15 Merek Facial Wash Yang Bagus Untuk Kulit Kering

5 bulan, by Hai Gadis

Facial wash untuk kulit kering

Salah satu produk dalam rangkaian skincare yang penting untuk digunakan adalah sabun cuci muka alias facial wash atau facial foam. Tentunya, produk sabun wajah sangat penting digunakan karena berfungsi untuk membersihkan wajahmu dari sisa make up dan kotoran. Dan khusus bagi pemilik kulit kering, memilih facial wash untuk kulit kering memang harus hati-hati. Karena jika salah pilih maka kondisi kulit akan semakin kering dan jika terjadi dalam waktu yang lama bisa menyebabkan risiko seperti sensitif, gatal, bersisik, bahkan mudah keriput.

Dan berikut ini Hai Gadis akan membagikan tips memilih facial wash untuk kulit kering yang bisa kamu perhatikan.

Tips memilih facial wash untuk kulit kering

a. Pilih produk yang kandungan pembersihnya nggak terlalu kuat

Dalam memilih facial wash untuk kulit kering, sebaiknya kamu menggunakan produk yang mengandung zat pembersih berbahan dasar asam amino. Sebab, zat ini akan minim iritasi saat kamu gunakan untuk membersihkan wajah. Contohnya, kamu bisa memilih produk yang mengandung potassium cocoyl glycinate atau sodium lauroyl methylaminopropiate. Kulit kamu pun nggak akan semakin kering deh.

b. Pilihlah produk yang memiliki tekstur krim atau micellar

Untuk kulit kering, pilihlah facial wash yang memiliki tekstur krim atau micellar. Produk dengan tekstur tersebut bisa membersihkan kulitmu dari kotoran tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Untuk produk dengan kandungan micellar, teksturnya juga cenderung ringan dan lembut. Jadi nggak akan membuat kulitmu yang kering mudah teriritasi.

c. Pilihlah facial wash yang mengandung pelembap

Yang satu ini juga termasuk tips penting dalam memilih facial wash untuk kulit kering. Selain mengandung pelembap, kamu pun perlu memilih produk skincare untuk kulit kering berupa facial wash yang bisa menyeimbangkan sebum di kulitmu. Jadi, meski sabunnya menghilangkan minyak, tetapi sebum alami wajah nggak akan hilang. Misalnya, kamu bisa memilih facial wash yang mengandung squalane, ceramide, gliserin, vitamin E, jojoba oil, dan lain sebagainya.

d. Boleh saja kok memilih produk yang mengandung alkohol asalkan jenisnya tepat

Mungkin kamu sering mendengar kalau produk skincare yang mengandung alkohol bisa membuat kulitmu lebih mudah kering dan kesat. Kamu bisa memilih sabun wajah dengan jenis fatty alcohol. Misalnya adalah arachidyl alcohol, behenyl alcohol, ceteary alcohol, cetyl alcohol, myristyl alcohol, dan stearyl alcohol.

d. Sebaiknya hindari produk yang mengandung zat eksfoliasi

Karena facial wash digunakan sehari-hari, maka sebaiknya pilih produk yang kandungannya nggak mengandung bahan eksfoliator seperti  butiran scrub. Atau bisa juga yang mengandung AHA, BHA, maupun SA. Soalnya kandungan tersebut dapat membuat kulit kering rentan rusak meskipun sebenarnya bisa membersihkan wajah lebih optimal. Adapun kalau kamu ingin menggunakan produk eksfoliasi, pilih yang bukan produk facial wash, ya.

e. Pilih produk yang banyak direkomendasikan oleh beauty influencer

Zaman sekarang ini, peran beauty influencer bakalan kamu butuhkan, apalagi untuk memilih produk skincare yang cocok. Nah, sebelum membeli facial wash untuk kulit kering, lihat dulu review-review yang dilakukan oleh beauty influencer. Kamu pun bisa membaca artikel-artikel yang me-review produk facial wash tersebut. Dengan begini, pertimbangan kamu akan lebih matang deh.

Apabila kamu sudah paham cara memilih facial wash untuk kulit berminyak secara tepat, kini kamu nggak perlu bingung lagi memilih produk yang tepat. Sebab, HaiGadis punya rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi merek facial wash yang bagus untuk kulit kering

1. Wardah Aloe Hydramild Facial Wash

Facial wash untuk kulit kering

Photo via wardahbeauty.com

Facial wash untuk kulit kering yang bisa kamu pilih salah satunya adalah dari brand Wardah. Wardah Hydramild Facial Wash ini memiliki busa yang wangi, ringan, dengan formula pH balance. Teksturnya lembut untuk membersihkan kulit wajah. Wajah pun akan bersih, tetapi tetap segar dan terasa lembap.

Produk yang satu ini salah satu kandungannya adalah Aloe barbandensis leaf extract yang memang pelembap bagus untuk kulit kering. Sabun wajah dari Wardah ini pun memiliki kandungan Triple Hydrating Complex yang memberi kelembapan ekstra dan mampu menenangkan kulit sepanjang hari tanpa rasa lengket. Facial wash yang satu ini cocok abis buat remaja lho dengan harganya yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 23.000-an.

2. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash

Facial wash untuk kulit kering

Photo via shopee.co.id

Selanjutnya, sabun cuci muka untuk kulit kering yang recommended untuk kamu adalah Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash. Produk ini merupakan sabun pembersih wajah yang bisa mengangkat kotoran dan minyak di kulit. Namun tenang saja, pH kulitmu akan tetap seimbang dan kulitmu pun nggak akan menjadi kering.

Kandungan dari facial wash ini salah satunya adalah SHA (Super Hyaluronic Acid) yang mampu memberi kelembapan lebih baik dibanding hyaluronic acid biasa. Sabun wajah ini pun nggak memiliki kandungan pewangi dan pewarna lho. Sehingga kulitmu nggak akan mudah teriritasi. Untuk penggunaan sehari-hari, produk ini bisa kamu beli seharga Rp 30.000,-.

3. Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash

Facial wash untuk kulit kering

Photo via himalayantaiwan.com

Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash ini juga termasuk sabun wajah yang sangat direkomendasikan buat kamu. Facial wash untuk kulit kering ini diperkaya dengan kandungan ekstrak lidah buaya dan mentimun yang  bisa membuat kulit wajah terasa halus, lembut, dan kenyal. Kandungan mentimunnya berfungsi untuk menyejukkan kulit.

Sementara kandungan lidah buayanya bermanfaat dalam melembapkan dan menenangkan kulit. Kulit wajah nggak hanya bersih, tetapi juga tampak lebih segar. Oh ya, produk ini juga memiliki formula yang soap-free alias bebas sabun yang pastinya aman untuk kulit keringmu. Dengan harga Rp 40.000,-, kamu bisa membeli Himalaya Moisturizing Aloe Vera Face Wash ini.

4. Laneige Foam Cleanser Moisture EX

Facial wash untuk kulit kering

Photo via laneige.com

Facial wash untuk kulit kering yang bisa kamu pilih ada lagi lho, yaitu Laneige Foam Cleanser Moisture EX. Produk asal Korea ini merupakan busa pembersih dan pelembap untuk kulit kering. Cocok abis untuk membersihkan wajahmu dari sisa make up dan kotoran setelah beraktivitas seharian.

Kandungannya berupa Multi-Fruit BSC AHA yang diekstraksi dari berbagai tumbuhan, sehingga alami banget deh. Sabun wajah yang satu ini juga mampu menghilangkan sel-sel kulit mati. Selain lebih bersih, kulit kamu pun akan tetap elastis dan nggak kering. Ada juga kandungan vitamin E yang mampu meremajakan kulit dan mengurangi tanda penuaan. Namun produk bagus ini agak pricey, Girls. Kamu bisa membelinya seharga Rp 230.000,-.

5. BIODERMA Atoderm Gel douche

Facial wash untuk kulit kering

Photo via bioderma.co.id

Masih ada nih produk sabun cuci muka yang sangat ramah untuk kulit kering. BIODERMA Atoderm Gel douche ini merupakan produk yang berfungsi merawat dan melembapkan kulit. Formulanya bebas sabun, sehingga mampu merawat kulit kering dengan baik. Tekstur dari sabun pembersih ini berupa gel yang mampu melembutkan dan melindungi kulitmu.

Kulit yang kering pun akan terasa kenyal dan lembap. Produk yang satu ini pun juga bebas pewarna lho sehingga aman untuk kulit kering agar nggak teriritasi. Aman deh untuk digunakan sehari-hari dalam rangkaian skincare-mu. Harga facial wash untuk kulit kering ini sekitar Rp 100.000-an ya, Girls.

6. The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash

Facial wash untuk kulit kering

Photo via thebodyshop.co.id

The Body Shop juga punya facial wash untuk kulit kering lho. Sabun pencuci muka yang satu ini bermanfaat dalam membersihkan, melembutkan, dan menyegarkan kembali kulitmu. Kandungannya diperkaya dengan wheatgerm oil  yang memiliki vitamin E dari alam. Selain mendapatkan kulit wajah yang bersih, kulitmu pun akan terlembapkan dengan baik dan lebih terlindungi.

