15 Rekomendasi Skincare Terbaik Yang Cocok Untuk Remaja

10 bulan, by Hai Gadis

Skincare Terbaik Untuk Remaja

Para remaja biasanya sangat rentan dengan jerawat. Pada usia remaja, wajah cenderung memproduksi minyak berlebih sehingga menimbulkan jerawat dan wajah semakin kusam. Oleh sebab itu, para remaja juga perlu merawat kulit wajah mereka dengan menggunakan skincare untuk remaja sehingga mampu mengatasi berbagai permasalahan pada kulit remaja dan mampu menambah rasa percaya diri.

Banyak yang beranggapan bahwa menggunakan skincare secara rutin bisa menguras kantong. Padahal, nyatanya, tidak semua skincare mahal. Bahkan, ada beberapa skincare yang kualitasnya bagus,  namun dibandrol dengan harga terjangkau.

Namun, kamu juga perlu berhati-hati dalam memilih skincare, karena bisa jadi kamu memilih skincare yang kurang tepat. Jika kamu memilih skincare yang kurang tepat, biasanya akan timbul efek samping, seperti timbulnya jerawat membadel yang malah semakin memperburuk penampilan. Inilah 15 rekomendasi skincare terbaik untuk anak remaja yang bisa kamu coba.

1. Viva Milk Cleanser dan Toner

Viva Cleanser dan Toner – Photo via tokopedia.com

Skincare ini sangat cocok untuk para remaja karena harganya yang cukup terjangkau. Viva Cleanser dan Toner ini sangat cocok dipakai setelah kamu beraktivitas di luar ruangan seharian. Cleanser dan toner ini bisa mengangkat kotoran dari wajahmu sehingga wajah menjadi lebih bersih. Untuk cleanser, kamu bisa memakai Viva Milk Cleanser Bengkuang. Produk pembersih ini mengandung bengkuang yang mampu mencerahkan kulit dan mengandung ekstrak bunga matahari yang mampu merawat kekenyalan kulit wajah. Cara menggunakannya juga tergolong mudah. Tinggal aplikasikan cleanser ini pada wajah dan leher. Kemudian, ambil kapas dan bersihkan wajah. Kotoran dan debu pada wajah akan terangkat.

Setelah menggunakan viva cleanser, kamu bisa gunakan viva face tonic. Viva Face Tonic Bengkuang mampu mencerahkan kulitmu. Cocok untuk kulit yang normal. Selain itu, produk ini bisa mengatasi pori-pori pada wajah dan membuat kulit wajah lebih segar. Jika kamu punya kulit wajah yang berjerawat, kamu bisa gunakan Viva Face Tonic yang Green Tea. Kandungan Green Tea-nya ampuh untuk mengatasi jerawat.

2. Himalaya Purifying Neem Mask

Himalaya Purifying Neem Mask – Photo via tokopedia.com

Kandungan di dalam Himalaya Purifying Neem Mask cukup aman untuk anak remaja. Fungsinya untuk mengangkat kotoran di wajah yang tidak terangkat oleh sabun muka dan cleanser. Masker ini diklaim dapat menyembuhkan jerawat dan membuat wajah lebih cerah. Harganya pun cukup terjangkau.

Masker ini diklaim mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Penggunaan yang teratur mampu untuk mencegah datangnya jerawat.  Cara pemakaiannya juga tidak sulit. Pertama, bersihkan wajah dan lehermu. Ambil sedikit mask, kemudian balurkan pada wajah dan leher secara merata. Tunggu sekitar seperempat jam. Gunakan spons basah untuk membersihkan sisa masker. Basuh wajahmu dengan air yang dingin. Masker ini bisa dipakai sekitar satu hingga dua kali dalam satu minggu. Hati-hati agar tidak menggunakan produk ini pada bagian yang terluka.

3. Nivea Lip Butter

Nivea Lip Butter – Photo via tokopedia.com

Nivea Lip Butter berfungsi untuk melembabkan bibir dan cocok untuk kamu para remaja. Ketika mengaplikasikan produk ini ke bibir, diusahakan bibir tidak dalam keadaan yang sangat kering dan pecah-pecah. Teksturnya yang cukup lembut mampu meresap ke bibir dengan mudah. Kamu bisa mengaplikasikannya ketika malam hari sebelum tidur, sebagai lip balm sehari-hari, atau sebelum menggunakan lipstick. Sama seperti Viva Cleanser dan Himalaya Purifying Neem Mask, lip butter ini juga dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau dan tidak menguras kantong.

Nivea Lip Butter hadir dalam beberapa varian. Ada original dan varian buah-buahan, seperti Vanilla, Macademia, Raspberry, dan Cocoa. Untuk yang origimal memang tidak ada warnanya, tapi aromanya enak dan nyaman diaplikasikan pada bibir. Selain itu, ada kadungan minyak almond dan shea butter di dalamnya yang berfungsi untuk melembabkan bibir. Pakailah secara rutin agar bibirmu terjaga kelembabannya.

4. Ponds Acne Solution

Ponds Acne Solution  – Photo via tokopedia.com

Rangkaian skincare yang satu ini sangat cocok buat kamu yang berjerawat. Ponds Acne Solution sangat mudah ditemukan di toko kecantikan.  Jika kamu butuh pelembab, kamu bisa memakai Ponds Acne Solution Anti Acne Daily Expert Gel. Teksturnya cukup ringan sehingga tidak membuat pori-porimu tersumbat.

Selain Ponds Acne Solution Anti Acne Daily Expert Gel, ada juga Ponds Acne Solution Anti Acne Facial Foam yang mampu mengatasi jerawat, dan pori-pori. Face wash ini bisa kamu pakai di pagi dan malam hari. Produk ini juga mudah untuk ditemukan. Kamu bisa membelinya di Matahari Mall atau drugstore.

5. La Tulipe Essential Whitening Serum

La Tullipe Essential Whitening Serum – Photo via tokopedia.com

La Tulipe Essential Whitening Serum ini bisa kamu aplikasikan saat malam hari. Gunanya, untuk menutrisi kulitmu agar lebih sehat.  Produk dari La Tullipe ini diklaim mampu mengatasi  noda dan flek hitam.  Selain itu, mampu membuat kulit wajah semakin cerah dan glowing. Di dalam serum ini terdapat arctigenin sebagai pencerah kulit wajah. Aman digunakan setiap jenis kulit karena dibuat tanpa pewarna, minyak, fragrance. Selain mencerahkan, serum ini juga melembabkan dan menyegarkan kulit wajah.  Kamu tinggal memakainya pada noda di wajah. Untuk hasil lebih baik dan maksimal, kamu bisa coba rangkaian La Tulipe yang lainnya.

6. Emina The Bright Stuff Face Toner

Emina The Bright Stuff Face Toner – Photo via tokopedia.com

Salah satu yang membuat orang jatuh cinta dengan produk ini adalah harganya cukup terjangkau dan mudah untuk ditemukan. Produk Emina yang satu ini bisa membantumu untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah. Selain mencerahkan wajah, toner ini bisa melembabkan wajah, dan membuat wajah lebih terhidrasi. Kabar baiknya lagi, toner ini terbuat dari bahan-bahan yang alami sehingga cukup aman dipakai oleh para remaja. Jadi, kamu tidak usah takut untuk menggunakannya.

Buat remaja yang punya kulit sensitif biasanya akan cocok dengan produk nonalkohol ini. Kandungan vitamin B3 dan licorice extract pada Emina The Bright Stuff Face Toner ini membantu wajah kamu lebih cerah.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan rangkaian skincare series untuk remaja dari Emina.

7. Emina Sun Protection Sunscreen

Emina Sun Protection Suncreen – Photo via tokopedia.com

Suncreen Emina telah hadir dalam kemasan yang praktis sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana, termasuk saat travelling. Produk ini sangat cocok digunakan saat kamu hendak beraktivitas di luar ruangan, karena bisa melidungi kulit wajahmu dari paparan sinar matahari. Kelebihannya adalah mengandung SPF dalam porsi yang cukup dan tidak meninggalkan bekas pada wajah.

Emina sangat memahami kebutuhan para remaja. Remaja yang sering beraktivitas di luar ruangan biasanya memerlukan perlindungan untuk kulit mereka. Emina menghadirkan sunscreen untuk melindungi kulit wajah remaja dari efek buruk akibat sinar ultraviolet. Teksturnya berbentuk gel, mudah diaplikasikan pada wajah, dan bisa diaplikasikan sebelum menggunakan bedak. Kandungan aloe vera dan panthenolnya mampu membuat kulit menjadi lebih lembab dan terhidrasi.

8. Clean & Clear Oil Control Film

Clean & Clear Oil Control Film – Photo via tokopedia.com

Clean & Clear meruapakan salah satu merek poduk skincare untuk remaja yang sangat terkenal dan kali ini Hai Gadis akan merekomendasikan salah satu produknya yaitu Clean & CLear Oil Control Film. Jika wajahmu memproduksi minyak berlebih, kamu bisa menggunakan produk ini. Kemasannya sangat praktis sehingga memungkinkan untuk selalu dibawa di tas. Produk ini sangat direkomedasikan untuk kulit wajah yang berminyak. Oil Control dari Clean & Clear ini mampu menyerap minyak di wajah. Tersedia atas dua varian, yaitu pink dan biru. Kamu bisa memilih salah satu variannya.

Varian pink dan biru punya fungsi yang sama, yaitu untuk menyerap minyak dan tidak membuat wajah mengkilap. Yang membedakannya hanyalah aromanya saja. Varian yang pink memiliki aroma grapefruit sedangkan varian yang biru tidak ada aroma grapefruit-nya. Produk ini cukup worth it, karena meskipun harganya murah, isinya cukup banyak, dan terdiri dari 60 lembar.

9. Wardah Perfect Bright Lightening Moisturizer

Wardah Perfect Bright Lightening Moisturizer – Photo via tokopedia.com

Brand wardah sangat terkenal di dunia skincare dan makeup. Kali ini, wardah juga menghadirkan pelembab. Selain melembabkan, produk keluaran Wardah ini juga member efek mencerahkan. Namun, efek seperti ini akan terlihat apabila kamu menggunakannya secara teratur. SPF 30 yang terkandung di dalamnya bisa membantu melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Selain cocok digunakan untuk semua jenis kulit, produk ini juga ramah di kantong.

Kulit jenis apapun biasanya cocok dengan moisturizer ini. PH dari produk ini balance sehingga cocok untuk kulit yang memiliki jerawat dan cenderung berminyak. Selain melembabkan, produk ini juga menghaluskan kulit. Kandungan vitamin B3-nya juga mampu menutrisi kulit wajahmu. Selain cantik dan cerah, kulit wajahmu akan semakin sehat.

10. Wardah Acne Treatment Gel

Wardah Acne Treatment Gel – Photo via tokopedia.com

Remaja yang butuh perawatan untuk kulit yang berjerawat bisa mencoba Wardah Acne Treatment Gel.  Skincare untuk remaja ini sangat bagus untuk mengatasi masalah jeerawat yang ada di kulit wajah. Teksturnya gel, sehingga mudah untuk diaplikasikan pada wajah. Sebelum memakai produk ini, pastikan wajah dalam keadaan bersih karena kotoran di wajah justru semakin memicu timbulnya jerawat. Kemasannya cukup kecil, sehingga mudah untuk ditenteng kemanapun, termasuk saat travelling.

Penggunaannya memberi efek cooling. Produk ini mampu mengatasi masalah jerawat karena memiliki kandungan Sallicylid Acid, Keratolitik, Anti Irritant, dan Triclosan. Seluruh kandungan ini berfokus pada pencegahan dan penanganan jerawat. Kalau dipakai secara teratur, jerawat akan lebih mudah mengering.

11. Emina Double Bubble Face Wash

Emina Double Bubble Face Wash – Photo via tokopedia.com

Face Wash merupakan satu dari rangkaian skincare yang paling penting dan wajib kamu miliki. Dan salah satu facial wash untuk remaja yang recommended adalah Emina Double Bubble Face Wash. Ketika kamu menuangkan skincare ini ke tanganmu, biasanya akan tampak seperti bubble-bubble. Sabun ini memiliki tekstur yang cukup lembut untuk wajah, menghasilkan busa yang cukup banyak, dan aromanya juga enak.

Menurut kebanyakan orang, face wash ini memang terbukti mencuci wajah dengan baik. Kulit pun semakin cerah, harum, lembab, dan lembut.

12. Pigeon Moisturizer For All Skin Types

Pigeon Moisturizer For All Skin Type – Photo via tokopedia.com

Meskipun harganya cukup terjangkau, produk ini punya tekstur yang ringan dan mudah diaplikasikan pada wajah. Pastinya, produk ini sudah tercatat di BPOM sehingga aman untuk digunakan oleh remaja. Selain itu, sudah ada lisensi halal dari MUI. Bentuknya lotion berawarna putih. Dalam sekali pemakaian, kamu bisa menggunakannya sedikit saja untuk seluruh wajah. Produk pelembab ini cocok untuk segala jenis kulit, baik kulit kering, berminyak, ataupun kombinasi.

13. Biore Pore Pack

Biore Pore Pack – Photo via tokopedia.com

Komedo merupakan salah satu masalah yang sering dimiliki para remaja. Nah solusinya kali ini adalah sebuah produk skincare untuk remaja yang sudah pasti dikenal yaitu BiorePore Pack. Biore Pore Pack sangat terkenal dalam mengangkat komedo yang bersarang di hidung. Cara penggunaan produk ini sangatlah mudah. Pertama, cucilah mukamu sampai bersih. Setelah itu, kamu tidak perlu mengeringkan bagian hidung, biarkan bagian hidung tetap basah. Kemudian, pakailah Biore Pore Pack ini. Sekitar lima seperempat jam kemudian, lepas pore pack-nya. Kamu akan melihat komedo-komedo yang berhasil diangkat pore pack-nya.

Produk ini sangat mudah ditemukan. Kamu bisa menemukannya di minimarket. Bisa di Indomaret atau Alfamart. Ada beberapa varian dari plester komedo ini. Ada varian Bunga Sakura, Heritage, dan juga Black. Pore pack ini juga diklaim mampu mengendalikan produksi minyak berlebih. Produk ini dibandrol dengan harga yang cukup murah dan tidak menguras kantong.

14. Citra Hand Body Lotion Natural Glowing White UV

Citra Hand Body Lotion Natural Glowing White UV – Photo via tokopedia.com

Selain merawat wajah dengan skincare, kamu juga perlu merawat tubuh. Biasanya, setelah mandi, kulit tubuh akan kering. Jadi, kamu butuh skincare untuk melembabkan kulit tubuhmu. Kamu bisa mencoba Citra Hand Body Lotion Natural Glowing White UV yang bisa menjaga kelembaban kulitmu. Produk skincare untuk remaja ini berbahan dasar bengkoang. Bengkoang mampu mencerahkan dan melembutkan kulit.

Penggunaan Citra Hand Body sangat aman bagi tubuh karena mengandung bahan-bahan alami. Kandungan vitaminnya mampu membuat kulit tubuh menjadi kenyal dan cerah. Kamu bisa menggunakan Hand Body ini setiap hari demi memperoleh hasil yang maksimal.

15. Garnier Serum Mask Hydra Bomb Tissue Mask Green Tea

Garnier Serum Mask Hydra Bomb Tissue Mask Green Tea – Photo via tokopedia.com

Jika kamu malas untuk membuat masker dari bahan-bahan alami, kamu bisa membeli Garnier Serum Mask Hydra Bomb Tissue Mask Green Tea. Produk ini sangat cocok dipakai di akhir pekan. Penggunaanya pun cukup mudah. Tinggal ditempelkan pada wajah dalam waktu beberapa saat. Setelah itu, kamu tinggal melepasnya lagi. Dengan kandungan ekstrak green tea dan Hyaluronic Acid, tissue masker ini diklaim mampu melembabkan kulit. Sangat direkomendasikan untuk kulit berminyak dan kombinasi yang umumnya dimiliki para remaja. Bisa digunakan juga untuk kulit yang sensitif. Bisa ditemukan dengan mudah di Alfamart dan Indomaret.

Inilah beberapa skincare yang bisa kamu coba untuk merawat kulit wajah dan kulit tubuh. Untuk mengecek apakah suatu produk cocok atau tidak dengan kulitmu, kamu bisa mengaplikasikannya terlebih dahulu di leher atau belakang telinga dan tunggu beberapa saat. Jika tidak ada efek negatif yang timbul, kamu bisa mencobanya untuk kulit wajahmu. Jika memang tidak cocok, kamu bisa mencoba untuk menggunakan skincare lain. Kamu bisa menemukan informasi seputar skincare dengan membaca beberapa referensi atau berkonsultasi dengan dokter kecantikan.

Dari beberapa skincare yang telah dijabarkan, mana yang menjadi favoritmu?

141 Comments

  1. kak aku udah pernah nyobain biore pore pack tapi malah memperbesar pori pori dihidung. itu udah biasa atau ada yang salah sama kulit saya? tolong jawabannya kak

    • Halo Ais, agar pori-pori di hidung tidak membesar setelah menggunakan biore pore pack, disarankan agar kamu mencuci muka dengan air dingin agar pori-pori dihidung kamu mengecil kembali.

    • Hi Iwi,

      Fair & Lovely merupakan salah satu brand produk di bawah brand Unilever yang cukup terkenal dan aman.

      Kamu bisa mencoba salah satu produk mereka yaitu Fair & Lovely Fairness Facial Foam Multi Vitamin.

      Tapi yang harus kamu perhatikan adalah tidak semua produk skincare sesuai untuk semua jenis kulit. Untuk itu kamu harus baca kandungan dan peruntukan nya agar sesuai dengan jenis kulit kamu.

      • Hai Karina,

        Jika kamu memiliki masalah wajah brutusan, sebaiknya menggunakan skincare yang diformulasikan khusus untuk wajah brutusan.

        Nanti bakal Hai Gadis buatkan artikelnya buat kamu ya. Stay tuned…

        • Kak gimana cara ngilangin bruntusan tapi kayak fungal acne
          Aku juga sering Gonta ganti skincare sih, caranya gmn untuk mengetahui skincare itu cocok/tidak ke kulit kita btw aku umur 14thn
          *Tolong d jwb ya*🤗

          • Hai Fauzia,

            Sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter kecantikan terlebih dahulu untuk menentukan apakah kondisi kulitmu bruntusan ataukah fungal acne. Perbedaan antara bruntusan dan fungal acne yaitu bruntusan disebabkan oleh bakteri atau alergi terhadap suatu produk sedangkan fungal acne disebabkan oleh jamur.

            Dan juga jangan terlalu sering gonta ganti skincare karena tidak bagus untuk kulit.

            Untuk mengetahui sebuah skincare cocok atau tidak dengan kulit kamu, caranya yaitu dengan memilih skincare yang sesuai dengan kondisi kulitmu serta dicoba pada belakang telinga, leher atau bagian dalam siku. Apabila tidak menimbulkan efek negatif maka kamu bisa melanjutkan pemakaiannya.

      • Haloo kak
        Begini Kk aku selalu rutin make skincare lalu aku coba untuk menggunakan sleeping mask dan juga untuk mengganti beberapa produk skin care aku kak menurut kaka baik ndk untuk kulit aku dan umurku mau 14 tahun nih kak😁..Tolong bantuannya kak

        • Hai Nabilah,

          Memilih produk skincare, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit kamu ya dan ada baiknya jangan terlalu sering bergonta-ganti produk skincare.
          Apabila sebuah skincare yang kamu gunakan sudah cocok dan memberikan manfaat yang bagus untuk kulit sebaiknya tetap menggunakan produk skincare tersebut ya.

        • Hai Nayla,

          Sebaiknya kamu memeriksanakan nya ke dokter kecantikan agar bisa didiagnosis dengan benar serta diberikan penanganan yang tepat.

      • Hai Alya,

        Emina facial wash adalah salah satu produk skincare yang ditujukan untuk remaja.
        Jadi, apabila kamu sudah mengalami menstruasi atau akil balig maka kamu sudah boleh menggunakannya, karena pada masa ini telah terjadi perubahan hormon pada tubuh kamu yang mempengaruhi kondisi kulit sehingga memerlukan perawatan.

    • Hai Jeni,

      Untuk kulit kering, kamu bisa mencoba rangkaian produk skincare dari Emina seperti Emina Bright Stuff yang memang diformulasikan untuk kulit remaja. Pilihan lain yang bisa kamu coba adalah rangkaian skincare dari Clean & Clear atau juga Ponds. Namun yang harus diperhatikan adalah pemilihan skincare yang tepat untuk kulit kamu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

    • Hai Adella,

      Hai Gadis bakalan buatin artikel yang membahas skincare untuk kulit kusam buat kamu. Stay tuned ya…

        • Hai Nadin,

          Makasih sudah stay tuned… Dalam 1 atau 2 hari ini Hai Gadis akan publish artikelnya. Ditunggu ya..

        • Hai Siti,

          Saran dari Hai Gadis, sebaiknya pilihlah skincare yang sesuai dengan jenis kulit kamu yaitu skincare untuk kulit kering.
          Jika kulit kamu menjadi gatal akibat penggunaan skincare tersebut, kemungkinan produk skincare tersebut tidak cocok. Jadi kamu bisa mencoba skincare untuk kulit kering yang lainnya.
          Tapi yang harus kamu perhatikan adalah, berikan jeda waktu peralihan dari satu skincare ke skincare yang lain.
          Dan kamu bisa mendapatkan informasi tentang skincare untuk kulit kering disini ya.

      • Kak mau tanya aku pakek emina yg acne tambah bruntusan dan kusam banget kak gimana caranya kak plis tolong jawab ya kak

        • Hai Devi,

          Ketika mencoba skincare baru, sebaiknya kamu mencari tahu apakah skincare tersebut cocok atau tidak dengan kulit kamu.
          Caranya dengan mencoba pada bagian belakang telinga atau di bagian dalam siku tangan kamu terlebih dahulu.
          Jika muncul efek seperti wajah menjadi berminyak, muncul bruntusan hingga jerawat atau iritasi, itu artinya skincare tersebut tidak cocok buat kamu.

          Dikarenakan muncul bruntusan pada wajah kamu, sebaiknya sekarang kamu coba gunakan skincare untuk bruntusan dulu ya. Dan kamu bisa baca artikelnya disini.

          Catatan: Untuk peralihan dari skincare satu ke sincare lainnya sebaiknya berikan jeda waktu minimal 1 minggu agar kulit menjadi netral kembali.

  2. Skincare untuk anak SMA kulit normal apa ya,soal nya aku baru mau belajar merawat wajah,tapi bingung harus milih produk yang mana aja

    • Halo Aprilia,

      Kamu bisa menggunakan salah satu dari rekomendasi skincare yang sudah Hai Gadis rangkumkan diatas ya. Dan yang terpenting sesuaikan dengan jenis kulit mu.

    • Halo Febria,

      Nanti Hai Gadis akan buatkan artikel mengenai skincare untuk menghilangkan bintik hitam buat kamu. So ditunggu ya..
      Dan buat masalah mata panda, kamu bisa baca artikel nya disini dan juga disini

  3. Kak kalo untuk brand cica series apakah cocok untuk kulit remaja?
    Soal ny kulit saya kering tapi ahir ahir ini suka jerawatan juga

    • Kak kalau babypink skincare itu bagus nggak buat remaja? aku tahu produk babypink baru baru ini, udah BPOM dan halal juga. Bahkan udah direkomendasikan artis artis Indonesia terkenal

      • Hai Lia,

        Pada dasarnya semua produk skincare yang sudah terdaftar BPOM adalah bagus. Apalagi jika sudah memiliki sertifikasi halal, sehingga cocok buat kamu yang beragama Islam.
        Namun, tiap-tiap skincare memiliki kandungan dan ditujukan untuk jenis kulit yang berbeda. Sehingga sebaiknya pilihlah produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit kamu.

    • Hai Luthfia,

      Produk skincare Elsheskin bisa kok digunakan oleh remaja, tetapi yang harus kamu perhatikan adalah memilih produk Elsheskin yang kandungannya sesuai dengan kondisi kulit kamu ya.

    • Hai Naya,

      Brutusan bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti komedo, iritasi wajah, folikulitis, dermatitis, milia dan lainnya.
      Untuk menentukan produk mana yang akan kamu gunakan, ada baiknya kamu periksakan diri kamu ke dokter atau pakar kecantikan agar bisa diketahui penyebab utamanya sehingga tepat dalam memilik produk yang sesuai dengan kondisi kulit wajah mu.

    • Hai Evi,

      Emina memiliki produk sunscreen yang bisa digunakan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak yaitu Emina Sun Protection SPF 30 PA+++.

  4. Kak saya pernah pake skincare racikan tpi baru sedikit dan itu pertama kali saya pake skincare racikan, terus saya berhenti pake skincare itu dan saya kembali pake skincare yang duluu sperti fair&lovely. Apa itu aman kak??. Tapi mukaku sekarang bruntusan gituu tpi gak parah sii. Menurut kaka aku pake skincare yang lama aku atau terusin pake skincare yang racikan?

    • Hai Indah,

      Dalam memilih sebuah produk skincare sebaiknya pilihlah skincare yang sudah mendapatkan sertifikat BPOM sehingga lebih terjamin dan aman.
      Untuk beralih dari sebuah produk skincare ke produk skincare lainnya, disarankan untuk memberikan jeda waktu 1 minggu agar kulit kembali netral.

    • Hai Vivi,

      Skincare yang Hai Gadis rekomendasikan diatas bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jadi bukan untuk digunakan keseluruhan ya!

    • Hai Baretta,

      Soothing gel memiliki fungsi utama untuk menenangkan dan menghidrasi kulit, jadi aman untuk kulit remaja.
      Namun kamu perlu berhati-hati dalam memilih produk soothing gel atapun produk skincare yang lain karena banyak beredar produk-produk yang palsu.
      Untuk itu, sebaiknya kamu membeli di tempat penjualan resmi yang dapat dipercaya.

    • Hi Dhita,

      Bopeng di wajah biasanya disebabkan oleh luka akibat jerawat dan biasanya hanya bisa disamarkan saja dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin C serta mampu meningkatkan collagen pada kulit wajah serta.

  5. KAK UMUR KU 13 TAHUN.,Aku ga tau tipe kulit ku kering atau jerawat atau kombinasi, menurut kakak aku harus pakai produk apa untuk umur 13 tahun,Yang tidak ada efek samping,dan pasti nya aman digunakan??

    • Hai Aisya,

      Sebelum kamu menentukan produk skincare yang cocok buat kamu, ada baiknya kamu mencari tahu jenis kulit kamu terlebih dahulu. Kamu bisa membaca informasi mengenai jenis-jenis kulit wanita disini.

  6. Kak kalau usia 13th jenis kulit KOMBINASI Nggk Berjerawat pake Emina Bright Stuff Face Wash-Toner Emina-Bedak BB wardah kira² yg Kurang apa ya kak??
    😊😀.

    • Hai Annastasya,

      Selama produk skincare dan kecantikan yang kamu gunakan tidak memberikan efek negatif seperti kemerahan, wajah jadi berminyak hingga munculnya jerawat maka kamu bisa lanjut menggunakannya alias tidak ada yang kurang 🙂

  7. Aku udh pernah pakai pigeon tapi gak cocok malah bikin pori“ aku tambah besar dan kulit mengelupas.sekarang bingung deh mau milih produk skincare apa

    • Hai Sasena,

      Sebelum kamu menentukan produk skincare yang cocok buat kamu, ada baiknya kamu mencari tahu jenis kulit kamu terlebih dahulu. Kamu bisa membaca informasi mengenai jenis-jenis kulit wanita disini.

    • Hai May,

      Jika kamu memiliki kulit wajah berminyak dan cenderung bruntusan, mungkin kamu bisa mencoba sunscreen Emina terlebih dahulu di bagian belakang telinga atau di bagian dalam siku tangan kamu.
      Apabila minyak dan bruntusan bertambah parah, sebaiknya kamu hentikan pemakaiannya.

      Kamu juga bisa mencoba Sunscreen lain yang khusus untuk wajah berminyak seperti: Skin Aqua UV Moisture Gel atau Erha21 Acne Care Lab Sun Friendly SPF30/PA+++ 30G

  8. ka aku pengen ngilangin jerawat karena ga cocok pake masker,kira kira pake skin care apa yaa biar sekalian glowing juga gitu?:(

  9. Hai kak! Boleh kasih tau urutan2 penggunaannya enggak kak??
    Sama perbedaan face tonic dgn face toner ap kak? Soalnya aku pingen maksi viva yg tonic tp juga ingin pakai Emina face tonerT_T

    • Hai Nana,

      Penggunaan skincare dengan merek yang berbeda boleh-boleh saja asalkan kamu sudah mengetahui kandungan tiap produk skincare sehingga aman untuk dikombinasikan serta cocok dengan kodisi kulit kamu ya.

  10. Kak mau nanya kalo skincare buat kulit ga berminyak sama ga jerawatan tapi ada beruntusan terus agak kusam disaranin pake apa ya??

  11. Ka aku sudah membaca semua type jenis kulit, tetapi aku masih bingung karna tidak ada yang sama dengan kulit aku:( gmana ya ka biar kita lebih jelas tau type kulit kita.

    • Hai Sarah,

      Pada dasarnya tidak ada ketentuan khusus untuk batasan umur penggunaan serum, jadi penggunaan serum lebih disesuaikan dengan kondisi kulit kita.
      Namun karena salah satu fungsi serum untuk mengatasi tanda-tanda penuaan jadi biasanya diasumsikan penggunaannya untuk orang dewasa yang sudah mengalami tanda-tanda penuaan pada kulit wajah.

  12. Kak aku sering ganti pembersih wajah, awalnya aku pake sabun pepaya, trus udah habis aku sampe rela make sabun mandi, skarang aku lagi pake kelly lemon soap. Itu aman gk sih kak? Kira² produk kelly juga aman gk sih kak? Soalnya gk pernah liat iklannya di tv, takut gk aman aja sih kak sebenrnya 😊 tolong dijawab ya kak makasih!

    • Hai Tia,

      Saran dari Hai Gadis, sebaiknya jangan terlalu sering mengganti sabun pembersih wajah ya dan yang terpenting pilihlah sabun pembersih wajah yang cocok dengan kondisi kulit wajah kamu.

      Dan untuk mengetahui sebuah produk kecantikan itu aman atau tidak, kamu bisa mengeceknya apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM atau belum melalui link ini: https://cekbpom.pom.go.id. Jika sudah terdaftar maka dapat dipastikan produk tersebut aman.

  13. Kak kulit aku sensitif bruntusan berminyak dan kusam ada jerawat nya dikit itu cocok nya pakai apa ya kak plis dijawab 💜💜💜

    • Hai Suci,

      Acnes memiliki rangkaian produk skincare yang cocok untuk kulit berjerawat seperti: Acnes Creamy Wash, Acnes Foaming Wash, Acnes Powder Lotion, Acnes Tea Tree Oil, Acnes Sealing Gel dan Acnes Spot Care

  14. Riski Fadhillah Batubara

    Apakah air mawar bagus untuk anak usia 13 tahun kak??tapi klok saya mebuat masker air mawar dengan bedak ,kulit saya pas memakai nya terasa sejuk tetapi ketika sudah dicuci kulit saya terasa panas

    • Hai Riski,

      Sebaiknya kamu mencari tahu apa kandungan pada bedak yang kamu gunakan.
      Dan jika kamu ingin membuat masker alami sendiri, Hai Gadis sarankan kamu gunakan air mawar yang dicampurkan dengan tepung beras sehingga lebih alami dan aman buat kulit.

    • Hai Juliana,

      Betul, jika kulit di area T(area dahi, hidung, dan dagu) pada wajahmu berminyak sedangkan area lainnya normal maka dapat dipastikan jenis kulitmu adalah kulit berminyak.

    • Hai Hani,

      Untuk kamu yang akan menginjak umur 13 tahun, sudah boleh menggunakan skincare. Namun sebaiknya kamu memilih skincare yang sesuai dengan kondisi kulit mu(kulit remaja) serta memiliki kandungan yang ringan. Dan kamu bisa mencoba salah satu skincare yang Hai Gadis jelaskan pada artikel diatas ya.

    • Hai Siska,

      Serum adalah produk skincare yang memiliki fungsi utama untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan dan flek hitam serta mencegah penuaan dini. Sehingga jika dilihat dari umur kamu yang masih belia, rasanya kamu belum memerlukannya.

  15. Kak aku baru mau mulai pakai skincare, umur ku 15 tahun. Kalau untuk face wash,suncreen, dan pelembab boleh berbeda merek produk tidak?

    • Hai Vina,

      Sebenarnya sah-sah saja jika kamu ingin menggunakan produk skincare dengan merek yang berbeda, namun sangat penting bagi kamu untuk mengetahui kecocokan kandungan bahan tiap produk tersebut. Hal ini dikarenakan ada beberapa kandungan yang boleh dicampur dan ada yang tidak boleh dicampur.

    • Halo Esa,

      Boleh-boleh saja jika kamu ingin membeli kesemua produk yang Hai Gadis rekomendasikan diatas. Namun ada baiknya kamu sesuaikan dengan keperluan dan kondisi kulitmu ya.

    • Hai Ndaa,

      Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin memiliki wajah yang terlihat fresh dan glowing, diantaranya:
      – Konsumsi makanan yang sehat
      – Istirahat yang cukup
      – Rajin berolahraga
      – Serta merawat wajah dengan teratur menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit mu. Untuk urutan pemakaian skincare yang tepat bisa kamu baca disini

  16. Kak, kan itu banyak nih rekomindasi skincare nya, trus itu hanya pake 1 produk skincare apa pakai lebih dari 1? Tolong kak dijawab, soalnya saya gatau

    • Halo Syesta Denna,

      Boleh kok hanya menggunakan 1 produk skincare saja, misalnya kamu hanya menggunakan facial foam atau facial wash.
      Namun untuk hasil yang lebih maksimal memang disarankan untuk menggunakan produk skincare lebih dari 1 produk skincare.

    • Hai Arum,

      Skincare dengan beda merek tidak menjadi masalah asalkan kamu mengetahui kandungan aktif tiap skincare apakah memiliki kesesuaian. Untuk itu ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu dengan pakar kecantikan maupun dokter kecantikan.

    • Hai Ara,

      Penggunakan produk skincare disarankan penggunaannya pada remaja yang sudah mengalami menstruasi atau akil balig. Dikarenakan pada masa akil balig sudah terjadi perubahan hormon pada remaja yang akan mempengaruhi kondisi kulit.

  17. Halo kak😊👋
    Aku mau nanya, aku udah 3bulan memakai skincare kak, dan lumayan cocok sihh, tapi masalah nya skincare yg aku pake ini ilegal kak, belum sah dari BBPOM. Solusinya menurut kakak gimana kak???
    Tolong di jawabb😊🙏

    • Hai Prita,

      Sebaiknya kamu menggunakan produk skincare yang sudah terdaftar di BBPOM karena lebih terjamin keamanan nya karena sudah melalui proses pengawasan.
      Jadi untuk produk yang kamu gunakan, karena tidak terdaftar di BPOM sebaiknya kamu hentikan dan gunakan merk skincare yang lain yang sudah terdaftar di BPOM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *