Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami Dan Aman

Cara mengecilkan pori-pori secara alami dan aman

4 bulan lalu

Perlu kalian ketahui, pori-pori wajah membesar karena mengikuti tipe kulit kalian, jika kalian berkulit pucat dan kering, pori-pori akan terlihat lebih kecil, namun jika kulit kalian gelap dan cenderung berminyak, pori-pori wajah kalian akan terlihat lebih besar, itu disebabkan adanya “folikel” rambut yang terbuka. Biasanya “folikel” mengandung kelenjar minyak sehingga pori-pori wajah akan membesar dan mengeluarkan minyak.

Makeup acap kali dijadikan senjata ampuh oleh perempuan untuk menutupi kekurangan pada wajah salah satunya adalah pori-pori wajah yang mebesar. Namun apakah kalian tau, kalau pemakaian makeup secara terus menerus bisa menjadi faktor membesarnya pori-pori.

Tapi tenang, banyak cara untuk menutupi pori-pori besar pada wajah kalian dengan cara rutin membersihkan wajah sebelum tidur dan pemakaian moisturizer secara teratur. Namun, pemakain moisturizer secara berlebihan juga tidak baik karena mengandung bahan-bahan kimia yang mungkin saja berbahaya untuk kulit kalian. Ingat pepatah “Banyak jalan menuju Roma” kan? begitu pula dengan cara untuk mengecilkan pori-pori, salah satu nya dengan pemakaian bahan secara alami. Selain aman dipakai jangka panjang, bahannya juga gampang di cari. Kira-kira bagaimanakah cara untuk membersihkan pori-pori secara alami dan aman? Yuk kita simak rangkumannya berikut.

1. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Es Batu

Photo via spafinder.com

Cara pertama yang mungkin kalian bisa coba adalah dengan menggunakan es batu. Es batu memiliki kandungan dingin yang dapat mengecilkan pori-pori wajah secara instan. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. kalian hanya perlu mengambil beberapa es batu yang kalian buat, lalu bungkus dengan handuk atau sapu tangan yang bersih, dan oleskan pada wajah selama 15 menit per hari nya. Niscaya, jika kalian rutin melakukan hal ini, pori-pori wajah kalian akan cepat mengecil.

2. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Madu

Cara mengecilkan pori-pori menggunakan madu

Photo via abc.net

Selain es batu, pemakaian madu sebagai masker wajah juga bisa dijadikan untuk mengecilkan pori-pori. Itu karena kandungan anti-oksidan pada madu dapat mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit me-regenerasi sel kulit baru sehingga pori-pori akan terlihat kecil. Pengaplikasiannya pun mudah, kalian hanya perlu meyiapkan 1 sendok makan madu, dan dioleskan pada wajah yang sudah dibersikah sebelumnya. Lalu, diamkan selama 30 menit agar madu sedikit mengering dan terserap dalam kulit. setelah 30 menit, bilas menggunakan air hangat atau air bersih mengalir.

3. Cara Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Kopi

Siapa disini yang menyukai kopi? Mengkonsumsi kopi secara berlebih memang tidak di anjurkan karena memiliki tingkat kafein yang tinggi. Tapi apakah kalian tau kalau kopi bisa dijadikan senjata ampuh untuk mengecilkan pori-pori? Kopi ternyata dapat mengecilkan pori-pori dengan dijadikan bahan scrub untuk wajah. Caranya pun sangat sederhana dan gampang. Kalian hanya perlu menyiapkan 1 sendok makan kopi lalu dicampurkan dengan 1 sendok makan gula dan di tambah sedikit air. Campur hingga terlihat seperti pasta. Setelah adonan jadi, gosokkan pada wajah secara rutin, hal tersebut akan menyebabkan sel kulit mati terangkat dan tentu pori-pori wajah akan terlihat kecil.

4. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Jeruk Nipis

Cara mengecilkan pori-pori menggunakan jeruk nipis

Photo via toopen.com

Kalian sudah tidak asing kan dengan buah yang memiliki rasa kecut ini? Ya, jeruk nipis yang rasanya masam ini kerap kali dijadikan pelengkap pada bumbu masakan. Namun, jeruk nipis ternyata memiliki fungsi lain, yaitu dalam dunia kecantikan. Buah satu ini ternyata dapat mengecilkan pori-pori pada wajah kalian. Vitamin C pada jeruk nipis dipercaya dapat menghilangkan sel kulit mati pada wajah, nah ini pula yang dapat dipercaya sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori. Kalian hanya perlu menyiapkan air perasan jeruk nipis ini secukupnya, lalu oleskan pada wajah secara merata lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan hal ini tiap harinya dan dapatkan kulit cantik bebas pori-pori.

5. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Kulit Jeruk

Bagi kalian yang suka mengkonsumsi jeruk karena banyak mengandung Vitamin C, itu bagus. Tapi saat mengupas kulit jeruk, kalian jangan langsung membuang kulit jeruk tersebut, karena ternyata kulit jeruk jauh lebih banyak mengandung Vitamin C yang bagus untuk kulit kita. Kulit jeruk juga mengandung anti-oksidan tinggi yang dapat menumbuhkan sel-sel kulit baru pada wajah sehingga pori-pori wajah akan mengecil. Kalian pasti bingung kan bagaimana cara pemakaian kulit jeruk ini pada wajah? Caranya memang sedikit lebih ribet, karena kalian perlu mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu.Lalu, tumbuk kulit jeruk hingga halus dan campurkan dengan air secukupnya agara menjadi seperti pasta untuk masker. Oleskan secara merata pada wajah, tunggu hingga kering selama 30 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat.

6. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Pepaya

Siapa yang tidak mengenal buah yang mempunyai rasa manis satu ini? Pepaya ternyata dapat diandalkan menjadi senjata mujarab untuk mengecilkan pori-pori pada wajah loh! Ini karena kandungan “papain” pada pepaya dapat membantu proses regenerasi sel kulit baru pada wajah sehingga kulit mati akan tersingkir, selain itu kandungan vit. A, C, E dan anti-oksidan pada pepaya dapat membersihkan kotoran yang hinggap pada wajah. Tidak perlu susah, kalian hanya perlu menumbuk daging buah pepaya sampai halus, lalu poleskan pada wajah yag sudah dibersihkan, diamkan selama 30 menit hingga kering, dan bilas menggunakan air hangat atau air dingin. Lakukan ini secara rutin tiap minggunya, dan wajah cerah tanpa pori-pori akan kalian dapatkan.

7. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Strawberry

Cara mengecilkan pori-pori menggunakan strawberry

Photo via

Buah strawberry yang banyak digemari semua kalangan dari anak-anak hingga orang tua ini ternyata bisa digunakan sebagai bahan untuk mengecilkan pori-pori. Kandungan “ellagic” pada strawberry ternyata dapat membasmi kulit mati sehingga secara otomatis pori-pori juga akan ikut mengecil. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menumbuk buah strawberry dengan halus, lalu ditambahkan dengan susu secukupnya diaduk hingga rata. Lalu oleskan pada wajah seperti pemakaian masker, tunggu hingga kering dan bilas dengan air dingin.

8. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Tomat

Jika berbicara tentang tomat, pasti kalian hanya berpikir bahwa tomat adalah bahan pelengkap untuk membuat sambal dan sering dijadikan hiasan untuk mempercantik tampilan makanan. Ternyata, tak hanya digunakan untuk mempercantik makanan, tomat juga dapat digunakan untuk mempercantik kulit wajah. Kandungan anti-oksidan pada tomat atau yang sering disebut dengan “lycopine” ternyata dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati karena terpapar radikal bebas atau debu tiap hari nya. Kalian bisa menumbuk halus tomat, dan memoleskannya pada wajah seperti masker. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

9. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Teh Hijau

Cara mengecilkan pori-pori menggunakan teh hijau

Photo via wayofhealth.nl

Selain baik untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga dikenal dengan khasiatnya untuk kecantikan kulit. Anti-oksidan yang tinggi pada teh hijau dipercaya dapat menghancurkan toxin pada tubuh. Hal itu berlaku juga pada kulit, tepatnya menghilangkan sel kulit mati pada wajah, dan pori-pori wajah pun akan senantiasa mengecil. Karena mendapatkan dauh teh hijau sangat sulit, kalian bisa menggunakan bubuk teh hijau yang kalian campurkan dengan air agar terlihat seperti masker, poleskan pada wajah secara merata dan tunggu hingga kering. Bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini paling tidak seminggu 2 kali.

10. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Air Rendaman Beras

Sebelum kalian menanak nasi, pasti kalian akan merendam beras terlebih dahulu. Setelah itu, kalian akan langsung membuang air sisa rendaman tersebut. Alangkah baiknya kalian jangan membuang air rendaman berasnya, karena air rendaman beras ternyata dapat membantu proses mengecilkan pori-pori pada wajah. Itu karena kandungan asam ferullic dan allantoin di percaya dapat mengecilkan pori-pori. Caranya, cukup dengan membiarkan air beras agar mengendap, lalu gunakan endapan tersebut sebagai masker pada wajah kalian.

11. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Alpukat

Ternyata banyak buah-buahan yang berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori, selain strawberry, jeruk nipis, dan pepaya, ternyata alpukat juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Kandungan “karontenoid” anti-oksidan, vit. E & C yang mempunyai fungsi untuk mencegah penuaan dini, dan membantu meregenerasi sel kulit baru sehingga pori-pori akan mengecil. Caranya juga sangat simple dan cepat, kalian hanya perlu mengaluskan buah apukat hingga terlihat seperti bubur. Pastikan kalian membersihkan wajah sebelum mengoleskan masker alpukat ini pada wajah kalian.

12. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Lobak Putih

Cara mengecilkan pori-pori menggunakan lobak putih

Photo via liderfresh.com

Kimchi dikenal sebagai makanan khas dari Korea. Terdapat banyak varian kimchi, salah satunya adalah kimchi dari lobak putih. Rasanya yang segar dengan tekstur yang renyah membuat makanan satu ini tidak bisa dilupakan. Tapi tau kah kalian, jika lobak putih juga bisa digunakan untuk mempercantik kulit wajah kalian. Vit. C, & B complex serta fosfor dan zinc pada lobak putih dipercaya mampu mengecilkan pori-pori serta dapat melembabkan wajah, sehingga wajah terlihat lebih segar dan sehat. Caranya, Kalian bisa mengiris tipi-tipis lobak dan sedikit di tumbuk agar keluar airnya, lalu tempelkan secara merata pada wajah. Tunggu selama 15 menit dan bilas wajah menggunakan air bersih.

13. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel yang biasanya di gunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, ternyata bisa juga digunakan sebagai alat jitu untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Kandungan asam pada cuka ini mampu untuk meregenerasi kulit sehingga sel kulit mati dapat tersingkir. Cara penggunaannnya, kalian hanya mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan segelas air, aduk hingga merata. Gunakan ramuan ini seperti toner, hanya celupkan kapas dan oleskan pada wajah.

14. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Lidah Buaya

Kalian pasti sudah tidak asing dengan produk Nature Republic dari Korea Selatan kan? Produk yang terbuat dari bahan dasar lidah buaya ini berfungsi untuk melembabkan wajah, mengecilkan pori-pori hingga dapat membasmi brutusan loh. Tapi, walaupun terbukti ampuh, olahan pabrik pasti terdapat zat kimia di dalamnya. Tenang, kalian bisa membuat Masker wajah ala Nature Republic sendiri yang 100% alami untuk jangka panjang. Caranya, ambil gel lidah buaya secukupnya, lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit hingga meresap ke dalam kulit. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air bersih.

15. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Kentang

Yang sedang melakukan diet ketat, pasti selalu mengkonsumsi kentang tiap harinya, entah itu untuk sarapan, makan siang, dan camilan malam. Itu karena, kentang memliki kandungan karbodirat lebih sedikit daripada nasi dan juga jauh lebih sehat. Selain itu, kentang juga bermanfaat untuk menyingkirkan sel kulit mati pada wajah. Antibiotik yang terkandung pada kentang dipercaya mampu untuk menumuhkan sel kulit baru, sehingga pori-pori wajah “authomatically” akan mengecil. Kalian hanya pelu menumbuk kentang yang dicampurkan dengan 2 sdm susu, lalu aduk rata. Tunggu sekitar 30 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih. Lakukan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

16. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Bengkoang

Bengkoang memang sering digunakan untuk bahan kecantikan, dari lulur hingga lotion. Vit.B dan C pada bengkoang dapat meminimalisir banyaknya sel kulit mati pada wajah. Sehingga pori-pori wajah tidak akan membesar, selain itu bengkoang juga dipercaya mampu untuk membuat kulit menjadi semakin cerah dan putih. Jika produk kecantikan dengan bahan dasar bengkoang ini terjaul mahal dipasaran, kalian tidak perlu khawatir. Kalian bisa membuat ini sendiri di rumah, dengan bahan yang simple dan cepat. Kalian hanya perlu mengiris bengkoang tipi-tipis, dan peras bengkoang hingga mengeluarkan sari nya. Nah sari air dari bengkoang ini digunakan sebagai masker dengan cara mengoleskannya pada wajah. Tunggu hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.

17. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Putih Telur

Cara mengecilkan pori-pori menggunakan putih telur

Photo via backyardchickencoops.com.au

Telur yang biasanya digoreng ceplok dan di jadikan dadar memang terasa gurih. Namun, jika di konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan timbulnya jerawat. Tapi taukah kalian kalau Putih telur mentah bisa digunakan sebagai masker wajah agar wajah telihat lembab, segar dan dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Untuk membuat masker dari putih telor ini sangatlah mudah, kalian hanya oerlu mengambil telur bagian putihnya saja. Untuk menghindari bau amis pada telur, kalian bisa menambahkan perasan jeruk nipis, lalu aduk hingga tercampur. Oleskan pada wajah secara merata, tunggu hingga kering lalu bilas menggunakan air hangat. Setidaknya lakukan ini sekali dalam satu minggu.

18. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Mentimun

Mentimun yang sering digunakan sebagai bahan kecantikan memang sudah tidak bisa diragukan lagi khasiatnya. Kandungan mineral pada mentimun dapat menyegarkan wajah, sehingga kulit wajah terlihat lebih sehat. Selain itu, mentimun juga dipercaya dapat membuat pori-pori wajah mengecil. Kalian bisa mengiris tipis mentimun, dan tempelkan pada wajah. Diamkan hingga 30 menit. Kemudian, bersihkan wajah menggunakan air bersih.

19. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Minyak Zaitun

Cara mengecilkan pori-pori menggunakan minyak zaitun

Photo via fashionsfinest.com

Selain digunakan untuk massage, minyak zaitun juga ternyata dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Zat linoleic acid pada minyak zaitun dapat menyeimbangkan kadar air yang terkandung pada wajah, sehingga wajah tidak akan mudah kering. Selain itu, minyak zaitun juga mempunyai kandungan anti-oksidan untuk mengurangi sel kulit mati, sehingga pori-pori pada wajah dapat mengecil. Pengaplikasiannya pada wajah sangan mudah, hanya dengan mencampurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdm madu, dan oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan masker mengering selama 15 menit, setelah itu bilas menggunakan air hangat.

20. Mengecilkan Pori-Pori Menggunakan Pisang

Pisang juga dapat digunakan sebagai masker kecantikan pada wajah. Kandungan vitamin C pada pisang berfungsi untuk memutihkan wajah dan mengangkat sel kulit mati pada wajah, sehingga tumbuhnya sel kulit baru membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Untuk membuat masker dari bahan dasar pisang ini tidaklah susah. Hanya tumbuk pisang hingga halus dan campurkan dengan 1 sdm madu, lalu aduk hingga rata. Kemudian, oleskan merata pada wajah, tunggu hingga masker kering. Ingat bilas wajah menggunakan air bersih.

Nah itulah 20 cara menggunakan bahan yang bisa kamu gunakan mengecilkan pori-pori pada wajah secara alami dan aman. Penggunaan bahan alami tidak akan memberikan efek yang instan, jadi kalian harus rutin melalukannya agar mendapatkan hasil yang bagus sehingga bisa tampil percaya diri tanpa harus terbebani masalah pori-pori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *