Suka Mewarnai Rambut? Simak Dulu Plus Minusnya

By Hai Gadis

Mewarnai rambut jadi aktifitas yang lazim ditemui belakangan ini. Keinginan untuk membuat rambut terlihat lebih stylish dirasakan oleh banyak wanita. Tak jarang banyak yang mengubah warna rambutnya ke warna-warna yang mereka sukai.

Sebelum kamu mulai mewarnai mahkotamu, ada baiknya kamu pertimbangkan plus minusnya dulu, Girls. Memberikan pewarna pada rambut tentu membawa efek pada kesehatan rambut. Penasaran? Simak penjelasannya berikut ini ya!

Apa Sih Kelebihan Mewarnai Rambut

mewarnai rambut

Photo by alodokter.com

1. Tampak Lebih Modis

Siapa sih yang tak ingin tampil modis dan stylish? Tentu setiap wanita menginginkannya ya. Dengan memberikan warna pada rambut, penampilanmu yang sebelumnya biasa saja bisa berubah jadi tambah gaya. Apalagi dengan tone warna rambut yang sesuai dengan nuansa fashion yang kamu pakai.

2. Membuat Rambut Tampak Tebal

Beberapa tekhnik pewarnaan rambut ternyata bisa memberikan efek rambut yang lebih tebal lho. Jadi buat kamu yang rambutnya tipis, ini bisa jadi solusi paling cepat menebalkan rambut. Tapi untuk mendapatkan hasil yang signifikan, kamu tetap harus merawatnya dengan rutin ya.

3. Mampu Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ingin tampil beda dan lebih menarik? Coba deh warnai rambutmu. Ternyata banyak yang merasakan peningkatan rasa percaya diri setelah mewarnai rambutnya, Girls. Apalagi untuk mereka yang sejak awal berniat mengikuti tren fashion terbaru. Sekarang ini proses mewarnai rambut juga lebih singkat, tentu ini tak akan menyita banyak waktumu.

4. Menutupi Uban

Semakin bertambah usia, kamu akan merasakan kondisi tubuh yang mulai menurun kesehatannya. Begitu pula rambut, warna yang dulunya hitam pekat kini mulai memutih karena hadirnya uban. Nah, memberikan warna pada rambut bisa jadi solusi untuk menyamarkan uban. Bonusnya penampilanmu pun jadi lebih menarik.

5. Menunjukkan Style dan Seleramu

Warna pada rambut secara tak langsung berperan untuk menunjukkan style dan seleramu, lho. Kalau kamu sering memilih warna-warna yang terang, bisa jadi kamu tipe orang yang tak takut dengan resiko. Hal yang sama kalau kamu lebih suka mewarnai rambut dengan warna yang itu-itu saja, berarti kamu tak mudah terbawa tren.

Lalu Apa Kekurangan Mewarnai Rambut?

Photo by merdeka.com

1. Kemungkinan Alergi

Meski menyimpan banyak kelebihan, mewarnai rambut bisa jadi pilihan yang riskan kalau kamu punya kulit dan rambut yang sensitif. Bahkan tidak jarang menemukan orang-orang yang mengalami gatal kepala, kulit kemerahan, atau rasa panas setelah aktifitas mewarnai helai rambut.

2. Mengalami Iritasi Kulit

Ada beberapa orang yang sensitif dengan bahan cat pada rambut. Sehingga setelah pemakaian, kulit di sekitar area kepala dan telinga jadi merah-merah karena iritasi. Untuk itu penting melakukan tes sebelum memberikan warna pada rambut. Cara ini juga mencegah terjadinya iritasi yang lebih parah, Girls.

3. Rambut yang Rapuh

Sering berganti warna rambut secara tak langsung bisa membuat rambutmu jadi rapuh, lho. Ini bisa terjadi karena bahan kimia yang ada dalam kandungan zat pewarna tersebut. Bahan ini kemudian memisahkan skala kutikula pada rambut dan membuatnya jadi gampang rapuh serta mudah patah.

4. Kulit Kepala Kering

Proses memberikan warna pada rambut membutuhkan waktu yang tak sebentar. Apalagi dengan penggunaan bahan kimia dan alat warna rambut yang membuat rambut terpapar panas secara intens. Kalau kamu tak merawat rambutmu dengan baik setelah diwarnai, ada kemungkinan kulit kepala bisa jadi kering dan bersisik.

Tips Untuk Kamu yang Ingin Mewarnai Rambut

mewarnai rambut

Photo by tokopedia.com

1. Pilih Warna yang Pas

Buat kamu yang baru pertama kali mewarnai rambut, sebaiknya perhatikan warna yang kamu gunakan. Jangan sampai memilih warna yang membuat penampilanmu terlihat norak dan shabby. Sekarang sudah banyak produk pewarna rambut dengan variasi warna yang beragam.

2. Pertimbangkan Durasi Pemakaian

Kalau kamu sering gonta ganti warna rambut, coba pilih cat rambut yang hilang dalam beberapa minggu. Dengan begitu kamu bisa memberikan warna ulang tanpa harus membersihkan sisa cat warna menggunakan bahan kimia. Jika ingin awet, kamu bisa gunakan cat warna dengan spesifikasi semi permanen.

3. Lakukan Tes Alergi

Ini tahap paling penting dan tak boleh kamu lewatkan ya Girls, yakni melakukan tes alergi. Untuk memastikan kulitmu tak mengalami reaksi negatif, kamu bisa mengoleskan sedikit produk pewarna rambut di belakang telinga. Apabila dalam waktu 48 jam tak ada reaksi aneh, kamu bisa gunakan produk tersebut deh.

4. Bersihkan Rambut

Sebelum memulai tahap pewarnaan rambut, disarankan untuk mencuci rambut terlebih dahulu. Dengan rambut yang bersih dan bebas dari minyak, warna cat rambut pun bisa meresap dengan maksimal. Kamu bisa keramas menggunakan sampo dan bilas hingga bersih.

5. Pilih Tempat Mewarnai Rambut

Sudah banyak produk cat rambut yang bisa kamu gunakan mandiri di rumah. Kamu bisa ajak teman atau keluarga jika kesulitan mengaplikasikannya sendiri. Tapi kalau kamu khawatir hasilnya jelek dan tak memuaskan, kamu bisa ke salon untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itu dia Girls plus minus dari aktifitas mewarnai rambut. Kalau kamu berniat mewarnai mahkotamu dalam waktu dekat, jangan lupa lakukan tips diatas ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.