Meski cocok untuk kulit kering, produk ini juga mampu menghilangkan sisa make up, kotoran, dan kelebihan minyak di kulit dengan baik. Untuk kamu yang memiliki kulit kering dan banyak beraktivitas di luar ruangan yang menyebabkan wajah mudah kotor, produk ini sangat recommended. Harga The Body Shop Vitamin E Gentle Facial Wash ini yaitu Rp 149.000,-.

7. Sulwhasoo Gentle Cleansing Foam EX

Facial wash untuk kulit kering

Photo via sulwhasoo.com

Untuk kulit kering, ada lagi nih facial wash yang recommended untuk kamu, yaitu Sulwhasoo Gentle Cleansing Foam. Sabun cuci muka yang satu ini efektif mengangkat kotoran maupun sisa make up dan akan membuat kulitmu terasa lembut. Formulanya juga cocok untuk kulit kering karena mampu membantu menjaga kadar air agar kulit lebih kenyal dan lembap.

Selain membersihkan kotoran dan sisa make up, facial wash ini juga mampu mengangkat sel kulit mati dengan lembut tanpa mengiritasi. Tekstur busanya tahan lama dan melimpah untuk membersihkan kulit secara lebih maksimal. Namun kamu nggak perlu khawatir kulit menjadi terlalu kesat. Untuk kandungannya sendiri, produk ini diperkaya dengan duckweed dan ekstrak kulit chestnut yang mampu melembapkan sekaligus menenangkan kulit. Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 400.000,-.

8. L’Oreal Paris Hydrafresh Mild Foam

Facial wash untuk kulit kering

Photo via tokopedia.com

Sabun cuci muka yang cocok untuk kulit kering selanjutnya adalah L’Oreal Paris Hydrafresh Mild Foam. Produk yang dikhususkan untuk kulit kering dan sensitif ini mampu membersihkan wajah dengan baik sekaligus menjaga kelembapan kulit. Formulanya sangat lembut sehingga nggak akan membuat kulit semakin kering setelah pemakaian.

Produk ini pun memiliki pH yang sama dengan kulit lho, sehingga aman dan nggak akan mengiritasi deh. Kamu bisa membeli sabun cuci muka dari L’Oreal ini seharga Rp 80.000-an.

9. Innisfree Olive Real Cleansing Foam

Facial wash untuk kulit kering

Photo via innisfree.com

Innisfree yang merupakan brand skin care bagus pun memiliki facial wash untuk kulit kering lho. Innisfree Olive Real Cleansing Foam ini memiliki bahan dasar berupa ekstrak minyak zaitun. Kemudian ada pula kandungan antioksidan dan vitamin. Selain membersihkan kulit, kulitmu juga akan terjaga kelembapannya.

Digunakan sehari-hari, busanya sangat lembut sehingga kulit kamu bakalan bebas dari kotoran maupun sisa make up yang menempel. Setelah pemakaian pun nggak akan ada efek kencang atau tertarik, tetapi kulitmu akan lebih lembut. Innisfree Olive Real Cleansing Foam dijual seharga Rp 189.000-an.

10. Kiehl’s Ultra Facial Cleanser

Facial wash untuk kulit kering

Photo via kiehls.com

Kiehl’s Ultra Facial Cleanser adalah produk pembersih wajah yang mengandung glycoside dari gula. Kandungan tersebut mampu membersihkan kulit dari kotoran dan sisa make up secara menyeluruh. Selain itu, facial wash untuk kulit kering ini mengandung emolien yang efektif, squalane, aprocot kernel oil, vitamin E, dan avocado oil. Tentu manfaatnya sangat bagus dalam meutrisi dan melembapkan kulitmu.

Produk ini pun memiliki pH yang seimbang untuk kulit lho. Pastinya bakalan aman dan lembut untuk digunakan sehari-hari. Harganya lumayan pricey, Girls. Sabun cuci muka dari Kiehl’s ini bisa kamu beli dengan harga Rp 305.000,-.

11. CeraVe Hydrating Cleanser

Facial wash untuk kulit kering

Photo via lookfantastic.com

CeraVe Hydrating Cleanser juga termasuk merek facial wash yang bagus untuk kulit kering. Pembersih wajah yang satu ini mampu mengangkat sisa kotoran, bakteri, minyak berlebih, dan sel kulit mati di wajahmu tanpa memberi efek kering. Kulitmu pun nggak akan mudah teriritasi.

Kandungan dari facial wash ini kaya akan pelembap seperti ceramide dan hyaluronic acid. Meski bisa membersihkan kulit dengan baik, skin barrier alami kulitmu nggak akan rusak. Produk ini pun juga dilengkapi MVE delivery technology sehingga kelembapan kulitmu pun akan terjaga dalam waktu lama. pH-nya juga seimbang kok, jadi kamu nggak perlu khawatir kulit akan teriritasi. Harga CeraVe Hydrating Cleanser ini sekitar Rp 170.000-an ya, Girls.

12. Physiogel Hypoallergenic Cleanser

Facial wash untuk kulit kering

Photo via guardian.com.sg

Physiogel Cleanser termasuk facial wash untuk kulit kering yang juga recommended untuk kamu gunakan nih. Pembersih yang satu ini hypoallergenic, non-comedogenic, dan bebas sabun. Formulanya pun lembut dan nggak membuat kulit menjadi kering dengan pH yang tetap seimbang. Cocok abis untuk kulit kering, sensitif, bahkan bisa digunakan juga untuk bayi.

Pembersih wajah ini pun nggak mengandung lemak hewan lho. Kadar busanya juga rendah. Kamu bisa menggunakannya dengan air atau tanpa air. Yang pasti, sabun ini cocok banget untuk kulit kering agar nggak mudah teriritasi. Produk ini dijual dengan harga Rp 150.000,-.

13. ORIGINS CHECKS AND BALANCES™ Frothy Face Wash

Facial wash untuk kulit kering

Photo via origins.com

Rekomendasi facial wash untuk kulit kering selanjutnya adalah ORIGINS CHECKS AND BALANCES™ Frothy Face. Sabun cuci muka yang satu ini bisa melembapkan kulitmu yang kering dan menghilangkan minyak di area-area yang terlalu berminyak.  Produk ini memiliki kandungan bahan alami seperti protein dari gandum maupun turmalin. Kandungan tersebut sangat bagus dalam melindungi area kulit yang kering.

Produk facial wash satu ini memiliki aroma yang bikin nyaman saat memakainya, yaitu aroma bergamot, spearmint, dan lavender. Digunakan sehari-hari sebagai pembersih wajah, nggak akan bikin kulitmu terlalu kering dan ketarik deh. Oh ya, produk ini juga cocok untuk kulit berminyak maupun kombinasi. Kamu bisa membelinya seharga Rp 395.000,-.

14. KLAIRS Rich Moist Foaming Cleanser

Facial wash untuk kulit kering

Photo via justmylook.com

Kalau kamu mencari facial wash untuk kulit kering yang bagus, produk satu ini recommended. KLAIRS Rich Moist Foaming Cleanser ini adalah produk Korea yang mengandung asam amino sebagai bahan dasarnya.  Kandungan ini cocok abis untuk mengatasi kulit kering dan sensitif.

Formulanya juga mampu membersihkan pori-pori wajahmu lebih maksimal tetapi kulit akan tetap lembap. Kandungannya ada gliserin, hyaluronate, allantoin, ekstrak licorice, dan masih banyak kandungan bahan alami lainnya. Bahan-bahan tersebut tentunya mampu menutrisi kulit dan melembapkan dengan baik. Produk ini dijual dengan harga Rp 250.000,- ya, Girls.

15. Dove Beauty Moisture Facial Foam

Facial wash untuk kulit kering

Photo via dove.com

Produk facial wash untuk kulit kering yang satu ini pasti nggak asing buat kamu. Dove Beauty Moisture Facial Foam ini ditujukan untuk kulit kering dan sensitif. Meski untuk kulit normal juga bisa, Girls. Kandungannya diperkaya dengan nutrium moisture beauty serum yang mampu mengembalikan nutrisi kulitmu setiap cuci muka. Kelembapan kulit juga akan terjaga dengan baik.

Produk ini juga dilengkapi gliserin sebagai pelembap dan ada aroma bunga yang menyegarkan. Kulit kamu pun akan halus dan lembut sehabis pemakaian. Harganya juga terjangkau lho, kamu bisa membelinya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000-an.

Produk-produk facial wash untuk kulit kering di atas sangat beragam kan? Masing-masing memiliki bahan pelembap yang nggak akan memberi efek terlalu kencang setelah pemakaian. Kamu bisa memilih yang paling cocok untuk kulitmu. Oh ya, ada juga beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih. Sebaiknya hindari mencuci muka dengan suhu air di atas 40 derajat Celcius, ya. Hal ini bisa menyebabkan kandungan minyak alami kulitmu hilang. Kemudian, jangan lupa pula gunakan rangkaian skincare lainnya dan minum air yang cukup agar kelembapan kulitmu bisa terjaga dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *