15 Rekomendasi Serum Untuk Remaja Yang Bagus dan Aman

1 bulan, by Hai Gadis

Pada usia remaja, kulit terkadang rentan mengalami masalah seperti jerawat, komedo, minyak berlebih, atau kusam. Soalnya pada usia ini, tubuh sedang mengalami perubahan hormonal karena kamu sedang beranjak dewasa, Girls. Memakai skincare seperti serum untuk remaja pastinya boleh-boleh saja untuk membantu menutrisi kulitmu agar lebih sehat dan bebas dari masalah.

Namun perlu kamu ketahui bahwa di usia remaja, masalah kulit belumlah kompleks seperti di usia dewasa. Jadi, kalau kamu menggunakan produk serum yang kandungan bahan aktifnya sudah macam-macam, takutnya kulitmu malah jadi iritasi. Nah, memilih serum yang bagus dan aman untuk remaja pastinya nggak bisa kamu lakukan asal-asalan. Coba deh simak dulu tips berikut ini.

Tips memilih serum untuk remaja

a. Pertimbangkan dulu, apakah kulitmu memang sudah memerlukan produk serum atau belum

Merawat wajah memang perlu dilakukan sejak dini, tetapi kamu juga perlu memperhatikan penggunaan suatu produk skincare sesuai usiamu. Untuk usia di bawah 16 atau 17 tahun, sebaiknya nggak perlu menggunakan serum dulu Girls. Kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah yang basic seperti sunscreen, pembersih wajah, dan pelembab secara teratur. Jika kamu sembarangan, takutnya kulitmu malah berisiko teriritasi. Namun untuk usia 16 atau 17 tahun ke atas, boleh deh menggunakan serum asalkan memilih produk yang aman dan sesuai kondisi kulitmu.

b. Pilih serum sesuai kondisi dan permasalahan kulit

Biasanya permasalahan kulit pada masa remaja adalah jerawat, komedo, kulit kering, atau kulit kusam dengan noda-noda bekas jerawat. Nah, gunakanlah serum sesuai keadaan kulitmu tersebut Girls. Kamu nggak disarankan memakai serum dengan kandungan-kandungan acid seperti AHA, BHA atau PHA maupun bahan-bahan antiaging yang kompleks dulu, ya. Karena kandungan tersebut sangat kuat dan bisa berisiko bikin kulitmu malah teriritasi.

Sebaiknya, pilih saja serum yang bisa mengatasi masalah jerawat dan minyak berlebih, atau serum yang bisa mengatasi masalah kulit kusam. Kemudian, jangan lupa tetap pilih serum yang bisa melembapkan kulitmu, ya. Kandungan-kandungan dalam serum yang sebaiknya kamu pilih antara lain hyaluronic acid, tea tree, vitamin C, vitamin E, salicylic acid, dan lain sebagainya.

c. Pilih serum dengan kandungan bahan-bahan alami serta formulanya ringan

Untuk remaja, disarankan sih kamu memilih serum yang memiliki kandungan bahan alami ya, Girls. Soalnya bahan-bahan alami bakalan lebih aman untuk kulitmu. Apalagi jika kamu punya kulit sensitif.

Selain itu sangat penting bagi kamu untuk memperhatikan kadungan formulanya. Pilihlah serum dengan kandungan formula yang ringan karena cocok untuk kulit remaja.

d. Pilih serum yang harganya sesuai budget

Karena serum memang memiliki kandungan bahan aktif lebih banyak dibanding produk skincare lain, nggak heran kalau harganya biasanya memang mahal. Namun, ada juga kok serum-serum bagus untuk remaja yang harganya masih bersahabat, terutama dari produk-produk lokal. Nah, pilihlah secara selektif ya, Girls.

e. Rajin baca ulasan atau review produk

Kalau ingin membeli suatu produk skincare seperti serum, jangan asal percaya dengan klaimnya, ya. Kamu juga perlu melihat ulasan atau review produk dari pengguna sebelumnya maupun dari beauty influencer. Dengan begini, kamu bisa mempertimbangkan secara lebih matang apakah serum yang kamu beli tersebut benar-benar cocok atau enggak.

f. Segera hentikan penggunaan kalau suatu produk nggak cocok di kulitmu

Kalau kamu punya kulit sensitif, mungkin reaksi akibat nggak cocok dengan suatu produk bisa terjadi secara langsung. Sehingga kamu perlu melakukan patch test terlebih dahulu. Namun buat kamu yang memiliki kulit nggak sensitif dan sedang menggunakan suatu produk serum, tunggu dulu sekitar satu bulan untuk mengetahui apakah suatu produk bisa efektif di kulitmu atau enggak. Jika cocok dan nggak menimbulkan reaksi tertentu, maka kamu bisa melanjutkan pemakaian. Akan tetapi jika terjadi reaksi yang malah bikin kulitmu bermasalah, segera hentikan pemakaian serum tersebut ya, Girls.

Nah, kalau kamu sudah membaca tips di atas, kini nggak perlu bingung lagi dengan sekian banyaknya serum untuk remaja di pasaran. Soalnya Hai Gadis punya rekomendasinya nih. Simak, yuk!

Rekomendasi serum untuk remaja

1. Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Serum untuk remaja

Photo via wardahbeauty.com

Rekomendasi serum untuk remaja yang pertama adalah Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum. Serum ini cocok banget untuk jenis kulit normal yang cenderung berminyak. Teksturnya ringan dan mudah diserap oleh kulit. Selain itu, serum Wardah yang satu ini mengandung bahan aktif witch hazel extract yang berfungsi sebagai astringent untuk meringkas pori.

Kemudian ada juga kandungan vitamin E yang membantu melembapkan dan melindungi kulit dari radikal bebas. Yang nggak kalah penting, ada kandungan hyaluronic acid untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Harga serum ini cukup terjangkau untuk remaja lho, karena hanya Rp 45.000-an untuk kemasan 5ml sebanyak 5 botol.

2. Garnier Light Complete Vitamin C 30X Booster Serum

Serum untuk remaja

Photo via garnier.co.id

Garnier Light Complete Vitamin C 30X Booster Serum juga termasuk serum aman untuk remaja lho. Bisa banget digunakan oleh kamu yang punya masalah kulit kusam, ada noda hitam, dan bekas jerawat. Serum ini memiliki kandungan 30X vitamin C dari lemon Yuzu Jepang yang bisa mencerahkan kulitmu dan menghilangkan noda-noda yang ada di wajah.

Selain itu, tekstur serum ini ringan dan fresh, sehingga mudah meresap. Pokoknya cocok deh dijadikan skincare rutin untuk remaja. Harganya sekitar Rp 80.000-an untuk kemasan 30 ml ya, Girls.

3. Pixy White-Aqua Concentrated Brightening Serum

Serum untuk remaja

Photo via pixy.co.id

Kali ini, ada Pixy White-Aqua Concentrated Brightening Serum sebagai salah satu rekomendasi serum bagus untuk remaja. Produk ini memiliki formula berbahan dasar air dan diperkaya dengan Skin Bright Activator yang kandungan Brightening Agent-nya lebih banyak. Selain itu ada juga kandungan Intensive Hydra Active yang bisa membantu melembapkan kulit secara intensif.

Nggak hanya itu, serum dari Pixy ini pun mengandung vitamin C dan vitamin E sebagai antioksidan. Pastinya formulanya cukup aman kok, karena alcohol free dan sudah teruji secara klinis. Serum ini cenderung cocok untuk semua jenis kulit terutama kulit dengan masalah kusam. Harga serum ini sekitar Rp 70.000-an.

4. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial C Serum

Serum untuk remaja

Photo via sensatia.com

Buat kamu yang punya kulit oily dan acne-prone, serum untuk remaja yang satu ini juga recommended lho. Serum ini kaya akan kandungan vitamin C dengan tekstur yang ringan dan mudah meresap. Untuk kandungannya sendiri ada ekstrak kakadu plum yang membantu memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Kemudian ada juga kandungan lidah buaya, jojoba bean, Seabuckthorn, rosehip, tamarind, belimbing, lemon, mint, dan daun tea tree yang mampu menutrisi, memelihara, serta melindungi kulitmu. Oh ya, produk dari Sensatia Botanicals ini juga terkenal mengandung bahan-bahan alami, bebas alkohol, maupun paraben lho. Kulit sensitif mungkin cocok memakainya. Harga serum ini sekitar Rp 180.000,-.

5. Wardah C-Defense Serum

Photo via wardahbeauty.com

Wardah C-Defense Serum juga termasuk serum bagus untuk remaja nih, Girls. Sesuai namanya, kandungan serum ini memang antioksidan Hi-Grade vitamin C yang bisa meresap ke kulit secara lebih sempurna. Manfaatnya sendiri antara lain untuk menjaga elastisitas kulit dan menangkal radikal bebas.

Formulanya mampu membantus sintetis kolagen lho. Nggak hanya itu, serum ini juga bisa mencerahkan kulit kusam. Bisa kok serum ini digunakan untuk semua jenis kulit, terutama yang punya masalah kulit kusam dan lelah. Kamu bisa membelinya seharga Rp 66.000-an.

6. Everwhite Brightening Essence Serum

Serum untuk remaja

Photo via everwhite.co.id

Everwhite Brightening Essence Serum merupakan serum untuk remaja yang mampu mencerahkan wajah, membuat kulit lebih bening dengan noda-noda tersamarkan. Selain itu, skincare ini juga mampu mengecilkan pori-pori, melembapkan kulit dengan baik, dan membantu memperbaiki jaringan kulit. Buat kamu yang punya masalah kulit dengan noda bekas jerawat, pakai serum ini bisa banget deh.

Kandungannya sendiri ada Chroma bright, niacinamide, hyaluronate, dan vitamin C. Nggak hanya cocok untuk remaja, produk ini juga bisa dipakai ibu hamil dan ibu menyusui kok. Kamu bisa membelinya seharga Rp 110.000-an.

7. Garnier Sakura White Hyaluron 30x Booster Serum

Serum untuk remaja

Photo via garnier.co.id

Buat kamu yang ingin kulit tampak lebih lembap dan glowing, Garnier Sakura White Hyaluron 30x Booster Serum ini recommended lho. Serum aman untuk remaja ini diperkaya dengan kandungan ekstrak sakura Jepang dan hyaluron. Manfaatnya adalah membuat kulit lebih cerah, lembap, halus, dan lembut.

Dari segi tekstur, serum ini memang agak lengket, tapi mudah meresap kok. Selain itu juga aromanya segar dan nyaman dipakai. Kamu bisa membelinya seharga Rp 105.000-an.

8. La Tulipe Essential Whitening Serum

Serum untuk remaja

Photo via latulipe-id.com

Serum bagus untuk remaja selanjutnya adalah La Tulipe Whitening Serum. Produk lokal yang satu ini didesain untuk mencerahkan kulit dan menghapus flek, noda hitam, maupun noda bekas jerawat. Kandungan dari serum ini berupa Korean Golden Bell extract yang bisa mencerahkan dan bikin kulit tampak glowing. Pokoknya produk ini cocok deh untuk kamu yang punya masalah kulit kering atau kusam. Harga serum ini adalah Rp 80.000-an.

9. Mineral Botanica Acne Care Serum

Photo via mineralbotanica.com

Masih ada nih serum untuk remaja yang recommended buat kamu, yaitu Mineral Botanica Acne Care Serum. Cocok banget deh buat kamu yang punya kulit berminyak dan berjerawat. Serum ini diformulasikan dengan bahan anti acne, Adansonia extract, vitamin C, dan kolagen. Pastinya kandungan-kandungan tersebut bisa mengatasi jerawat sekaligus sebagai antioksidan untuk melindungi kulitmu.

Nggak hanya itu, kandungan kolagen dalam serum ini pastinya bisa memperbaiki elastisitas kulit. Dari segi tekstur, serum ini memiliki daya serap yang cepat dan aman untuk penggunaan sehari-hari kok. Serun untuk jerawat ini bisa kamu beli seharga Rp 80.000-an.

10. ElsheSkin Sebum Reducer Serum

Photo via elsheskin.com

Serum aman untuk remaja selanjutnya adalah ElsheSkin Sebum Reducer yang cocok untuk kulit kombinasi. Terutama kalau ada minyak berlebih di area T-zone. Produk ini formulanya aman dan efektif mengontrol minyak berlebih lho. Selain itu juga bisa mengatasi masalah pori-pori besar, blackhead, dan whitehead tanpa membuat kulit dehidrasi.

Untuk teksturnya sendiri, produk ini lumayan kental tapi tetap cepat meresap. Dengan pemakaian teratur, wajahmu bakalan bebas kilap dan ternutrisi dengan baik deh. Kamu bisa membeli serum ini seharga Rp 118.000-an.

11. Some By Mi Yuja Niacin Blemish Care Serum

Serum untuk remaja

Photo via shopee.co.id

Rekomendasi serum bagus untuk remaja kali ini dari produk Korea Girls, yaitu Some By Mi Yuja Nacin Blemish Care Serum. Produk ini memiliki packaging warna kuning cerah dan aroma serum di dalamnya sangat menyegarkan lho. Tekstur serumnya pun sangat ringan dan nggak ada rasa lengket sama sekali.

Dari segi kandungan, ada 82% ekstrak Yuja Korea yang mampu menghidrasi dan menutrisi kulit. Kemudian ada juga 5% niacinamide untuk mencerahkan kulit wajah, glutathione dan arbutin untuk mencegah pembentukan melanin penyebab kusam, dan juga ada 12 vitamin. Produk ini cocok kok untuk semua jenis kulit, terutama buat kamu yang punya masalah kulit kusam dan banyak noda bekas jerawat. Some By Mi Yuja Niacin Blemish Care Serum ini dijual seharga Rp 180.000-an.

12. Innisfree Green Tea Seed Serum

Serum untuk remaja

Photo via innisfree.com

Innisfree Green Tea Seed Serum juga termasuk serum untuk remaja yang recommended buat kamu nih, Girls. Serum dari brand Korea Selatan ini memang terkenal bagus untuk menjaga kelembapan kulit wajahmu. Kandungan produk ini berupa 100% ekstrak perasan green teaJeju segar yang kaya akan mineral dan asam amino.

Nggak hanya itu, ada juga green tea seed oil yang akan memberikan kelembapan ganda ke lapisan dalam kulit dan melindungi kulit agar kelembapannya lebih tahan lama. Bisa banget kok serum ini digunakan oleh remaja karena bahan yang dikandung adalah bahan-bahan alami yang aman. Kamu bisa membeli serum ini seharga Rp 340.000,- untuk ukuran kemasan 80 ml.

13. Klairs Rich Moist Soothing Serum

Serum untuk remaja

Photo via klairscosmetics.com

Klairs Rich Moist Soothing Serum juga bisa nih kamu gunakan sebagai rekomendasi serum untuk remaja. Selain karena kandungannya aman, produk ini juga bisa digunakan untuk kulit sensitif. Serum dari Klairs ini bakalan menghidrasi kulitmu dengan maksimal dan juga menenangkan kulit.

Dari segi kandungan, serum ini memiliki sodium hyaluronate, ekstrak Centella asiatica, ekstrak licorice, castor oil, grapefruit extract, dan masih banyak lagi. Sayangnya, produk bagus ini memiliki harga yang agak pricey, yaitu Rp 330.000,-. Namun, efektif banget dalam menjaga kelembapan kulit dan mengontrol kadar minyak di wajah kok.

14. Scarlett Whitening Acne Serum

Serum untuk remaja

Photo via shopee.co.id

Serum bagus untuk remaja yang satu ini tergolong baru lho Girls. Namun sudah banyak yang me-review bahwa serum ini cukup bagus. Kandungannya ada tea tree leaf water, salicylic acid, Jeju Centella asiatica, Liquotrice extrac, dan vitamin C. Cocok banget buat kamu yang punya masalah jerawat.

Produk ini bisa membantu menyembuhkan jerawat maupun kulit kemerahan. Selain itu, serum ini bisa menghaluskan, memudarkan bekas jerawat, dan mencerahkan kulit. Bahkan minyak berlebih di wajah juga bisa terkontrol kok. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 75.000-an. Masih terjangkau, ‘kan?

15. Whitelab Brightening Face Serum

Serum untuk remaja

Photo via whitelab.co.id

Whitelab Brightening Face Serum juga bisa banget nih kamu gunakan sebagai serum untuk remaja yang kualitasnya oke. Produk ini bisa mencerahkan wajah, menghilangkan dark spot, merawat kulit berjerawat, dan mengecilkan pori-pori. Kulitmu juga akan lebih halus dan lembap. Pas banget produk ini digunakan untuk kulit berminyak yang kusam.

Kalau dari segi kandungan, produk ini memiliki kolagen, niacinamide, dan juga hyaluronate. Pastinya kulit kamu bakalan terasa lembap dan halus dengan pemakaian teratur. Produk ini dijual seharga Rp 75.000,- ya, Girls.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi serum untuk remaja yang bagus dan terkenal aman asalkan cocok buat kulitmu. Yang pasti, produk-produk serum di atas juga harganya terjangkau dan ramah bagi kantung remaja lho. Oh ya, jangan lupa untuk pilih serumnya secara bijak, ya! Jika diperlukan, kamu bisa berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu.

1+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *