Cara Menyikapi Teman Yang Suka Meminjam Uang atau Barang

By Hai Gadis

Urusan finansial memang jadi urusan yang sensitif dalam pertemanan. Tak heran, banyak orang yang sebal sendiri kalau punya teman yang sering pinjam uang atau barang. Kalau kamu orang yang tak tegaan, ada cara menyikapi teman yang suka pinjam uang lho.

Sekali dua kali mungkin tak masalah ketika temanmu meminjam uang, apalagi kalau sedang mendesak. Tapi kalau terus-terusan, tentu menyebalkan. Kamu bisa gunakan langkah ini sebagai bentuk antisipasi ketika bertemu teman yang suka ngutang girls.

Cara Menolak Teman yang Ingin Pinjam Barang dan Uang

Katakan Tidak

Menolak teman yang meminjam uang atau barang memang butuh keberanian. Inilah yang membuat sebagian besar orang terjebak untuk tetap meminjamkan uang dengan terpaksa. Kalau kamu memang tak ingin meminjamkan uang, cobalah katakan tidak dengan berani.

Memang tak mudah mengatakan ‘tidak’ pada teman, apalagi kalau kalian sering main bareng. Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai menolak permintaan mereka untuk membelikan makanan dan minuman. Temanmu tentu akan sadar jika kamu sering menolak permintaannya.

Bawa Uang Pas Saat Main

Kamu pastinya bisa memperkirakan berapa uang yang kamu habiskan ketika main. Cara ini ternyata cukup ampuh untuk menyiasati teman yang suka pinjam uang dan barang lho. Bawalah uang pas, lebih baik kamu tak bawa banyak-banyak.

Jadi ketika kamu diminta untuk mentraktir mereka, kamu bisa katakan dengan tegas kalau uangmu hanya pas untuk dirimu sendiri. Hal yang sama juga bisa kamu aplikasikan untuk kasus pinjam meminjam barang, biasakan untuk tak membawa banyak barang ketika hangout dengan teman.

Jangan Terlalu Dipikirkan

Ketika menolak permintaan temanmu, pasti ada rasa gelisah dan tak nyaman. Ingat untuk tak terlalu memikirkannya ya girls, kamu tak perlu merasa bersalah hanya karena tak menuruti permintaan mereka. Yakinlah bahwa apa yang kamu lakukan merupakan pembelajaran untuknya.

Tips Agar Teman Tak Meminjam Barang dan Uang Padamu

menolak teman meminjam uang

Jangan Angkat Topik Soal Finansial

Teman yang tahu kalau kamu punya penghasilan lebih tiap bulannya tentu tak akan ragu untuk berhutang padamu. Untuk itu, kamu sebaiknya tak membahas mengenai kondisi finansialmu atau nominal gajimu secara terbuka. Kalau sering membicarakannya, ia akan merasa bahwa meminjam uang padamu tak sulit karena ada anggapan bahwa uang tersedia lebih dari cukup.

Kenali Temanmu

Alangkah baiknya kamu mulai memilih teman yang tak memberikan dampak buruk dan kerugian pada diri. Jika kamu menemukan teman yang sering berhutang dan meminjam barangmu, kurangi frekuensi bertemu dengannya. Bukannya menjalin hubungan yang baik, kamu malah akan jadi tempatnya meminjam uang.

Bantu Temanmu Mencari Solusi Masalah Keuangan

Agar kamu tak jadi dompet berjalan, kamu bisa mulai mengajak temanmu berdiskusi untuk mengatasi masalah finansialnya. Alih-alih meminjamkan uang untuk membantunya, kamu bisa menolong temanmu dengan mencarikannya solusi yang sekiranya sesuai dengan masalah mereka.

Buat Catatan Hutang

Jika temamu sudah terlanjur meminjam uangmu, sebaiknya segera buat catatan hutang. Dengan catatan ini, kamu bisa mengingatkan temamu untuk melunasi hutangnya terlebih dahulu sebelum ia meminjam lagi. Tentunya temanmu akan segan buat meminjam barang dan uangmu kalau kamu bawa catatan hutang mereka.

Cara Menagih Teman yang Sering Hutang

Jangan Ulur Waktu

Meminjam uang memang banyak terjadi jika seseorang terdesak, namun bukan berarti kamu terus menerus iba dan memberikan pinjaman dan perpanjangan waktu pada temanmu. Tetapkan tenggat pembayaran dan katakan bahwa mereka harus segera melunasi hutang.

Katakan Kalau Kamu Juga Sedang Butuh Uang

Agar temanmu tak terus menerus ngeles ketika kamu tagih, katakan bahwa kamu sedang butuh uang. Tak hanya bisa kamu gunakan untuk menagih hutang pada temanmu, kamu juga bisa menggunakan alasan tersebut kalau enggan meminjam uang pada mereka.

Berikan Pengertian Bahwa Pengeluaranmu Juga Besar

Terakhir, kamu bisa berikan pengertian pada temanmu kalau kamu butuh uangnya untuk pengeluaran bulanan. Kamu tak harus menutup-nutupi hal tersebut, apalagi kalau kamu memang butuh. Dengan begitu kamu bisa memberikan pemahaman bahwa uang bulananmu memang dibutuhkan untuk pengeluaran penting.

Mengatasi teman yang sering berhutang dan pinjam barang memang tak semudah kelihatannya, tapi bukan berarti kamu tak bisa melakukannya ya girls. Mulailah dengan bersikap tegas menolak permintaan traktir dan hutang dari teman ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.