Rekomendasi 10 Merek Serum Bagus Untuk Kulit Berjerawat

4 bulan lalu, by Hai Gadis

Kamu memiliki masalah jerawat? Rekomendasi serum untuk kulit berjerawat berikut ini merupakan solusinya.

Jerawat memang manjadi masalah di wajah yang menyebalkan. Jerawat bikin penampilan kadang menjadi nggak pede. Muka kita jadi nggak flawless deh saat dipandang. Apalagi, jerawat sangat sulit ditutupi dengan make up. Foundation maupun concealer kadang nggak bisa menutup dengan baik jerawat tersebut. Akibatnya, make up pun jadi kurang oke deh.

Stop terus-terusan menyembunyikan jerawat dengan make up, Girls! Hal ini justru bisa memperparah jerawatmu, apalagi kalau make up tersebut nggak mengandung bahan-bahan yang ramah terhadap jerawat. Jerawat bisa kamu atasi dengan skin care rutin secara tepat, salah satunya menggunakan serum. Tentunya, kamu harus memakai serum untuk kulit berjerawat.

Serum merupakan cairan yang diperkaya bahan aktif seperti antioksidan dan peptida yang mampu menembus ke dalam kulit untuk memelihara serta meremajakannya. Tekstur serum ini sangat ringan dan cepat diserap oleh kulit. Tingkat resapannya bahkan lebih tinggi dibanding produk skin care seperti pelembap dan lain sebagainya. Salah satu produk serum memang dibuat untuk tujuan mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Memilih serum untuk kulit berjerawat memang nggak mudah. Soalnya, serum itu terbuat dari bahan yang cepat meresap secara mendalam ke kulitmu. Kalau memang cocok, maka hasilnya akan bagus untuk wajahmu. Namun jika nggak cocok, takutnya jerawatmu justru makin parah deh!

Advertisement

Manfaat serum wajah

Serum biasanya dibuat untuk mengatasi masalah tertentu pada wajah, misalnya adalah mengatasi tanda penuaan, mencerahkan wajah, mengatasi jerawat, dan lain sebagainya. Biasanya serum memiliki kandungan-kandungan seperti kolagen, bahan pelembap, dan antioksidan tergantung fungsi utamanya. Maka, kulitmu bisa lebih mulus, kencang, glowing, dan selalu bebas kerutan. Sebelum memulai memilih serum untuk mengatasi masalah jerawat di wajahmu, lebih baik kamu ketahui manfaat umum serum berikut ini deh:

  1. Melawan tanda-tanda penuaan kuli seperti garis halus dan kerutan
  2. Membersihkan pori-pori kulit
  3. Mencerahkan wajah
  4. Membantu melembapkan wajah dengan baik dan mengatasi kulit kering
  5. Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV
  6. Mengontrol minyak dan mengatasi jerawat
  7. Meremajakan kulit.

Tips memilih serum wajah yang bagus untuk kulit berjerawat

Jika sudah tahu manfaat serum, maka kamu nggak bisa asal memilih serum untuk kulit berjerawat. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan untuk memilih serum tersebut.

  1. Pilihlah serum dengan kandungan antibakteri atau antiinflamasi yang mampu meredakan jerawat

    Untuk kulit berjerawat, kamu bisa memilih serum yang mengandung salicylic acid atau tea tree oil. Atau bisa juga kamu memilih serum yang mengandung vitamin C. Kandungan-kandungan ini bisa membersihkan pori-pori dari kotoran dan mengatasi minyak berlebih. Selain itu, pertumbuhan bakteri penyebab jerawat juga bisa lebih terkontrol deh.

  2. Pilih serum dengan tekstur cair dan ringan

    Serum memiliki jenis dan tekstur yang bermacam-macam lho Girls. Nah, kalau untuk mengatasi masalah jerawat, mending pilih yang teksturnya cair dan ringan deh. Hal ini supaya serum lebih cepat meresap di kulitmu dan nggak menimbulkan kesan berminyak di kulit.

  3. Periksa tingkat keamanan produk yang kamu pilih

    Dalam memilih serum untuk kulit berjerawat, kamu harus memperhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Ada bahan-bahan yang sering dicampurkan pada serum seperti minyak, mineral oil, parfum, pewarna, paraben, dan alkohol. Bahan-bahan tersebut kurang cocok untuk kulit berjerawat karena bisa memperparah jerawatmu. Jadi, pilihlah serum dengan kandungan zat aditif di atas seminimal mungkin.

  4. Pilih serum yang telah lulus uji alergi

    Kalau kulitmu berjerawat dan juga sensitif, mending hati-hati deh memilih serum. Pilihlah serum yang kira-kira nggak akan membuatmu alergi. Kamu bisa mengecek apakah produk serum tersebut sudah melalui patch test, allergy test, dan hypoallergenic cosmetic test. Setidaknya, produk tersebut sudah teruji aman deh.

Nah, apabila kamu sudah memilih serum secara tepat, kamu pun perlu menggunakannya dengan benar, Girls. Nggak mau kan manfaat serum yang kamu pakai kurang efektif hanya karena kamu salah dalam mengaplikasikannya?

Cara menggunakan serum wajah dengan benar

  1. Pastikan tanganmu bersih sebelum menggunakan rangkaian skin care
  2. Pakailah serum setelah mengaplikasikan essence
  3. Tuang produk serum ke telapak tangan sebanyak 1 – 2 tetes (sesuai anjuran di kemasan)
  4. Diamkan sebentar agar hangat di tangan
  5. Tepuk-tepuk secara perlahan di wajahmu dan lakukan pijatan ringan ke wajah secara merata
  6. Untuk penggunaan di pagi hari, pakailah serum sebelum mengaplikasikan pelembap wajah
  7. Pada malam hari, gunakan serum sebelum krim malam dan krim mata
  8. Apabila setelah memakai serum ingin mengaplikasikan make up, tunggulah 10 – 15 menit agar wajahmu nggak terbebani

Mudah kan cara menggunakan serum? Oh ya, kamu pun jangan sampai memakainya secara berlebihan ya, Girls. Cukup 2 kali sehari, karena serum sudah mengandung nutrisi yang banyak. Jadi, nggak bakalan bagus hasilnya kalau kamu mengaplikasikannya berlebihan.

Rekomendasi serum wajah untuk kulit berjerawat

Masih bingung memilih serum untuk kulit berjerawat? Mending simak deh rekomendasi dari Hai Gadis berikut ini.

1. The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution

The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution

The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution

Serum untuk kulit berjerawat yang recommended buat kamu adalah The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution. Sesuai namanya, produk ini memang memiliki kandungan salicylic acid yang merupakan exfoliant bagus untuk membersihkan jerawat dan pori-pori. Produk ini mampu membersihkan pori dari sel kulit mati dan juga minyak berlebih yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

Nggak hanya itu, serum ini juga berfungsi sebagai antiinflamasi dan antibakteri yang membantu mengatasi jerawat muncul kembali. Selain jerawat teratasi, bekas jerawat juga bisa hilang deh. Produk ini pun memiliki kandungan citric acid yang berfungsi sebagai antiaging. Dengan pemakaian teratur, kulitmu bakalan lebih mulus dan bersih.

Oh ya, produk ini kurang cocok untuk kulit sensitif, Girls. Sebab, kandungannya bisa jadi terlalu keras. Selain itu, nggak cocok juga untuk kulitmu yang sedang dalam proses peeling. Namun, jika memang ingin memilih produk ini, kamu bisa kok melakukan patch test terlebih dahulu.

Serum yang satu ini pun lebih baik digunakan di malam hari, karena kandungan acid di dalamnya cukup sensitif terhadap sinar matahari. Kecuali jika kamu memakai sunscreen dengan baik. Untuk cara penggunaannya, cukup aplikasikan ke seluruh bagian wajahmu secara merata dan hindari area mata, ya. The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution yang cocok untuk jenis kulit blemish-prone ini bisa kamu beli dengan harga Rp 230.000-an.

2. Some by Mi Miracle Serum

Serum untuk kulit berjerawat - Some by Mi Miracle Serum

Some by Mi Miracle Serum

Produk serum dari Some by Mi ini juga recommended kok untuk kamu coba. Serum untuk kulit berjerawat ini memiliki bahan acid sebagai exfoliant, yaitu AHA, BHA, dan PHA. Ketiganya berperan dalam mengangkat sel kulit mati, membersihkan pori, mencerahkan, dan memperbaiki tekstur kulit wajah agar lebih halus.

Selain kandungan acid, ada pula 10.000 ppm real tea tree yang sangat bagus untuk meredakan jerawat agar nggak meradang, cepat kempis, dan cepat kering. Tea tree ini adalah bahan yang bagus untuk mengontrol sebum dan menenangkan kulit.

Oh ya, brand ini juga memiliki produk toner dengan manfaat dan kandungan yang hampir sama lho. Untuk hasil lebih maksimal dalam mengatasi jerawat, kamu pun bisa sekalian menggunakan toner dari Some by Mi ini. Kamu bisa membeli serum ini untuk rangkaian skin care-mu dengan harga Rp 180.000-an.

3. The Body Shop Tea Tree Anti Imperfection Daily Solution Serum

The Body Shop Tea Tree Anti Imperfection Daily Solution Serum

The Body Shop Tea Tree Anti Imperfection Daily Solution Serum

Untuk mengatasi masalah jerawatmu, kamu juga bisa memakai serum tea tree dari The Body Shop ini. Serum wajah ini memiliki tekstur ringan dengan kandungan Community Trade Organic Tea Tree Oil dari Kenya. Fungsinya adalah untuk membantu mengatasi jerawat, membuat wajah terasa lebih halus dan bersih, serta mengontrol minyak dengan mengurangi kilap di wajah.

Kemerahan di wajah karena jerawat juga bisa berkurang lho dengan memakai serum ini. Dalam waktu 4 minggu pemakaian, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih, mulus, dan bebas jerawat pastinya. Oh ya, meski mengontrol minyak, produk ini tetap mampu melembapkan kulitmu dengan kandungan aloe vera dan sodium hyaluronate.

Serum untuk kulit berjerawat ini pun cruelty free, tetapi masih mengandung parfum. Namun jika memang cocok untuk kulitmu, hasilnya bakalan maksimal banget sih. Harganya memang agak mahal nih Girls, tetapi sebanding dengan hasil yang akan kamu dapatkan. Kamu bisa membeli serum ini seharga Rp 289.000-an.

4. Nacific Fresh Herb Origin Serum

Serum untuk kulit berjerawat - Nacific Fresh Herb Origin Serum

Nacific Fresh Herb Origin Serum

Serum untuk kulit berjerawat dari Korea ini pasti kamu sudah sering melihatnya di sosmed ‘kan, Girls? Serum dengan brand Nacific ini memiliki bahan aktif yang berasal dari bahan-bahan alami. Ada ekstrak lidah buaya, bunga lili, greentea, apel, bunga matahari, jeruk, anggur, dan masih banyak lagi. Ada pula aloe barbadensis, leaf water, glycerin, dan berbagai minyak tumbuhan. Bahan-bahan aktif tersebut tentunya sangat bermanfaat mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

Mulai dari meminimalkan tampilan pori-pori besar, mengurangi kerutan, melembapkan kulit, menghaluskan tekstur kulit, mengontrol sebum, dan tentunya mengatasi jerawat. Produk ini pun memiliki antioxidant patented ingredients yang baik untuk merangsang produksi kolagen kulit. Selain itu juga noncomedogenic, sehingga nggak akan menyumbat pori. Dengan pemakaian teratur, kamu bakalan mendapatkan kulit wajah yang glowing dan kenyal ala orang Korea.

Tekstur serum ini bagian atasnya adalah oil dan bagian bawahnya air. Aromanya juga menyegarkan banget dengan wangi sitrus yang khas. Namun, serum ini terkadang kurang cocok digunakan untuk kulit yang terlalu berminyak karena hasilnya cenderung berat dan lengket. Oh ya, sebelum memakai serum ini, jangan lupa kocok terlebih dahulu botolnya agar air dan minyak di dalamnya menyatu. Kamu bisa membeli serum untuk kulit berjerawat ini seharga Rp 250.000-an.

5. Votre Peau Vitamin C Serum

Serum untuk kulit berjerawat - Votre Peau Vitamin C Serum

Votre Peau Vitamin C Serum

Votre Peau Vitamin C Serum juga merupakan serum untuk kulit berjerawat yang bisa kamu coba, Girls. Formula khususnya mampu merangsang produksi kolagen sehingga sangat ampuh untuk mengatasi bekas jerawat, terutama bekas seperti bopeng. Namun, ada juga kandungan salicylic acid  dan vitamin C yang mampu menyeimbangkan pH kulit, menghilangkan jerawat, dan mencerahkan kulit wajah.

Selain itu, serum ini pun mampu menangkal polusi dan radikal bebas. Dalam penggunaan rutin, wajah kamu bakalan terhindar dari penuaan dini. Wajahmu bakalan cerah, kenyal, dan bebas jerawat setelah digunakan teratur beserta rangkaian skin care lainnya.

Oh ya, karena serum ini banyak mengandung vitamin C, kamu harus menyimpannya dengan baik di tempat yang sejuk dan terhindar dari paparan sinar matahari. Tujuannya adalah mencegah agar vitamin C nggak mudah teroksidasi. Jika kamu ingin membeli Votre Peau Vitamin C Serum ini, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 220.000,- untuk ukuran botol 30 ml.

6. Mineral Botanica Acne Care Face Serum

Serum untuk kulit berjerawat

Mineral Botanica Acne Care Face Serum

Kini, serum untuk kulit berjerawat hadir dari brand Mineral Botanica. Serum ini diformulasikan dengan bahan antiacne, adansonia extract, vitamin C, dan juga kolagen. Bahan-bahan tersebut mampu merawat kulit yang berjerawat dengan formula yang mudah meresap ke dalam sel kulit.

Kandungan ekstrak buah baobab pada serum ini mampu melindungi kulitmu dari kerusakan akibat jerawat. Lalu, kandungan allantoin mampu menenangkan kulit dari iritasi. Sementara kandungan lactobacillus-nya mampu mengatasi jerawat dan melembapkan kulit dengan baik. Hasil akhirnya, kulit kamu bakalan tampak bersih, segar, cerah, dan mulus. Mineral Botanica Acne Care Face Serum ini bisa kamu beli dengan harga Rp 81.000-an untuk ukuran botol 15 ml.

7. Innisfree The Green Tea Seed Serum

Serum untuk kulit berjerawat - Innisfree The Green Tea Seed Serum

Innisfree The Green Tea Seed Serum

Produk serum untu kulit berjerawat dari Innisfree ini memiliki nutrisi yang banyak dari perasan daun dan biji teh hijau Jeju. Jadi, recommended banget deh untuk mengatasi jerawatmu.  Ada kandungan 100% perasan green tea Jeju segar yang akan menutrisi kulitmu secara mendalam dan memberikan kelembapan agar kulitmu lebih kenyal.

Teknologi moisturizer ganda dari perasan green tea segar dan green tea seed oil-nya akan memberikan kelembapan dan membentuk lapisan ganda di kulitmu. Jadi, kelembapan kulit akan selalu terjaga dan tahan lama deh. Innisfree Green Tea Seed Serum ini memiliki tekstur yang sangat cair dengan warna transparan yang agak kekuningan. Maka, mudah banget meresap di kulit dengan aroma wangi yang segar.

Tentunya, serum ini nggak hanya berfungsi melembapkan dong, tetapi juga mampu mengempeskan jerawat di kulitmu dan mengontrol minyak. Namun, meski mengontrol minyak, nggak akan membuat kulitmu kering kok. Oh ya, kalau kamu nggak cocok menggunakan produk ini, kulit kamu justru bisa tambah jerawatan. Jadi, pilihlah dengan bijak ya! Kamu bisa membeli serum ini seharga Rp 250.000-an.

8. CLINIQUE Acne Solutions Acne + Line Correcting Serum

Serum untuk kulit berjerawat

CLINIQUE Acne Solutions Acne + Line Correcting Serum

Untuk membasmi kuman penyebab jerawat, kamu juga recommended memakai produk ini lho, Girls. Serum untuk kulit berjerawat ini mengandung salicylic acid yang memang ampuh mengatasi jerawat. Produk ini mengklaim mampu mengatasi jerawat meradang, jerawat yang baru tumbuh, jerawat batu, bahkan jerawat karena hormonal sekali pun.

Pori-pori wajah kamu juga akan lebih bersih dari kotoran dan sel kulit mati lho. Meski produk ini cocok untuk kulit berminyak, tetapi tetap mampu melembapkan tanpa memberi efek kering pada wajahmu kok.

Nggak hanya untuk masalah blemish skin, produk ini pun mampu menghilangkan kerutan dan garis halus tanda penuaan. Serum dari Clinique ini bebas pewangi dan minyak, sehingga cukup aman untuk kulit sensitif yang mudah iritasi. Formulanya juga ringan dan mudah meresap. Coba deh!

9. Sensatia Botanicals Facial C – Serum Unscented for Sensitive Skin

Serum untuk kulit berjerawat

Sensatia Botanicals Facial C – Serum Unscented for Sensitive Skin

Sensatia Botanicals Facial C – Serum Unscented for Sensitive Skin ini merupakan salah satu serum untuk kulit berjerawat yang kaya akan kandungan vitamin C. Serum ini memiliki tekstur krim yang ringan dan mudah meresap di kulit. Kandungannya sendiri berupa ekstrak kakadu plum yang kaya vitamin C.

Fungsi dari kandungan ini adalah membantu mengurangi keriput, memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan wajah, dan meningkatkan elastisitas kulit. Lalu ada juga kandungan lidah buaya, jojoba bean, seabuckthorn, rosehip, gotu kola, pepaya, teh hijau, dan belimbing yang membantu memelihara dan melindungi kulitmu dari kerusakan. Cocok banget deh untuk kulit sensitif dan kulit berjerawat.

Kandungan lidah buaya dan teh hijau pada serum ini juga mampu meredakan peradangan pada jerawat dan menangkal radikal bebas. Oh ya, produk ini telah tersertifikasi organik karena bebas dari kandungan bahan kimia yang berbahaya. Untuk membelinya, kamu bisa mengeluarkan uang sebesar Rp 180.000-an.

10. ElsheSkin Smoothing Serum for Acne Skin

Serum untuk kulit berjerawat - ElsheSkin Smoothing Serum for Acne Skin

ElsheSkin Smoothing Serum for Acne Skin

Masih ada lagi lho serum untuk kulit berjerawat yang bisa kamu gunakan, yaitu ElsheSkin Smoothing Serum for Acne Skin. Brand lokal dari Indonesia ini memiliki kandungan salicylic acid dan centella asiatica. Salicylic acid berguna untuk membersihkan kulit dari komedo dan sel kulit mati serta kotoran. Sementara centella asiatica mampu meredakan kemerahan dan peradangan akibat jerawat.

Serum ini juga mampu memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih halus dan lembut. Jadi, nggak hanya jerawat saja yang bisa diatasi. Bekas jerawat seperti bopeng ataupun bekas luka juga bisa sembuh, Girls. Sayangnya, produk ini masih mengandung alkohol yang kurang cocok jika kamu memiliki kulit sensitif.

Meskipun ada kandungan alkohol yang cenderung membuat kulit menjadi kering, serum untuk kulit berjerawat ini memiliki kandungan aqua dan glycerin. Kandungan ini mampu mengunci kelembapan sehingga kulit akan tetap terasa kenyal. Untuk mendapatkan kulit mulus bebas jerawat, produk ini bisa kamu beli dengan harga Rp 175.000-an.

Dari produk-produk serum untuk kulit berjerawat di atas, kira-kira mana yang akan kamu coba Girls? Yang terpenting, jangan mengharapkan hasil yang instan, ya. Kamu tetap harus rutin merawat wajahmu dengan rangkaian skin care lainnya. Nggak cukup hanya serum saja lho. Nantinya, kulit kamu nggak bakalan bebas jerawat saja, tapi juga sehat. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *