Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Kusam Agar Lebih Glowing dan Cerah

5 bulan, by Hai Gadis

Produk Skincare Untuk Kulit Kusam

Kulit kusam memang bikin penampilan jadi kurang oke. Wajah jadi terlihat nggak segar dengan warna yang kurang bercahaya. Banyak lho faktor yang bisa menyebabkan kulitmu jadi kusam. Misalnya adalah kotoran, polusi, penumpukan sel kulit mati, kurang tidur, makan yang nggak sehat, bahkan stres dan kekurangan cairan tubuh. Makanya, selain menerapkan pola hidup sehat, kamu sangat perlu merawat wajah menggunakan produk skincare untuk kulit kusam agar kulit wajahmu lebih glowing dan cerah.

Tapi, sebelum kita membahan mengenai produk skincare terbaik untuk kulit kusam, ada baiknya kamu simak dulu beberapa tips untuk mengatasi kulit kusam berikut ini.

Table of Contents

Tips mengatasi kulit kusam

Mengatasi kulit kusam agar tampak cerah dan glowing bisa kamu lakukan kok. Namun tentu caranya nggak instan. Kamu harus merawat wajah dengan baik dan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini nih beberapa tips untuk mengatasi kulit kusam.

a. Istirahat dengan cukup

Durasi tidur yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 7 – 8 jam. Jika kamu kurang istirahat, maka kulit ngga akan teregenerasi dengan baik. Proses produksi kolagen pun bisa terhambat yang berakibat kulit menjadi kusam. Untuk itu, perhatikan waktu istirahatmu, ya.

b. Rajin menggunakan skincare untuk kulit kusam

Merawat wajah juga harus kamu lakukan secara rutin. Mulai dari membersihkan wajah dengan double cleansing, memakai toner, serum, pelembap, dan juga sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang bisa bikin kusam. Kemudian jangan lupa pula untuk mengeksfoliasi wajahm secara rutin 1 – 2 kali seminggu agar sel kulit mati dan penumpukan kotoran bisa hilang.

c. Konsumsi cairan dengan cukup

Nah, yang satu ini juga penting lho. Jangan lupa untuk cukupi kebutuhan cairan tubuhmu kira-kira 2 liter atau 8 gelas sehari. Kalau kamu kekurangan cairan, kulit bisa jadi kering dan kusam lho. Nggak mau ‘kan terlihat kurang segar?

d. Lebih memanajemen stres

Stres itu memang bagus bagi otak kita, tetapi jika berlebihan dan berlangsung dalam waktu lama, maka bisa bikin kulit mengalami masalah. Misalnya adalah masalah kusam. Nah, salah satu cara mengurangi stres adalah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga selain meningkatkan hormon bahagia, juga bisa membantu mengeluarkan kotoran dari pori-pori kulit melalui keringat. Coba deh olahraga secara rutin mulai dari yang ringan-ringan saja.

e. Konsumsi makanan sehat

Makanan juga bisa memengaruhi nutrisi yang akan diserap tubuh kamu. Kalau dari makanan saja zat gizinya kurang, maka nutrisi untuk kulit juga bakalan kurang maksimal. Untuk itu, jangan lupa konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran. Kemudian jangan kebanyakan makan makanan berlemak, bergula tinggi, dan bergaram tinggi ya, Girls.

Gimana? Susah nggak menerapkan pola hidup sehat di atas? Yang akan HaiGadis bahas selanjutnya adalah mengenai skincare untuk kulit kusam yang bisa kamu gunakan. Karena saking banyaknya produk skincare di pasaran, kamu perlu lebih selektif lagi memilihnya. Coba deh simak tips berikut ini.

Tips memilih skincare untuk kulit kusam

a. Pilih produk dengan kandungan AHA dan BHA

Memilih produk skincare untuk kulit kusam antara lain adalah pertimbangkan kandungan AHA dan BHA. Kandungan-kandungan tersebut termasuk dalam chemical exfoliator yang mampu membersihkan kotoran dan sel-sel kulit mati.

b. Pilih produk skincare dengan kandungan antioksidan

Kandungan antioksidan seperti vitamin E atau vitamin C juga penting lho buat kulit kusam agar tampak lebih cerah. Kandungan –kandungan tersebut bisa melindungi wajah dari kerusakan akibat kotoran dan polusi saat beraktivitas.

c. Tetap pilih produk yang punya efek mencerahkan

Tentunya kandungan dalam skincare untuk kulit kusam juga perlu kamu pertimbangkan. Jika ingin kulit wajahmu lebih cerah, kamu bisa memilih produk dengan kandungan seperti vitamin C, arbutin, niacinamide, glycoic acid, dan lain sebagainya. Bahan-bahan aktif tersebut dapat membuat warna kulit yang gelap jadi lebih cerah dan merata.

d. Pilih produk yang mengandung pelembap

Pelembap pastinya juga harus ada dalam produk skincare yang kamu pilih. Soalnya kalau kulitmu nggak terlembapkan dengan baik, maka bisa terlihat kering dan kusam. Kandungan pelembap tersebut antara lain hyaluronic acid, glycerin, natural oil, dan lain sebagainya.

e. Pilih produk yang harganya sesuai budget

Kalau tips yang satu ini sih wajib banget kamu lakukan. Memilih produk skincare sesuai budget akan memudahkanmu memakai produk tersebut secara continue. Jadinya, perawatan kulit akan tetap maksimal deh.

f. Pilih produk berdasarkan rekomendasi dan ulasannya

Jangan lupa juga untuk selalu menyimak ulasan satu produk skincare, terutama produk baru yang belum pernah kamu pakai dari beauty influencer maupun pengguna sebelumnya. Ulasan atau review suatu produk skincare juga bisa kamu lihat dari artikel-artikel di internet. Hal ini akan mencegahmu dari salah memilih produk yang nggak bagus. Sayang ’kan kalau harganya mahal eh ternyata nggak cocok buatmu?

Kalau sudah tahu tentang tips di atas, kini kamu nggak perlu kebingungan lagi. Hai Gadis punya kok rekomendasi produk skincare untuk kulit kusam khusus buat kamu. Baca yuk, daripada nyesel!

Rekomendasi produk skincare  bagus untuk kulit kusam

Makeup remover untuk kulit kusam

1. Pond’s White Beauty Brightening Micellar Water

Skincare untuk kulit kusam

Photo via shopee.co.id

Produk skincare untuk kulit kusam yang pertama berupa makeup remover alias micellar water. Kalau sisa makeup-mu nggak terangkat dengan baik, penumpukan kotoran di wajah bisa bikin kulit kusam lho. Nah, kamu bisa mencoba Pond’s White Beauty Brightening Micellar Water yang memiliki formula lembut untuk mengangkat makeup dan juga kotoran di wajahmu.

Kandungan dari produk ini berupa vitamin B3 yang memberi efek mencerahkan, melembapkan, dan mencegah penuaan dini pada kulit. Selain itu, kulitmu bakalan lebih ternutrisi deh. Produk ini juga teksturnya ringan lho sehingga nyaman banget dipakai. Kamu bisa membelinya sehaga Rp 30.000-an.

2. Viva Cosmetics Milk Cleanser Bengkuang

Skincare untuk kulit kusam

Photo via gogobli.com

Produk yang satu ini memang sudah ada sejak dulu dan tetap berkualitas lho. Selain itu juga banyak digemari karena memiliki harga yang murah. Untuk kulit kusam, varian yang bisa kamu gunakan adalah Viva Milk Cleanser Bengkuang. Susu pembersih yang satu ini memiliki bahan alami ekstrak bengkuang. Manfaatnya adalah membuat kulit tampak lebih cerah.

Kemudian ada juga kandngan ekstrak biji bunga matahari yang membuat kulit wajah lebih lembap dan elastis. Selain cerah, kulitmu nggak bakalan kering setelah membersihkan wajah. Harganya hanya Rp 6.400,- lho. Cocok abis juga ‘kan buat remaja?

Facial wash untuk kulit kusam

3. Wardah White Secret Facial Wash with Natural AHA

Skincare untuk kulit kusam

Photo via wardahbeauty.com

Skincare untuk kulit kusam kali ini berupa facial wash dari Wardah, yaitu Wardah White Secret Facial Wash with Natural AHA. Pembesih wajah yang satu ini dilengkapi dengan mild surfactant yang membantu membersihkan kotoran, debu, minyak, dan sisa makeup. Wajah kamu pun akan tampak lebih bersih dan cerah. Soalnya ada kandungan AHA yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

Kamu nggak perlu khawatir kulit jadi kering dan tertarik setelah cuci muka deh. Setelah pemakaian, kamu bakalan merasakan kalau kulit terasa tambah halus. Coba deh! Harga produk lokal ini masih terjangkau kok, yaitu Rp 30.000,-.

4. Pixy White-Aqua Pore Cleanse Micellar Foam

Skincare untuk kulit kusam

Photo via pixy.co.id

Brand Pixy juga punya lho produk skincare untuk kulit kusam, yaitu Pixy White-Aqua Pore Cleanse Micellar Foam. Sabun wajah yang satu ini memliliki busa instan yang melimpah dilengkapi micro micellar foam yang mampu membersihkan wajah dengan baik. Kotoran, minyak berlebih, dan sisa makeup bisa terangkat sempurna hingga ke pori-pori deh.

Apalagi produk ini juga mengandung AHA+BHA complex yang bisa mengangkat sel kulit mati secara lembut. Menariknya lagi, produk dari Pixy ini dilengkapi soft cleansing brush yang bisa digunakan untuk eksfoliasi kulitwajah secara lembut lho. Wajah bakalan lebih cerah dan bebas kusam deh. Selain itu kamu juga nggak perlu khawatir kulit wajah jadi kering karena ada kandungan hydra active yang menjaga kelembapan kulit. Harganya masih affordable kok, yaitu Rp 48.000,-.

Toner untuk kulit kusam

5. Pixi Glow Tonic

Skincare untuk kulit kusam

Photo via pixibeauty.com

Kalau ingin wajah lebih glowing dan bebas kusam, kamu bisa melengkapi skincare-mu dengan Pixi Glow Tonic. Toner yang satu ini memiliki kandungan ginseng dan fructose yang cocok abis untuk kulit kusam, kering, atau kulit yang menua. Produk ini mampu mengeksfoliasi dan mengencangkan kulitmu lho.

Selain itu, kulit bakalan ampak lebih cerah, lembap, kencang, dan sehat karena sel kulit mati terangkat dengan baik. Buat kulit sensitif, nggak perlu khawatir kok karena produk ini juga bebas alkohol. Dapatkan kulit wajah glowing dengan membeli produk ini seharga Rp 300.000-an.

6. Some by Mi Yuja Niacin Brightening Toner

Skincare untuk kulit kusam

Photo via shopee.co.id

Some by Mi Yuja Niacin Brightening Toner merupakan skincare untuk kulit kusam yang sangat recommeded buat kamu. Toner ini memiliki tekstur yang ringan dengan berbagai kandungan bahan aktif yang akan menutrisi kulitmu. Ada 90% ekstrak Yuja Korea brightening yang mampu membersihkan dan merawat kulit dengan baik. Kemudian ada juga kandungan niacinamide 5% untuk mencerahkan kulit, glutatione dan arbutin yang mengurangi bintik-bintik hitam di wajah.

Nggak lupa, ada 12 jenis vitamin yang bisa mengatasi kulit yang kelelahan. Kulitmu nggak hanya akan tercerahkan tapi juga tampak lebih segar. Kamu bisa memakai produk ini menggunakan kapas maupun ditepukkan ke wajah dengan tangan. Some by Mi Yuja Niacin Brightening Toner dijual seharga Rp 210.000-an.

Essence dan serum untuk kulit kusam

7. Garnier Light Complete Whitespeed Vitamin C Super Essence

Skincare untuk kulit kusam

Photo via lazada.co.id

Kali ini, ada skincare berupa produk essence dari Garnier, yaitu Light Complete Whitespeed Vitamin C Super Essence. Produk ini diformlasikan khusus untuk mencerahkan kulit. Recommended deh buat kulit kusam. Kandungannya sendiri berupa ekstrak alami vitamin C 30 kali dari Lemon Yuzu Jepang. Selain mencerahkan, produk ini akan membantu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat.

Menariknya lagi, produk ini memiliki harga yang sangat bersahabat. Bahkan terdapat juga kemasan sachet-nya lho. Untuk kemasan botol, kamu bisa membelinya seharga Rp 30.000-an.

8. The Bath Box Brassica Lightening Serum

Skincare untuk kulit kusam

Photo via thebathbox.co.id

Rekomendasi skincare untuk kulit kusam buat kamu masih ada lho. Kali ini ada The Bath Box Brassica Lightening Serum yang mengandung kombinasi dari Galactomyces Fermen Filtrate  dan diperoleh dari proses fermentasi berbagai biji-bijian alami. Kemudian ada juga kandungan niacinamide, rapeseed extract, Boerhavia diffusa L root extract, dan water lily flower extract.

Manfaat serum ini adalah mencerahkan warna kulit, mengurangi bintik hitam, dan membuat warna kulit tampak merata. Noda-noda bekas jerawat juga bisa pudar lho. Dengan pemakaian teratur, kulitmu akan tampak glowing dan bersih. Namun harga serum ini agak pricey Girls, yaitu sekitar Rp 255.000,-.

9. Mineral Botanica Whitening Plus Complex Serum

Skincare untuk kulit kusam

Photo via lazada.co.id

Mineral Botanica Whitening Plus Complex Serum merupakan serum wajah yang diformulasikan dari arbutin, collagen, Aloe vera extract, dan buah kakadu plum. Kandungannya tentu kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi kulit. Serum ini mampu menjaga elastisitas kulit, mencerahkan secara alami, dan membantu mengurangi pigmentasi.

Warna kulitmu pun bakalan lebih merata lho karena kandungan-kandungan tersebut ada antioksidannya. Cocok abis deh buat kamu yang memiliki masalah kulit kusam dan ingin tampil lebih glowing cerah. Kamu bisa membeli serum ini seharga Rp 89.000,-.

Pelembap untuk kulit kusam

10. Emina Bright Stuff Moisturizing Cream

Skincare untuk kulit kusam

Photo via eminacosmetics.com

Emina juga punya skincare untuk kulit kusam yang berupa moisturizer nih, yaitu Emina Bright Stuff Moisturizing Cream. Produk ini memiliki kandungan ekstrak summer plum yang bermanfaat sebagai anti-pollutant. Kemudian ada vitamin E dan moisturizing agent yang membuat wajah lebih sehat serta cerah merona.

Untuk beraktivitas di luar ruangan, produk ini juga memiliki perlindungan UVA dan UVB. Kulit nggak bakalan kusam dan kering sepanjang hari deh. Kamu juga bisa kok menggunakan pelembap yang satu ini sebelum mengaplikasikan makeup. Harga produk lokal ini sangat bersahabat kok, yaitu Rp 23.000-an.

11. Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25

Skincare untuk kulit kusam

Photo via marthatilaarshop.com

Biokos Derma Bright Intensive Brightening Day Cream SPF 25 merupakan pelembap wajah dengan formula khusus yang berfungsi menutrisi kulit sekaligus melindungi dari sinar matahari. Produk ini bisa membantu menyamarkan dark spot dan hiperpigmentasi pada kulitmu. Formulanya bisa menghambat pembentukan melanin dan membantu menyamarkan tanda penuaan kulit.

Kulit akan terasa lebih cerah dan bercahaya deh soalnya ada kandungan bio-brightening complex dari Saccharomyces xylinum black tea. Formulanya juga sejuk abis saat diaplikasikan di kulit wajah. Kamu bisa membelinya seharga Rp 220.500,-.

Sunscreen untuk kulit kusam

12. Innisfree Perfect UV Protection Cream Triple Care SPF 50+ / PA+++

Skincare untuk kulit kusam

Photo via innisfree.com

Kalau kamu takut kulit menjadi kusam karena banyak beraktivitas di luar ruangan, sunscreen yang satu ini bisa kamu coba. Innisfree Perfect UV Protection Cream Triple Care SPF 50+ / PA+++ memiliki formula yang lembut dan nggak lengket di kulit, serta waterproof lho. Kandungan dari produk Korea ini adalah minyak bunga matahari dan Jeju green tea yang mampu mencerahkan kulit wajah serta mengurangi kerutan.

SPF yang dikandung pun cukup tinggi lho sehingga bakalan melindungi kulitmu dari sinar UV dengan baik. Skincare untuk kulit kusam yang satu ini juga memberi efek glowingpada kulit saat dipakai. Harganya Rp 210.000,- ya Girls jika kamu ingin membelinya.

Krim malam untuk kulit kusam

13. Pond’s Flawless White Brightening Night Cream

Skincare untuk kulit kusam

Photo via bukalapak.com

Ingin kulit lebih cerah menggunakan skincare untuk kulit kusam? Kamu bisa melengkapi rangkaian perawatan wajahmu dengan Pond’s Flawless White Brightening Night Cream. Krim malam yang satu ini diperkaya dengan kandungan GenActivTM yang mampu meregenerasi kulit. Manfaatnya sendiri adalah mencerahkan kulit, memperbaiki kulit rusak, menyamarkan noda hitam, dan meratakan warna kulit.

Tekstur dari krim ini lembut dan cepat meresap lho. Formulanya juga nggak memberi efek greasy dan lengket. Kamu bisa membelinya seharga Rp 70.000,-.

Masker untuk kulit kusam

14. The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Skincare untuk kulit kusam

Photo via thebodyshop.co.id

Masker menjadi skincare yang nggak bisa dilewatkan karena bisa menjadi tambahan perawatan kulit. Contohnya adalah The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask. Produk ini memiliki tekstur mud yang berfungsi untuk detoksifikasi kulit dan mengangkat kotoran serta racun. Berbagai kotoran di pori-pori wajahmu bakalan terangkat sehingga kulit akan menjadi lebih cerah bercahaya.

Kandungan dari produk ini diperkaya dengan arang bambu yang membersihkan hingga pori-pori, CT Organic Tea Tree Oil sebagai antiseptik, dan green tea leaves sebagai antioksidan. Setelah memakainya, kulitmu nggak bakalan terasa tertarik kok. Namun harga produk ini agak pricey Girls, yaitu Rp 369.000,-.

Produk eksfoliasi untuk kulit kusam

15. St. Ives Radiant Skin Pink Lemon & Mandarin Orange Scrub

Skincare untuk kulit kusam

Photo via shopee.co.id

Skincare untuk kulit kusam yang satu ini jangan sampai kamu lewatkan, Girls. Supaya kulitmu nggak kusam, secara rutin kamu perlu mengeksfoliasi kulit wajahmu lho. Misalnya saja dengan St. Ives Radiant Skin Pink Lemon & Mandarin Orange Scrub. Produk ini memiliki kandunga pink lemon dan kulit jeruk mandarin yang bisa menghaluskan kulit kasar.

Warna kulitmu pun nantinya akan lebih merata dan tentunya lebih cerah karena berbagai kotoran maupun sel kulit mati terangkat. Butiran scrub dari produk ini lembut lho sehingga nggak perlu khawatir kulit jadi iritasi. Kamu bisa membelinya seharga Rp 80.000-an.

Nah, dari berbagai rekomendasi skincare untuk kulit kusam di atas, mana nih yang kira-kira cocok untukmu? Yang terpenting jangan malas untuk menggunakan skincare-mu secara rutin, ya. Soalnya kulit wajah yang sehat nggak bisa didapatkan secara instan. Selain itu, penting juga bagi kamu untuk menerapkan pola hidup sehat.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *