4 Rekomendasi Skincare Series Untuk Remaja

1 bulan, by Hai Gadis

Skincare Series Untuk Remaja

Melakukan perawatan kulit wajah nggak hanya perlu dilakukan saat kamu dewasa saja, Girls. Dimulai dari usia remaja, kamu bisa kok melakukan perawatan wajah menggunakan skincare. Apalagi, di masa remaja, kulit sedang rentan mengalami masalah karena kamu sedang di tahap perubahan hormonal. Belum lagi, kamu juga lebih aktif dan banyak beraktivitasi di luar ruangan sehingga mudah terkena paparan sinar matahari, kotoran, debu, dan polusi. Seringkali masalah kulit yang dialami remaja adalah kulit berminyak, jerawat, kulit kering, hingga kusam. Untuk itu, penting sekali menggunakan produk skincare series untuk remaja yang berisi beberapa macam rangkaian produk perawatan wajah.

Namun, memilih rangkaian skincare untuk remaja nggak bisa kamu lakukan sembarangan. Bisa-bisa kulitmu malah jadi bermasalah. Apalagi kamu masih pemula, sehingga memilih skincare juga harus mempertimbangkan beberapa hal. Simak yuk hal-hal yang perlu diperhatikan berikut ini.

Tips memilih skincare untuk remaja

a. Kenali jenis kulitmu

Yang pertama, kamu perlu mengetahui dulu Girls jenis kulitmu. Apakah normal, kering, berminyak, kombinasi, atau justru sensitif? Soalnya hal ini berpengaruh banget dalam pemilihan produk skincare. Kalau kamu ingin tahu cara mengetahui jenis kulitmu, baca deh ulasan di sini.

b. Ketahui permasalahan kulitmu

Setelah mengetahui jenis kulit, kamu juga perlu tahu permasalahan kulitmu sebelum memilih skincare series untuk remaja. Misalnya saja kamu memiliki masalah jerawat dan minyak berlebih, maka bisa pilih produk yang khusus untuk mengatasi jerawat. Jika kamu punya masalah kulit kusam, kamu bisa memilih produk yang memang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Lalu jika kulitmu memiliki masalah kering hingga pecah-pecah, pilih saja rangkaian skincare yang bisa melembapkan kulit. Dengan begini, skincare-mu akan berfungsi lebih efektif deh.

c. Beli produk skincare basic dulu

Kalau kamu adalah pemula dalam menggunakan skincare, memakai rangkaian produk secara lengkap seperti urutan skincare ala Korea belum perlu kok, Girls. Justru setidaknya kamu harus menggunakan produk-produk basic dulu. Hal ini supaya kulit wajah kamu bisa melakukan penyesuaian dan kamu juga bisa belajar menggunakan produk skincare secara konsisten.

Percuma ‘kan punya produk skincare lengkap tapi malas menggunakannya? Produk skincare basic yang bisa kamu gunakan antara lain pembersih wajah, toner, pelembap, lip balm, dan sunscreen.

d. Pilih produk skincare sesuai umur

Kamu perlu tahu dulu Girls kalau usia remaja itu antara 11 sampai 20 tahun. Usia 11 – 14 tahun adalah masa remaja awal, usia 14 – 17 tahun adalah masa remaja pertengahan, dan usia 17 – 20 tahun adalah usia remaja akhir menuju dewasa awal. Tentunya, di rentang usia yang berbeda, kondisi kulit juga akan berbeda.

Sesuai dengan poin sebelumya, kamu belum perlu kok memakai produk skincare secara lengkap, apalagi jika kamu masih berada di usia remaja awal dan pertengahan. Untuk itu, simak yuk ulasan berikut ini supaya kamu tahu kapan harus memakai suatu produk skincare:

  • Sunscreen (tabir surya)
    Sunscreen adalah skincare wajib tanpa batasan usia. Kamu bahkan perlu memakainya mulai dari usia anak-anak. Untuk remaja apalagi yang belum pernah menggunakan skincare, sebaiknya pilih sunscreen dengan jenis physical sunscreen (sunblock) karena lebih aman dari risiko iritasi. Namun, kamu tetap bisa kok memakai chemical sunscreen asal nggak menimbulkan iritasi di kulit. Nah, dalam memilih sunscreen pun, pilih produk yang bisa melindungi dari UVA dan UVB, ya. Bukan hanya melindungi dari UVB saja.
  • Scrub (produk eksfoliasi)
    Kalau produk eksfoliasi, di usia remaja kamu sudah bisa memakainya kok, Girls. Apalagi seringnya beraktivitas di luar ruangan bikin kulit wajah jadi kusam karena penumpukan sel kulit mati dan kotoran. Kamu sudah boleh memakai produk eksfoliasi seperti scrub. Namun, jangan gunakan produk eksfoliasi yang mengandung acid seperti AHA, BHA, atau PHA dulu, ya. Soalnya sifat acid tersebut berisiko mengiritasi kulit.
  • Serum dan essence
    Di usia remaja awal dan pertengahan, kamu nggak dianjurkan pakai produk serum atau essence dulu ya, Girls. Hal ini karena produk serum maupun essence biasanya mengandung bahan aktif lebih banyak dibanding produk seperti pelembap, sehingga kulitmu bisa rentan iritasi kalau nggak cocok. Sebaiknya, mulai gunakan serum di usia 17 tahun ke atas atau susia 20 tahun ke atas, ya.
  • Toner
    Kalau produk toner, mulai dari usia remaja awal sudah boleh-boleh saja kok memakainya. Apalagi toner ini bisa melembapkan dan menutrisi kulitmu setelah membersihkan wajah memakai facial wash.
  • Lip balm
    Untuk perawatan bibir, kamu di usia remaja sudah boleh kok memakai lip balm untuk melindungi bibir agar nggak kering maupun teriritasi.
  • Produk anti-aging
    Di usia remaja, sebaiknya kamu jangan memakai skincare untuk anti-aging dulu, Girls. Namun, memakai skincare anti-aging juga nggak boleh terlambat. Setidaknya d atas usia 20 tahun, kamu sudah bisa mulai memakai skincare anti-aging sesuai usia tersebut.
  • Masker
    Kalau masker, boleh nggak ya digunakan oleh remaja? Tentunya boleh kok Girls. Asalkan kamu memilihnya sesuai permasalahan kulit dan memang produk tersebut dikhususkan buat remaja, ya. Selain itu, memakai masker pastinya nggak bisa setiap hari. Kamu harus menggunakannya sesuai aturan maupun jenis maskernya.

e. Beli produk sesuai budget

Usia remaja biasanya kamu masih sekolah atau kuliah, dan belum bekerja, ‘kan? Kalau buat membeli rangkaian skincare untuk remaja yang harganya mahal pasti akan terasa berat. Mending, kamu beli produk sesuai dengan budget dan kemampuanmu dulu, Girls.

Hal ini supaya kamu bisa menggunakan skincare secara rutin. Kebayang ‘kan kalau produk yang kamu beli terlalu mahal dan kamu nggak bisa memakainya secara continue saat produk yang kamu gunakan habis? Kulit kamu bisa-bisa malah bermasalah lagi.

f. Segera ganti produk skincare jika kamu mengalami masalah

Mungkin nggak semua produk skincare bisa cocok di kulitmu lho. Dan hal ini nggak bisa terlihat secara cepat. Jika kamu mengalami reaksi tertentu saat menggunakan produk skincare, segera hentikan pemakaian dan cari produk yang lebih cocok, ya. Disarankan sih kamu menggunakan produk yang bahan-bahannya safe supaya lebih aman.

Itulah beberapa tips memilih skincare pada remaja alias pemula. Jadi, jangan sembarangan ya, Girls. Oh ya, Hai Gadis di sini punya rekomendasi skincare series untuk remaja khusus buat kamu lho. Simak, yuk!

Rekomendasi rangkaian skincare untuk remaja

1. Emina Bright Stuff

Untuk mencerahkan dan melembapkan kulit

Rangkaian skincare untuk remaja yang pertama adalah Emina Bright Stuff. Seperti yang kamu tahu, Emina memang terkenal dengan skincare-nya yang cocok buat remaja. Harganya pun terjangkau dan ramah di kantung anak sekolah. Salah satu rangkaian skincare dari Emina yang bisa kamu gunakan adalah Emina Bright Stuff.

Dari segi kemasan, Emina Bright Stuff memang dominan warna pink dan cute abis. Menggambarkan remaja banget deh. Dalam rangkaian Emina Bright Stuff Series ini, kandungan utama berbagai produk skincare-nya adalah ekstrak buah summer plum yang bisa mencerahkan kulit dan membuat kulit tampak lebih bercahaya.

Buah summer plum juga kaya akan antioksidan yang mempercepat regenerasi kulit lho. Kamu juga nggak perlu khawatir kulit jadi kering karena kandungan ini bisa menjaga kulit tetap segar dan meningkatkan kelembapannya. Nah, dalam Emina Bright Stuff Series ini, ada beberapa produk yang bisa kamu gunakan, Girls.

Emina Micellar Water Drop Cleanser Bright Stuff

Skincare series untuk remaja

Photo via eminacosmetics.com

Emina Micellar Water Drop Cleanser Bright Stuff termasuk dalam skincare series untuk remaja dari Emina. Dengan kandungan ekstrak summer plum, produk ini mampu membersihkan makeup dan kotoran dengan baik. Makeup waterproof juga gampang banget lho terangkat dengan lembut. Harga produk ini sekitar Rp 32.500,-.

Emina Bright Stuff Face Wash

Skincare series untuk remaja

Photo via eminacosmetics.com

Nah, kalau yang satu ini sih produk facial wash. Kandungannya adalah ekstrak summer plum dan vitamin B yang mampu membersihkan kotoran, menghilangkan kulit kusam, serta menjaga kelembapan kulitmu. Harga produk ini Rp 16.000,-.

Emina The Bright Stuff Face Toner

Skincare series untuk remaja

Photo via eminacosmetics.com

Selanjutnya ada Emina The Bright Stuff Face Toner yang mengandung vitamin B3 dan bermanfaat untuk menyegarkan serta mencerahkan kulit serta tidak mengandung alkohol. Harga toner ini sekitar Rp 26.000,-.

Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

Photo via eminacosmetics.com

Emina Bright Stuff Moisturizing Cream memiliki kandungan ekstrak summer plum dan vitamin E. Selain itu juga diperkaya dengan perlindungan UVA dan UVB untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Oh ya, produk ini bisa melembapkan dengan hasil akhir matte. Harganya Rp 23.500,-.

Emina Bright Stuff Essence Sheet Mask

Skincare series untuk remaja

Photo via eminacosmetics.com

Emina Bright Stuff juga ada produk sheet mask-nya lho. Kandungan dari sheet mask ini adalah ekstrak summer plum dan vitamin B3 yang membuat wajah lebih cerah serta glowing karena terlembapkan. Kulitmu juga akan terasa halus dan kenyal. Kalau untuk lembaran maskernya terbuat dari bahan tencel facial mask yang ramah lingkungan dan lembut. Harga produk ini hanya Rp 14.500,-.

2. Wardah Acnederm Series

Untuk mengatasi masalah jerawat

Wardah Acnederm Series merupakan rangkaian skincare untuk remaja yang efektif dan ampuh mengatasi masalah jerawat. Rangkaian produk dari series ini pastinya dibuat dengan formula untuk membunuh jerawat dan mengatasi komedo. Ada beberapa produk yang bisa kamu gunakan lho.

Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser

Photo via wardahbeauty.com

Pemberisih wajah yang satu ini mengandung formulasi Derma Cleanser Actives dan salicylic acid. Manfaatnya adlaah membersihkan debu dan kotoran, mengurangi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, serta menghidrasi kulit wajah. Harga produk ini sekitar Rp 24.000-an.

Wardah Acnederm Pore Refining Toner

Photo via wardahbeauty.com

Skincare series untuk remaja berupa Wardah Acnederm ini juga punya produk toner. Produk ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan menenangkan peradangan akibat jerawat. Kandungannya sendiri ada Derma Treat Actives, witch hazel, dan ekstrak Aloe vera. Sisa kotoran yang menyumbat pori, minyak berlebih, maupun kemerahan di wajah bakalan berkurang. Harga produk ini adalah Rp 31.500,-.

Wardah Acnederm Day Moisturizer

Photo via wardahbeauty.com

Ada juga lho produk moisturizer dar Wardah Acnederm ini. Pelembap yang satu ini diformulasikan dengan Derma Treat Actives dan memiliki kandungan SPF 15. Selain bisa melembapkan kulit, produk ini bisa melindungi kulit dari sinar matahari dan mampu merawat kulit berjerawat. Kamu bisa membelinya seharga Rp 33.500,-.

Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer

Photo via wardahbeauty.com

Selanjutnya, ada produk krim malam yang cocok untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat. Wardah Acnederm Night Treatment Moisturizer memiliki tekstur gel yang ringan dan mampu melembapkan kulit. Ada kandungan Derma Treat Actives dan 7 Plant extract yang bisa mengurangi iritasi pada kulit berjerawat. Lalu ada juga vitamin C yang bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit. Harga produk ini Rp 27.000,-.

Wardah Acnederm Acne Spot Treatment Gel

Photo via wardahbeauty.com

Produk rangkaian skincare untuk remaja dari Wardah Acnederm kali ini berupa spot treatment gel. Produk ini mengandung Derma Treat Actives dan BHA, serta willowherb extract. Manfaatnya adalah mengatasi jerawat, mengurangi tampilan kulit kasar, kemerahan, dan menghaluskan kulit. Harga produk ini adalah Rp 24.000,-.

Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm

Skincare series untuk remaja

Photo via wardahbeauty.com

Kalau produk yang satu ini sih ampuh banget untuk menghilangkan komedo. Memiliki tekstur seperti balsam, Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm bisa mengatasi komedo hitam di area wajah. Kandungannya berupa Derma Cleanse Active dan tea tree oil yang mampu mengusir jerawat, menyerap minyak berlebih, serta melembutkan kulit. Harga produk ini sekitar Rp 35.000,-.

3. Pond’s White Beauty

Untuk wajah lebih cerah dan glowing

Rekomendasi skincare series untuk remaja selanjutnya adalah Pond’s White Beauty. Berbagai produk dari Pond’s ini terkenal bikin kulit lebih glowing dan lembap lho. Dengan kemasan baru yang lebih kece, pastinya produk Pond’s ini cocok abis buat kamu yang punya masalah kulit kusam atau kering. Harganya juga terjangkau dan mudah ditemukan di toko-toko hingga minimarket terdekat kok. Ini dia rangkaian skincare yang recommended buat kamu.

Pond’s White Beauty Facial Foam

Photo via shopee.co.id

Pond’s White Beauty ada produk facial foam-nya lho. Produk ini efektif banget untuk membersihkan kulit wajahmu dengan kandungan micro exfoliating foam-nya yang lembut. Sel-sel kulit mati dan kotoran bakalan terangkat deh. Selain itu, produk ini mengandung vitamin B3+ untuk mencerahkan kulit, rosehip seed extract untuk menutrisi kulit, dan hyaluronic acid complex yang melembapkan kulit. Kulitmu bakalan terasa lembut dan kenyal dengan pemakaian teratur deh. Harga produk ini adalah Rp 22.900,-.

Pond’s White Beauty Lightening Toner

Skincare series untuk remaja

Photo via shopee.co.id

Dalam skincare series untuk remaja dari Pond’s ini, selanjutnya ada produk lightening toner. Toner ini memiliki formula yang bisa membersihkan, mencerahkan, dan menyegarkan kulit. Kandungannya sendiri ada hyaluronic acid yang bisa melembapkan dan melembutkan kulit. Kemudian ada rose water yang mencerahkan, mengencangkan kulit, dan mengecilkan pori-pori. Harga produk ini Rp 22.000-an.

Pond’s White Beauty Perfect Potion Essence

Skincare series untuk remaja

Photo via shopee.co.id

Berikutnya ada produk Pond’s White Beauty Perfect Potion Essence yang bisa digunakan sebagai essence, toner, maupun masker. Produk ini diperkaya dengan gluta boost dan 4D hyaluronic acid complex. Nggak hanya melembapkan kulit dan bikin kulit tampak glowing, produk ini juga bisa mengurangi tampilan wajah kusam serta mengecilkan pori-pori. Kamu bisa membelinya seharga Rp 76.500,-.

Pond’s White Beauty Serum Burst Cream

Photo via shopee.co.id

Pond’s White Beauty Serum Burst Cream memiliki kandungan 3 kali nutrisi untuk wajah lebih cerah. Kandungannya juga dilengkapi dengan 1000 tetes serum yang ringan agar wajah tampak glowing dan terhindar dari masalah bintik hitam. Kemudian ada juga kandungan vitamin B3+, hyaluronic acid, dan gluta boost essence yang bisa mencerahkan kulit 10 kali lebih efektif dibandingkan vitamin C. Harga produk ini Rp 26.900,-.

Pond’s White Beauty Skin Perfecting Cream

Photo via shopee.co.id

Pond’s White Beauty Skin Perfecting Cream merupakan produk pelembap terbaru dengan formulasi yang lebih unik. Kandungannya ada Smart Tone Technology yang bisa meratakan warna kulit, menyamarkan bintik hitam, dan menyamarkan noda bekas jerawat. Kemudian ada juga gluta boost essence sebagai antioksidan untuk mencerahkan kulit, vitamin B3+ yang bisa mengurangi kekusaman sekaligus mengecilkan pori-pori.

Ada juga perlindungan dari UVA dan UVB untuk kamu yang harus beraktivitas sehari-hari. Oh ya, produk Skin Perfecting Cream ini ada varian untuk normal skin yang hasilnya wajah terasa halus, dan untuk oily skin yang hasil akhirnya smooth-matte serta bebas kilap. Harga produk ini adalah Rp 22.300,-.

4. Garnier Light Complete Series

Untuk mengatasi kulit kusam dan noda hitam

Skincare series untuk remaja yang satu ini pastinya mudah sekali untuk ditemukan. Kamu juga nggak kesulitan untuk membelinya, karena harganya terjangkau. Garnier Light Complete juga dibuat untuk perawatan kulit remaja yang mengalami masalah kulit kusam. Ada beberapa produk yang bisa kamu gunakan nih.

Garnier Light Complete White Speed Multi-Action Brightening Foam

Skincare series untuk remaja

Photo via garnier.co.id

Mengandung sari lemon, produk ini bisa membersihkan wajah sekaligus mencerahkan kulit. Tentunya, setelah membersihkan wajah, kulit nggak akan menjadi kering. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 25.000-an.

Garnier Light Complete White Speed Multi-Action Brightening Scrub

Photo via garnier.co.id

Dalam rangkaian skincare untuk remaja dari Garnier Light Complete, ada juga produk scrub untuk mengeksfoliasi kulitmu dari sel-sel kulit mati. Kandungannya adalah 1000 micro beads yang bisa meregenerasi sel kulit baru. Kemudian ada juga kandungan sari lemon untuk mencerahkan kulit. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 25.000-an.

Garnier Light Complete Vitamin C 30X Booster Serum

Photo via garnier.co.id

Series Garnier yang satu ini juga ada produk serumnya lho. Kandungannya berupa 30 kali vitamin C murni dari lemon Yuzu Jepang. Produk ini bisa mencerahkan kulit wajah, menyamarkan noda hitam, dan noda bekas jerawat. Bahkan untuk kulit berminyak, produk ini juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih. Harga serum ini adalah Rp 110.000-an.

Garnier Light Complete Whitening Yuzu Serum Cream SPF 19

Skincare series untuk remaja

Photo via garnier.co.id

Garnier Light Complete Whitening Yuzu Serum Cream SPF 19 adalah krim serum dengan kandungan vitamin C yang bisa membuat kulit tampak lebih cerah. Selain itu, produk ini juga memiliki kandungan 3 kali serum vitamin C dari bua lemon. Masalah kulit kusam dan noda bekas jerawat bisa tersamarkan deh. Kamu bisa membelinya seharga Rp 55.000-an.

Demikian beberapa produk skincare series untuk remaja yang bisa kamu gunakan sesuai masalah kulit. Jangan malas untuk skincare-an secara rutin ya agar kulit tetap sehat maksimal. Soalnya, kulit sehat itu nggak bisa instan, Girls.

1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *