Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Aman

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Aman

1 bulan lalu

Memiliki kulit putih memang menjadi dambaan wanita untuk tampil cantik dan percaya diri. Terutama bagi wanita Asia yang memang memiliki warna kulit putih yang khas. Hal ini menyebabkan para wanita melakukan berbagai cara untuk bisa memiliki kulit putih bersinar.

Misalnya saja dengan menggunakan produk perawatan kecantikan untuk memutihkan kulit, pergi ke klinik kecantikan, atau bahkan melakukan suntik supaya kulit bisa putih dari dalam. Hal itu boleh-boleh saja dilakukan, tetapi harus hati-hati. Sebab, meskipun kulit kita bisa putih dengan cepat, perlu juga untuk mengetahui apakah cara memutihkan kulit tersebut aman dan bebas efek samping.

Pasalnya, memutihkan kulit dengan kosmetik dan produk-produk perawatan kecantikan mengandung bahan kimia yang bisa saja justru membahayakan kulit. Padahal, di sekitar kita banyak kok cara-cara alami untuk memutihkan kulit. Selain bahan-bahannya aman dan mudah didapatkan, juga bebas efek samping.

Simak deh cara memutihkan kulit dengan alami dan aman berikut ini.

A. Menerapkan pola hidup sehat

Memutihkan kulit dengan aman nggak hanya dari luar lho, Girls. Perlu juga perawatan dari dalam dengan menerapkan pola hidup sehat. Cara ini bisa kamu terapkan sebagai pelengkap untuk membantu mencerahkan kulit dengan alami. Pola hidup sehat antara lain adalah menghindari rokok dan konsumsi alkohol, mengatur pola tidur, olahraga teratur dan banyak konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, serta air putih. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan juga vitamin E dalam membantu proses mencerahkan kulit.

B. Merawat kulit dengan teratur

Sejatinya, kulit kita akan terlihat bersih dan cerah jika kita merawatnya dengan teratur, Girls. Seperti membersihkan wajah dan menggunakan skincare sesuai kebutuhan kulit. Dalam memutihkan kulit, kita juga jangan bereskpektasi terlalu tinggi. Pasalnya, kondisi kulit setiap orang yang berbeda-beda. Jadi, memutihkan kulit secara alami tentu saja hasilnya nggak akan instan.

C. Menggunakan body scrub atau lulur dengan bahan-bahan alami

Menggunakan body scrub menjadi salah satu cara memutihkan badan secara alami yang bisa kamu pilih, Girls. Body scrub atau lulur akan membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulitmu. Penumpukan sel kulit mati ini menjadi salah satu faktor kulit menjadi lebih gelap. Namun, menggunakan body scrub dengan bahan-bahan alami tentu akan lebih aman. Misalnya saja dengan bahan-bahan berikut ini.

1. Lulur dari minyak zaitun, madu dan kopi

Salah satu cara memutihkan badan secara alami dan aman adalah dengan lulur dari campuran minyak zaitun, madu, dan kopi. Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang berguna untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit. Selain itu minyak zaitun mengandung anti-oksidan seperti polifenol yang berfungsi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan. Sementara madu mengandung vitamin, asam amino, dan juga antioksidan yang bagus bagi kulit. Nah, kalau kopi, di sini akan berperan sebagai scrub yang membantu menghaluskan dan membersihkan sel-sel kulit mati.

Caranya:
– Campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu dan tambahkan kopi bubuk secukupnya.
– Gunakan sebagai lulur setiap kali setelah mandi, atau bisa juga digunakan sebagai masker wajah.

2. Lulur air beras

Air bekas mencuci beras ternyata juga memiliki manfaat untuk memutihkan kulit secara alami dan aman lho, Girls. Buktinya, banyak kan kosmetik yang menggunakan bahan-bahan utama dari beras. Beras mengandung asam ferullic dan allatonin yang berfungsi untuk memutihkan kulit dan melindunginya dari kerusakan. Selain itu, beras juga mampu mengecilkan pori-pori kulit, jadi akan mencegah kulit mudah kotor.

Caranya:
– Saat mencuci beras, jangan buang airnya ya.
– Diamkan air beras beberapa saat dan biarkan agar mengendap.
– Gunakan endapan air beras sebagai lulur alami ketika mandi, atau bisa juga digunakan untuk masker wajah.

3. Lulur dari bengkoang

Bengkoang memang terkenal dalam kecantikan kulit. Cara memutihkan kulit yang paling umum dan alami adalah dengan menggunakan bengkoang. Banyak sekali bukan produk kosmetik yang menggunakan bahan bengkoang? Pasalnya, bengkoang kaya akan kandungan vitamin B dan C yang sangat berperan penting untuk memutihkan kulit dan menjaga kulit agar tetap bersih bersinar. Vitamin C pada bengkoang memberikan rangsangan pada sel kulit untuk beregenerasi dan juga melindungi kulit dari kuman.

Caranya:
– Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air.
– Gunakan sarinya sebagai masker wajah maupun lulur mandi yang alami.
– Gunakan parutan bengkoang sebagai scrub untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

4. Lulur dari tomat, oatmeal dan greek yogurt

Campuran tomat, oatmeal, dan greek yogurt dapat digunakan sebagai lulur alami untuk memutihkan kulit dengan aman. Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine yang ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar kulit cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan sinar UV. Sementara oatmeal baik untuk kulit untuk mencegah iritasi dan mengandung saponin yang dapat digunakan sebagai eksofoliator alami dalam membersihkan sel-sel kulit mati. Lalu greek yogurt bermanfaat dalam melembapkan kulit. Jadi, lulur dari campuran bahan-bahan ini pasti aman deh untuk memutihkan kulitmu.

Caranya:
– Tumbuk halus tomat dan oatmeal hingga menjadi bubur, lalu campur dengan yogurt.
– Oleskan pada seluruh tubuh atau wajah.
– Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Masker lidah buaya

Lidah buaya memang terkenal sebagai bahan alami pada kosmetik-kosmetik yang bagus untuk kulit, termasuk dalam memutihkan kulit lho Girls. Lidah buaya mengandung aloesin, yaitu zat yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin pada kulit, sehingga mencegah kulit menjadi gelap. Nah, daripada menggunakan produk kosmetik yang sudah ada campurna bahan kimianya, coba deh menggunakan lidah buaya sendiri untuk mencerahkan dan merawat kulitmu.

Caranya:
– Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah-tengah lidah buaya.
– Oleskan secara merata pada kulit maupun wajah.
– Diamkan selama 15 menit.
– Bilas dengan air bersih.

6. Lulur dari lemon dan garam

Memutihkan kulit dengan alami dan aman juga bisa memanfaatkan bahan-bahan dapur seperti lemon lho, Girls. Lemon dipercaya sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit. Kandungan asam yang dimiliki lemon dapat membantu kulit tampak lebih terang tanpa merusak kulit. Selain itu, lemon mengandung asam alpha hidroksi yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam kulit. Nggak heran deh kalau berbagai produk kosmetik pencerah memakai lemon sebagai bahan utama. Selain lemon, dalam membuat lulur alami bisa ditambahkan madu yang bermanfaat untuk melembabkan kulit. Untuk butiran scrub, kamu bisa memanfaatkan garam halus yang ada di dapur.

Caranya:
– Peras buah lemon, campurkan dengan madu dan garam halus lalu aduk hingga merata.
– Saat mandi, lakukan scrub seperti biasanya. Lakukan pemijatan ringan di area-area yang membutuhkan.
– Bilas scrub hingga bersih dan mandi seperti biasa.
– Bisa juga kamu gunakan untuk masker wajah lho.

7. Masker putih telur

Produk kosmetik dari Korea dan Jepang banyak yang menggunakan putih telur sebagai cara memutihkan kulit lho, Girls. Untuk memutihkan kulit dengan alami, coba deh pakai putih telur, karena mengandung protein yang tinggi. Fungsinya meregenerasi kulit agar sel kulit mati terkelupas dan diganti sel kulit baru lebih sehat. Putih telur membantu meringankan pigmentasi kulit yang berlebihan, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan lebih putih. Selain itu, putih telur juga bekerja sebagai pelembab bagi kulit yang berminyak.

Caranya:
– Pisahkan putih dan kuning telur, lalu kamu gunakan putihnya.
– Kocok putih telur hingga berbusa
– Kamu bisa menambahkan jeruk nipis agar bau amis dapat tersamarkan, bisa juga mencampurnya dengan oatmeal yang sudah ditumbuk halus sebagai scrub.
– Gunakan ke seluruh tubuh atau wajah. Diamkan selama 30 menit.
– Bilas dengan air hangat.

8. Lulur dari susu dan madu

Susu menjadi salah satu bahan yang mudah kita temukan untuk membuat kulit lebih putih secara alami dan aman. Susu memiliki banyak zat-zat yang berguna bagi kesehatan kulit, misalnya asam beta hydroxy alami, vitamin A, protein, asam laktat dan mengandung vitamin D yang bisa meningkatkan produksi kolagen. Ada juga vitamin B6 yang berguna untuk merawat dan menjaga kesehatan serta kelembapan kulit. Seperti yang kita tahu Girls, kulit kita memiliki kolagen dan membutuhkannya karena berfungsi untuk menjaga agar kulit tetap kenyal dan nggak mudah keriput. Kandungan laktosa dalam susu juga dapat membantu memutihkan dan mencerahkan kulit dengan aman. Coba deh, pakai masker dari susu.

Caranya:
– Campur 1 gelas susu segar dengan 4 sdm madu untuk melembapkan kulit.
– Oleskan pada tubuh sebagai lulur. Bisa juga kamu pakai sebagai masker wajah.
– Biarkan selama 30 menit.
– Bilas dengan air bersih.

9. Lulur dari kentang dan susu

Alternatif lain untuk memutihkan kulit secara aman dan alami adalah dengan kentang, Girls. Kandungan mineral pada kentang dapat menjadi antibiotik alami untuk memperlambat penuaan kulit dan juga membantu meregenerasi kulit. Kentang juga memiliki antioksidan alami yang dapat menghilangkan bekas luka, termasuk bekas luka akibat jerawat yang membuat kulit tampak kusam. Lalu, kamu bisa mencampurnya dengan susu yang dapat meningkatkan kolagen kulitmu. Oleh karena itu, kamu bisa deh memakai kentang dan susu untuk mencerahkan kulit tubuh maupun wajahmu.

Caranya:
– Rebus kentang, lalu tumbuk hingga halus.
– Campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta.
– Oleskan pada seluruh tubuh atau gunakan sebagai masker wajah.
– Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih

10. Lulur dari strawberry dan susu

Buah strawberry juga recommended banget kamu gunakan untuk memutihkan kulitmu, Girls. Nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam buah strawberry dipercaya bisa membuat kulit jadi lebih cerah, bercahaya, sehat dan cantik. Strawberry juga memiliki kandungan ellagic yang berguna untuk menghilangkan flek hitam pada kulit secara alami. Nah, dalam membuat lulur alami untuk memutihkan kulitmu, kamu bisa mencampur buah strawberry dengan susu.

Caranya:
– Haluskan buah strawberry.
– Campur dengan susu hingga mengental.
– Gunakan sebagai lulur atau masker wajah.
– Diamkan beberapa saat.
– Bilas dengan air bersih.

11. Lulur dari kunyit dan air mawar

Rempah berwarna kuning yang satu ini cukup efektif lho untuk memutihkan kulitmu dengan alami. Kunyit yang kaya akan antioksidan ini juga dapat melindungi kulit dari sinar UV (ultra violet) dan juga mencegah penuaan dini. Selain itu, kunyit juga mengandung kurkumin untuk melawan radikal bebas. Untuk memutihkan kulit secara aman, kombinasikan saja kunyit dan air mawar. Campuran keduanya, selain mencerahkan juga dapat menambah elastisitas sekaligus menghilangkan debu dan minyak pada kulit.

Caranya:
– Haluskan kunyit.
– Campurkan air mawar dan bubuk kunyit secukupnya dalam sebuah wadah, lalu aduk hingga rata.
– Setelah itu, aplikasikan pada kulit secara merata.
– Diamkan dulu selama 20 menit atau sampai mengering.
– Bilas menggunakan air bersih.

12. Lulur dari mentimun dan kunyit

Mentimun dikenal mengandung banyak mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran kulit. Mentimun juga mampu menghambat pigmentasi kulit sehingga kulit menjadi cerah dan bersih. Bahkan, mentimun juga menghilangkan lingkar mata hitam kamu lho Girls. Selain itu, kandungan vitamin E yang terdapat pada mentimun juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembut. Nah, salah satu sayuran yang terkenal dapat menghidrasi kulit dengan baik ini, bisa memutihkan kulitmu secara alami dengan dijadikan masker atau lulur dicampur dengan kunyit.

Caranya:
– Haluskan mentimun hingga berbentuk jus dengan blender.
– Campurkan dengan bubuk kunyit secukupnya hingga mengental dan berwarna pekat.
– Aplikasikan ke seluruh tubuh secara merata sambil digosok agar sel kulit mati ikut terkelupas. Bisa juga kamu aplikasikan ke wajahmu.
– Diamkan selama beberapa menit lal bilas menggunakan air hingga bersih.

Nah, itu dia tips memutihkan kulit yang alami ala HaiGadis. Yang pasti, kulit yang cantik itu bukan berarti memiliki warna kulit yang putih kok. Lebih baik, syukuri saja apa pun warna kulit kita. Kulit kita akan terlihat cerah jika bersih dan terawat, Girls. Semangat untuk tampil cantik, ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *