Jenis Olahraga Yang Gampang Untuk Kamu Lakukan di Rumah

1 bulan lalu, by Hai Gadis

Olahraga memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Bahkan bisa memengaruhi suasana hati kita supaya lebih baik lho. Apalagi jika olahraga tersebut dilakukan dengan teratur. Namun, melakukan berbagai jenis olahraga terkadang butuh meluangkan waktu. Bagi kamu yang nggak memiliki waktu luang, pasti merasa kesulitan.

Atau karena kamu merasa melakukan olahraga itu terlalu memberatkan sehingga jadi malas deh. Sudah lelah beraktivitas lainnya, daripada olahraga, mending istirahat ‘kan? Padahal kalau kamu sudah rutin berolahraga, kamu akan merasakan manfaat yang bikin kamu ingin melakukannya terus-menerus secara teratur. Soalnya kamu sudah merasa membutuhkan olahraga.

Manfaat rutin berolahraga

Pada dasarnya olahraga merupakan gerakan yang membuat otot tubuh bekerja dan membakar kalori. Akif berolahraga nggak hanya penting agar badan kamu lebih sehat lho, tetapi juga memiliki manfaat lain yang perlu kamu ketahui sebagai berikut.

a. Membuat kamu merasa lebih bahagia

Olahraga secara teratur bisa membuat kamu merasa lebih bahagia lho. Olahraga atau beraktivitas mampu membuat tubuh meningkatkan produksi hormon endorfin. Hormon ini dapat meningkatkan perasaan positif. Selain itu olahraga juga meningkatkan sensitivitas otak untuk meningkatkan hormon serotonin dan norepinephrine yang mengurangi perasaan depresi. Intinya, berolahraga secara teratur bermanfaat banget deh buat kesehatan mental.

b. Menurunkan berat badan

Nah, bagi kamu yang kelebihan berat badan, melakukan berbagai jenis olahraga pun bisa menurunkan berat badan. Berolahraga bisa membuat tubuhmu bermetabolisme lebih cepat, sehingga bakalan lebih cepat membakar kalori deh. Namun bagi kamu yang nggak kelebihan berat badan, olahraga tetap penting lho, Girls.

Advertisement

c. Bermanfaat untuk kekuatan tulang dan otot

Olahraga bisa membantu tubuh melepaskan hormon yang membuat otot meningkatkan penyerapan asam amino. Akibatnya, otot kamu bisa lebih kuat deh. Selain itu, olahraga mampu meningkatkan kepadatan tulang yang bisa mencegah terjadinya oteoporosis di kemudian hari.

d. Mengurangi risiko penyakit kronis

Kamu pasti tahu tentang penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, ginjal, dan lain sebagainya yang susah sembuh dan berisiko menyebabkan kematian. Nah, berolahraga bisa mengurangi risiko mengalami penyakit-penyakit tersebut, Girls.

e. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat olahraga yang satu ini cocok abis buat kamu para wanita, Girls. Nggak cukup hanya menggunakan skincare lengkap secara rutin, kamu pun perlu berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh akan memproduksi antioksidan alami yang bermanfaat bagi sel-sel kulit agar nggak cepat mengalami tanda penuaan.

f. Meningkatkan kesehatan otak

Olahraga bisa memicu oksigen untuk masuk ke otak dengan baik. Sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan otak. Ingatan kamu pun juga akan lebih terjaga lho, dan kalau di usia tua, kamu nggak bakal mudah pikun.

g. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat olahraga yang satu ini cocok abis buat kamu yang memilik masalah seperti insomnia, sulit tidur, dan lain sebagainya. Nah, olahraga ini bisa membantumu untuk lebih rileks sehingga kualitas tidur jadi lebih baik lho. Keesokan harinya, kamu pun bisa melakukan aktivitas dengan lebih segar, nggak ngantuk, dan selalu fokus.

Banyak banget ‘kan manfaat olahraga yang bisa kamu dapatkan? Selanjutnya, mengeksekusi untuk berolahraga secara rutin itulah yang sulit. Entah karena malas atau nggak ada waktu. Padahal kamu tetap bisa melakukan jenis olahraga yang gampang lho. Bahkan bisa diterapkan di rumah, sehingga nggak perlu pergi ke gym. Simak yuk rekomendasi jenis olahraga yang mudah dari HaiGadis berikut ini.

Rekomendasi jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah

1. Jalan-jalan

Jalan-jalan termasuk jenis olahraga yang gampang untuk dilakukan lho. Kamu bisa melakukannya di halaman rumah, bahkan di dalam rumah juga bisa. Jalan-jalan ini meski terkesan ringan, tetapi tetap bisa menggerakkan ototmu dengan baik lho. Kamu pun bisa mencoba naik turun tangga di dalam rumah. Sambil mendengarkan musik, kamu nggak bakalan mager deh melakukan olahraga ini. Coba deh kamu jalan-jalan selama 30 menit, pasti badan kamu bakalan ringan setelah itu.

2. Jumping jacks

Selain jalan-jalan, kamu juga bisa melakukan jenis olahraga jumping jacks yang mudah dan nggak perlu alat. Gerakan jumping jacks ini termasuk dalam kombinasi latihan aerobik. Gampang banget lho untuk diterapkan. Kamu tinggal berdiri dengan kedua kaki dan posisi tangan di samping. Setelah itu, angkat kedua lengan secara serentak ke atas kepala sambil lompat dan merentangkan kaki dengan lebar. Gerakan ini bisa kamu ulangi setiap 15-30 detik. Melakukannya selama 15 – 30 menit, pasti kamu bakalan berkeringat.

3. Push up

Jenis olahraga yang satu ini pasti nggak asing lagi buat kamu. Push up selain mudah untuk dilakukan, juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuhmu. Antara lain memperkuat otot bisep dan trisep, serta otot perut. Selain itu, push up juga bisa menambah otot dada lho. kalau buat cewek, cocok nih biar payudara makin kencang.

Push up bisa kamu lakukan di mana pun lho. Caranya, posisikan badanmu dengan tengkurap dan tangan berada di sisi kanan serta kiri. Setelah itu, dorong badan ke atas dengan posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Lalu, turunkan badan tanpa menyentuh matras atau lantai. Ulangi gerakan ini setiap 1 menit ya, Girls.

4. Yoga

Mau jenis olahraga mudah yang bisa bikin kamu rileks? Kamu bisa mencoba yoga, Girls. Yoga bisa membuat pikiranmu lebih tenang saat stres atau banyak pikiran lho. Kalau kamu nggak stres, maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga kamu nggak bakalan mudah sakit.

Sebenarnya melakukan yoga nggak bisa sembarangan karena tubuhmu malah berisiko cedera. Namun, kamu bisa melakukan yoga ringan dengan mencontoh gerakan di internet kok. Coba saja! Asalkan nggak malas, pasti kamu bisa.

5. Squat

Ada lagi nih jenis olahraga yang gampang untuk diterapkan di rumah. Bahkan kamu juga bisa mengajak keluargamu untuk olahraga bersama lho, yaitu squat. Olahraga ini bermanfaat untuk mengecilkan lingkarpaha, lengan, dan perut karena bisa mengurangi tumpukan lemak di area tersebut. Otot-otot paha, lengan, dan perutmu nantinya juga akan lebih kuat.

Caranya gampang kok. Kamu bisa melebarkan kaki setara dengan bahu. Sementara jari-jari tangan bisa kamu letakkan di belakang kepala. Setelah itu, naik dan turunkan badanmu dengan mendorong pinggul ke belakang dan menekuk lutut. Lakukan gerakan ini selama 1 menit, istirahat, lalu bisa kamu lanjutkan lagi.

6. Jogging

Sebenarnya jenis olahraga jogging ini biasanya dilakukan di luar rumah. Entah keliling kompleks rumahmu, atau juga ke lapangan maupun taman kota. Namun, kamu tetap bisa kok melakukannya di rumah. Misalnya saja di halaman rumah, pekarangan, atau area dalam rumahmu yang lebih luang. Jogging nggak harus dengan jarak yang terlalu jauh kok.

Kamu bisa berlari memutari halaman rumah, atau berlari bolak-balik di dalam rumah. Lakukan selama 15 – 30 menit dan nggak harus cepat-cepat kok. Kamu bisa berlari pelan sambil mendengarkan musik. Jogging ini bisa membakar kalorimu dengan baik. Cocok lho untuk menurunkan berat badan.

7. Bridge

Buat cewek, jenis olahraga yang satu ini nggak hanya gampang dan bisa dilakukan di rumah. Namun sangat bermanfaat bagi kecantikan karena bisa memperindah bentuk pantatmu lho. Selain itu, punggung kamu juga akan lebih sehat dan nggak gampang sakit. Cocok abis buat kamu yang biasanya banyak beraktivitas seperti sekolah, kerja, atau kuliah dengan menghabiskan banyak waktu untuk duduk.

Bridge ini pun bisa membentuk otot, meningkatkan kelenturan tubuh, dan menguatkan otot di bagian tengah tubuh. Caranya mudah kok. Kamu bisa berbaring di lantai dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menghadap ke lantai. Kemudian, angkat pinggul agar tubuh membentuk garis lurus dari bahu sampai lutut. Angkat pantat dan turunkan kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini berulang-ulang sebanyak 15 kali (satu set), istirahat, dan ulangi lagi hingga 3 set.

8. Aerobik atau zumba

Kalau kamu ingin melakukan jenis olahraga yang gerakannya lebih banyak tapi bisa dinikmati karena ada alunan musiknya, kamu bisa mencoba aerobik atau zumba. Olahraga ini bisa membakar kalori yang ada di tubuhmu dengan baik lho. Selain itu juga memperkuat otot-otot tubuh karena melibatkan gerakan seluruh bagian tubuh.

Caranya juga nggak sulit. Kamu bisa melakukannya di rumah sambil menonton musik atau video dari gadget-mu. Setelah itu, tiru deh gerakannya. Nggak perlu lama-lama kok, kamu bisa melakukannya selama 30 menit. Jangan lupa ajak keluargamu supaya momen olahraga jadi makin seru.

9. Sit up

Jenis olahraga berupa sit up ini biasanya satu paket dengan push up dan tentu sangat mudah dilakukan di rumah. Gerakan ini melibatkan otot perut, sehingga bisa memperkuat otot perutmu. Selain itu, buat kamu yang ingin mengecilkan perut, olahraga ini pun cocok. Nggak perlu alat dan cukup dilakukan di rumah deh.

Gerakan sit up ini bisa kamu lakukan dengan bertumpu pada pinggul dan pantat, kemudian lutut diarahkan ke atas. Setelah itu, angkat badanmu sambil menahan kaki. Kalau kamu jarang sit up, mungkin gerakan ini bikin perutmu sakit. Namun lama-lama akan terbiasa kok, Girls. Lakukan gerakan selama 1 menit, istirahat, dan bisa kamu mulai lagi 1 menit diselingi istirahat.

10. Lari di tempat

Lari di tempat ini termasuk jenis olahraga yang gampang dilakukan di rumah buat kamu yang mager. Apalagi kalau kamu malas jogging atau olahraga yang agak berat, kamu bisa melakukan ini. Lari di tempat tetap bisa membakar kalori dengan baik seperti jogging kok.

Caranya tinggal lari seperti biasanya dengan kaki yang tetap di tempat alias nggak berpindah. Kamu bisa melakukan gerakan ini selama satu menit, istirahat, dan lakukan lagi hingga 15 – 30 menit. Dijamin bakalan berkeringat tanpa perlu ke mana-mana.

11. Lompat tali (skipping)

Masih ada nih jenis olahraga yang dijamin gampang banget untuk kamu lakukan di rumah, yaitu lompat tali (skipping). Sesuai namanya, olahraga ini berupa gerakan yang dilakukan menggunakan sebuah tali. Manfaatnya tentu sangat bagus buat tubuh kamu, yaitu membakar kalori dan membentuk otot tubuh. Selain itu, ketangkasan tangan dan kakimu pun akan lebih terlatih dengan olahraga ini.

Cara melakukan olahraga ini jelas gampang. Kamu tinggal menyiapkan tali kemudian ayunkan ke bawah kakimu sambil melompat. Lompat tali ini bisa kamu lakukan selama 15 – 30 menit dalam sehari lho. Kemudian rasakan deh manfaatnya.

12. Side plank

Side plank merupakan jenis olahraga bisa dilakukan di rumah untuk memperkuat otot perut. Gerakan dalam olahraga ini hampir sama dengan sit up. Hanya saja, side plank ini memiliki gerakan lebih kuat dalam membuat otot perut agar lebih kencang. Selain itu, kekuatan lengan dan bahumu pun bisa meningkat.

Cara melakukannya mudah, yaitu kamu perlu memposisikan badan untuk tidur menghadap ke samping. Setelah itu, angkat dan topang badan menggunakan tangan serta siku. Kamu bisa melakukannya diselingi istirahat setiap 1 menit.

13. Lunge

Lunge juga termasuk jenis olahraga yang sangat recommended untuk kamu lakukan di rumah nih, Girls. Olahraga ini memiliki fungsi untuk menguatkan otot pada bagian badan bawah seperti paha dan kaki. Cocok juga nih buat kamu yang ingin memiliki paha lebih kencang.

Lunge ini gampang kok untuk kamu terapkan di rumah. Caranya, lakukan posisi berdiri dengan kaki yang sedikit terbuka. Setelah itu langkahkan kaki kanan ke depan. Turunkan badan dan tekuk kedua kaki secara bersamaan membentuk sudut 90 derajat. Setelah itu kembali berdiri ke posisi awal dan ulangi gerakan tadi deh. Kamu bisa melakukannya dengan diselingi istirahat setiap 1 menit.

14. Dance

Kalau kamu ingin olahraga sambil belajar nge-dance, lakukan saja Girls. Jenis olahraga ini bisa menggerakkan berbagai bagian tubuhmu untuk lebih memperkuat otot lho. Kamu bisa melakukan gerakan dance apa pun yang kamu sukai. Bahkan bisa juga nih mengikuti tutuorial atau contoh di Youtube.

Oh ya, karena sekarang zamannya Tik Tok, mending latihan menari kemudian kamu rekam dan upload di sosmedmu deh. Nggak hanya eksis di sosial media, kamu pun akan tetap bugar meski di rumah. Jangan lupa ajak keluargamu, ya!

15. Single leg balance stick

Jenis olahraga berupa single leg balance stick ini sangat bermanfaat untuk memperkuat otot kaki lho. Tentu gerakannya mudah diterapkan dan bisa kamu lakukan di rumah. Olahraga ini nggak hanya akan memperkuat otot kaki, tetapi juga membantu meningkatkan keseimbangan tubuh. Penasaran sama caranya?

Kamu bisa berdiri dengan satu kaki dan kaki satunya diangkat ke belakang. Setelah itu, majukan tangan dan badanmu ke depan sehingga posisimu seperti Superman mau terbang. Jika posisi badanmu benar, maka akan membentuk seperti huruf T dan kamu perlu mempertahankan posisi tersebut. Lakukan secara berulang-ulang ya, Girls. Ingat, kamu harus konsentrasi!

Itulah beberapa jenis olahraga yang gampang untuk kamu lakukan di rumah. Masing-masing bisa kamu lakukan secara bergantian supaya nggak bosan lho. Gimana? Sudah siap memiliki badan yang sehat dan bugar belum? Kalau gerakannya sangat mudah untuk diterapkan, masa kamu masih malas berolahraga?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *