15 Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Berminyak dan Berkomedo

4 bulan, by Hai Gadis

Skincare Untuk Kulit Berminyak dan Berkomedo

Kamu punya kulit wajah yang cenderung berminyak? Kalau nggak dirawat dengan baik, bisa menimbulkan berbagai masalah kulit lho. Kulit wajah yang berminyak bakalan lebih mudah berjerawat dan berkomedo. Akibatnya, kamu jadi nggak pede deh untuk beraktivitas. Nah, kamu nggak perlu khawatir. Kali ini Hai Gadis akan membahas mengenai skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo.

Namun sebelumnya, kamu perlu tahu dulu bahwa kulit wajah berminyak biasanya dipicu oleh produksi sebum dari kelenjar subaceous (kelenjar minyak) yang berlebihan. Pada dasarnya, sebum memiliki fungs untuk membantu melindungi dan melembapkan kulit. Jika berlebihan, maka akan menyebabkan kulit wajah jadi berminyak.

Yang menyebabkan kulit menjadi berminyak juga beragam, Girls. Antara lain pengaruh hormonal, cuaca panas, stres, obat-obatan, dan lain sebagainya. Gampang kok cara melihat kalau kulitmu termasuk tipe berminyak. Berikut ini nih ciri-cirinya.

Table of Contents

Ciri-ciri kulit wajah berminyak

  1. Terlihat berkilau di bawah cahaya tetapi bukan berkilau sehat (glowing)
  2. Minyak berlebih di wajah terlihat jelas
  3. Ukuran pori-pori cenderung membesar
  4. Mudah terdapat jerawat dan komedo.

Cara merawat kulit wajah berminyak dan berkomedo

Merawat wajah dengan tipe kulit berminyak memang susah-susah gampang. Namun kamu perlu tahu caranya nih Girls sebelum memilih produk skincare-nya. Berikut ini adalah cara merawat kulit wajah berminyak dan berkomedo.

a. Menggunakan skincare untuk kulit berminyak secara rutin dan teratur

Percuma kamu memiliki berbagai skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo kalau malas menggunakannya. Kamu harus rajin merawat wajahmu, misalnya saja membersihkan muka sehabis beraktivitas di luar ruangan dengan double cleansing, menggunakan tabir surya, dan lain sebagainya.

b. Menggunakan blotting paper saat beraktivitas di luar ruangan

Kalau kamu suka nggak pede saat wajah terlihat mengkilap di siang hari, kamu bisa mengatasinya dengan blotting paper. Soalnya kertas minyak ini bisa menyerap sebum berlebih. Namun kalau soal mengendalikan produksi sebum di kulit, kamu tetap harus rajin menggunakan skincare.

c. Melakukan eksfoliasi wajah secara teratur

Untuk membersihkan pori-pori wajah dari kotoran, sel kulit mati, bahkan komedo, kamu bisa melakukan eksfoliasi 1 – 2 kali seminggu. Dengan begini, pori-pori wajah bakalan lebih bersih dan terhindar dari munculnya jerawat deh. Oh ya, kalau kamu sedang mengalami jerawa yang meradang, sebaiknya eksfoliasi dilakukan dengan produk yang bukan scrub, Girls.

d. Hindari kebiasaan menyentuh wajah saat tangan kotor

Buat tipe kulit wajah yang berminyak, kamu harus hati-hati saat menyentuh wajah, Girls. Pastikan tanganmu bersih terlebih dahulu. Termasuk ketika kamu memiliki jerawat, hindari kebisaan memencet jerawat tersebut ya, apalagi dengan tangan kotor.

Tips memilih skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Apabila kamu sudah tahu cara merawat kulit berminyak dan berkomedo, kamu tinggal memilih produk skincare yang bisa kamu gunakan deh. Nah, karena produk skincare banyak beredar di pasaran, maka kamu nggak bisa memilihnya asal-asalan. Kamu perlu memperhatikan tips memilih skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo di bawah ini.

a. Pilihlah produk yang bebas minyak dan non-comedogenic

Tips memilih skincare buat kulit berminyakmu dan kulit berkomedo yang pertama adalah hindari produk yang mengandung minyak. Kamu juga perlu memilih produk yang nggak mudah menyumbat pori alias produk non-comedogenic. Dengan begini, wajahmu nggak akan berisiko jerawatan atau komedoan deh.

b. Pilih produk yang bisa mengontrol minyak berlebih tetapi nggak menyebabkan wajah jadi kering

Yang satu ini juga penting, Girls. Meski kulitmu berminyak, tetap saja harus menggunakan produk yang bisa melembapkan wajah. Hindari produk skincare yang mengandung bahan-bahan keras dalam jumlah banyak seperti alkohol atau asam salisilat. Kandungan tersebut jika berlebihan dapat memicu iritasi.

c. Memilih sunscreen yang mengandung mineral

Sunscreen adalah skincare yang sangat penting untuk kamu gunakan. Nah untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih sunscreen yang memiliki kandungan zinc oksida dan titanium oksida. Soalnya kandungan tersebut nggak akan memicu munculnya jerawat. Selain itu, pilihlah sunscreen yang non-komedogenik dan bebas bahan minyak.

d. Pilih skincare yang teksturnya ringan

Supaya kulit nggak terasa berat dan greasy, kulit berminyak sebaiknya memilih skincare yang bertekstur gel. Tekstur gel cenderung mudah meresap dan nggak menyumbat pori-pori.

e. Pertimbangkan lagi produk skincare yang mengandung natural oil

Buat kamu yang memiliki kulit berminyak, kamu perlu mempertimbangkan lagi skincare yang mengandung bahan-bahan natural oil. Soalnya bahan-bahan tersebut bisa memicu kelebihan minyak di wajahmu. Namun jika memang skincare yang mengandung natural oil cocok untuk kamu gunakan, tidak masalah kok Girls.

f. Pilih produk skincare sesuai budget

Hindari membeli produk skincare melebihi kemampuanmu ya, Girls. Soalnya produk skincare bakalan kamu pakai secara continue supaya bisa merawat kulit secara efektif. Jika produk yang kamu beli terlalu di atas budget, takutnya kamu akan menghentikan penggunaan. Kulitmu bisa-bisa malah bermasalah lagi deh.

g. Pilih produk bagus rekomendasi beauty influencer dan pertimbangkan ulasan pengguna sebelumnya

Sekarang ini banyak kok konten mengenai review suatu produk skincare yang bisa kamu lihat sebelum memilih produk skincare untuk kulit berminyak. Terutama produk yang belum pernah kamu pakai sebelumnya. Entah itu dari ulasan beauty influencer maupun pengguna yang pernah memakai produk tersebut. Hal ini untuk menghindarkan kamu dari salah memilih produk.

Rekomendasi produk skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Jika sudah membaca tips di atas, kini kamu nggak perlu khawatir lagi memilih produk skincare di pasaran. Soalnya HaiGadis punya rekomendasinya mulai dari produk makeup remover, facial wash, toner, essence, serum, hingga moisturizer. Simak, yuk!

Makeup remover untuk kulit berminyak dan berkomedo

1. Garnier Micellar Cleansing Water All in 1 Makeup Remover & Cleanse for Oily and Acne-Prone Skin

Photo via garnier.co.id

Garnier Micellar Cleansing Water All in 1 Makeup Remover & Cleanse merupakan produk makeup remover yang recommended untuk kulit berminyakmu. Kamu bisa memilih varian untuk oily dan acne-prone skin alias yang berkemasan warna biru. Produk ini bisa dengan mudah mengangkat makeup dan membersihkan kulitmu dari kotoran.

Makeup waterproof juga bakalan terhapus dengan baik kok menggunakan produk ini. Menariknya lagi, micellar water dari Garnier ini tergolong aman karena bebas dari alkohol dan parfum. Buat kulit berminyak pun, produk ini nggak akan meninggalkan residu minyak yang bisa memicu komedo. Kamu bisa membeli makeup remover ini seharga Rp 35.000,-.

Facial wash untuk kulit berminyak dan berkomedo

2. ElshéSkin Deep Cleansing For Oily Skin

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via lazada.co.id

Rekomedasi skincare untuk kulit berminyak selanjutnya adalah ElshéSkin Deep Cleansing For Oily Skin. Makeup remover sekaligus pembersih wajah yang satu ini dapat bekerja secara lembut dalam membersihkan kulit wajahmu. Kotoran, minyak berlebih, dan makeup pun bisa terangkat dengan baik. Namun tetap saja produk ini nggak akan bikin kulitmu kering karena ada kandungan moisturizer-nya.

Cara menggunakan cleanser yang satu ini mudah kok. Cukup dioleskan pada tangan atau kapas, lalu pijatkan pada seluruh wajah. Lakukan sedikit pijatan hingga keluar busa yang lembut. Makeup termasuk yang waterproof sekalipun bakalan bersih deh. Selain itu, produk ini juga nggak akan menumpuk di pori-pori yang menyebabkan komedo. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 76.000-an.

3. Acnes Natural Care Deep Pore Cleanser Facewash

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via blibli.com

Acnes Natural Care Deep Pore Cleanser Facewash merupakan skincare untuk kulit berkomedo yang berupa facial wash. Sabun pembersih yang satu ini bisa bikin kulit lebih bersih dan bebas komedo. Kandungannya berupa natural double microbeads yang unik sehingga mampu membersihkan secara optimal ke dalam pori-pori.

Selain itu, produk ini juga mampu membersihkan sel kulit mati yang bisa bikin kulit terlihat kusam. Formulanya pun bisa membantu melawan bakteri penyebab jerawat tetapi tetap bisa menjaa kelembapan dan kelembutan alami kulit. Produk ini juga cocok lho buat remaja, apalagi harganya juga terjangkau, yaitu Rp 22.000,-.

Toner untuk kulit berminyak dan berkomedo

4. Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via tokopedia.com

Skincare untuk kulit berkomedo selanjutnya berupa toner yang sangat terkenal ini, yaitu Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner. Produk yang tergolong exfoliating toner ini nggak mengandung carcinogen, paraben, fragrance, maupun colorant. pH-nya juga termasuk rendah dan cocok buat kulit wajah kok. Toner ini pun memilik klaim bisa membuat kulit terasa lebih lembut dalam waktu 30 hari.

Sesuai namanya, ada kandungan AHA, BHA, dan PHA yang efektif untuk membersihkan kulitmu sehingga tampak lebih cerah. Selain itu juga ada kandunga tea tree yang bisa merawat pori-pori, mencerahkan, sekaligus melembapkan kulit. Toner ini teksturnya ringan sehingga cocok buat kulit berminyak. Untuk mengatasi komedo juga oke banget deh. Kamu bisa membelinya seharga Rp 189.000-an.

5. Wardah Purifying Toner

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via wardahbeauty.com

Wardah Purifying Toner termasuk skincare untuk kulit berminyak yang recommended buat kamu nih, Girls. Produk ini mampu membersihkan sisa-sisa debu di wajahmu dengan tetap menghaluskan kulit. pH-nya seimbang dengan pH kulit dan nggak akan membuat kulitmu kering karena nggak mengandung alkohol.

Kandungannya sendiri diperkaya dengan ekstrak witch hazel yang bisa membantu menghaluskan pori-pori. Formulanya ringan abis, nggak lengket dan bisa memberi efek segar buat kulit. Coba deh produk ini buat kamu yang punya kulit berminyak. Harganya terjangkau lho, yaitu Rp 35.000-an.

Essence untuk kulit berminyak dan berkomedo

6. L’Oreal Paris Revitalift Crystal Micro Essence

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via lazada.co.id

Kalau mencari skincare untuk kulit berkomedo atau berminyak yang berupa essence, kamu bisa menggunaka produk dari L’Oreal Paris ini. Essence ini diformulasikan untuk membuat kulit lebih bersih dan memberi kelembapan secara menyeluruh. Kandungannya sendiri ada skin brightening active dan Centella asiatica yang akan membantu proses peremajaan kulit.

Skincare ini juga bisa mengecilkan pori-pori lho. Dari segi tekstur sendiri cair dan ringan, sehingga nggak terasa tebal buat kulit berminyak. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 200.00-an untuk ukuran kemasan 130 ml.

7. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Essence

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via tokopedia.com

Skincare untuk kulit berkomedo masih ada lho, yaitu The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Essence yang sangat recommended buat kamu. Essence yang satu ini mampu menyerap kelebihan minyak di wajah. Kandungannya sendiri berupa abu vulkanik dari Pulau Jeju yang terkenal bagus buat perawatan wajah. Kemudian ada juga kandungan olive oil, rosmarinus leaf oil, squalane, dan panthenol.

Dipakai secara rutin, produk ini mampu membuat wajahmu bebas kilap akibat minyak. Komedo pun ikut menghilang dan pori-pori bakalan mengecil. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 236.000-an. Agak  pricey, tetapi sebanding kok dengan kualitasnya.

Serum untuk kulit berminyak dan berkomedo

8. Sensatia Botanicals Facial C-Serum Oily Acne Prone

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via shopee.co.id

Buat kamu yang mencari serum dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak, kamu bisa coba Sensatia Botanicals Facial C-Serum Oily Acne Prone ini. Serum ini kaya akan kandungan vitamin C dan memiliki tekstur seperti krim tetapi tetap ringan serta mudah meresap di kulit. Kandungannya sendiri berupa ekstrak kakadu plum yang berfungsi memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan, dan membuat kulit lebih elastis.

Kemudian ada juga kandungan lidah buaya, jojoba bean, seabuckthorn, rosehip, tamarind, belimbing, lemon, dan tea tree. Fungsinya tentu membantu memelihara dan melindungi kulitmu. Sensatia Botanicals Facial C-Serum Oily Acne Prone bisa kamu beli seharga Rp 180.000-an.

Sunscreen untuk kulit berminyak dan berkomedo

9. Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via shopee.co.id

Skincare untuk kulit berminyak kali ini berupa Wardah Suscreen Gel SPF 30. Tabir surya ini memiliki tekstur gel yang lembut, ringan, dan membuat kulit terasa nyaman. Kandungannya sendiri diperkaya dengan SPF 30 yang bakalan melindungi kulitmu dari UVA an UVB. Selain itu, ada kandungan Aloe vera dan pro vitamin B5 yang berfungsi melembapkan kulit.

Kemudian ada juga vitamin E yang berperan sebagai antioksidan. Buat kulit berminyak, produk ini nggak lengket dan terasa greasy kok. Formulanya pun non-komedogenik yang nggak bakalan bikin wajahmu berkomedo. Harga produk ini hanya Rp 26.000-an lho.

Moisturizer untuk kulit berminyak dan berkomedo

10. Wardah Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via shopee.co.id

Skincare dari Wardah yang berupa moisturizer ini juga cocok abis lho buat kulit berminyak. Produk ini mampu memberikan kelembapan pada kulitmu tanpa menyebabkan rasa greasy pada kulit berminyak. Kulitmu pun akan tetap terhidrasi dengan baik dan terasa lebih halus serta lembut. Teksturnya sendiri berupa gel yang ringan dan cepat meresap di kulit.

Pelembap ini bisa kamu gunakan sehari-hari sebelum mengaplikasikan makeup dan setelah menggunakan rangkaian skincare. Harga moisturizer ini juga sangat terjangkau dan cocok buat remaja lho. Kamu bisa membelinya seharga Rp 21.000-an.

11. Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via skindewi.com

Skin Dewi Temulawak Balancing Facial Emulsion merupakan produk pelembap yang memiliki kandungan bahan alami dengan tekstur yang ringan di kulit. Sangat recommended kamu gunakan sebagai skincare untuk kulit berminyak. Kandungan dari pelembap ini berupa chamomile, allantoin, dan bisabolol yang dikombinasikan dengan ekstrak green tea.

Manfaatnya sendiri mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit sekaligus mengontrol produksi sebum. Produk ini juga nggak bakalan memicu jerawat pada kulit berminyak kok. Soalnya ada kandungan Willow’s bark yang memiliki salicylic acid dan ekstrak kunyit serta temulawak. Wajahmu bakalan sehat dan bersih deh dengan pemakaian teratur. Namun harga produk ini agak mahal Girls, yaitu Rp 800.000-an.

Krim malam untuk kulit berminyak dan berkomedo

12. Biokos Pure Balance 20s Nourish Gel Night Treatment

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via lazada.co.id

Biokos Pure Balance 20S Nourish Gel Night Treatment ini merupakan produk perawatan wajah untuk malam hari yang formulanya bebas minyak. Produk ini teksturnya berupa gel yang lembut dan nggak akan menutup pori-pori. Itulah kenapa produk ini cocok abis kamu gunakan sebagai skincare untuk kulit berkomedo.

Dari segi kandungan, ada bio-witch hazel extract untuk membantu mengurangi kelebihan minyak di kulit wajah. Kemudian ada juga glycoproteins yang membantu mempertahankan elastisitas kulit. Kulitmu pun akan terjaga kelembapannya tetapi nggak terasa berminyak. Harga produk ini juga cukup affordable, yaitu Rp 70.000-an.

Produk eksfoliasi untuk kulit berminyak dan berkomedo

13. Bio-Essence Bio-Renew Deep Exfoliating Gel

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via shopee.co.id

Produk eksfoliasi yang satu ini recommended buat kulitmu yang berminyak dan cenderung berjerawat lho, terutama yang sensitif menggunakan scrub. Bio-Essence Bio-Renew Deep Exfoliating Gel ini efektif dalam mengangkat berbagai kotoran, komedo, dan sel kulit mati. Formulanya juga mampu memberikan sensasi dingin dan menyejukkan.

Selain kotoran di wajah bisa terangkat, kulitmu akan tetap terlembapkan kok. Kamu bisa menggunakannya setelah membersihkan wajah kemudian menggunakan toner. Setelah itu, baru deh aplikasikan produk ini. Kamu bisa membelinya seharga Rp 150.000-an.

Masker untuk kulit berminyak dan berkomedo

14. Himalaya Purifying Neem Mask

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via shopee.co.id

Skincare untuk kulit berminyak yang akan dibahas kali ini berupa produk masker nih, Girls. Himalaya Purifying Neem Mask ini merupakan masker yang bermanfaat dalam mengatur kelebihan minyak di kulit wajah. Selain itu produk ini juga mampu membersihkan pori-pori dengan baik dan mencegah timbulnya jerawat.

Sesuai namanya, kandungan dari produk ini adalah neem yang berfungsi menjernihkan kulit dan kaya akan antibakteri. Kulitmu yang berminyak nggak akan mudah jerawatan deh nantinya. Lalu, masker yang satu ini juga memiliki kandungan turmeric dan multani mitti. Kulitmu bakalan bersih, halus, dan bebas dari masalah kulit. Harga produk ini hanya Rp 25.000-an lho.

15. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo

Photo via amazon.com

Butuh skincare berupa masker untuk kulit berkomedo? Kamu bisa mencoba masker dari Nature Republic yang satu ini. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud diformulasikan khusus untuk membantu membersihkan kotoran pada wajah termasuk komedo dan minyak berlebih. Produk ini termasuk jenis clay mask yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Ada bentonite untuk mengontrol minyak berlebih di wajah dan kaolin untuk membersihkan kotoran tetapi tetap membuat kulit terasa lembut. Kamu bisa menggunakan masker ini selama 25 – 30 menit kemudian bilas dengan air. Pori-pori wajah jadi lebih bersih deh. Kamu bisa membelinya seharga Rp 85.000-an.

Itu dia berbagai skincare untuk kulit berminyak dan berkomedo yang recommended untuk kamu gunakan. Oh ya, nggak semua produk bagus yang cocok bagi orang lain bisa cocok buat kulitmu lho. Untuk itu, pilih dengan tepat lalu gunakan secara teratur, ya.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *