Rekomendasi Facial Wash Untuk Remaja Yang Bagus dan Aman

4 minggu, by Hai Gadis

Facial wash untuk remaja

Salah satu skincare yang wajib digunakan oleh remaja adalah facial wash alias sabun pencuci muka. Soalnya, saat seharian beraktivitas entah sekolah atau kuliah, kulit wajahmu pasti akan terkena kotoran, polusi, dan juga penggunaan makeup. Tentunya harus dibersihkan dengan baik dong supaya nggak mengalami masalah-masalah yang bikin kulit jadi kurang sehat. Itulah kenapa kamu butuh banget memakai facial wash untuk remaja dalam rangkaian skincare sehari-hari.

Apalagi, kulit remaja juga sedang rentan mengalami masalah-masalah umum seperti jerawat, kering, minyak berlebih, atau kusam. Penggunaan facial wash yang tepat pastinya sangat penting. Namun, memilih produk pencuci wajah untuk remaja, terutama buat pemula memang nggak bisa asal-asalan. Kalau salah pilih produk, kulit malah jadi rentan mengalami masalah.

Tips memilih facial wash bagus untuk remaja

Dalam membeli produk pembersih wajah bagus, nggak bisa kamu lakukan asal-asalan lho. Banyak hal yang perlu kamu perhatikan agar nggak salah memilih produk yang ternyata nggak aman buat kulitmu. Simak yuk tips di bawah ini sebelum membeli produk facial wash dengan berbagai klaim menggiurkan.

a. Pilih produk sesuai jenis kulit wajahmu

Sudah mengenali tipe kulit wajahmu sendiri belum, Girls? Kalau belum, simak deh caranya di sini. Setelah itu, kamu bakalan lebih mudah deh memilih produk facial wash. Jika memilih produk sabun cuci muka sesuai tipe kulit, maka produk bakalan berfungsi secara lebih efektif. Untuk tipe kulit sensitif, pilihlah produk facial wash yang gentle dengan kandungan hypoallergenic, pH-nya sesuai kulit, dan nggak mengandung paraben, pewangi, maupun pengawet.

Kalau tipe kulitmu adalah kering, pilih produk yang memiliki efek hydrating dan nggak bikin wajah terasa kesat setelah pemakaian. Sementara itu jika kulitmu tipe berminyak dan mudah berjerawat, pilih produk yang bisa mengontrol minyak berlebih dan mengatasi jerawatmu tapi tetap punya efek melembapkan. Selain itu, gunakan pula produk yang non-comedogenic dan non-acnegenic. Hal ini juga berlaku buat kamu pemilik kulit kombinasi lho.

b. Pilih produk sesuai permasalahan kulit

Setelah tahu tipe kulitmu, kenali juga permasalahan pada kulitmu sebelum memilih facial wash untuk remaja. Misalnya saja masalah kulitmu adalah jerawat dan bruntusan. Maka kamu bisa memilih produk yang berlabel anti-acne karena formulanya bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

Sementara kalau masalah kulitmu kering, pilih produk yang bisa melembapkan dan menghidrasi secara intensif ya, Girls. Kemudian untuk masalah kulit kusam dan noda hitam, pilih saja produk yang ada efek mencerahkan. Biasanya tertera juga pada kemasannya kok. Lalu untuk kulit yang iritasi, kamu bisa memilih produk dengan efek calming dan nggak banyak mengandung busa.

c. Pilih produk facial wash berdasarkan teksturnya

Tekstur facial wash bagus berbeda-beda lho. Ada yang berupa gel, cream, hingga yang memiliki busa dan tanpa busa.

  • Jenis face wash micellar: ringan dan mengandung molekul yang dapat menarik kotoran di kulit, cocok untuk semua jenis kulit.
  • Jenis gel: teksturnya ringan, lebih cocok untuk kulit kering dan sensitif.
  • Jenis foam cleanser: memiliki busa, cenderung bikin kulit kering, cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi.

d. Lakukan tes sebelum memilih produk baru

Buat remaja, terutama yang masih pemula dan sedang mencari-cari produk pembersih wajah bagus, kamu bisa melakukan tes dulu. Caranya dengan mengusapkan sedikit produk ke area belakang telinga dan tunggu kurang lebih 5-15 menit. Jika nggak ada reaksi seperti kemerahan, maka kamu bisa memakainya di wajahmu. Namun jika ada reaksi, berarti produk tersebut nggak cocok di kulitmu, jadi segera pilih produk lain, ya.

e. Hentikan pemakaian jika produk nggak memberikan manfaat apa pun

Meski nggak ada reaksi tertentu, produk skincare pun belum tentu cocok di kulit wajahmu lho. Jika dalam 1 bulan pemakaian produk nggak ada manfaat yang kamu dapatkan, maka segera cari produk facial wash lain yang lebih efektif mengatasi masalah di kulitmu, ya.

f. Cari info soal produk dari review-nya

Suatu produk skincare, termasuk face wash untuk remaja bakalan banyak yang mengulas kok. Bisa pengguna sebelumnya, maupun beauty influencer. Untuk itu, rajin-rajin lihat review suatu produk yang akan kamu gunakan, ya. Hal ini agar kamu nggak salah memilih produk. Selain itu, jangan hanya satu ulasan saja yang kamu lihat, tetapi perlu beberapa review yang bisa kamu lihat sebagai perbandingan. Soalnya suatu produk bagus belum tentu cocok untuk semua orang, ‘kan?

g. Pilih produk yang ingredients-nya ringan untuk remaja

Untuk kulit remaja, sebaiknya pilih produk-produk yang memang memiliki ingredients ringan. Kamu nggak disarankan memilih produk yang banyak memiliki kandungan antiaging. Selain itu, untuk pemula juga nggak disarankan menggunakan produk yang mengandung acid dengan konsentrasi tinggi. Misalnya seperti AHA atau BHA. Kecuali, kamu sudah konsultasi dengan dermatologist tentang keadaan kulitmu dan produk apa saja yang dibolehkan.

h. Pilih produk sesuai budget

Buat remaja, terutama yang masih anak sekolah, nggak disarankan deh membeli produk facial wash bagus yang mahal-mahal. Selain harganya yang nggak ramah di dompet remaja, produk juga belum tentu cocok dikulitmu. Banyak juga kok produk bagus yang harganya terjangkau. Lagipula, facial wash bakalan kamu pakai setiap hari, kalau kamu membeli dengan harga di luar kemampuan, bisa-bisa kamu nggak konsisten memakainya. Kulitmu malah berisiko mengalami masalah deh.

Nah, kalau sudah tahu cara memilih face wash untuk remaja yang tepat, kini nggak perlu bingung lagi dengan sekian banyaknya produk yang ada di pasaran. Soalnya, Hai Gadis punya rekomendasi khusus buat kamu nih.

15 facial wash bagus untuk remaja

1. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Face Wash

Facial wash untuk remaja

Photo via instagram.com/hadalaboid

Facial wash bagus untuk remaja yang pertama  ada Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening. Sabun pembersih wajah yang satu ini dapat menghilangkan kotoran dan minyak di wajah. Selain itu juga ada efek mencerahkan di wajah dan membuat warna kulit lebih merata. Cocok banget deh buat remaja yang memiliki tipe kulit normal yang kusam.

Untuk kandungannya sendiri ada arbutin, whitening extract untuk efek pencerah ganda, dan hyaluronic acid. Selain membantu mencerahkan kulit, kelembapan kulit pun akan tetap terjaga sehingga tekstur kulit tetap elastis setelah mencuci muka. Harga sabun cuci muka ini sekitar Rp 50.000-an untuk kemasan 100 gram, ya.

2. Y.O.U Simply Fresh Facial Wash

Facial wash untuk remaja

Photo via shopee.co.id

Rekomendasi pembersih wajah bagus untuk remaja selanjutnya adalah Y.O.U Simply Fresh Facial Wash. Produk ini mengandung ekstrak lemon yang dapat mencerahkan, menyegarkan, dan mengontrol minyak berlebih di wajah. Selain itu, sabun ini juga bakalan mencegah munculnya jerawat di kulit wajahmu.

Ada juga kandungan ekstrak madu yang bisa melembapkan, menenangkan, dan menutrisi kulit wajahmu. Wajah jadi halus dan kencang dengan sabun bertekstur gel ini deh. Cocok deh buat kulit berminyak yang mudah berjerawat. Kulit sensitif juga cukup aman kok memakai produk ini soalnya nggak ada kandungan alkohol dan memiliki kandungan pH balance yang nggak bikin iritasi. Harga produk ini hanya Rp 20.000-an lho.

3. Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash

Facial wash untuk remaja

Photo via shopee.co.id

Kamu lagi berjuang melawan jerawat? Semangat Girls, ini nih facial wash untuk kulit berjerawat yang cocok buat remaja, yaitu Emina Ms. Pimple Acne Solution Face Wash. Produk ini memiliki busa yang lembut lho sehingga aman untuk jerawatmu. Setelah pemakaian pun kulitmu nggak akan jadi kering atau ketarik kok. Kalau dari segi kandungan, face wash dari Emina ini memiliki salicylic acid sebagai eksfoliator dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Kemudian ada juga witch hazel extract dan zinc gluconate yang mampu mengontrol produksi sebum berlebih. Wajah bakalan bebas kilap dan nggak gampang jerawatan deh. Kamu bisa membeli facial wash ini dengan harga terjangkau, yaitu hanya Rp 15.000-an.

4. Acnes Creamy Wash

Facial wash untuk remaja

Photo via shopee.co.id

Ada lagi lho rekomendasi facial wash bagus untuk remaja dengan masalah kulit berjerawat, yaitu Acnes Creamy Wash. Sabun pembersih wajah yang satu ini memiliki tekstur krim dan bisa bekerja melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungannya sendiri ada vitamin E dan C yang berperan sebagai antioksidan. Wajah pun bakalan terasa lembut, bersih, dan lebih sehat. Selain itu, kemerahan akibat bekas jerawat juga bisa berkurang lho.

Oh ya, kamu juga nggak perlu takut wajah terlihat mengkilap karena minyak berlebih. Soalnya produk ini bisa mengontrol sebum dan membersihkan kotoran yang menutup pori-pori. Buat kulit sensitif, sabun pembersih yang satu ini nggak disarankan ya, karena masih mengandung fragrance. Harga Acnes Creamy Wash ini Rp 17.000-an untuk kemasan berukuran 50 gram.

5. Clean & Clear Essentials Foaming Face Wash

Facial wash untuk remaja

Photo via cleanandclear.co.id

Buat kulit berminyak dan berjerawat, ada nih rekomendasi face wash untuk remaja dari Clean & Clear, yaitu Essentials Foaming Facial Wash. Sabun pembersih wajah yang satu ini memiliki formula bebas minyak yang dapat membersihkan kulit secara menyeluruh. Untuk kandungannya sendiri ada bahan aktif anti-bakterial yang bisa mengatasi jerawat dan munculnya komedo.

Selain itu, produk ini mampu membersihkan minyak dan kotoran berlebih di wajah tanpa membuat kulit menjadi kering. Busanya juga lembut lho. Kamu bisa memakainya setiap hari. Oh ya, harga produk ini pastinya cocok buat remaja, karena masih terjangkau yaitu hanya Rp 17.000-an.

6. Pond’s White Beauty Facial Foam

Photo via shopee.co.id

Kali ini, produk face wash untuk remaja yang recommended adalah Pond’s White Beauty Facial Foam. Dengan kemasan baru, produk dari Pond’s ini juga punya formulasi baru yang efektif untuk membersihkan kulitmu. Kandungannya sendiri ada micro exfoliating foam yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati dengan lembut lho.

Kemudian ada juga vitamin B3+ yang bisa menyamarkan bintik hitam dan akan mencerahkan wajahmu. Lalu ada rosehip seed extract yang berfungsi untuk menutrisi kulit, dan hyalurinic acid complex untuk membuat kulit lembap, terasa lembut, serta kenyal. Sabun cuci muka yang satu ini cocok deh buat kamu yang punya masalah kulit kusam. Sabun wajah yang satu ini bisa kamu beli seharga Rp 16.000-an ya, Girls.

7. Himalaya Purifying Neem Face Wash

Facial wash untuk remaja

Photo via shopee.co.id

Himalaya Purifying Neem Face Wash merupakan salah satu facial wash bagus yang cocok digunakan untuk kamu dengan kulit berminyak dan memiliki masalah jerawat. Produk ini diformulasikan untuk membuat kulit lebih cerah dan bebas masalah. Memiliki tekstur gel, produk ini bebaskandungan sabun lho tetapi bisa membersihkan wajah dengan baik dari minyak berlebih dan kotoran.

Kulitmu pun nggak akan terasa kering setelah pemakaian. Dari segi kandungan, ada neem dan turmeric yang mampu mengendalikan jerawat dan menjadikan kulit lebih lembut serta cerah. Kamu bisa menggunakannya sehari-hari untuk membersihkan wajah deh. Harganya juga terjangkau, yaitu Rp 25.000-an.

8. The Body Shop Drops of Youth Gentle Foaming Wash

Photo via thebodyshop.co.id

Pembersih wajah bagus untuk remaja kali ini adalah The Body Shop Drops of Youth Gentle Foaming Wash yang bisa membantu mengangkat kotoran maupun sel-sel kulit mati. Produk ini juga mampu membantu penyerapan skincare selanjutnya agar lebih baik lho sehingga kulitmu akan lebih kenyal dan sehat.

Untuk kandungannya sendiri ada plant stem cells, Community Trade babassu oil dari Brazil, dan Community Organic cane sugar dari Paraguay. Setelah membersihkan wajah, kulitmu akan terasa segar tapi nggak terasa kering ketarik. Produk ini cenderung cocok buat kulit normal ya, Girls. Kamu bisa membelinya seharga Rp 269.000,-.

9. Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser

Facial wash untuk remaja

Photo via joylabbeauty.com

Rekomendasi face wash untuk remaja kali ini adalah Joylab Gotta Matcha Hydrating Cleanser yang bisa kamu gunakan sehari-hari. Ada kandungan teh hijau, sweet almond oil, dan oat kernel extract lho dalam produk ini. Manfaatnya adalah melembutkan kulitmu dengan baik. Kemudian ada juga witch hazel extract dan pro-vitamin B5 yang bisa memberikan hidrasi agar wajahmu nggak kering.

Tekstur dari face wash yang satu ini ringan dan mampu mengangkat kotoran di wajah secara menyeluruh. Produk ini cenderung cocok untuk semua jenis kulit dengan efek hydrating yang bagus. Selain itu juga no sulfate, no fragrance, no alcohol, no silicone, dan cruelty free. Buat kamu yang memiliki kulit sensitif juga bisa mencobanya. Harga face wash dari Joylab ini sekitar Rp 130.000-an ya, Girls.

10. Wardah Lightening Micellar Gentle Wash

Facial wash untuk remaja

Photo via wardahbeauty.com

Facial wash bagus yang recommended untuk kamu masih ada lho, yaitu Wardah Lightening Micellar Gentle Wash yang cocok untuk kulit normal yang cenderung kering. Produk ini dibuat dengan teknologi micelle yang bisa membentuk busa dan mengangkat kotoran serta minyak berlebih di wajah secara menyeluruh.

Selain itu, ada formula dari produk ini bebas sabun sehingga lembut di kulit dan nggak meninggalkan kesan kesat. Cocok banget deh buat kamu yang punya kulit kering. pH face wash ini juga sama dengan pH kulit sehingga nggak akan bikin iritasi. Kamu bisa membelinya seharga Rp 27.000,- saja.

11. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Facial wash untuk remaja

Photo via cetaphil.co.id

Buat kamu yang masih usia sekolah, memilih produk pembersih wajah bagus juga harus yang aman. Salah satunya adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Produk ini memiliki formula bebas sabun yang kandungannya lembut dan nggak menyebabkan iritasi. Cocok dan aman lho untuk semua jenis kulit bahkan kulit bayi sekalipun.

Kamu bisa menggunakan cleanser ini untuk wajah maupun bagian kulit tubuh lainnya. Setelah menggunakan produk ini, kulit nggak akan terasa ketarik kok. Sayangnya, harga produk bagus ini agak pricey, yaitu Rp 112.000-an.

12. Pigeon Facial Foam

Photo via pigeon.co.id

Masih dengan produk face wash untuk remaja, kali ini recommended buat kamu yang masih baru mencoba-coba pakai skincare. Coba saja Pigeon Facial Foam ini, Girls. Produk ini mengklaim mengandung bahan-bahan lami yang lembut untuk membersihkan wajah dari kotoran maupun sisa makeup. Ada kandungan jojoba yang berfungsi menjaga kelembapan kulit.

Kemudian ada juga ekstrak chamomile yang bermanfaat untuk menyejukkan kulit dan melindunginya dari iritasi. Oh ya, produk ini cenderung cocok untuk semua jenis kulit bahkan pada kulit berjerawat juga. Untuk kemasan berukuran 40 ml, produk ini dijual seharga Rp 12.000-an. Masih ramah buat dompet remaja, ‘kan?

13. Senka Perfect Whip Acne Care

Facial wash untuk remaja

Photo via senka.id

Punya masalah jerawat? Hempaskan saja dengan facial wash bagus yang hits abis ini, yaitu Senka Perfect Whip Acne Care. Dengan kemasan tube warna hijau toska, produk ini memiliki tekstur yang agak thick karena mengandung clay. Namun nggak kaku kok saat digunakan untuk membersihkan wajahmu. Busanya juga melimpah dan lembut.

Untuk kandungannya sendiri, produk ini memiliki ekstrak bunga chamomile Kyoto yang mampu membersihkan kulit hingga ke pori-pori wajah. Kemudian ada juga white cocoon dan white hyaluronic acid yang bisa menjaga kelembapan wajah dan meredakan masalah jerawat. Setelah mencuci muka, wajahmu akan terasa matte dan bersih sehingga pas ‘kan untuk kulit berminyak? Kamu bisa membelinya seharga Rp 50.000-an untuk kemasan 50 gram.

14. Garnier Pure Active Matcha Deep Clean Dirt & Oil-Control Foam

Facial wash untuk remaja

Photo via garnier.co.id

Garnier Pure Active Matcha Deep Clean Dirt & Oil-Control Foam juga termasuk pembersih wajah bagus yang recommended buat kamu nih, Girls. Produk ini memiliki kandungan 100 kali antioksidan dari ekstrak matcha. Kemudian ada juga salicylic acid yang mampu mengurangi minyak berlebih hingga 96% dan juga mengurangi timbulnya jerawat. Pas banget nih untuk jenis kulit berminyak yang mudah berjerawat.

Dari segi tekstur, sabun pembersih muka yang satu ini cukup creamy dengan aroma matcha yang menyegarkan. Busanya juga cukup melimpah tapi tetap lembut. Jika ingin membeli produk dari Garnier yang satu ini, harganya seitar Rp 26.000,- ya, Girls.

15. Mineral Botanica Brightening Facial Wash

Facial wash untuk remaja

Photo via mineralbotanica.com

Kalau kamu punya masalah kulit kusam, ada lho face wash untuk remaja yang bagus, yaitu Minral Botanica Brightening Facial Wash. Pembersih wajah yang satu ini mampu membersihkan kotoran di wajah dengan baik tetapi memiliki pH yang seimbang dan lembut di kulit. Kandungan dari produk ini adalah sodium hyaluronate, ekstrak Aloe vera, dan ekstrak licorice.

Kulitmu bakalan lebih cerah, lembap, dan lembut deh setelah pemakaian. Selain itu, kulit wajahmu juga nggak ada sensasi ketarik atau kesat. Tentunya, harga produk ini juga sangat affordable, yaitu Rp 28.000-an saja.

Itu dia beberapa rekomendasi facial wash bagus untuk remaja yang bisa kamu gunakan sehari-hari dalam rangkaian skincare-mu, Girls. Jangan lupa gunakan rangkaian skincare lainnya juga ya agar perawatan wajah lebih maksimal. Nah, kalau face wash yang jadi holy grail kamu kira-kira produk apa nih?

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *