Lebih Penting Mana, Teman atau Keluarga? Simak Penjelasannya

By Hai Gadis

Ada istilah bahwa teman adalah keluarga yang kamu pilih. Untuk mendapatkan teman tidaklah mudah, apalagi yang cocok untuk diajak bertukar pikiran. Maka tak heran banyak orang yang memberikan value lebih pada hubungan pertemanan.

Lalu bagaimana keluarga? Tempatmu dibesarkan ini juga berperan penting dalam perkembangan hidupmu. Tanpa keluarga, kamu tak akan jadi seperti dirimu yang sekarang. Kalau disuruh memilih, mana nih yang kamu prioritaskan Girls, keluarga atau teman?

Menurut Penelitian, Teman Akan Membuatmu Bahagia

teman atau keluarga

Photo by kumparan.com

Michigan State University melakukan dua penelitian terkait dengan hubungan persahabatan dan hubungan keluarga. Ternyata punya teman penting untuk membuat kesehatan dan kebahagiaanmu bisa bertahan dalam jangka panjang. Tentunya ini hanya terjadi kalau kamu punya teman yang berkualitas, bukan hanya sekedar punya teman yang banyak.

Ada sekitar 280 ribu orang yang ikut dalam penelitian tersebut dan professor psikologi William Chopik menjadi orang yang menelitinya. Dalam penelitian tersebut, terdapat dua studi penelitian yang dihasilkan.

Pertama, keluarga dan teman bisa membuatmu bahagia. Tapi hubungan pertemanan yang baik akan menjadi prediktor kesejahteraan diri yang lebih kuat, terutama di usia lanjut. Sedangkan hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa hubungan persahabatan yang buruk, rentan membuat seseorang jadi stress.

Jadi menurut penelitian tersebut, kalau kamu punya hubungan pertemanan yang baik, hidupmu bisa lebih berkualitas dan lebih bahagia dalam usia lanjut. Hal yang berbeda ketika kamu memiliki hubungan pertemanan yang buruk, kamu cenderung mudah stress dan ada kemungkinan punya penyakit kronis di masa depan.

Pertemanan akan Jadi Lebih Penting Seiring Bertambahnya Usia

Photo by indozone.com

Masih menurut William Chopik, hubungan pertemanan akan makin penting seiring kamu makin tua. Punya teman yang akan selalu mendampingimu dalam suka dan suka akan membuat duniamu terasa lebih positif, khususnya untuk aspek kesehatan dan kebahagian diri.

Chopik juga berpesan agar pandai-pandai dalam memilih teman, karena teman merupakan bentuk investasi berharga. Selain itu, hubungan pertemanan biasanya mengumpulkan orang-orang yang kita sukai dan memutuskan hubungan dengan mereka yang tak disuka. Jadi tak heran, pertemanan akan membuat hidupmu terasa lebih baik.

Tak hanya itu, hubungan pertemanan akan membuatmu tak mudah kesepian. Sayangnya, menurut Chopik, kamu tak akan bisa mempertahankan pertemanan sepanjang masa. Untuk melihat apakah hubunganmu pertemananmu baik, kamu bisa melihat intensitas dan berapa lama hubunganmu berjalan.

Kalau sudah bertahan dalam jangka waktu lama, ada kemungkinan hubunganmu dengan teman pasti baik. Kamu pun tak perlu segan untuk meminta nasehat, saran, maupun pertolongan pada mereka, Girls.

Apakah Berarti Keluarga Tidak Penting?

teman atau keluarga

Photo by republika.com

Susah mengatakan apakah keluarga merupakan ikatan yang tak penting. Keluarga setiap orang berbeda, ada yang harmonis, ada pula yang tidak. Berbeda dengan teman yang bisa kamu pilih, kamu tak bisa memilih seperti apa keluargamu.

Inilah mengapa banyak orang kadang tak bahagia dengan keluarga yang mereka miliki. Apalagi jika hubungan antar anggota keluarga terasa monoton, kurang baik, atau terlalu serius. Namun bukan berarti kamu bisa mengesampingkan keluarga begitu saja.

Berbeda dengan ikatan pertemanan yang bisa putus kapan saja, ikatan keluarga bertahan sepanjang masa karena terikat dengan darah. Hubungan keluarga, terutama yang berjalan secara harmonis, juga menjadi sumber kebahagiaan banyak orang.

Kalau kamu bingung menentukan mana yang lebih penting, coba tanyakan pada dirimu sendiri. Tiap orang punya background yang berbeda sehingga jawabannya juga bervariasi. Jika kamu memilih teman lebih penting dari keluarga, kamu tak salah kok, pasalnya hubungan teman yang baik memang akan membuatmu lebih bahagia.

Hal yang sama pula ketika kamu lebih memilih keluarga daripada teman, jawabanmu juga benar. Keluarga menjadi harta yang tak bernilai, mereka juga akan menjagamu dengan baik sampai hari tua nanti.

Sekarang kamu tak bimbang lagi kan menentukan siapa yang lebih penting antara teman dan keluarga? Terlepas pilihan mana pun yang kamu ambil, kamu berhak memilih atas hidup dan kebaikanmu sendiri.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.