Tips Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam dan Berminyak, Pas Buat Remaja!

By Hai Gadis

Perawatan kulit wajah bisa tergantung pada usia lho girls. Kulit remaja dan dewasa memiliki masalah yang berbeda, begitu pula dengan kondisinya. Tapi tenang, ada kok cara merawat wajah yang aman untuk remaja.

Kulit remaja umumnya berminyak, kusam, dan cenderung berjerawat karena masalah hormon. Hormon inilah yang kemudian membuat kelenjar minyak lebih aktif dan membuat wajah memiliki pori-pori besar dan terlihat tak terawat. Biar kulitmu tak kusam dan punya minyak berlebih, tips perawatan wajah untuk remaja ini bisa banget kamu coba.

Cuci Muka dengan Benar

Agar kulit wajah tak mudah berjerawat, mencucinya secara rutin adalah tips ampuh yang bisa kamu lakukan. Ada banyak manfaat mencuci wajah, mulai dari membersihkan minyak berlebih, mengangkat sisa makeup hingga menyingkirkan debu dan kotoran. Supaya pembersihan dapat dilakukan dengan maksimal, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, yakni:

1. Cuci dengan Cleansing Oil

Jika sebelumnya kamu pakai makeup, membersihkan wajah bisa pakai cleansing oil atau cleansing milk ya girls. Kedua pembersih wajah ini bisa membersihkan wajah secara menyeluruh tanpa meninggalkan residu.

Teksturnya yang cair juga membuat pemakaiannya lebih mudah. Kamu bisa memakai cleansing oil atau cleansing milk yang ramah untuk kulit remaja, sehingga tak membuat wajah mengalami iritasi.

2. Bilas dengan Air Suam Suam Kuku

Kamu disarankan menggunakan air suam-suam kuku untuk mencuci muka lho. Air yang terlalu dingin atau panas bisa merusak permukan kulit dan tak bisa membuka pori-pori wajah.

Berbeda dengan air suam-suam kuku, secara alami ia akan membuat pori-pori wajah terbuka dan membuat cuci muka jadi lebih maksimal. Jadi kamu bisa membersihkan minyak dan kotoran di wajah dengan menyeluruh tanpa sisa.

3. Hindari Menggunakan Scrub

Kamu tidak disarankan menggunakan pembersih wajah yang mengandung scrub ya girls. Untuk kulit remaja, scrub malah akan membuat kulit semakin kering dan kusam, bahkan bisa menggerus permukaan kulit.

Kalau kamu menggunakan scrub, besar kemungkinan kamu akan menggosok wajah dengan keras. Padahal hal tersebut malah akan membuat kondisi kulitmu semakin parah lho.

Penggunaan Skincare yang Tepat

Photo via themomsco.com

Meski masih remaja, kamu tetap bisa kok kalau mau pakai skincare. Kamu disarankan menggunakan skincare yang tak mengandung bahan aktif terlalu tinggi atau kompleks. Ini karena kulit remaja masih belum memiliki pelindung yang kuat. Ada beberapa skincare yang bisa kamu gunakan setelah mencuci muka, diantaranya adalah:

1. Pelembab

Setelah mencuci muka, kamu bisa menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Kalau kulitmu kering, kamu bisa pakai pelembab yang berbahan dasar minyak. Berbeda kalau kulitmu cenderung berminyak, kamu bisa menggunakan pelembab dengan bahan dasar air. Pilih yang memiliki label non-komedonik sehingga tak akan menyumbat pori-porimu.

2. Sunscreen

Ada banyak manfaat yang akan kamu dapatkan kalau memakai sunscreen. Skincare ini akan membuat kulit terhindar dari penuaan dini, sekaligus mengurangi resiko kulit rusak karena sinar UV. Untuk remaja, sunscreen yang bisa kamu pakai adalah sunscreen dengan kadar SPF30. Oleskan tabir surya ke kulit 15-20 menit sebelum kamu beraktifitas, sehingga kondisimu kulitmu tetap terjaga.

3. Pengontrol Minyak

Alasan kenapa wajahmu terlihat kusam adalah minyak yang berlebih. Ketika wajah berminyak, kotoran jadi lebih mudah menempel. Kalau kamu tak membersihkannya secara menyeluruh, kulitmu akan berjerawat girls. Kulit wajah yang berminyak bisa kamu atasi dengan skincare yang memiliki fungsi untuk mengontrol minyak. Misalnya dengan menggunakan bloating paper atau pembersih wajah khusus wajah berminyak.

4. Menggunakan Masker Wajah

Agar perawatan kulitmu lebih maksimal, kamu bisa menggunakan masker wajah. Ada banyak masker wajah yang cukup ramah untuk kulit remaja, harganya juga terjangkau di kantong. Kalau kamu khawatir tidak cocok menggunakan masker wajah dari bahan kimia, kamu bisa membuat masker wajah secara alami. Kamu bisa membuat masker dari lidah buaya, tomat, dan buah-buahan yang lain.

Cara Agar Wajah Tak Berminyak dan Kusam

Tips Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam dan Berminyak

photo by medium.com

Agar wajahmu tak kusam dan berminyak, ada tips yang bisa kamu ikuti nih girls, diantaranya:

1. Perhatikan Apa yang Kamu Makan

Beberapa makanan bisa membuat kondisi kulit wajahmu makin buruk lho. Misalnya tak mau makan sayuran, mengonsumsi makanan yang berminyak dan makan makanan instan. Kamu bisa menggantinya dengan buah dan sayur agar kulit wajah tetap terhidrasi.

2. Selalu Hapus Makeup

Girls pastikan kamu selalu menghapuskan makeup setelah berktifitas untuk menghindari masalah kulit. Jika tak kamu hapus dengan bersih, makeup akan membuat kulitmu berjerawat, kusam dan berkomedo.

3. Pilih Makeup dan Skincare yang Aman untuk Remaja

Tak semua makeup yang ada di pasaran aman untuk remaja, begitu pula dengan produk perawatan wajah. Karena itu, pilih brand yang memang membuat makeup atau skincare yang aman untuk kulit remaja, sehingga tak menimbulkan efek buruk di kulitmu.

Meski sederhana, tips untuk membuat kulit tak kusam dan berminyak diatas cukup ampuh lho. Kalau kamu mengalami masalah kulit yang tak kunjung reda, coba konsultasikan kondisi kulit wajahmu ke dokter kecantikan ya!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.