Apakah Boleh Perempuan Main ke Rumah Laki-Laki? Ini Penjelasannya

By Hai Gadis

Girls, pacarmu pernah tidak memintamu ke rumahnya untuk sekedar bermain atau berkenalan dengan orang tuanya? Kalau pernah, bagaimana responmu. Kamu menolak atau menerima tawaran tersebut? Kalau kamu ragu-ragu, ternyata kamu tak sendiri lho.

Pasalnya banyak perempuan yang sebenarnya masih ragu apakah mereka boleh main ke rumah laki-laki atau tidak. Di satu sisi, kamu ingin mengenal keluarga si dia dengan lebih dekat. Tapi di sisi lain, kalian berdua belum resmi menikah dan punya hubungan yang serius, bingung kan?

Boleh Tidak Ya Perempuan Main ke Rumah Laki-Laki?

Kalau mencari jawaban yang pasti, tentu tak ada girls. Tetap ada pendapat yang mengatakan bahwa perempuan boleh dan tidak boleh main ke rumah lelaki. Biasanya perbedaan pendapat tersebut karena adat dan kebiasaan di lingkungan rumah.

Mereka yang berpendapat bahwa perempuan boleh main ke rumah laki-laki karena kunjungan tersebut memiliki niat yang baik. Ketika kamu berkunjung ke rumah keluarga pacar, mereka bisa bertemu langsung denganmu dan menjalin hubungan yang lebih dekat. Nantinya ketika kamu berkeluarga, tentu tak ada rasa canggung lagi.

Dengan berkunjung ke rumah pacarmu, kamu juga bakal tahu bagaimana kondisi keluarganya, apakah memang sesuai dengan apa yang dia ceritakan. Tak hanya masalah ekonomi girls, tapi kamu juga bakal tahu apakah calon keluarga pacarmu menerimamu dengan baik.

Apalagi jika keluargamu ternyata berbeda suku atau kebiasaan, dengan datang ke rumahnya kamu jadi tahu bagaimana harus beradaptasi nantinya. Kamu juga tak akan ada rasa menyesal setelah menikah karena sudah tahu bagaimana kondisi keluarga pacarmu sebelumnya.

Tapi ada juga yang berpendapat bahwa perempuan sebaiknya tak berkunjung ke rumah lelaki, apalagi kalau belum dilamar. Hal ini bukan tanpa alasan ya, tujuannya untuk menghindarkan perempuan dari fitnah dan gunjingan dari tetangga. Datang ke rumah keluarga lelaki merupakan hal yang sakral, jadi tak boleh dilakukan sembarangan.

Bagaimana Jika Ingin Berkunjung ke Rumah Lelaki?

Bukan tidak mungkin kok girls buat main ke rumah pacar, kamu tetap bisa melakukannya bahkan sebelum proses lamaran dilakukan. Kamu bisa bertanya terlebih dahulu ke kedua orang tuamu, apakah boleh main ke rumah keluarga pacarmu.

Kalau misalnya tidak boleh, jangan memaksa ya. Tentunya orang tuamu punya alasan tersendiri agar kamu tak melakukannya. Tapi kalau dapat lampu hijau, kamu bisa bilang ke pacarmu dan berkunjung ke rumahnya.

Ada tips nih kalau orang tuamu kurang yakin dengan rencanamu buat main ke rumah pacar. Coba deh ajak pacarmu untuk ikut minta izin ke kedua orang tuamu. Bisa jadi orang tuamu akan luluh dengan sikap pacarmu yang bersedia dan serius menjagamu, apalagi sampai ingin mengenalkanmu ke kedua orang tuanya.

Alasan Kenapa Perempuan Jarang Main ke Rumah Lelaki

Meski sekarang pergaulan jauh lebih fleksibel daripada zaman dulu, tapi tetap ada batasan yang harus kamu ketahui ya. Kalau misal kamu tak diperbolehkan main ke rumah pacarmu atau sebaliknya, jangan sedih, ada alasan kenapa hal tersebut memang tak boleh dilakukan, diantaranya:

Adat dan Norma Sosial

Banyak masyarakat Indonesia yang masih menjunjung tinggi norma adat ketimuran, salah satunya dengan tidak mengizinkan perempuan datang ke rumah lelaki, kecuali kalau memang sudah menikah atau lamaran. Kalau status hubungan kalian sudah jelas, tentu main ke rumah pasangan bukan lagi urusan yang pelik.

Tidak Siap Jika Ditanya Serius

Banyak perempuan yang enggan datang ke rumah pacarnya karena mereka tak siap ketika mendapatkan pertanyaan serius, misalnya mengenai kesiapan pernikahan atau pilihan karir. Kalau kamu salah satunya girls, kamu tak salah kok. Meskipun kamu sudah komitmen dengan pacarmu, tapi jika memang belum siap bertemu dengan orang tuanya, kamu tak harus memaksakan diri.

Minder dengan Keluarga Pasangan

Ada lho perempuan yang minder dengan keluarga pasangannya dan membuat mereka takut main ke rumah mereka. Hidup memang tak terbatas dengan jabatan dan uang, tapi ternyata perempuan juga mempertimbangkan kesiapan finansial mereka sebelum berhubungan serius dengan pacarnya.

Dari penjelasan diatas, kamu bisa ambil jalan tengah nih girls kalau mau main ke rumah pasangan. Tapi lebih baik tanyakan ke orang tuamu dulu ya sebelum berkunjung ke rumah pacar, jadi tak ada kesalah pahaman yang mungkin bisa terjadi.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.