Cara Merawat Rambut Kering Agar Tak Mengembang

By Hai Gadis

Rambut yang kering menjadi ciri dari rambut yang rusak lho girls. Kalau kamu sudah merasa rambut terlalu kering, ada baiknya segera melakukan langkah perawatan yang benar. Cara merawat rambut kering sebenarnya tak sulit kok, asalkan kamu telaten melakukannya.

Biar tidak salah langkah, yuk simak perawatan rambut kering yang benar. Jika rambutmu sehat, lembab dan berkilau, penampilanmu pasti makin mempesona. Kamu pun tak akan ragu melakukan styling yang pas buat menunjang outfit deh.

Apa Sih Penyebab Rambut Kering?

cara merawat rambut kering

photo by rprhaircare.com.au

Penyebab rambut yang kering ada beragam, mulai dari kulit kepala kering hingga perubahan hormone. Pada cewek, beberapa penyebab dari rambut kering adalah:

  • Sering melakukan perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia keras, misalnya melakukan pengeritingan, pelurusan rambut atau pewarnaan.
  • Kulit kepala mengelupas, sehingga rambut menjadi kering dan berketombe.
  • Rambut kamu biarkan terkena cahaya matahari atau udara kering tanpa perlindungan.
  • Terlalu sering menggunakan alat penata rambut seperti catok juga bisa membuat rambut kering lho.
  • Kebiasaan mengeringan rambut secara instan menggunakan blow.
  • Usia dan perubahan hormone, sehingga produksi minyak di kulit kepala berkurang.

Bagaimana Merawat Rambut yang Kering?

Tenang girls, rambut yang kering bukan akhir dunia kok. Kamu bisa kembali membuat rambut tetap sehat dengan cara cara berikut, yakni:

Curi Rambut dengan Tepat

photo by babobotanicals.com

Masalah rambut kering bisa saja kamu alami karena mencuci rambut terlalu sering. Kalau kamu punya kebiasaan mencuci rambut tiap hari, coba deh kamu kurangi. Ini malah akan membuat rambut rusak dan kering. Untuk keramas, kamu bisa melakukannya 2-3 kali saja dalam satu minggu.

Jangan lupa untuk memilih shampoo yang tepat sesuai dengan jenis rambut. Kondisi rambut tak selamanya sama lho! Kalau biasanya rambutmu berminyak, bisa jadi 3-4 bulan ke depan jadi kering. Kalau rambut kering, coba ganti shampoo yang bisa menjaga kelembapan rambut dan membuatnya tak mengembang.

Menggunakan Kondisioner

merawat rambut kering

photo by plumgoodness.com

Saat ini sudah banyak kondisioner yang bisa menjaga kesehatan rambut girls. Kamu bisa memilih produk yang sekiranya bisa membuat rambut tetap lembab dan mengunci minyak rambut. Dengan pemakaian kondisioner yang rutin, kultikula rambut tetap terjaga dan membuat rambut lebih sehat.

Kebiasaan Sederhana yang Akan Membantumu

merawat rambut kering

photo by dove.com

Ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat rambut tetap lembab lho. Kamu tak harus melakukan perawatan mahal untuk melakukannya, beberapa kebiasaan ini adalah:

  • Menyisir Rambut

Jika rambutmu kering tapi kulit kepalanya berminyak, bisa jadi kamu tak rajin menyisir rambut. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyisir rambut secara rutin agar minyak di kulit kepala bisa tersebar di seluruh permukaan rambut. Jadi secara perlahan, minyak ini akan turun ke tiap helai rambutmu.

  • Memotong Rambut

Kalau rambutmu terus menerus kering, mungkin kamu bisa ganti potongan rambut. Misalnya nih, kamu punya rambut panjang yang kasar, kamu mungkin lebih bisa merawat rambutnya dengan potongan yang lebih pendek. Faktanya, rutin memotong rambut bisa mencegah rambut kering dan ujung bercabang lho.

  • Memakai Vitamin Rambut

Kamu juga bisa menggunakan vitamin rambut untuk membuatnya lebih bernutrisi. Dewasa ini sudah banyak merek penyedia vitamin rambut yang bisa kamu coba. Ada pula vitamin khusus biotin yang bisa kamu konsumsi untuk membuat rambut, kuku, dan kulit lebih terawat.

Perawatan untuk Rambut yang Kering

photo by fabbon.com

Selain kebiasaan diatas, kamu juga bisa melakukan perawatan tambahan untuk ramut yang kering. Misalnya menggunakan masker rambut secara rutin, yang akan membuat rambut lebih sehat dan kuat. Kamu bisa melakukan masker rambut di rumah atau dengan datang ke salon.

Selanjutnya kamu bisa berikan perlindungan kepada rambut dari sinar matahari berlebih, alat pengering, hingga angin. Ada lho vitamin yang bisa kamu gunakan sebelum proses styling rambut. Jadi rambutmu tak mudah rusak meskipun ditata dengan alat setiap hari.

Terakhir, jangan lupa makan makanan yang sehat ya. Ada banyak kok makanan yang bisa membantumu menjaga kesehatan rambut. Misalnya miknyak ikan, sayur bayam, jambu biji, hingga ikan salmon. Dengan berbagai tips dan cara merawat rambut kering diatas, semoga kamu tak perlu bingung lagi ya untuk menjaga dan memelihara mahkotamu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.