Tips Merawat Hijab Agar Tak Pudar Yang Bisa Kamu Coba

By Hai Gadis

Bagi yang berhijab, agar jilbab yang dipakai tak cepat pudar, ada tips merawat hijab yang harus diketahui nih! Hijab dengan corak bermotif memang rawan pudar warnanya, biasanya karena salah dalam proses pencucian atau pengeringan.

Girls, supaya hijabmu awet, tak mudah robek dan warnanya tetap tajam, coba deh tips berikut ini. Hijab bermotif memang butuh perlakukan ekstra, tapi kamu tak perlu khawatir, tak sulit kok untuk merawatnya.

Proses Pencucian untuk Hijab Warna

Kalau hijab yang kamu pakai sudah kotor, kamu sebaiknya segera mencucinya. Terkait dengan teknis pencucian, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih, diantaranya:

Pisahkan dengan Pakaian Lain

Agar tak luntur, ada baiknya kamu memisahkan hijab milikmu dengan pakaian lain. Kamu bisa cuci hijab yang warnanya sama, sehingga resiko warna atau coraknya pudar bisa kamu minimalisir.

Sebaiknya Cuci Secara Manual

Tips merawat hijab yang sering banget dilupakan adalah mencuci hijab bersamaan dengan pakaian lain menggunakan mesin cuci. Padahal jilbab memiliki serat kain yang berbeda, jadi lebih baik kamu memisahkannya dan mencucinya dengan tangan.

Gunakan Air Dingin dan Detergen Lembut

Kalau kamu berniat mencuci sendiri hijab dengan deterjen, pastikan kamu memilih deterjen yang bahannya ringan dan lembut. Banyak pula yang merekomendasikan pencucian hijab menggunakan air dingin agar tak merusak serat kain.

Jangan Berlebihan Menggunakan Deterjen

Pemakaian deterjen yang berlebih ternyata bisa membuat kain hijab rusak lho. Gunakan saja porsi deterjen sesuai dengan jumlah hijab yang kamu pakai. Setelah kamu rendam, pastikan sisa deterjen dan busanya benar benar hilang ya.

Hilangkan Noda di Hijab Pakai Cuka

Ada noda di hijab kesayanganmu? Jangan panik girls, kamu bisa bersihkan noda di hijab menggunakan cuka kok. Penggunaan cuka juga akan membuat warna hijab tetap cerah, beda kalau kamu pakai pemutih atau pembersih berbahan keras.

Tips Merawat Hijab Ketika Dikeringkan

Tips merawat hijab

photo by amazon.co.uk

Hindari Memeras Hijab

Jika kamu sudah selesai mencuci hijab, peras secara perlahan. Kain hijab yang tak begitu tebal akan rusak kalau kamu peras berlebih. Apalagi kalau kainnya tipis, bisa jadi hijab malah keriting.

Agar aman, kamu bisa menggunakan handuk atau kain untuk mengurangi kadar airnya. Proses pengeringan hijab juga berbeda lho dengan pakaian pada umumnya.

Jemur Hijab di Tempat yang Teduh

Kamu tidak disarankan menjemur hijab langsung di bawah sinar matahari. Jika kamu lakukan secara terus menerus, maka warna hijabmu akan luntur. Lebih baik kamu pindahkan hijabmu di tempat teduh ketika proses pengeringan dilakukan.

Misalnya menjermur hijab di bawah pohon atau di bawah kanopi rumah. Kamu bisa bentangkan hijabmu agar tak terlipat dan membuatnya tampak kusut. Setelah kering, kamu siap deh untuk menyimpannya.

Proses Penyimpanan Hijab yang Benar

Tips merawat hijab

photo by shopee.co.id

Setrika dengan Suhu Sedang

Tips merawat hijab selanjutnya adalah menyetrikanya agar tampak licin dan rapi. Ada baiknya kamu pakai suhu sedang agar hijab tak kusut. Meski butuh waktu lama, namun cara ini akan membuat warna hijab tetap cerah.

Simpan Hijab di Tempat Kering

Kalau sudah beres, kamu bisa simpan hijab di lemari girls. Tapi pastikan lemarimu kering ya, jika suhunya terlalu lembab, hijabmu malah akan berjamur dan berbau apek. Kamu juga bisa kok pakai pewangi lemari, ini akan membuat jamur dan serangga tak mau dekat dekat hijabmu lho!

Meski sederhana, tips merawat hijab diatas baiknya kamu lakukan ya girls. Kamu tak ingin penampilanmu tampak kusut hanya karena jilbab yang pudar warnanya kan?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.