup sehat serta diet merupakan tiga hal yang saling berkaitan dan diterapkan bersamaan agar tubuh sehat serta jauh dari segala macam penyakit dapat memberikan kualitas hidup yang didambakan.

Diet tidak hanya untuk menjadi kurus, walaupun paling umum, alasan orang melakukan diet adalah untuk menurunkan berat badan. Apapun alasannya. Diet yang sehat adalah mengkonsumsi makanan secara seimbang dengan memperhatikan porsi dan khasiat makanan yang selain bervitamin juga sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Tidak ada orang yang memiliki kondisi tubuh yang sama, ideal bari seseorang bukan berarti ideal bagi orang lain. Bahkan diet pun kini semakin bervariasi dengan berbagai alasan dan bentuknya. Pastinya diet perlu dilakukan secara bertahap agar dapat mempertahankan berat badan agar stabil dengan membiasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang dan bukan hanya mengurangi porsi makanan atau bahkan tidak makan sama sekali secara ekstrim.

1. Variasi Karbohidrat

jagung untuk diet

Photo by it’s me neosiam via pexels.com

Banyak diet yang menyarankan untuk mengurangi nasi sebagai sumber karbohidrat. Sebagai sumber gula yang berbahaya nasi yang menjadi sumber makanan pokok di Indonesia, sangat sulit untuk dibatasi apalagi ditinggalkan.

Sedangkan alam Indonesia justru sangat kaya dengan varian karbohidrat seperti ubi, jagung, kentang yang beraneka ragam. Ketika bisa menjadi biasa dijadikan moto dalam mengkonsumsi makanan maka dengan berangsur, tubuh akan terbiasa untuk memberikan variasi pada asupan makan. Sebelum tubuh semakin lemah karena penyakit, variasikan asupan karbohidrat selain nasi secepatnya.

2. Alpukat

alpukat bagus untuk diet

Photo via twitter.com

Ketika stereo-tipe alpukat membuat orang semakin bertambah berat badan, hal tersebut membuat orang enggan mengkonsumsi alpukat. Sebenarnya buah yang segar ini memberikan efek mengenyangkan karena sifat karbohidratnya. Alpukat juga dapat menggantikan nasi sebagai sumber energi, asalkan dikonsumsi secara segar dan minim campuran.

Alpukat yang dibuat jus dengan tambahan gula dan susu akan merubah khasiatnya menjadi terlalu banyak gula, yang pasti merusak diet kamu. Oleh karena itu, bila ingin efek diet terbaik dari buah-buahan, pilih yang tidak terlalu manis dan hindari penambahan gula, susu dan rasa penguat yang tidak alami.

3. Oatmeal

Oatmeal untuk diet

Photo via pinterest.at

Makanan proses dari gandum yang memiliki rasa hambar ini, merupakan santapan khas ala Barat kala sarapan. Diet sehat dapat memakan oatmeal untuk membuat perut kenyang walaupun hanya dengan porsi kecil. Selain mudah dicerna, oatmeal juga dapat menjadi sumber serat. Untuk hasil maksimal, hindari penggunaan gula atau campuran rasa lain yang tidak sehat.

4. Pisang

Pisang untuk diet

Photo via timesnownews.com

Pisang adalah jenis buah-buahan yang aman untuk menjaga diet secara konsisten dan paling cocok dikombinasikan dengan alpukat. Kandungan glukosanya memberikan tambahan vitamin yang alami yang memberikan gizi yang dibutuhkan tubuh serta bermanfaat untuk pembentukan otot dan perkembangan tumbuh-kembang anak.

5. Salad

Salad untuk diet

Photo via cooking.kapook.com

Sayuran hijau merupakan bagian diet untuk puluhan tahun bahkan sampai ribuan. Terdapat banyak resep menu salad yang dapat disesuaikan dengan kesukaan dan jenis sayuran yang dapat disantap secara manis atau gurih. Salad adalah pilihan segar dan mudah yang dapat dicoba oleh siapapun.

Untuk pilihan alami dan konsisten, bahkan banyak orang yang mengadopsi diet dengan menjadi vegetarian dan mengkhususkan untuk hanya mengkonsumsi makanan tertentu. Sayuran hijau dapat diperkaya rasanya dengan perasan lemon atau percikan cuka apel untuk memberikan tambahan rasa sekaligus membakar lemak jahat yang ada dalam tubuh.

6. Kacang-kacangan

Kacang almond untuk diet

Photo via cookist.com

Rasa gurih dapat diperoleh dari kacang almond yang sehat dan organik. Membuat salad juga dapat menggunakan kacang almond untuk memberikan cita rasa gurih yang lezat. Almond juga dapat dijadikan susu untuk mengganti susu sapi yang lebih cocok untuk diet. Kacang merah adalah sumber energi yang lezat dilidah juga untuk pencernaan. Jenis kacang merah dapat disulap menjadi bahan sayur. Makanan onepot-meal atau bahkan hidangan penutup. Es kacang merah merupakan varian seru untuk diet serta variasi makanan yang dapat dicoba.

Bentuk variasi kacang lainnya adalah tahu dan tempe. Makanan yang rendah kalori namun kaya serat ini, merupakan makanan yang cocok untuk mendukung program diet apapun. Sebagai sumber protein nabati, kedua makanan tersebut dapat diolah dengan bahan makanan lainnya untuk memberikan variasi dan kombinasi yang lezat.

7. Tuna dan Salmon

Ikan salmon untuk diet

Photo via liderhaber.org

Kandungan lemak baik pada tuna atau salmon tidak terlalu banyak. Sebagai sumber protein hewani, baik salmon maupun tuna termasuk dalam kategori makanan sehat. Selain mengenyangkan, menu ikan memberikan berbagai manfaat baik kecerahan tubuh maupun daya tahana tubuh terhadap penyakit.

Daripada mengkonsumsi daging merah atau ayam, akan lebih sehat untuk memberikan tubuh Anda asupan protein dari berbagai varian ikan yang cocok untuk diet.

8. Cabai

Cabai untuk diet

Photo via naturalmedicine.news

Orang Indonesia sangat menyukai cabai dan membuat berbagai menu dan penganan dari bahan tersebut. Sensasi pedasnya sangat pas untuk membakar lemak serta mengurangi rasa lapar. Penggunaannya harus dibatasi karena dapat mempengaruhi lambung. Terdapat banyak jenis cabai di Indonesia yang dapat dijadikan varian apapun yang sehat.

9 . Jamur

Jamur untuk diet

Photo via cookist.com

Bahan makanan dengan warna putih seperti tahu, jamur merupakan makanan yang sehat sebagai bagian dari program diet. Jamur terdapat berbagai bentuk dan warna, namun yang putih memiliki kadar kalori rendah dengan serat tinggi.

Kesimpulannya, setiap makanan yang memasuki tubuh kita seyogyanya tidak hanya enak di lidah saja namun juga sehat dan bermanfaat bagi tubuh. Karena dengan mengkonsumsi makanan sehat dapat mendukung program diet dan mendapatkan bentuk tubuh ideal serta fungsi tubuh yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *