15 Rekomendasi Foundation Untuk Kulit Berminyak

4 bulan, by Hai Gadis

Foundation untuk kulit berminyak

Dalam manggunakan make up, salah satu hal yang penting adalah complexion. Dalam complexion make up, tools yang digunakan adalah foundation. Foundation bisa menutupi berbagai kekurangan di wajah, meratakan warna kulit wajah, membuat wajah lebih cerah, dan membuat riasan lebih mulus atau flawless. Nah, salah satu yang harus diperhatikan dalam memilih foundation adalah menyesuaikannya dengan jenis kulit. Salah satunya adalah kulit berminyak. Terkadang memilih foundation untuk kulit berminyak perlu formula yang membuat make up lebih tahan lama.

Di pasaran sendiri, banyak foundation untuk kulit berminyak yang ada dan menawarkan hasil riasan yang matte agar kulit wajahmu nggak terlihat mengkilap. Padahal kamu perlu memperhatikan juga bahwa foundation untuk kulit berminyak setidaknya bisa menutup pori-pori yang membesar, menyerap minyak berlebih, nggak menimbulkan komedo, dan lain sebagainya.

Untuk itu supaya kamu bisa memilih foundation untuk kulit berminyak secara tepat, simak deh tips dari Hai Gadis berikut ini.

Tips memilih foundation untuk kulit berminyak

a. Pilihlah foundation dengan kandungan minyak yang rendah

Tips memilih foundation untuk kulit berminyak yang pertama adalah mencari produk dengan kandungan minyak yang rendah. Kamu bisa memilih jenis foundation bedak maupun foundation cair asal kandungan minyaknya rendah. Hal ini perlu dilakukan agar make up-mu lebih awet dan bebas kilap akibat sebum atau bahkan luntur. Namun biasanya jenis foundation bedak memang lebih bagus digunakan untuk kulit berminyak, Girls. Kamu pun sebaiknya menghindari foundation cream karena kandungan minyaknya cenderung  lebih banyak.

b. Pilih foundation dengan hasil akhir matte

Sekarang ini banyak foundation yang menawarkan hasil akhir make up tampak glowing maupun matte. Hasil glowing sedang banyak digemari karena membuat riasan lebih alami dan kulit terlihat sehat mengkilap. Namun untuk kulit berminyak, lebih baik gunakan foundation yang matte finish saja, Girls. Hal ini untuk mencegah wajahmu terlalu mengkilap dan  terlihat begitu oily. Meski memilih foundation yang matte finish, tetaplahpilih produk yang melembapkan kulitmu ya. Karena kulit lembap bisa mencegah produksi minyak berlebih juga.

c. Pilihlah foundation sesuai warna kulit

Kalau tips yang satu ini sih wajib banget kamu lakukan supaya warna riasan nggak abu-abu nantinya. Jika warna foundie tersebut pas, riasanmu juga akan terlihat natural. Kamu bisa mengetes warna foundation dengan mengaplikasikannya di bagian dagu wajahmu. Pilih yang warnanya paling mirip dengan warna kulit ya, Girls.

d. Pilihlah foundation yang coverage-nya pas

Pada kulit wajah yang berminyak, make up biasanya mudah crack atau luntur. Untuk itu, kamu perlu memilih foundation yang tahan lama dan memiliki coverage yang baik. Nggak harus yang full coverage sih, tetapi jangan pilih yang hasil coverage-nya sheer atau terlalu tipis. Selain itu, akan lebih baik lagi jika kamu memilih foundation yang coverage-nya bagus tetapi formulanya ringan. Dengan begini, make up nggak akan terasa berat deh.

d. Pilihlah foundation dengan kandungan SPF yang nggak terlalu tinggi

Untuk kulit berminyak, sebagiknya jangan gunakan foundie dengan SPF terlalu tinggi, Girls. Memang sih, kamu tetap perlu memilih yang mengandung SPF untuk perlindungan kulit. Namun, sesuaikan kandungan SPF sesuai kebutuhan aktivitasmu, ya. Jika kamu beraktivitas di dalam ruangan, pilihlah kandungan SPF 10 sampai 30 dan PA+ hingga +++. Namun jika kamu banyak berada di luar ruangan, pilihlah produk yang SPF-nya 30 hingga 50+ dan PA++ hingga ++++.  Oh ya, nggak memilih foundation yang mengandung SPF juga nggak masalah kok asal sebelumnya kamu sudah memakai sunscreen terlebih dahulu.

e. Pilih foundation untuk kulit berminyak berdasarkan review beauty influencer

Selanjutnya, jangan lupa melihat review foundation yang akan kamu pilih terlebih dahulu melalui ulasan beauty influencer. Atau kamu bisa juga memilih foundation yang mereka sarankan agar nggak salah memilih produk. Selamat mencoba!

Setelah mengetahu tips di atas, kamu juga perlu mengetahui tips mengaplikasikan foundation untuk kulit berminyak, Girls. Tujuannya agar riasanmu bagus dan tahan lama. Ini dia tipsnya:

Tips memakai foundation untuk kulit berminyak agar make up tahan lama

a. Bersihkan wajah dan gunakan skincare

Ini adalah langkah yang wajib sebelum memakai make up, Girls. Jadi, jangan sampai menggunakan make up saat kondisi wajahmu kotor, ya. Kemudian kamu perlu menggunakan skincare agar kulit lebih lembap, dan salah satu yang nggak boleh dilewatkan adalah moisturizer. Kulit yang lembap akan membuat make up lebih menempel dan bagus. Minyak pun nggak akan terproduksi berlebih pada kulit yang lembap.

b. Gunakan mattifying primer sebelum foundation

Primer juga jangan sampai kamu lewatkan, Girls. Selain foundation yang bagus yang telah kamu pilih, primer juga berperan penting agar make up tahan lama. Selain itu, primer juga berfungsi menutup pori-pori dan membuat tekstur wajah lebih halus. Maka, make up kamu pun nggak akan mudah cakey atau pecah deh.

c. Kunci make up dengan bedak tabur yang formulanya ringan di kulit setelah memakai foundation

Untuk kulit berminyak, kamu bisa menggunakan jenis bedak tabur berupa translucent powder atau loose powder. Selain mengunci foundation, bedak ini pun berfungsi untuk menyerap minyak berlebih terutama di area T-zone.

d. Gunakan setting spray untuk membantu make up lebih tahan lama

Sesudah make up, kamu bisa mengaplikasikan setting spray agar make up lebih menempel dan tahan lama, Girls. Nah, pilihlah setting spray yang punya fungsi mattifying agar kulit wajahmu nggak mudah mengkilap.

Gampang ‘kan menerapkan tips agar make up lebih tahan lama di kulit berminyak? Setelah ini, kamu nggak perlu bingung lagi memilih foundation untuk kulit berminyak, Girls. Sebab kamu bisa menyimak rekomendasi dari HaiGadis berikut ini.

Rekomendasi foundation bagus untuk kulit berminyak

1. bareMinerals Matte SPF 15 Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via bareminerals.com

bareMinerals Matte SPF 15 Foundation merupakan foundation untuk kulit berminyak berjenis powder. Foundation yang satu ini sangat recommended untuk kamu karena memberikan hasil make up yang matte dan natural. Produk ini memiliki tekstur yang creamy dan ringan dengan bentuk seperti loose-powder tetapi nggak terlalu powdery.

Formulanya pun lembut saat diaplikasikan dengan hasil akhir flawless dan matte. Kemampuan foundation ini dalam mengontrol produksi minyak berlebih di wajah pun bagus lho. Bahkan ada kandungan SPF 15 yang tentunya sangat friendly untuk kulit berminyak. Produk ini cocok kok dipakai sehari-hari dan nggak akan menyumbat pori sehingga menyebabkan kulitmu jerawatan.

Untuk coverage-nya sendiri, foundation yang dijual seharga Rp 380.000-an ini memiliki daya cover yang bagus. Ada beberapa shade yang bisa kamu pilih sesuai dengan warna kulitmu, yaitu Fair Light, Light, dan Medium Beige.

2. Make Over Powerstay Matte Powder Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via makeoverforall.com

Selanjutnya, rekomendasi foundation untuk kulit berminyak yang bisa kamu pilih adalah produk dari Make Over. Make Over Powerstay Matte Powder Foundation merupakan foundation bedak yang memiliki tekstur lembut dan sangat pigmented. Produk dengan kemasan compact ini sangat cocok kamu gunakan untuk meratakan warna kulit, menyamarkan kemerahan di wajah, dan menutup kekurangan lain di kulit wajahmu.

Untuk coverage-nya, produk ini medium cover dan bisa di-buildable untuk penggunaan make up full coverage. Teksturnya cukup ringan dan bisa kamu gunakan sehari-hari, lho. Hasil akhir dari produk ini adalah matte finish. Dari segi ketahanan, foundation dari Make Over ini mampu menahan minyak dengan baik, tetapi untuk daerah T-zone, kamu bisa melakukan touch up.

Make Over Powerstay Matte Powder Foundation ini dijual seharga Rp 188.000,-. Selain itu, tersedia dalam beberapa pilihan shade yang bisa kamu sesuaikan dengan tone dan under tone kulit. Untuk kamu yang memiliki kulit warm undertone, kamu bisa memilih kode W. Begitu pula untuk neutral undertone yang bisa memilih kode N dan cool undertone bisa memilih produk ini dengan kode warna C.

3. Revlon ColorStay Makeup for Combination/Oily Skin

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via revlon.com

Produk foundation untuk kulit berminyak yang recommended selanjutnya adalah Revlon Colorstay Makeup for Combination / Oily Skin. Produk ini merupakan foundation yang memiliki tekstur cair dan dikhususkan untuk kulit berminyak maupun kombinasi. Foundation ini memiliki coverage yang medium to full. Formulanya sendiri pun ringan dan tahan lama.

Untuk digunakan sebagai make up sehari-hari, nggak bakalan mudah luntur atau pudar karena ada teknologi time release agar minyak berlebih bisa terserap. Kulit kamu pun nggak akan mudah mengkilap. Ada banyak varian shade yang bisa kamu sesuaikan dengan warna kulitmu dengan mudah lho. Foundation berkemasan botol kaca ini bisa kamu beli seharga Rp 115.000,-.

4. Shiseido Synchro Skin Lasting Liquid Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via shiseido.com

Shiseido Synchro Skin Lasting Liquid Foundation ini juga termasuk alas bedak untuk kulit berminyak yang recommended kamu pakai. Produk ini mampu menyamarkan noda hitam dan berbagai ketidaksempurnaan di wajah agar hasil make up lebih maksimal. Buat kamu yang memiliki noda jerawat pun bisa tertutupi. Tampilan riasanmu pun akan tampak flawless, halus, dan lembut.

Foundation yang satu ini memiliki coverage yang bagus lho. Kandungannya diperkaya dengan ekstrak thyme yang akan menjadikan produk ini memiliki ketahanan yang bagus. Selain itu juga mengurangi oksidasi yang bisa merusak kulitmu. Untuk melindungi dari paparan sinar matahari, foundie ini pun dilengkapi SPF 20.

Shiseido Synchro Skin Lasting Liquid Foundation ini memiliki beberapa varian warna yang bisa kamu sesuaikan dengan tone maupun undertone kulit. Produk berkemasan botol kaca ini harganya agak pricey sih, yaitu sekitar Rp 700.000,-.

5. Mineral Botanica Original Loose Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via mineralbotanica.com

Selanjutnya, ada Mineral Botanica Original Loose Foundation yang bisa kamu pilih sebagai produk foundation bagus untuk kulit berminyak. Produk yang satu ini berupa bedak foundation berbentuk serbuk dengan kandungan mineral yang cocok untuk kulit berminyak. Fungsi foundation yang satu ini seperti bedak two way cake.

Produk dari Mineral Botanica ini memiliki kandungan mineral dan formula yang mampu mencerahkan kulit karena akan memberi nutrisi ke sel-sel kulit. Ada juga kandungan ekstrak adansonia yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Sehingga, kulitmu nggak bakalan mudah kering deh.

Coverage dari foundation ini medium dengan tekstur yang ringan dan nggak akan mudah cakey. Tersedia 4 shade yang bisa kamu pilih sesuai warna kulit, yaitu Light, Natural, Beige dan Sweet Ebony. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 71.900,-.

6. Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via maybelline.co.id

Kamu pasti tahu ‘kan dengan produk foundation untuk kulit berminyak yang satu ini? produk berkemasan botol kaca ini nggak dilengkapi dengan pump sehingga memungkinkan untuk tumpah. Namun, foundation ini bagus untuk digunakan kok. Teksturnya cair sehingga sangat ringan di wajah, bahkan untuk kamu pemula yang baru belajar make up sekalipun.

Untuk coverage-nya, foundation ini cenderung medium to full coverage dan bisa sangat buildable. Hasil akhirnya sendiri matte dan nggak terasa cakey maupun berat. Namun kamu nggak perlu khawatir kulit menjadi kering karena produk ini juga memberi efek melembapkan.

Kalau dari segi ketahanan, produk ini juga recommended digunakan seharian karena awet berjam-jam dan nggak mudah pecah. Kamu bisa memilih berbagai varian shade yang tersedia kok. Harga produk ini sekitar Rp 150.000-an ya, Girls.

7. MAC Studio Fix Fluid Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via maccosmetics.com

Masih ada lho rekomendasi foundation untuk kulit berminyak yang bisa kamu gunakan, yaitu MAC Studio Fix Fluid Foundation. Produk ini merupakan alas bedak yang memiliki formula oil control dan mampu memberikan tampilan make up yang natural matte. Dari segi coverage, produk ini memiliki medium to full cover.

Formulanya ringan lho, mudah juga kok untuk di-blend saat menggunakannya. Untuk ketahanannya sendiri, produk ini bisa awet hngga 8 jam. Make up-mu pun akan lebih sempurna karena foundation ini mampu membantu menyamarkan pori dan ketidaksempurnaan di kulit wajah.

Ada juga kandungan SPF 15 / PA++ yang bisa melindungi kulitmu dari paparan sinar UV. Yang pasti produk ini sangat recommended untuk kamu yang memiliki kulit berminyak karena formulanya juga tahan keringat dan kotoran. Selain itu juga nggak bakal menimbulkan munculnya jerawat deh. Produk yang dijual seharga Rp 380.000-an ini memiliki banyak varian shade yang bisa disesuaikan warna kulitmu.

8. Make Up For Ever Ultra HD Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via makeupforever.com

Rekomendasi produk foundation untuk kulit berminyak selanjutnya adalah Make Up For Ever Ultra HD Foundation. Alas bedak yang satu ini berbentuk cair dan memiliki formula yang menciptakan riasan lebih halus natural. Recommended banget nih digunakan buat kamu yang perlu make up untuk kebutuhan fotografi.

Produk ini memiliki tekstur yang ringan dan seperti kulit, sehingga kamu akan sangat nyaman memakainya. Selain itu, ada kandungan hyaluronic acid yang mampu memberi hidrasi pada kulit wajahmu sehingga tetap lembap dan nyaman. Menggunakan produk ini, pori-pori akan tersamarkan. Begitu pula dengan noda dan ketidaksempurnaan di wajah.

Ada 40 shade warna yang bisa kamu pilih disesuaikan dengan warna kulit. Jika ingin membeli foundation ini, kamu bisa mengeluarkan uang sebesar Rp 600.000-an. Namun hasilnya cukup tahan lama kok.

9. NARS All Day Luminous Weightless Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via narscosmetics.com

NARS All Day Luminous Weightless Foundation merupakan produk alas bedak yang berfungsi untuk memberikan coverage sempurna pada riasanmu. Foundation untuk kulit berminyak ini memiliki pigmentasi yang tinggi dan formulanya tahan lama hingga 16 jam lho. seperti Namanya, produk ini juga sangat ringan diaplikasikan di wajah dan mudah dibaurkan.

Produk dengan packaging botol kaca berbentuk kotak ini memiliki banyak pilihan shade agar bisa pas sesuai dengan warna kulitmu. Dari warna yang sangat cerah hingga yang sangat gelap ada lho, Girls. NARS All Day Luminous Weightless Foundation ini dijual dengan harga yang agak pricey, yaitu Rp 650.000-an. Namun soal kualitas nggak perlu diragukan lagi deh.

10. L’Oréal Paris True Match Mineral Powder Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via loreal-paris.co.id

Kali ini, produk foundation untuk kulit berminyak hadir dari brand L’Oreal Paris, yaitu L’Oréal Paris True Match Mineral Powder Foundation. Powder foundation ini memiliki tekstur yang ringan dan lembut. Tingkat coverage-nya pun tinggi sehingga bisa menyamarkan berbagai ketidaksempurnaan di wajahmu.

Produk ini memiliki formula bebas kilap hingga 12 jam disertai dengan SPF 34 PA+++. Cocok abis deh untuk penggunaan sehari-hari. Selain itu, make up kamu juga akan tampak flawless dengan pori-pori yang tersamarkan. Kulit bakalan lebih mulus dan kamu nggak perlu takut akan timbul komedo deh.

Produk yang dijual seharga Rp 226.900,- ini memiliki aplikator brush yang akan memudahkanmu menggunakannya. Ada beberapa varian warna yang bisa kamu pilih, yaitu Creme Beige, Golden Beige, Golden Ivory, Golden Natural, dan Honey.

11. NYX Total Control Drop Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via nyxcosmetics.com

NTX Total Control Drop Foundation juga termasuk produk foundation untuk kulit berminyak yang recommended nih, Girls. Foundation ini memiliki tekstur liquid yang coverage-nya bisa di-buildup dari sheer hingga full coverage. Cocok abis deh untuk make up pemula maupun profesional.

Formula produk ini sangat lembut di wajah dengan hasil akhir yang velvety matte. Dari segi packaging, produk ini berkemasan botol kaca dengan aplikator pipet. Ada 24 pilihan warna yang bisa kamu pilih sesuai warna atau tone kulitmu. Jika ingin membelinya, produk ini dijual seharga Rp 275.000,-.

12. Estee Lauder Double Wear Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via independent.co.uk

Estee Lauder Double Wear Foundation merupakan produk alas bedak untuk kulit berminyak yang nggak perlu diragukan lagi kualitasnya. Produk ini memiliki formula yang oil free,no perfume, dan non-comedogenic. Sehingga aman untuk kulit berminyak dan sensitif.

Produk foundation yang satu ini memiliki coverage yang medium to full. Bagus banget deh untuk menutupi noda jerawat, bintik hitam, kemerahan, dan warna kulit nggak merata. Dari segi ketahanan, menggunakan foundation ini make up kamu bisa awet hingga 15 jam tanpa harus touch up. Kamu nggak perlu khawatir make up akan luntur, pecah, atau warnanya berubah.

Saat digunakan, riasan akan lebih natural dan sempurna. Hasil akhirnya juga semi matte dan natural tanpa menyebabkan pori-pori tersumbat. Ada banyak pilihan shade yang bisa kamu pilih sesuai warna kulit. Produk ini dijual seharga Rp 520.000,- ya, Girls.

13. CoverGirl Outlast Stay Fabulous 3-In-1 Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via covergirl.com

Selanjutnya, rekomendasi foundation bagus untuk kulit berminyak adalah CoverGirl Outlast Stay Fabulous 3-In-1 Foundation. Produk ini memiliki formula yang berfungsi sebagai primer, foundation, sekaligus sebagai concealer. Praktis abis ‘kan? Kamu nggak membutuhkan banyak produk make up deh.

Foundation yang satu ini memiliki hasil akhir riasan yang matte. Formulanya pun ringan dan mudah dibaurkan. Dari segi coverage, foundie ini memberikan hasik medium coverage dan akan membuat wajahmu tampak flawless. Selain itu, produk ini pun dilengkapi SPF 20 yang akan melindungi kulitmu dari paparan sinar UV. Dengan memilih berbagai varian shade yang tersedia, kamu bisa membeli foundation ini seharga Rp 120.000-an.

14. The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via thebodyshop.com

The Body Shop pun punya rekomendasi foundation bagus untuk kulit berminya, yaitu Matte Clay Skin Clarifying Foundation. Produk berkemasan tube ini diperkaya dengan kandungan tea tree oul yang membantuk mengatasi jerawat dan mengontrol minyak berlebih di wajah. Pas banget deh untuk kamu dengan oily dan acne prone skin. Dengan produk ini, make up kamu bakalan lebih mulus seharian.

Oh ya, foundation ini juga vegan lho sehingga aman untuk kulit sensitif. Formulanya juga tahan air dan keringat sehingga awet deh digunakan seharian. Ringan juga kok Girls saat diaplikasikan ke kulit wajahmu.

The Body Shop Matte Clay Skin Clarifying Foundation ini mampu memberikan coverage yang full  lho. Berbagai ketidaksempurnaan di wajahmu bisa tersamarkan deh. Hasil akhirnya, make up kamu akan terlihat matte finish. Produk dengan harga Rp 150.000-an ini memiliki 6 varian warna. Ada Railay Beach 014, Havana Sand 021, Sacano Bamboo 023, Japanese Maple 034, Savanah Pecan 042, dan Tamerza Oune 026.

15. Shu Uemura Unlimited Fluid Foundation

Foundation untuk kulit berminyak

Photo via jd.id

Kali ini, rekomendasi alas bedak untuk kulit berminyak yang bisa kamu pilih adalah Shu Uemura Unlimited Fluid Foundation. Produk ini berupa foundation cair yang menghasilkan tampilan akhir soft matte dan formulanya tahan hingga 16 jam. Formulanya juga ringan kok sehingga kulitmu akan tetap bisa bernapas.

Produk ini pun dilengkapi dengan SPF 24 dan PA+++ untuk melindungi kulitmu dari efek buruk sinar UV. Digunakan seharian, kamu nggak perlu khawatir produk ini membuat make up-mu crack. Dengan pigmentasi yang bagus, produk ini coverage-nya juga oke kok. Kamu bisa memilih berbagai pilihan shade yang tersedia dengan disesuaikan warna kulit. Namun produk ini harganya pricey Girls, yaitu Rp 720.000,-.

Itu dia beberapa foundation untuk kulit berminyak yang sangat direkomendasikan untukmu. Masing-masing produk memiliki formula yang beragam dengan tingkat coverage yang juga beragam. Pastikan kamu benar-benar memilih produk yang cocok ya, Girls!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *