Tips dan Cara Make Up Natural Untuk Remaja Biar Makin Percaya Diri

3 minggu, by Hai Gadis

Tips dan Cara Makeup Natural Untuk Remaja

Make up terkadang menjadi kebutuhan bagi sebagian wanita untuk beraktivitas sehari-hari, termasuk bagi remaja. Make up digunakan untuk menunjang penampilan agar lebih segar, rapi, dan percaya diri. Bahkan sebagian orang juga menggunakan make up karena memang suka memakai make up. Meski sebagian ada pula yang lebih suka tampil sehari-hari tanpa riasan. Bagaimanapun, setiap orang memiliki preferensi berbeda-beda, bukan? Namun bagi kamu para remaja yang ingin mengenakan make up, Hai Gadis bakalan membahas tips make up natural pada artikel ini.

Make up natural masih banyak digemari lho. Karena membuat penampilan bisa lebih segar tanpa terlihat mencolok. Make up natural untuk remaja juga lebih cocok digunakan pada acara-acara sehari-hari seperti kuliah, hangout, atau sekadar beraktivitas santai di rumah. Namun, menggunakan make uo natural terkadang nggak semua orang bisa nih, Girls. Ada beberapa tips dan cara yang perlu kamu perhatikan. Ini dia tips make up remaja yang natural dan bisa kamu coba cara-caranya.

Tips dan cara make up natural untuk remaja

1. Pastikan wajahmu bersih terlebih dahulu

Sebelum memulai untuk menerapkan tips make up natural, pertama kamu perlu memastikan bahwa wajahmu dalam keadaan bersih, Girls. Bersihkan wajahmu dengan facial wash sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk remaja, pilihlah face wash yang aman dan nggak memiliki kandungan scrub. Selain itu, pilihlah yang formulanya lembut dan nggak menyebabkan iritasi.

Saat membersihkan wajah, jangan gosok wajahmu terlalu keras, tetapi usaplah dengan lembut kurang lebih selama 3 menit agar wajah bersih maksimal. Setelah itu, bilas deh dengan air bersih. Kemudian, hindari mengeringkan wajah dengan cara menggosok menggunakan handuk. Handuk cukup ditepuk-tepukkan saja ke wajah ya, Girls.

2. Gunakan skincare basic setelah mencuci wajah

Setelah membersihkan wajah dengan facial wash, tips make up remaja selanjutnya adalah menggunakan skincare. Untuk remaja, terutama yang masih pemula dalam menggunakan skincare, sebaiknya gunakan skincare basic terlebih dahulu seperti  toner, moisturizer, dan sunscreen. Sehabis mencuci wajah, aplikasikan toner dengan menuangkan produk ke tangan dan tepuk-tepuk perlahan ke wajah.

Kamu juga bisa kok menggunakan kapas untuk mengaplikasikan toner tersebut asalkan jangan diusapkan terlalu kasar di wajah. Baru deh setelah toner, kamu bisa mengaplikasikan moisturizer sesuai jenis kulit. Jika kulitmu termasuk berminyak dan acne prone, pilihlah moisturizer yang formulanya ringan seperti dari gel.

Kemudian jika kulitmu termasuk tipe kulit kering, gunakan saja pelembap yang teksturnya lebih berat seperti krim. Moisturizer ini bakalan menghindarkan wajahmu dari masalah kulit kering. Selanjutnya, kamu bisa mengaplikasikan sunscreen. Terutama jika produk make up yang kamu gunakan nggak memiliki kandungan sunscreen. Oh ya, supaya bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, gunakan sunscreen yang mengandung SFP minimal 30 dan PA ya, Girls.

3. Pastikan produk make up yang kamu gunakan aman

Sebelum ke cara make up natural yang bisa kamu terapkan, kamu juga wajib memastikan bahwa produk make up yang kamu gunakan aman. Jangan mudah tergiur dengan harga produk make up yang murah, tapi kualitasnya meragukan, Girls. Meski demikian, bagi remaja juga nggak dianjurkan membeli produk make up yang terlalu mahal. Belilah produk sesuai kemampuanmu.

Kamu pun bisa mencari tahu dulu review tentang suatu produk make up dari beauty influencer terpercaya. Bahkan, disarankan saat akan membeli produk make up baru, belilah secara langsung di drugstore, bukan membeli secara online. Sebab, dengan memberi secara langsung kamu bisa melakukan patch test produk tersebut sehingga lebih bisa dipastikan apakah produk membuat kulitmu teriritasi atau enggak.

4. Aplikasikan base make up yang ringan dan sesuai warna kulit

Setelah menggunakan skincare, langkah pertama dalam tips make up natural adalah mengaplikasikan base make uo. Base make uo ini akan membuat riasanmu lebih flawless dan berbagai kekurangan di wajahmu bisa tertutupi. Base make uo bisa berupa BB cream, CC cream, foundation, maupun cushion. Untuk menghasilkan riasan natural, kamu bisa memilih BB cream atau CC cream saja, Girls. Karena kedua produk tersebut juga dilengkapi dengan kandungan skincare yang akan merawat wajahmu.

Selain itu, base make uo seperti BB cream atau CC cream memiliki coverage yang lebih ringan sehingga riasanmu nggak akan terkesan medok. Kamu juga perlu memilih base make uo sesuai warna kulit dan undertone kulit agar riasan makin natural. Baru deh setelah memilih produk yang tepat, aplikasikan base make uo secara perlahan menggunakan aplikator seperti brush maupun spons.

5. Aplikasikan bedak perlahan

Untuk mengunci base make uo agar lebih menempel di kulit wajah, tips make uo remaja selanjutnya adalah mengaplikasikan bedak secara perlahan. Untuk riasan natural pada remaja, kamu bisa memilih bedak jenis loose powder. Bedak ini memiliki tekstur yang lebih ringan dan cocok untuk kegiatan di luar ruangan di mana kulitmu mudah berminyak atau berkeringat.

Kamu bisa mengaplikasikan loose powder dengan brush maupun spons secara merata di seluruh bagian wajahmu. Aplikasikan dengan agak tebal di area T-zone supaya wajah nggak mudah berminyak. Jika kamu lebih suka bedak yang nggak memiliki warna, kamu bisa memilih bedak translucent. Namun jika akan memilih bedak yang memiliki warna, kamu perlu memilih shade yang sesuai warna kulitmu. Oh ya, jika ingin riasan lebih ter-coverage, kamu juga bisa kok memilih bedak jenis two way cake dan compact powder.

6. Aplikasikan blush on warna natural tipis-tipis saja

Supaya riasan nggak terlihat pucat, cara make uo natural berikutnya adalah mengaplikasikan blush on. Pilihlah blush on dengan warna natural atau warna aman seperti orange, peach, pink, coral, atau nude. Setelah itu, aplikasikan blush on menggunakan brush di kedua pipimu. Oh ya, cara mengaplikasikan blush on bermacam-macam lho. Kamu bisa menyesuaikan dengan bentuk wajah.

Untuk wajah berbentuk hati, kamu bisa mengaplikasikan blush on di kedua bagian pipimu beserta samping mata. Lalu untuk bentuk wajah panjang, aplikasikan blush di tulang pipimu, Girls. Sementara itu untuk wajah berbentuk oval, kamu bisa mengaplikasikannya di bagian tengah pipi secara memutar. Wajah bentuk kotak bisa diakali dengan blush di bagian pipi dan mengarah ke atas menuju samping telinga.

Jika wajahmu berbentuk segitiga, kamu bisa mengaplikasikan blush mulai dari pipi bagian agak ke bawah ke atas sampai bawah mata. Nah, kalau wajah bulat, akali saja dengan blush di bagian tengah pipi diarahkan ke atas melalui tulang pipi. Aplikasikan secara tipis-tipis saja ya, Girls. Hal ini agar riasanmu nggak terlalu menor tetapi tetap terlihat fresh.

7. Gunakan eye shadow satu warna saja

Selanjutnya, tips make uo natural yang bisa kamu terapkan berikutnya adalah menggunakan eye shadow. Supaya mata tetap tegas tanpa berlebihan, kamu bisa menggunakan satu warna eye shadow saja. Pilihlah warna-warna natural seperti warna nude, cokelat muda, atau cokelat terang. Jika kamu belum mahir menggunakan eye shadow, nggak perlu kok dikombinasikan dengan warna lain, takutnya malah membuat riasanmu kurang oke. Oh ya, kamu bisa mengaplikasikan eye shadow tersebut dengan brush khusus eye shadow secara perlahan. Kelopak mata akan terlihat lebih intens dan hidup deh.

8. Gunakan eyeliner jika dibutuhkan

Pada riasan natural, kamu boleh kok memakai eyeliner maupun nggak memakainya. Jika ingin memakai eyeliner, sebaiknya pilihlah produk eyeliner pensil yang bisa membuat riasanmu lebih natural. Selain itu, eyeliner pensil juga lebih mudah kok diaplikasikan. Aplikasikan sedekat mungkin dengan garis mata. Nggak perlu tebal-tebal, cukup aplikasikan secara tipis saja ya Girls supaya mata tetap terlihat tegas tanpa berlebihan. Oh ya, pilihlah eyeliner warna gelap seperti hitam, cokelat, atau abu-abu tua, ya. Hindari eyeliner warna-warni deh untuk sehari-hari, kecuali kamu hanya ingin berkesperimen dengan make uo.

9. Lentikkan bulu mata dengan maskara

Tips make uo remaja kali ini adalah mengaplikasikan maskara supaya bulu mata lebih bervolume dan mata terlihat lebih terisi. Cara memakai maskara ini adalah dengan diaplikasikan secara zig-zag pada bulu mata kamu. Supaya bulu mata lebih lentik, bisa juga kok jepit bulu mata terlebih dahulu menggunakan penjepit bulu mata.

Kemudian untuk menghindari agar maskara nggak menggumpal, kamu bisa menyisir ulang bulu matamu dengan spoolie atau aplikator maskara lamamu yang sudah habis setelah mengaplikasikan maskara tersebut. Jangan lupa juga bersihkan kelopak matamu dari maskara yang berceceran. Oh ya, sekarang ini produk maskara nggak hanya terdapat yang berwarna hitam lho, Girls. Ada juga yang berwarna bening dan cocok buat remaja yang masih sekolah agar bulu mata tetap lentik tanpa terlihat memakai maskara.

10. Mulai make uo alis dengan sisir alis dan pensil alis

Cara make uo natural yang nggak boleh kamu lewatkan adalah merias alis. Mungkin bagi kamu yang sudah memiliki alis rapi dan tebal, tips yang satu ini boleh saja kok dilewatkan. Namun untuk kamu yang butuh merias alis, nggak perlu kok memotong alismu dengan bentuk tertentu. Jika kamu masih pemula, takutnya bentuk alismu malah kurang rapi dan kamu akan menyesal deh.

Mending sisir dulu alismu dengan spoolie agar lebih rapi. Setelah itu, gambar alismu dengan pensil alis menyesuaikan bentuknya. Buat bingkainya terlebih dahulu, baru deh isi bagian tengahnya secara tipis-tipis. Jika sudah digambar, jangan lupa sisir dengan spoolie lagi agar hasil riasan lebih menyebar dan natural. Dalam merias alis ini, gunakan pensil alis dengan warna natural seperti hitam, cokelat tua, atau abu-abu tua menyesuaikan warna rambutmu, Girls.

11. Aplikasikan lipstik warna nude

Untuk menyempurnakan riasan, tentu lipstik menjad produk yang penting. Kamu boleh kok memilih jenis produk lipstik seperti lip tint, lip stick, atau lip cream. Yang terpenting, pilih produk lipstik dengan warna nude yang natural dan seperti warna bibir aslimu. Selain itu, pilih juga produk lipstik yang cenderung awet digunakan seharian.

Kalau ingin menggunakan lip tint, aplikasikan secara tipis saja, Girls. Sebab, warna lip tint cenderung lebih tajam. Jika ketebalan, make uo-mu malah jadi kurang natural deh. Oh ya, untuk remaja yang masih sekolah dan ingin lipstik lebih natural lagi, kamu bisa menggunakan tinted lip balm. Selain bibir jadi lebih cantik, juga akan lebih terawat dan nggak mudah kering deh.

12. Gunakan setting spray agar make uo lebih awet

Sebenarnya tips make uo natural untuk remaja sudah bisa dikatakan selesai setelah mengaplikasikan beberapa produk di atas. Namun, untuk kamu yang aktif di luar ruangan, kamu bisa menambahkan setting spray untuk membuat riasan lebih awet. make uo-mu jadi nggak mudah crack atau luntur saat kamu berkeringat atau wajah mulai berminyak. Wajah jadi tetap segar dan cantik seharian deh.

13. Pada make uo natural, tonjolkan salah satu bagian dari fitur wajahmu saja

Masih ada nih tips make uo remaja yang bisa kamu perhatikan, yaitu gunakan make uo untuk menonjolkan salah satu bagian saja dari wajahmu. Hindari menonjolkan semuanya yang malah justru bikin riasanmu terlihat lebih tua. Misalnya, kamu memiliki mata yang bagus dan ingin menonjolkan eyeshadow-mu dengan warna lebih tajam, maka padukan dengan lipstik yang warnanya soft.

Begitu pula jika kamu ingin menojolkan bibirmu dengan lipstik yang lebih berani, maka cukup gunakan eyeshadow yang natural dan jangan gunakan blush on terlalu tebal. Dengan demikian make uo naturalmu akan lebih seimbang deh.

14. Boleh kok memakai concealer untuk menutupi bekas jerawat atau noda

Concealer mungkin bisa jadi akan kamu butuhkan, bisa jadi juga nggak dibutuhkan. Sebenarnya fungsi concealer beragam, bisa untuk menutupi kekurangan di wajahmu maupun meng-highlight bagian-bagian tertentu di wajahmu. Kamu boleh kok menambahkan concealer pada cara make uo naturalmu jika ingin menutupi noda seperti bekas jerawat, bekas luka, atau warna kulit yang kemerahan.

Yang terpenting, cara mengaplikasikannya adalah setelah menggunakan base make uo dan sebaiknya ditekan-tekankan pada kulitmu secara lembut. Hindari mengaplikasikan concealer dengan diusap-usap ya, Girls. Untuk pemilihan warna concealer, pilih saja yang warnanya sesuai dengan warna kulit agar lebih aman karena tujuanmu adalah menutupi noda, bukan meng-highlight atau meng-contour wajah.

15. Supaya lebih praktis dan nggak ribet, gunakan produk make uo yang multifungsi

Tips make uo remaja berikutnya adalah gunakan produk make uo yang multifungsi. Terutama jika kamu termasuk pemula dan belum banyak memiliki produk make uo. Misalnya saja gunakan lipstik untuk merias bibir, sebagai eyeshadow, dan sebagai blush on. Dengan demikian, kamu nggak akan merasa ribet dengan produk make uo yang banyak deh.

16. Semua produk make uo nggak harus digunakan setiap hari kok

Tips make uo natural yang satu ini perlu diperhatikan agar kulit wajahmu tetap sehat. Semua produk make uo di atas nggak harus digunakan setiap hari kok untuk merias wajah. Misalnya, terkadang kamu  bisa mengganti BB cream dengan pelembap dan bedak saja. Kemudian, kamu juga bisa sesekali melewatkan penggunakan eyeliner jika dirasa nggak begitu dibutuhkan. Agar bibir tetap segar, tanpa menggunakan lipstik juga bisa kok. Kamu bisa menggantinya dengan tinted lip balm.

17. Jangan malas untuk selalu belajar

Saat masih remaja, ini menjadi saat yang tepat untuk terus belajar dan mengeksplor gaya make uo. Gaya make uo natural saja bisa berbeda-beda lho. Dengan terus belajar, kamu bisa mengetahui bagaimana make uo yang paling tepat untuk wajahmu. Sekarang ini, belajar make uo bisa dari mana saja kok. Misalnya saja dari Youtube. Gimana?

18. Jangan lupa selalu hapus make uo sebelum membersihkan wajah dengan face wash

Setelah seharian menggunakan make uo, jangan buru-buru untuk mencuci wajah dengan face wash ya, Girls. Namun, kamu perlu menghapus make uo-mu dengan make uo remover, misalnya saja micellar water. Melakukan double cleansing ini akan menghindarkan wajahmu dari masalah-masalah akibat sisa make uo yang masih menempel. Masalah seperti munculnya jerawat atau komedo bisa dihindari deh. Selanjutnya, wajahmu bisa tetap flawless jika ingin mengaplikasikan make uo lagi.

Itulah beberapa tips make uo natural untuk remaja termasuk cara mengaplikasikannya. Sebenarnya merias wajah nggak akan sulit jika kamu terus belajar kok. Yang terpenting, jangan lupa juga untuk selalu merawat wajahmu, apalagi jika kamu tiap hari menggunakan make uo. Gimana? Kamu sudah bisa make uo sejauh mana nih, Girls?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *