16 Rekomendasi Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

2 minggu, by Hai Gadis

Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Sebenarnya di kulit wajah kita memang terdapat pori-pori, tetapi jadi terasa bermasalah dan mengganggu penampilan saat pori-pori tersebut terlihat terlalu besar. Pori-pori  bisa dikatakan berukuran besar atau terbuka apabila lebih besar dari folikel rambut rata-rata. Biasanya pori-pori yang terbuka ini terdapat di area sekitar pipi dan hidung. Tentunya, masalah pori-pori besar bisa ditangani dengan produk perawatan wajah alias skincare untuk mengecilkan pori-pori. Namun sebelum itu, kamu perlu tahu dulu nih Girls penyebab pori-porimu bisa terbuka dan membesar.

Table of Contents

Penyebab pori-pori besar / terbuka

Pori-pori sebenarnya menjadi lubang yang berfungsi untuk mengeluarkan keringat dan sebum. Namun yang menyebabkannya besar adalah hal-hal berikut ini.

a. Produksi sebum yang berlebihan

Jika sebum diproduksi secara berlebihan, maka pori-pori jadi lebih lebar untuk mengeluarkan sebum tersebut.

b. Pori-pori tersumbat oleh kotoran, sebum, dan sel kulit mati

Selain itu, pori-pori besar juga bisa disebabkan oleh tersumbatnya pori oleh kotoran, sebum, dan sel kulit mati yang menyebabkan tampilan pori lebih terlihat.

Secara umum, penyebab pori-pori besar adalah kedua hal tersebut. Namun yang memicunya bisa akibat faktor genetik di mana seseorang bisa saja memang kulitnya cenderung lebih aktif memproduksi sebum. Kemudian bisa juga dipicu oleh perubahan hormon, misalnya yang terjadi pada ibu hamil.

Selain itu, pemicu lainnya adalah paparan sinar matahari yang menyebabkan kulit mengalami penebalan sehingga pori-pori pun jadi lebih besar. Kemudian, penuaan juga menjadi kondisi pemicu pelebaran pori-pori karena kulit kehilangan kekencangan akibat produksi kolagen dan elastin menurun.

Salah satu cara mengatasi pori-pori yang terbuka lebar adalah dengan penggunaan skincare pengecil pori-pori. Namun, memilih skincare tersebut nggak bisa kamu lakukan asal-asalan. Simak dulu deh tips berikut ini.

Tips memilih skincare untuk mengecilkan pori-pori

a. Pilih skincare dengan bahan-bahan yang mampu membersihkan pori-pori

Tips memilih skincare pengecil pori-pori yang pertama adalah pertimbangkan bahan yang mampu membersihkan pori-pori untuk menghilangkan penumpukan kotoran, sel kulit mati, dan sebum. Baik untuk produk facial wash, toner, serum, maupun masker. Misalnya adalah bahan-bahan seperti activated charcoal, kaolin, glycolic acid, maupun salicylic acid.

b. Pertimbangkan kandungan skincare yang mampu mengendalikan produksi sebum

Mungkin masalah utama pada wajahmu adalah pori-pori kulit yang terbuka. Namun, perlu pertimbangkan juga penyebabnya, apakah karena produksi sebum berlebihan atau karena penumpukan sel kulit mati dan kotoran. Untuk membersihkan pori-pori tersumbat dan mengendalikan minyak, kamu bisa memilih skincare yang mengandung AHA, BHA, zinc maupun salicylic acid. Lalu untuk mengecilkan tampilan pori, kamu bisa memilih skincare yang ada kandungan niacinamide.

c. Pilih skincare yang formulanya non-comedogenic dan non-acnegenic

Pori-pori yang terbuka sangat berisiko mengalami masalah komedo dan jerawat. Lapisan minyak berlebihan bisa menyebabkan akumulasi kotoran dan sebum sehingga mempermudah pori menjadi akses keluar masuk bakteri. Untuk itu, pilihlah produk skincare yang bersifat non-comedogenic dan non-acnegenic.

d. Pilih produk yang formulanya bebas minyak

Salah satu penyebab pori-pori besar adalah kelebihan produksi minyak. Untuk itu, sebaiknya kamu memilih produk skincare yang formulanya bebas minyak agar nggak memperparah keadaan kulitmu.

e. Pilih produk yang tetap melembapkan kulit

Meski ada masalah pori-pori besar, tetap saja kulitmu butuh untuk terhidrasi dan terlembapkan dengan baik. Untuk itu, jangan lupa juga pertimbangkan kandungan pelembap dalam suatu produk skincare, ya. Misalnya adalah kandungan Aloe vera, hyaluronic acid, vitamin C, ceramide, dan lain sebagainya.

Kalau sudah tahu tips memilih skincare pengecil pori-pori di atas, kini kamu nggak perlu bingung lagi. Berikut ini ada rekomendasi produk-produknya khusus buat kamu kok.

Rekomendasi skincare untuk mengecilkan pori-pori

Facial wash untuk mengecilkan pori-pori

1. Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash

Photo via lazada.co.id

Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash juga termasuk skincare pengecil pori-pori berupa facial wash yang recommended untuk kamu nih. Face wash sekaligus mild exfoliator ini mampu membersihkan sel-sel kulit mati dengan lembut, mengangkat kotoran, dan mengangkat minyak berlebih yang menyumbat pori. Selain itu, produk dari Hada Labo ini juga bisa mengatasi kulit kusam dan merawat kulit agar lebih lembut serta cerah.

Kalau dari segi kandungan sih ada butylene glycol, salicylic acid, glycolic acid, dan lain sebagainya. Dengan pemakaian teratur, pori-pori wajah bakalan bersih dan lebih ringkas deh. Produk ini pun nggak mengandung alkohol, pewangi, pewarna, dan mineral oil kok. Kamu bisa membelinya seharga Rp 35.000-an saja untuk kemasan 50 gram.

2. Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam

Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Photo via shopee.co.id

Buat kamu yang punya masalah pori-pori besar, kamu juga bisa memakai produk skincare pengecil pori-pori yang satu ini. Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam merupakan pembersih wajah berbentuk busa yang mengandung Jeju scoria vulkanik dan bermanfaat untuk menyerap sebum serta membersihkan pori-pori. Kandungan ini juga mampu membuat kulit tampak lebih cerah lho.

Selain itu, produk ini bisa merawat pori-porimu agar lebih ringkas. Oh ya, kadar pH dari sabun pembersih wajah ini pun menyerupai tubuh manusia kok sehingga nggak bikin iritasi. Kamu bisa membelinya seharga Rp 120.000,- untuk kemasan 150 ml.

Toner untuk mengecilkan pori-pori

3. L’Oreal Paris Revitalift Laser X3 Power Water

Photo via loreal-paris.co.id

Yang selanjutnya, ada produk toner dari L’Oreal Paris sebagai skincare pengecil pori-pori dan cocok digunakan untuk kulit dengan masalah penuaan. L’Oreal Paris Revitalift Laser X3 Power Water ini memiliki klaim untuk memberi 3 aksi manfaat pada kulit lho. Dimulai dari recharge hydration untuk membuat kulit tampak lembap, replump untuk membuat kulit lebih kenyal dan elastis, serta refine untuk mengecilkan pori.

Dengan kemasan botol plastik yang desainnya elegan, toner ini memiliki tekstur yang agak kental, nggak berwarna, dan memiliki aroma manis. Kamu perlu menunggu beberapa saat agar produk bisa  meresap dengan baik ke kulitmu. Untuk kandungannya sendiri produk ini memiliki Pro-Xylene sebagai anti-aging. Selain itu juga paraben free dan sulfate free kok. Kamu bisa memakainya setiap hari setelah membersihkan wajah dan sebelum memakai essence atau serum. Kamu bisa membelinya seharga Rp 100.000-an sampai Rp 180.000-an untuk ukuran botol 175 ml.

4. Emina Witch Power Face Toner

Photo via eminacosmetics.com

Selanjutnya, ada Emina Witch Power Face Toner yang juga termasuk dalam skincare untuk mengecilkan pori-pori. Toner ini recommended lho buat remaja, terutama yang memiliki tipe kulit berminyak. Kandungannya sendiri ada zinc gluconate sebagai sebum regulator untuk mengontrol produksi minyak berlebih di wajah.

Kemudian ada juga ekstrak Witch hazel yang bermanfaat sebagai antiinflamasi. Cocok juga nih buat kamu yang punya masalah jerawat. Toner ini bisa menyegarkan kulitmu dengan formula yang bebas alkohol kok. Lalu yang terpenting, bisa melembapkan kulitmu sekaligus meringkas pori-pori. Kamu bisa menggunakannya setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan rangkaian skincare berikutnya. Harga Emina Witch Power Face Toner terjangkau abis lho, yaitu hanya Rp 27.500,-.

Essence untuk mengecilkan pori-pori

5. Etude House Wonder Pore Tightening Essence

Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Photo via
beautykoreabox.com

Selain toner, ada juga produk essence sebagai skincare pengecil pori-pori dan recommended untuk kamu, yaitu Etude House Wonder Pore Tightening Essence. Produk ini memang dipercaya mampu memperbaiki berbagai masalah pada pori-pori wajah. Mulai dari membersihkan pori, melembapkan, mengecilkan, merawat pori, mengangkat sel kulit mati, dan lain sebagainya.

Kalau dari segi kandungan ada mint vinegar untuk mengembalikan elastisitas kulit sehingga akan terasa lebih kencang. Kemudian ada juga kandungan pelembap seperti Ginkgo biloba leaf extract, Arnica montana flower extract, Artemisia absinthium extract, Achillea millefolium extract, dan Gentiana lutea root extract. Kulitmu bakalan lebih lembut, kenyal, dan elastis dengan pemakaian teratur. Untuk kemasan 50 ml, kamu bisa membelinya dengan harga Rp 225.000-an.

6. First Lab Probiotic Pore Tightening Essence

Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Photo via shopee.co.id

Rekomendasi skincare untuk mengecilkan pori-pori kali ini ada First Lab Probiotic Pore Tightening Essence. Essence ini mengandung probiotik yang mampu mengecilkan pori-pori wajahmu dan membantu kulit untuk melawan pengaruh buruk radikal bebas. Produk ini akan mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan membersihkan minyak yang menyumbat sehingga pori-pori lebih ringkas.

Selain bahan probiotik berupa Lactobacillus ferment lysate, ada juga kandungan minyak atsiri / tea tree untuk mengontrol minyak berlebih dan bermanfaat sebagai antibakteri. Lalu ada juga ekstrak ganggang hijau yang berperan sebagai antioksidan. Kamu bisa menggunakannya setelah memakai toner. Caranya, tuangkan secukupnya pada telapak tangan, kemudian aplikasikan ke wajah. Dengan essence 30 ml, kamu bisa membelinya seharga Rp 300.000-an.

Serum untuk mengecilkan pori-pori

7. Kiehl’s Precision Lifting & Pore Tightening Concentrate

Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Photo via kiehls.co.id

Untuk kamu yang punya masalah pori-pori besar, skincare pengecil pori-pori kali ini adalah Kiehl’s Precision Lifting and Pore Tightening Concentrate. Berupa serum, produk yang satu ini merupakan konsentrat yang memiliki kandungan kombinasi dari micro-filtered yeast extract dan geranium essential oil.

Manfaatnya adalah meningkatkan elastisitas dan kekecangan kulit. Selain itu juga membuat kulitmu lebih halus dengan pori-pori yang mengecil. Kamu bisa menggunakan serum ini sebelum menggunakan pelembap. Oh ya, produk dari Kiehl’s ini recommended untuk kamu yang punya masalah pori besar sekaligus penuaan. Sayangnya, harga produk ini agak pricey, yaitu Rp 1.110.000,- untuk kemasan ukuran 50 ml.

8. Nacific Fresh Herb Origin Serum

Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Photo via tokopedia.com

Kali ini, ada produk asal Korea Selatan yang juga termasuk skincare untuk mengecilkan pori-pori nih, Girls. Nacific Fresh Herb Origin Serum menjadi serum wajah yang mengandung berbagai bahan alami untuk merawat kulitmu. Ada kandungan Aloe barbadensis leaf water, Aspalathus linearis extract, Helianthus annuus seed oil, hydrogenated palm oil, dan beragam bahan alami lainnya.

Untuk manfaatnya sendiri adalah meminimalkan tampilan pori-pori besar dan kerutan halus di wajah. Selain itu, serum ini juga mampu melembakan dan menghaluskan kulitmu lho. Bahkan ada klaim antioxidant patented ingredients yang baik untuk merangsang produksi kolagen. Dengan efek tingling alias menggelitik di kulit saat dipakai, serum dari Nacific ini non-comedogenic kok. Kamu bisa menggunakannya di pagi dan malam hari sebelum memakai moisturizer. Nacific Fresh Herb Origin Serum dijual Rp 200.000-an untuk kemasan 160 gram.

9. Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Photo via wardahbeauty.com

Mau serum yang harganya terjangkau dan bisa mengecilkan pori-pori? Coba saja Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum ini. Skincare untuk mengecilkan pori-pori yang satu ini merupakan produk serum berkonsentrasi tinggi yang memiliki kandungan seaweed extract dan witch hazel extract. Manfaatnya adalah melembapkan, membersihkan, sekaligus meringkas pori.

Serum ini cocok banget deh buat remaja yang punya kulit normal hingga berminyak, maupun kombinasi. Kemasannya mungil berisi serum 5 ml. Kamu bisa membelinya seharga Rp 49.000-an dan akan mendapatkan 5 buah botol serum 5 ml-an.

Moisturizer untuk mengecilkan pori-pori

10. La Tulipe Pore Refining Moisturizer Gel

Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Photo via latulipe-id.com

Kalau kamu mencari produk pelembap untuk mengecilkan pori, ada La Tulipe Pore Refining Moisturizer Gel nih, Girls. Produk ini sangat recommended buat semua jenis kulit, terutama kulit berminyak. Kandungannya sendiri ada kombinasi squalane dan Chamomilia recutita flower extract yang bisa membantu menjaga kelembapan kulitmu.

Kemudian ada juga kandungan Rosa multiflora (rose) fruit extract yang bisa meringkas pori-pori agar tampak lebih halus. Wajahmu juga bakalan tampak segar deh. Kamu bisa membeli produk lokal ini seharga Rp 40.000-an, ya.

11. The Body Shop Tea Tree Pore Minimiser

Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Photo via thebodyshop.co.id

The Body Shop Tea Tree Pore Minimiser juga termasuk skincare pengecil pori-pori berupa pelembap atau moisturizer lho. Selain sebagai pelembap, kamu juga bisa menggunakannya sebagai base makeup kok. Produk ini bisa membuat tampilan kulit wajahmu lebih smooth dan matte dengan pori-pori yang mengecil.

Soal kandungan, ada Community Trade tea tree oil dari Kenya. Kemudian, produk ini juga 100% vegan. Kamu bisa membelinya seharga Rp 259.000-an ya, Girls.

Masker clay untuk mengecilkan pori-pori

12. GlamGlow Supermud Clearing Treatment

Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Photo via shopee.co.id

Rekomendasi skincare untuk mengecilkan pori-pori kali ini ada clay mask, yaitu GlamGlow Supermud Clearing Treatment. Masker yang satu ini bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah, mengatasi bekas jerawat, menghilangkan komedo, dan juga menghilangkan rambut halus di wajah. Kalau kamu punya masalah kulit berminyak dan berjerawat pun bisa teratasi kok dengan produk ini.

Untuk kandungannya sendiri ada activated charcoal untuk mendetoks kulit wajahmu. Kemudian ada juga kaolin, minyak eucalyptus sebagai antibakteri, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengaplikasikan masker ini seminggu sekali selama 20-30 menit pada wajah yang sudah dibersihkan. Setelah itu, tinggal bilas deh. Untuk kemasan tube, masker ini dijual seharga Rp 200.000-an.

13. Laneige Mini Pore Waterclay Mask

Photo via laneige.com

Laneige Mini Pore Waterclay Mask juga termasuk masker clay untuk mengecilkan pori-pori pada wajahmu nih. Namun, masker ini berbentuk gel sehingga teksturnya lembut abis. Selain sebagai skincare pengecil pori-pori, masker dari Laneige ini juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah timbulnya jerawat.

Untuk kandungannya sendiri, masker ini dibuat dengan mineral mud dari pulau yang memiliki lumpur dengan lingkungan murni dan belum tersentuh apa pun. Lumpur alami ini mampu membantu menyerap sebum berlebih di wajah dengan partikel-partikelnya. Selain itu juga bisa membantu mengangkat komedo dan mengecilkan pori-pori.

Kamu bisa menggunakannya 1-2 kali seminggu. Setelah membersihkan wajah, gunakan handuk hangat untuk mengusap wajahmu agar pori-pori bisa terbuka. Setelah itu, aplikasikan deh masker di area wajah kecuali mulut dan mata. Tunggu beberapa menit dan bilas deh. Harga masker berukuran 70 ml ini adalah Rp 360.000,-.

Sheet mask untuk mengecilkan pori-pori

14. Garnier Black Serum Mask Pure Charcoal Black Algae

Photo via garnier.co.id

Skincare untuk mengecilkan pori-pori berikutnya adalah Garnier Black Serum Mask Pure Charcoal Black Algae. Sheet mask yang satu ini diformulasikan untuk mengatasi masalah pori-pori yang membesar dan tersumbat. Kandungannya sendiri ada charcoal yang mampu menyerap dan membersihkan kotoran pada wajah secara menyeluruh.

Kemudian ada juga ekstrak black algae untuk menyamarkan pori-porimu agar lebih kecil. Selain itu, ada pula LHA dan hyaluronic acid untuk mencerahka serta melembapkan kulit. Kamu bisa memakai poduk ini setelah cuci muka dengan bagian lapisan biru di luar. Kemudian lepas lapisan biru dan tunggu 15 menitan. Harga masker ini hanya Rp 19.000-an lho.

15. SNP Charcoal Mineral Black Ampoule Mask

Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Photo via shopee.co.id

Skincare pengecil pori-pori kali ini juga merupakan produk sheet mask dari SNP, yaitu Charcoal Mineral Black Ampoule  Mask. Sheet mask yang satu ini memang diformulasikan untuk mengecilkan pori lho. Kandungannya sendiri ada air mineral, serbuk arang, asam hyaluronat, ekstrak kulit chestnut, ekstrak Caulerpa lentilifera, dan lain sebagainya.

Manfaat dari masker ini nggak hanya mengencangkan pori-pori, tapi juga melembapkan wajah, mengontrol kadar minyak di wajah, dan juga membersihkan wajahmu dengan baik. Cocok abis deh untuk mendetoks kulit wajahmu. Kamu bisa memakai masker ini setelah membersihkan muka selama 15 – 20 menit saja, ya. Harga masker ini Rp 40.000-an.

Masker peel-off untuk mengecilkan pori-pori

16. Mustika Ratu Peel Off Mask Bamboo Charcoal

Skincare Untuk Mengecilkan Pori-Pori

Photo via mustikaratuonline.com

Selanjutnya, ada skincare pengecil pori-pori berupa produk peel-off mask, yaitu Mustika Ratu Peel Off Mask  Bamboo Charcoal. Produk yang satu ini bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dari kotoran dan juga membantu  mengatasi minyak berlebih oleh kandungan bamboo charcoal-nya. Selain itu, ada juga kandungan kolagen yang dapat meningkatkan kekenyalan kulit.

Nggak hanya itu, masker yang satu ini pun mengandung moringa seed extract sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat polusi. Masalah jerawat dan komedo pun bisa teratasi. Pori-pori yang tampak besar juga bisa mengecil deh. Kamu bisa mengaplikasikan masker ini ke area wajah, tunggu hingga kering, lalu kelupas deh. Harga produk ini hanya Rp 28.100 lho.

Nah, itulah produk-produk skincare untuk mengecilkan pori-pori mulai dari facial wash, toner, essence, serum, moisturizer, hingga aneka jenis masker yang recommended buat kamu. Jangan lupa untuk digunakan secara teratur supaya perawatan wajahmu bisa maksimal, ya. Kira-kira ada nggak nih produk yang jadi holygrail-mu?

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *