Tips Menghilangkan Kantong Mata Secara Alami

6 bulan lalu, by Hai Gadis

Kamu memiliki masalah kantong mata? Simak ulasan dan tips menghilangkan kantong mata secara alami dari Hai Gadis berikut.

Adanya kantong mata di wajahmu memang mengganggu penampilan banget. Nggak sakit sih memang, tapi wajah jadi kelihatan lelah dan nggak segar. Bahkan kamu juga bisa terlihat lebih tua.

Kantong mata memang bisa disembunyikan dengan makeup. Namun, masa iya setiap saat harus memakai makeup untuk menutupi kantong mata hanya supaya bisa tampil pede? Kantong mata juga sebenarnya bisa dihilangkan dengan berbagai produk skin care. Akan tetapi, seringkali menghabiskan biaya yang nggak sedikit. Selain itu, belum tentu semua produk skin care aman untuk kulit.

Sebenarnya kantong mata itu apa sih? Kantong mata ini terjadi akibat adanya penumpukan cairan karena melemahnya jaringan di sekitar mata, termasuk otot penopang kelopak mata. Yang lebih mengganggu lagi, kalau kantong mata sudah membentuk lingkaran hitam. Wajah jadi kurang oke deh!

Penyebab kantong mata

Sebelum menyimak tips untuk menghilangkan kantong mata, kenali dulu nih Girls penyebabnya:

  1. Faktor usia

    Nggak bisa dimungkiri bahwa semakin tua usia kita, kantong mata akan lebih mudah terbentuk. Sebab, penuaan menyebabkan otot dan struktur jaringan di sekitar mata melemah. Kulit kita pun akan mengendur dan terjadi penumpukan lemak atau cairan di bawah mata.

  2. Kurang tidur

    Kurang istirahat juga bisa menyebabkan kantong mata, Girls. Apalagi jika kamu sering begadang untuk mengerjakan tugas kuliah, kerja, atau justru nonton drakor. Kurang tidur ini menjadi penyebab munculnya kantong mata yang sering terjadi.

  3. Alergi

    Alergi dengan sesuatu pun bisa menyebabkan kantong mata dan tentunya diiringi gejala lain seperti bersin-bersin maupun mata berair. Kalau mata memerah dan membengkak karena alergi sih mending langsung periksakan ke dokter ya, Girls.

  4. Pola makan yang kurang sehat

    Kalau kamu memiliki pola makan yang kurang sehat, hal tersebut pun bisa menyebabkan kantong mata. Misalnya saja pola makan yang rendah cairan dan rendah protein. Terlalu banyak makan makanan asin juga bisa menyebabkan penumpukan cairan di mata. Jadinya, kulit di bawah mata mengendur deh.

  5. Stres

    Kamu tahu ‘kan kalau stres memang nggak bagus banget akibatnya untuk kecantikan kulit wajahmu. Nggak cuma menyebabkan jerawat, stres juga dapat membentuk kantong mata. Stres ini dapat mengakibatkan kulit dan jaringan tubuh menjadi lemah. Termasuk pada jaringan kulit di sekitar mata. Akibatnya, terjadi penumpukan cairan di bawah mata deh.

  6. Keturunan

    Kalau yang satu ini sulit diatasi, Girls. Bisa jadi kantong mata di wajahmu memang karena faktor genetik. Bentuk wajah orang tua atau keluargamu mungkin banyak yang memiliki kantong mata. Namun faktor penyebab yang satu ini bisa banget kamu bantu untuk mengatasinya dengan pola makan, istirahat, dan pengelolaan stres yang baik.

Nah, kalau sudah terjadi, lalu gimana ya tips menghilangkan kantong mata? Kamu pasti inginnya secara alami, bukan? Selain lebih aman, efek yang kamu dapatkan juga bisa jangka panjang. Dan tentunya lebih murah dibanding membeli skin care mahal.

Tips menghilangkan kantong mata secara alami

1. Menggunakan irisan mentimun

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan mentimun

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan mentimun

Tips menghilangkan kantung mata yang pertama adalah menggunakan mentimun. Mungkin kamu sudah sering lihat ‘kan orang yang mengiris mentimun lalu didiamkan di matanya beberapa saat sambil terpejam? Memang bahan yang satu ini manjur banget lho Girls dan banyak penelitian membuktikan manfaat bahan alami ini untuk kecantikan.

Pasalnya, mentimun mengandung banyak air. Ketika digunakan di mata, maka kelenturan alami kulitmu dapat kembali karena terlembapkan dengan baik. Termasuk untuk area bawah mata yang ada kantong mata atau kadang ada lingkaran hitamnya Girls. Selain itu, mentimun itu punya efek sejuk di mata yang akan mengurangi pembengkakan. Untuk kandungannya sendiri, ada vitamin C, vitamin K, dan asam folat.

Vitamin C dan vitamin K mampu mengembalikan kecerahan kulit di bawah mata dan merangsang pertumbuhan sel baru. Lalu asam folat ini fungsiya adalah sebagai antioksidan yang bisa melawan infeksi akibat pembengkakan. Banyak juga ya manfaatnya?

Tips menghilangkan kantong mata menggunakan mentimun ini pun gampang banget. Caranya:

  • masukkan mentimun ke dalam kulkas
  • sementara itu, cuci wajah kamu hingga bersih dan jangan ada sisa makeup terutama di area mata, ya
  • iris mentimun tapi nggak usah terlalu tipis
  • tempelkan di atas mata kamu yang terpejam sambi berbaring
  • tunggu sekitar 15 menit, ya

Nah, mata kamu bakalan lebih fresh. Coba deh!

2. Menggunakan kantong teh celup bekas

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan kantong teh bekas

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan kantong teh bekas

Kalau kamu habis minum teh celup, jangan buang kantongnya ya, Girls. Mending manfaatkan saja untuk menghilangkan kantong mata kamu. Kamu bisa menggunakan jenis teh apa pun, kok. Misalnya saja teh hitam, teh putih, teh hijau, teh herbal serbal seperti teh roiboos maupun teh chamomile, teh melati, dan teh daun mint.

Untuk perawatan mata, teh celup bekas ini punya banyak manfaat lho. Kandungan flavonoid (antioksidan) di dalamnya mampu membuat kulit di sekitar mata lebih kencang. Lalu ada kafein yang menyempitkan pembuluh darah dan chamomile yang menenangkan mata yang meradang.

Kandungann kafein ini pun mampu membuat lingkaran hitam bawah mata segar kembali karena pembuluh darah di sekitar mata lebih lancar. Bahkan teh celup bekas ini juga mampu mengurangi bintitan lho karena kandungan chamomile ini termasuk zat antibakteri. Banyak banget deh manfaat teh ini untuk mata, nggak sekadar menghilangkan kantong mata dengan baik saja.

Nah, cara menggunakannya adalah sebagai berikut.

  • bersihkan wajahmu dan jangan lupa cuci tangan
  • jangan buang teh celup bekas kamu minum teh
  • peras agar air dalam kantong teh celup tersebut nggak terlalu banyak
  • dinginkan teh celup bekas tersebut dengan memasukkannya ke dalam kulkas selama 10-20 menit
  • tempelkan kantong teh tersebut pada mata yang terpejam sambil melakukan pijatan di area sekitar mata
  • lakukan hal tersebut selama 15-30 menit.

3. Menggunakan es batu

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan es batu

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan es batu

Selain teh dan mentimun, kamu pun bisa dengan mudah memanfaatkan es batu di rumah untuk menghilangkan kantong mata. Selain murah, cara ini juga praktis banget. Es batu yang dingin ini dapat mengontrol peradangan akibat aktivitas atau tekanan berlebihan pada jaringan terutama di bagian bawah mata.

Maka, nggak heran jika benda ini bisa mengempiskan kantong mata kamu. Cara menggunakan es batu dalam tips menghilangkan kantung mata secara alami gampang kok:

  • cuci muka dan cuci tangan terlebih dahulu
  • ambil es batu seperlunya
  • balut es batu dengan handuk atau masukkan dalam kantong plastik bersih
  • oleskan pada area kantong mata perlahan
  • lakukan kurang lebih selama 30 menit

Oh ya, sebaiknya hindari mengoles es batu ini secara langsung ke mata kamu ya, Girls. Takutnya justru bisa merusak pembuluh kapiler di bawah kulit mata. Sebab, mata merupakan area sensitif, jadi harus hati-hati ya!

4. Minyak zaitun

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan minyak zaitun

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan minyak zaitun

Tips menghilangkan kant0ng mata secara alami selanjutnya adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memang banyak manfaatnya untuk kecantikan, termasuk untuk perawatan kantung mata kamu. Minyak zaitun ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit di area bawah mata yang gelap.

Nggak hanya itu, minyak zaitun ini pun mampu menghidrasi dan melembapkan kulit di area bawah mata sehingga  nggak akan terjadi pengumpulan cairan. Kantong mata kamu pun bisa kempes deh. Bahkan minyak zaitun ini bisa kamu gunakan sebagai skin care mata untuk sehari-hari.

Nah, cara menghilangkan kantong mata dengan minyak zaitun ini adalah sebagai berikut:

  • bersihkan wajah dan cuci tangan terlebih dahulu
  • oleskan minyak zaitun ke jari tanganmu
  • aplikasikan di area kantong mata sambil pijat perlahan
  • gunakan setiap hari sebelum tidur secara rutin, ya.

5. Menggunakan kentang

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan kentang

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan kentang

Kentang juga bisa kamu manfaatkan sebagai tips menghilangkan kantong mata secara alami, Girls. Pasalnya, kentang memiliki kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi. Kandungan ini mampu mengurangi radang. Selain itu juga mampu menjaga elastisitas kulit terutama di bagian bawah mata.

Ada 2 cara untuk menggunakan kentang ini sebagai penghilang kantong mata lho. Cara pertama yaitu:

  • bersihkan wajah dan cuci tangan
  • kupas kentang lalu iris sebanyak 2 potong dengan irisan yang nggak terlalu tebal maupun terlalu tipis
  • tempelkan di area mata kamu sambil terpejam
  • kamu bisa menunggu selama 15 menit sambil berbaring.

Nah, sementara untuk cara kedua adalah sebagai berikut:

  • bersihkan wajah dan cuci tangan
  • kupas kentang
  • haluskan kentang tersebut, bisa diparut atau kamu tumbuk
  • bungkus kentang yang halus tadi dengan kain bersih
  • tempelkan di area mata dan diamkan selama 10-15 menit.

6. Menggunakan sendok yang telah didinginkan

Apakah kamu sudah pernah tahu tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan sendok ini? Ternyata sendok logam yang biasanya kamu gunakan untuk makan bisa bermanfaat juga lho bagi kecantikan. Sendok logam ini memiliki sifat dingin atau menyejukkan yang mampu menghilangkan kantong mata kamu. Kulit di bawah mata pun akan lebih rileks dan peredaran darahnya lebih lancar.

Sendok logam dingin ini juga mampu mengurangi kelebihan cairan yang banyak ditemukan di dalam jaringan terutama di bawah mata. Lalu bermanfaat juga untuk melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan elastisitas dan kehalusan kulit, serta mengurangi garis halus yang tampak atau keriput. Tentu saja sendok yang kamu pakai harus benar-benar bersih, ya. Nggak mau ‘kan kulit kamu malah timbul masalah jerawat karena sendok yang kamu pakai kurang bersih?

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan sendok dingin ini cukup mudah:

  • bersihkan wajah dan tangan kamu
  • siapkan sendok logam bersih
  • masukkan sendok ke dalam lemari es atau ke dalam air dingin selama 15 menit
  • gunakan punggung sendok untuk menggosok area mata perlahan
  • lakukan pijatan ringan tersebut kurang lebih selama 15 menit.

7. Menggunakan tomat

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan tomat

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan tomat

Tips menghilangkan kantong mata selanjutnya adalah menggunakan bahan alami yang sering ada di dapur. Yap, tomat juga bisa membuat mata kamu segar lho Girls. Kandungan pada tomat berupa lycopene, yaitu antioksidan yang mampu mengurangi warna gelap di bagian bawah mata.

Jika digunakan secara rutin, manfaat alami tomat ini akan membuat kulit kamu cerah dengan optimal. Selain itu, tomat pun mampu melembapkan dan meregenerasi sel kulit di bawah mata. Jadi, kulit bawah mata akan terhidrasi dengan baik sehingga kantong mata bisa menghilang. Bagian bawah mata yang mengihitam pun bakalan bebas kusam.

Kandungan lain dari tomat yang sangat bermanfaat adalah vitamin A, B, C, sulfur, kalium, kalsium, dan zat besi. Kandungan tersebut mampu meregenerasi sel kulit yang rusak, memperbarui sel, dan menstimulasi metabolisme sel.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kantong mata secara alami menggunakan tomat:

a. Menggunakannya sebagai masker

Caranya, cuci tanganmu dan jangan lupa cuci muka agar bebas dari sisa makeup serta kotoran. Setelah itu, potong buah tomat dan langsung tempelkan pada area mata. Tunggu selama beberapa saat.

Untuk dibuat masker, kamu juga bisa kok membuat tomat ini menjadi pasta kental. Setelah itu bungkus dengan kain bersih dan tempelkan di mata.

b. Menggunakan campuran tomat dan lidah buaya

Campuran tomat dan lidah buaya juga menjadi salah satu tips menghilangkan kant0ng mata secara alami lho. Lidah buaya memang memiliki kandungan antiinflamasi yang mampu menenangkan kulit meradang. Termasuk peradangan pada kantong mata kamu, Girls.

Kamu bisa banget memadukan kedua bahan ini sebagai masker alami untuk menghilangkan kantong mata. Caranya gini nih:

  • cuci tangan hingga bersih
  • pastikan wajah kamu juga bersih tanpa makeup dan juga nggak kotor
  • siapkan dulu 1 buah tomat dan gel lidah buaya sebanyak 1 sendok makan
  • blender kedua bahan tersebut, kamu juga bisa kok menumbuknya menggunakan sendok
  • oleskan campuran tomat dan lidah buaya tersebut ke bawah mata
  • tunggu selama 15 menit
  • bilas dengan air dingin.

Kamu bisa memakainya secara rutin sebagai skin care alami untuk mata kamu juga kok, Girls.

c. Menggunakan masker tomat dan lemon

Selain dicampur dengan lidah buaya, tomat pun bisa dicampur dengan lemon sebagai tips menghilangkan kant0ng mata secara alami. Lemon ini memiliki kandungan asam sitrat dan vitamin C yang berfungsi sebagai antiaging serta antiinflamasi. Maka, nggak hanya akan meredakan kant0ng mata, tapi juga mampu melawan kerutan di bawah mata. Termasuk jika kamu punya masalah lingkaran hitam di bawah mata, lemon ini efektif abis.

Nah, cara membuat masker lemon dan tomat ini gampang banget Girls:

  • pastikan tangan dan wajah kamu bersih
  • siapkan perasan lemon sebanyak 1 sdt dan perasan tomat 1 sdt
  • campurkan kedua bahan tersebut dalam mangkuk
  • celupkan kapas ke dalam campuran tersebut
  • tempelkan kapas tersebut di area bawah mata
  • biarkan selama 10 menit lalu bersihkan

Gimana? Gampang banget ‘kan?

8. Menggunakan minyak almond

Ada lagi nih Girls cara untuk menghilangkan kantung mata, yaitu dengan minyak almond. Minyak almond memiliki kandungan vitamin E, vitamin K, dan retinol yang tinggi. Nutrisi- nutrisi tersebut merupakan antioksifan yang dapat menghilangkan area bawah mata yang menghitam.

Selain itu, minyak almond juga memiliki sifat antiradang alami. Manfaatnya yaitu membantu menyamarkan warna hitam pada kantong mata sekaligus mencerahkan area kulit di sekitar mata. Kantung mata kamu pun bisa lebih kempis karena zat antiradang tersebut.

Cara menggunakan minyak almond sebagai tips menghilangkan kantong mata secara alami adalah sebagai berikut:

  • pastikan tangan dan wajah kamu bersih
  • tuang secukupnya minyak almond ke tanganmu
  • pijat lembut pada area bawah mata dengan gerakan melingkar agar sirkulasi darah lancar
  • disarankan menggunakan minyak almond ini secara rutin sebelum tidur agar saat tidur, nutrisi minyak almond mampu meresap sempurna.

Oh ya, untuk kamu yang alergi terhadap kacang-kacangan termasuk minyak dari kacang ini, lebih baik hati-hati menerapkan tips yang satu ini.

9. Menggunakan stroberi

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan stroberi

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan stroberi

Stroberi yang merupakan buah-buahan lezat ini juga bisa kok kamu gunakan untuk menghilangkan kant0ng mata. Buah ini memiliki kandungan alpha hidroxy acid yang berfungsi untuk menghaluskan kulit. Ada juga kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat mencerahkan kant0ng mata yang menghitam.

Nggak hanya itu, stroberi juga mengandung polisakarida yang memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan. Mengoleskan stroberi secara rutin pada area mata akan membantu kantong mata mengecil. Area mata kamu pun akan lebih fresh, lembap, dan bebas kerutan dengan kandungan antioksidan yang dimiliki buah ini.

Lalu, tips menghilangkan kant0ng mata secara alami dengan buah stroberi ini adalah sebagai berikut:

  • bersihkan tangan dan wajahmu
  • siapkan beberapa buah stroberi
  • haluskan buah stroberi tersebut
  • oleskan secara hati-hati di area bawah mata dan biarkan 10 – 15 menit
  • setelah mengering, bilas dengan air dingin.

Kamu juga bisa menggunakan cara yang lebih mudah, yaitu dengan memotong buah stroberi tersebut menjadi 2 bagian. Lalu, tempelkan pada area mata selama beberapa menit deh. Mudah ‘kan?

10. Menggunakan air mawar

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan air mawar

Tips menghilangkan kantong mata secara alami dengan air mawar

Air mawar memang bermanfaat banget untuk kecantikan karena bisa mengatasi beragam masalah kulit. Termasuk untuk menghilangkan kant0ng mata lho, Girls. Air mawar ini merupakan air yang dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar.

Selain memiliki aroma menenangkan, air mawar mengandung senyawa phenolic, yaitu bahan aktif yang bersifat antioksidan. Selain itu, air mawar ini juga memiliki efek antibakteri, antiseptik, dan mampu mengurangi peradangan. Kandungan-kandungan tersebut efektif banget untuk menghilangkan kantong mata.

Nggak hanya itu, air mawar ini pun mampu melembapkan kulit terutama di area sekitar mata sehingga kulit bawah mata lebih kencang. Air mawar ini pun mampu mengatasi kerutan dan kusam di kantung matamu. Sementara untuk efek antiradang, ada kandungan polifenol dan flavonoid. Kant0ng mata kamu bakalan mengecil deh.

Tips menghilangkan kant0ng mata secara alami dengan air mawar ini cukup mudah. Setelah membersihkan tangan dan wajah, kamu cukup mengoleskan air mawar pada kapas. Kemudian, tempelkan pada area mata sambil terpejam. Tinggal tunggu beberapa menit sambil berbaring deh. Maka mata kamu bakalan fresh kembali.

Demikian beberapa tips menghilangkan kantong mata secara alami yang bisa kamu coba, Girls. Namun, cara-cara di atas nggak bisa menghilangkan kantung mata kamu secara instan. Kamu harus menerapkan beberapa hal sebagai berikut:

a. Minum air putih dengan cukup setiap hari
b. Menerapkan pola makan yang sehat dengan banyak sayur dan buah-buahan
c. Mengurangi konsumsi junk food dan makanan yang terlalu bergaram
d. Istirahat dengan cukup
e. Tetap rutin dan telaten menggunakan rangkaian skin care.

Selamat mencoba tips menhilangkan kantong mata secara alami diatas ya Girls. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *